Tutorial Memotong Video

Tutorial Memotong Video Menggunakan VLC Media Player

Suka nonton video? Bagi yang suka nonton video menggunakan player VLC mungkin tidak asing lagi dengan istilah dan nama ini. Namun tidak semua orang tahu bahwa media player VLC ternyata juga dapat digunakan sebagai video editor. VLC sebagai software yang dikenal sebagai perangkat editing yang fungsionalitas. Setidaknya ada tiga hal yang dapat difungsikan, sebagai berikut.

Pemutar Video

Sebelum masuk ke perangkat editing, akan penulis ulas cara memutar video menggunakan software satu ini. software ini dapat digunakan juga dapat digunakan untuk menggugat camcorder dengan cara merekam dalam bentuk potret gaya. Bagaimana secara teknis pemutarannya?

  • Pilih tools dan buka file VLC media player. Di sana banyak berbagai pilihan tools. Di tools, kita masuk ke point effects and filters atau bisa juga langsung menekan dengan Ctrl+E.
  • Selanjutnya, klik tab video effects. Untuk pengaturan rotasi, ganti sesuai keinginan. Dibagian kanan tengah, terdapat “transform” beri tanda centang. Kemudian di bagian bawah ganti rotasi video dengan clock counter 90 derajat, searah dengan jarum jam.
  • Khusus bagi Anda yang ingin menggunakan rotasi lebih dari 90 derajat, Anda dapat menggunakan tab geometri. Carannya masih sama. klik di menu “video effect” dan pilih “geometry”. Terdapat beberapa yang perlu di perhatikan ketika masuk tahap ini, pertama perhatikan sisi kiri atas, ada “transform” Anda centang. Kedua, bagian roatate bisa diganti sesuai dengan keinginan.
  • Setelah beberapa pengaturan tersebut, video sudah dapat dimainkan sesuai keinginan.

Pemotongan

Khusus bagi Anda yang suka take sana dan take video sini. Kini anda dapat mengedit video menggunakan software VLC media placer. Dengan software ini, Anda dapat memotong dan mengedit video. Bagaimana carannya? Berikut caranya.

  • Langkah awal download dan instal VLC terlebih dahulu, itu sudah pasti.
  • Setelah itu, video yang akan diedit juga harus sudah ada terlebih dahulu. Pastikan sudah disimpan di komputer/laptop.
  • Kemudian anda cukup membuka lembar kerja atau software VLC media player.
  • Pilih view di bagian menu. Kemudian pilih tools yang bertuliskan advanced controls.
  • Setelah klik advanced controls, akan muncul navigasi di lembar kerja. Anda cukup klik video yang akan kita edit lewat navigasi yang sudah tersedia.
  • Setelah Anda mengangtifkan advanced controls, kita akan disediakan 4 button tambahan. Keempat button tersebut terletak di atas Play/Pause button.
  • Jika ingin merivew hasil editan, anda juga dapat melakukannya. Anda juga dapat membingkai hasil editan juga loh. Jika semua sudah dianggap cukup, edit video dapat di simpan. Proses penyimpanan dapat dilakukan di folder my video di komputer.

Catatan untuk keempat button terdiri dari record, take a snapshot, loop dan frame by frame. Keempat ini memiliki fungsi dan perananannya masing-masing. Khususnya berfungsi ketika proses pemotongan video di VLC. Berikut fungsi keempat batton tersebut.

1. Record

Record termasuk battom yang berfungsi untuk memulai video saat pertama kali VLC di buka. Seperti halnya kamera yang lain, ada dua tombol. Tombol pertama digunakan untuk memulai merekam, dan tombol kedua digunakan untuk mengakhiri rekaman.

2. Take a Snapshot

Take a snapshot berfungsi untuk menscreenshot video yang sudah terekam. Hasil dari screenshot tersebut langsung dapat disimpan ke folder penyimpanan.

3. Loop

Fungsi dari loop digunakan untuk melakukan looping. Jadi dalam VLC terdapat dua poin A dan B. Loop inilah yang berfungsi untuk melooping dari poin A ke poin B.

4. Frame by Frame

Seorang cameramen pasti tidak asing dengan istilah frame by frame. Fungsi frame by frame untuk memberhatikan video, kemudian bisa juga dimanfaatkan untuk menampilkan per frame. Jika Anda ingin melanjutkannya kembali, Anda dapat menekan tombol frame to fram kembali. Setelah itu, baru dapat di klik di tombol play untuk melihat hasil video seperti biasa.

Jika menggunakan VLC sejak awal, Anda tidak perlu melakukan pemotongan video. Jadi Anda dapat langsung dapat memanfaatkan frame by frame button, dan memulai video rekaman. Sehingga anda cukup tekan sebelum melakukan pengambilan gambar. Tekan lagi untuk mengambil gambar yang diperlukan.

Kelemahan pemotongan VLC media player hanya tepat digunakan untuk pemotongan video pendek saja. Sedangkan untuk pemotongan video panjang hasilnya kurang bagus. Jika ingin melakukan pemotongan dengan durasi panjang, hasilnya akan memakan banyak waktu dan memerlukan usaha lebih.

Menggabungkan Video

Jika poin di atas dijelaskan bagaimana mengedit video. Kali ini cara menggabungkan video. Jadi, video yang sudah dimiliki, meskipun berbeda pengambilan video, tetap bisa Anda gabungkan menjadi satu video dan satu take. Hanya saja, untuk bisa melakukan pengabungan video, syaratnya video memiliki format yang sama.

Jika video tidak memiliki format yang sama, Anda tetap bisa menggunakan, dengan catatan Anda harus mengkonversi file ke format yang sama terlebih dahulu. Barangkali anda sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana cara menggabungkan video menggunakan VLC Media Player, sebagai berikut.

  • Seperti biasa, buka software VLC player, kemudian masuk ke menu, klik media. Di sana akan tampak banyak pilihan file, kemudian klik “Open multiple files” nanti akan diarahkan ke lembar kerja selanjutnya.
  • Di lembar kerja selanjutnya, anda dapat memilih file tab, dan pilih file selection yang anda pilih dan yang Anda inginkan. Seperti ulasan di atas, pastikan file video yang akan di gabungkan memiliki format yang sama.
  • Selanjutnya, buka drop-down, lalu klik converter ketika menyimpan file. Jika binggung, akan tampak tombol “play” di sisi ada anak panah kecil, klik di bagian anak panah tersebut, dan akan keluar beberapa pilihan, pilih pilihan “convert”. Dan, jadilah proses penggabungan video.

Itulah cara memotong video menggunakan VLC. Pada dasarnya metode ini memiliki kesamaan dengan sistem operasi lain, seperti sistem operasi windows dan Mac. Jika edit video lewat windows yang sering digunakan adalah movie maker karena lebih mudah, maka VLC media player juga windows edit video yang sama mudahnya.

Banyak yang menggunakan software VLC media player karena mendukung berbagai format video, sekaligus dapat digunakan untuk streaming. Menariknya, VLC selain Windows, juga dapat digunakan untuk operasi lain, seperti Mac OS dan Linux.

Inilah tutorial memotong video menggunakan VLC media player yang bisa anda coba. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan banyak membantu Anda dalam belajar editing video. Jika Anda merasa kesulitan, tidak ada salahnya untuk mengulangi sekali lagi, atau Anda dapat mencari referensi tambahan, untuk membantu proses pemahaman. Kunci keberhasilan dan praktik adalah praktik, latihan dan kesabaran. Semgoa berhasil.

Baca artikel yang lain mengenai Peralatan Syuting Film 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.