Tripod DSLR Terbaik

Cara Memilih Tripod DSLR Terbaik dan Tips Pemakaiannya Bagi Fotografer Pemula

Memiliki tripod DSLR terbaik merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh para fotografer, khususnya para pemula. Tripod adalah suatu peralatan sederhana, tapi mempunyai nilai kegunaan yang sangat penting Salah satu manfaat utamanya yaitu untuk menjaga tingkat kestabilan kamera saat digunakan.

Selain itu, masih banyak manfaat lain yang akan didapat oleh fotografer ketika menggunakan tripod. Misalnya untuk memotret obyek pada suatu sudut atau titik yang sulit dijangkau oleh tangan, pemotretan makro atau close up, pemotretan malam hari dan sebagainya. Sehingga, setiap fotografer perlu tahu bagaimana cara memilih peralatan tersebut.

Komponen Peralatan Tripod

Dibalik bentuknya yang sederhana, tripod selalu mempunyai beberapa komponen terpenting.

  1. Kaki tripod, bianya dibuat dari material serat karbon, baja atau alumunium. Kegunaannya adalah sebagai penyangga utama kamera.
  2. Kepala tripod, terdiri dari beberapa jenis namun yang paling disenangi oleh para fotografer yaitu yang bentuknya bulat mirip bola. Fungsinya adalah untuk memegang lensa dan kamera.
  3. Centerpost, merupakan poros pusat yang berfungsi sebagai alat untuk menentukan tingkat ketinggian tripod.
  4. Ujung kaki, adalah alat untuk menyesuaikan penggunaan tripod apakah digunakan di ruang terbuka atau outdoor maupun ruang tertutup atau outdoor.

Tripod DSLR yang harganya murah, biasanya dilengkapi dengan kaki dan kepala yang tidak dapat diganti. Selain itu, tidak semuanya dilengkapi dengan alat centerpost. Sedangkan tripod DSLR terbaik yang harganya lebih mahal hingga jutaan atau puluhan juta rupiah, dilengkapi sistem modular dengan kaki yang bisa diganti. Kadangkala pula kepala tripodnya harus dibeli secara terpisah.

Hal-Hal Yang Harus Jadi Bahan Pertimbangan Saat Membeli Tripod

Selama ini dipasaran sangat mudah sekali dijumpai tripod yang terdiri dari berbagai macam merk dan harga yang begitu bervariasi dari ratusan ribu saja hingga puluhan juta rupiah. Bagi fotografer pemula, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi bahan pertimbangan ketika ingin membeli dan memilih peralatan tersebut.

1. Kekuatan Menahan Beban

Urusan pertama yang perlu dipertimbangkan ketika membeli tripod adalah kekuatan peralatan tersebut dalam menahan beban kamera. Harus dipastikan, tripod yang mau dibeli mempunyai kekuatan menahan beban paling sedikit 1,5 lipat dibanding berat total kamera dan lensa yang digunakan.

Jika ingin yang lebih aman lagi, pilih yang kekuatannya mencapai 2 kali lipat. Apalagi untuk fotografer yang sering memakai perabot tambahan seperti baterai grid atau flash, tentu harus memilih tripod dengan daya kekuatan yang lebih besar lagi.

2. Ukuran Ketinggian

Teknik untuk memperoleh tripod DSLR terbaik berikutnya yaitu disesuaikan dengan tinggi tubuh pemakaiany. Tujuannya yaitu agar tidak perlu membungkukan badan saat ingin melihat jendela bidik. Setelah kamera diletakan pada tripod, maka jendela bidik harus berada di posisi paling pas dengan tingkat atau posisi mata. Selain itu, apabila ukurannya sesuai dengan tinggi tubuh, akan menjadi lebih mudah dibawa dalam perjalanan.

3. Ukuran Berat

Faktor berikutnya yang juga menjadi penentu kenyamanan penggunaan tripod adalah ukuran berat. Terutama untuk fotografer yang sering melakukan kegiatannya di luar ruang apalagi di alam terbuka. Pilih tripod yang terbuat dari material serat karbon, agar menjadi terasa ringan saat dijinjing dan dibawa bepergian.

Kelebihan lain dari tripod berbahan material serat karbon adalah lebih awet dan dan tidak ada resiko kena karat. Hanya saja, harganya memang lebih mahal dibanding yang menggunakan material dari aluminium atau baja. Tripod dari kedua jenis bahan tersebut lebih tepat dipakai untuk pemotretan dalam ruang atau tempat lain dimana fotografer tidak terlalu sering pindah tempat.

