Tutorial Manipulasi Photoshop

Tutorial Manipulasi Photoshop yang Wajib Dikuasai

Bagi kebanyakan orang, mengedit foto seakan jadi bagian tak terelakkan sebelum foto dipublikasikan. Begitu pula bagi para profesional yang kerap dituntut menghasilkan foto berkualitas, termasuk seorang editor.

Dalam pengeditan, ada orang yang bergantung pada selera, ada pula yang mengandalkan teknik, pun menerapkan keduanya. Tentu, keberadaan yang terakhir paling diperhitungkan.

Untuk memberi hasil editan terbaik, para pengedit memiliki satu kunci. Yakni teknik pengeditan dasar yang telah mereka kuasai. Khususnya bagi pengguna Photoshop, yang telah sejak lama terkenal cukup andal di dunia edit fotografi, Anda yang pemula pun bisa dengan mudah mempelajarinya.

Mau tahu apa saja? Berikut teknik edit Photoshop dasar yang wajib Anda ketahui, kuasai, dan bisa dipraktikkan langsung.

Teknik Masking, Dasar Manipulasi Foto

Pada dasarnya, tiap proses editing memanfaatkan teknik manipulasi. Dengan kata lain, tidak menampilkan yang sesungguhnya. Entah itu mengubah warna kulit, meningkatkan kecerahan, dan beragam perubahan yang mengandalkan teknik tingkat tinggi lainnya. Dan dasar dari manipulasi dalam teknik editing, adalah masking. Apa itu? Mempelajari teknik masking sama dengan belajar membuat layer.

Sebab dalam Photoshop, tiap kali mengedit, Anda pasti butuh membuat layer. Banyak foto berkualitas tinggi yang beredar pasti menggunakan layer. Jadi jelas, fungsi masking pada layer adalah, ‘menyembunyikan’ bagian tertentu dalam foto tanpa merusak yang aslinya. Cara kerjanya pun mudah dingat: Hitam menghilangkan gambar, putih mengembalikan ke normal. Agar mudah dipahami, praktik langsung tentu lebih menerap. Berikut tutorialnya.

  1. Buka program Adobe Photoshop terlebih dahulu.
  2. Lalu klik layer panel > klik icon “add layer mask”. Maka layer blank berwarna putih akan muncul di sampingnya. Dan itu merupakan layer mask Photoshop.
  3. Pastikan bahwa warna foreground hitam dan backgroundnya putih. Lalu aktifkan brush tool, dan mulailah mencorat-coret pada bagian yang ingin anda hilangkan menggunakan warna hitam.

Selain cara di atas, ada contoh  lain dalam menggunakan layer mask, yaitu dengan menggunakan gradient tool pada layer mask. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka program Adobe Photoshop terlebih dahulu.
  2. Gunakan gradient hitam putih, lalu mulailah rangkai gradien pada layer mask. Maka hasilnya akan semakin jelas di bagian putih, dan sebaliknya, akan semakin hilang di bagian hitamnya.

Teknik masking berikutnya menggunakan selection marquee tool. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka program Adobe Photoshop terlebih dahulu.
  2. Buat seleksi dengan menggunakan tool ini, tekan Alt + Backspace. Selanjutnya bagian kotak akan menghilang.

Teknik masking selanjutnya adalah menggunakan quick selection tool pada layer mask. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka program Adobe Photoshop terlebih dahulu.
  2. Buat seleksi lalu berikan warna hitam agar bagian gambar itu tidak terlihat.

Jika ingin membuat layer mask menjadi hitam, maka Anda tinggal memilih fill tool, lalu gunakan warna hitam. Setelah itu klik pada bagian layer, dan layer mask akan berubah menjadi hitam.

Teknik Pencahayaan, Dasar Dramatisasi Foto

Bila masking digunakan untuk memanipulasi, maka teknik pencahayaan biasa dimanfaatkan seorang editor untuk membuat efek dramatis. Dengan kata lain, bagaimana suatu foto bisa terlihat lebih hidup, menyampaikan pesan, dan berkarakter. Teknik pencahayaan biasa dipakai orang pada jenis-jenis foto yang gelap, kurang cahaya, dan bahkan sering juga digunakan untuk memanipulasi. Berikut beberapa tutorial teknik pencahayaan yang bisa Anda praktikkan sendiri.