4. Kaki Tripod

Pada umumnya, kaki tripod dibuat dalam bentuk pipa atau tabung. Khusus untuk tripod yang dibuat dari serat karbon biasanya dilengkapi dengan kunci twist yang berguna untuk menjaga kaki agar selalu aman. Jadi lebih direkomendasikan untuk dipilih.

Sedangkan tripod dari alumunium dan baja, lebih sering berbentuk flip-lock. Semakin tinggi ukuran maksimalnya, makin banyak pula bagian kakinya dan kondisi ini seringkali membuat tripod tersebut jadi kurang stabil dalam menahan beban kamera.

5. Ujung Kaki Tripod

Tripod yang lebih modern akan memungkinkan penggunanya lebih mudah mengganti bagian ujung kaki sesuai kebutuhan. Jika ingin memperoleh tripod DSLR terbaik yang lebih sering dipakai dalam ruang, pilih ujung kaki yang bahannya terbuat dari plastik atau karet. Tapi jika lebih banyak digunakan di luar ruang, sebaiknya memilih yang menggunakan bahan logam.

Teknik Pemilihan Tripod Secara Lebih Tepat

Agar bisa memilih tripod DSLR secara lebih tepat lagi, setiap fotografer selalu punya kriteria yang berbeda-beda. Terkait dengan hal ini, tidak harus selalu mengutamakan yang dibuat dari serat karbon dengan harga lebih mahal seperti yang diceritakan di atas. Faktor paling penting yang harus dipertimbangkan adalah tujuan dari penggunaan tripod itu sendiri berserta dengan kameranya.

Misalnya jika lebih sering melakukan kegiatan fotografi dalam ruang, pasti pilihan terbaiknya adalah tripod dari bahan alumunium atau baja yang harganya lebih murah. Tetapi apabila sesi pemotretan sering dilakukan di luar ruang dan banyak berpindah tempat maka mau tidak mau perlu menyediakan anggaran khusus yang lebih besar untuk membeli tripod dari serat karbon.

Metode Penggunaannya

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih dan mendapatkan tripod DSLR terbaik, setiap fotografer harus tahu pula metode penggunaannya. Meski terlihat sederhana, tapi tidak sedikit fotografer pemula yang kurang paham cara memakai tripod secara pas dan benar. Padahal hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap hasil pemotretan.

  1. Untuk langkah awalnya, komposisi harus disiapkan lebih dahulu. Kemudian cari beberapa titik, lalu eksplorasi obyek pemotretan dari beberapa sudut yang berbeda. Setelah dirasa tepat, tripod boleh langsung diset.
  2. Pilih permukaan yang rata sebagai pijakan kaki tripod agar bisa tercipta kondisi yang lebih stabil, kokoh dan tenang. Apabila situasinya memungkinkan jangan memilih permukaan yang mudah memunculkan pantulan seperti kayu atau logam yang letaknya di pinggiran jalan.
  3. Gunakan tripod pada posisi serendah mungkin di permukaan tanah. Tujuannya adalah agar tingkat vibrasi atau getaran dapat diminimalkan. Selain itu, semua kaki tripod harus direntang selebar mungkin agar kinerjanya semakin kokoh.
  4. Usahakan untuk tidak menaikan atau meninggikan tiang tripod karena dapat membuat alat ini jadi labil. Jika membutuhkan angle tinggi, lebih baik posisi serta titik pemotretan dipindah ke spot lain.
  5. Harus diusahakan pula, pelat yang dipakai untuk memasang kamera kondisinya selalu rata dan tetap horizontal. Apabila permukaannya miring misalnya di area perbukitan, kaki tripod yang posisinya paling tinggi harus dipendekan dan kaki lainnya tetap menjejak di posisi yang paling rendah.
  6. Tips berikutnya apabila menggunakan tele, maka tripodnya harus dilengkapi dengan tripod collar. Biasanya saat membeli lensa tele, perabot ini ikut disediakan. Fungsinya adalah untuk menciptakan kestabilan yang lebih maksimal.
  7. Tripod yang kualitasnya bagus biasanya juga dilengkapi dengan hook. Jika ingin mendapat tingkat kestabilan yang makin sempurna, hook ini dapat dikasih pemberat dari tali.

Itulah beberapa tips memilih tripod DSLR terbaik beserta metode pemakaiannya. Bagi para fotografer pemula mungkin teknik-teknik penggunaan ini terasa sulit bahkan menjengkelkan. Tapi apabila ingin memperoleh hasil pemotretan yang bagus, semua memang harus dipelajari dan dipraktikan.

Baca artikel yang lain mengenai Cleaning Kit Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.