Membuat Efek Cahaya Bulat dengan Adobe Photoshop

  1. Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu.
  2. Buatlah lembar kerja baru, klik file > new atau dengan Ctrl + N. Beri ukuran width 500 pixel dan height 500 pixel.
  3. Buat background menjadi warna hitam dengan menggunakan Paint Bucket Tool. Pastikan warna pada Foreground adalah hitam, lalu klik dibagian lembar kerja.
  4. Buatlah layer kosong yang baru, caranya tekan Ctrl+ Shift + N atau klik menu > Layer > New Layer, beri nama cahaya. Aktifkan brush tool (B), lalu klik kanan di lembar kerja, maka akan muncul tampilan pengaturan brush. Berikan size 200 pixel, hardness 0%. Pastikan harus berwarna putih.
  5. Klik satu kali pada lembar kerja, usahakan tampilan lembar kerja di layer cahaya. Brush yang sudah diatur akan membentuk seperti cahaya berwarna putih.
  6. Jika ingin warna yang berbeda maka lanjutkan lagi tutorialnya. Disini kita akan menggunakan Adjustment Colour Balance, maka akan menampilkan layer baru.
  7. Untuk mengganti warna cahaya, geserlah warna yang terlihat pada pengaturannya. Misalkan geser garis ke warna merah, jadi cahaya akan berubah menjadi warna merah. Cobalah untuk mengotak-atik sendiri warna agar menghasilkan warna yang diinginkan.

Membuat Efek Kilauan Cahaya Seperti Bintang Menggunakan Photoshop

  1. Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu.
  2. Buatlah lembar kerja baru, klik file > new atau dengan Ctrl + N. Beri ukuran width 500 pixel dan height 500 pixel.
  3. Gunakan brush tool (B) lalu klik kanan di lembar kerja, maka akan muncul tampilan pengaturan brush. Berikan size 200 pixel, hardness 0%. Pastikan harus berwarna putih, serta bulatkan layer juga, sapukan satu kali pada lembar kerja.
  4. Buat bulatan layer tersebut menipis sehingga terlihat lebih tajam. Pastikan tampilan lembar kerja pada layer cahaya. Tekan CTRL+ T, kemudian tarik titik atasnya hingga menyempit lalu tekan Enter jika sudah selesai.
  5. Duplikatkan layer “cahaya”, lalu tekan Ctrl + J kemudian aktifkan lagi klik CTRL + T (Transform Tool) putar objeknya hingga 90 derajat, masukkan angka 90 ke dalam kolom derajat pada toolbar pengaturannya, kemudian tekan enter jika sudah selesai.
  6. Ulangi lagi hal yang sama dengan nilai derajat yang berbeda-beda. Dan juga kurangi ukurannya dengan menggunakan transform tool.
  7. Supaya terlihat lebih nyata, tambahkan sedikit efek cahaya bulat. Buat layer baru, lalu sapukan satu kali dibagian tengah cahaya dengan menggunakan brush tool. Dan sekarang cahaya sudah terlihat lebih sempurna.

Membuat Efek Cahaya Bulan Purnama

  1. Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu.
  2. Buatlah lembar kerja baru, klik file > new atau dengan CTRL + N. Beri ukuran width 500 pixel dan height 500 pixel.
  3. Buat layer baru, lalu aktifkan Brush Tool (B), berikan size 200 pixel dan hardness 50%. Pastikan brush berwarna orange tua. Kemudian klik satu kali pada lembar kerja.
  4. Klik kanan pada layer cahaya di atas, pilih Blending Option. Kemudian ceklis Outer Glow, lalu atur menjadi: Blend Mode Screen – Opacity 75% – Warna Orange yang sama – Size 170 – 200 pixel lalu klik Ok.
  5. Hasil akhirnya akan tercipta cahaya dengan model seperti cahaya bulan purnama.

Teknik ini bisa juga diaplikasikan ketika anda ingin membuat suatu objek agar terlihat lebih menyala atau untuk membiaskan cahaya. Misal, untuk membuat lampu pada foto terlihat lebih menyala dan terang. Selebihnya, latihan rutin untuk mengasah kemampuan, banyak mencoba, dan tak takut gagal, dijamin memberi Anda hasil memuaskan.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Olympus OMD EM1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.