Trik Fotografi Dengan HP

Trik Fotografi Dengan HP Supaya Hasilnya Profesional

Sekarang ini zamannya narsis, apapun itu pasti akan diabadikan dengan menggunakan kamera. Apalagi mengingat kamera sudah menjadi hal yang mudah ditemukan, dan tak perlu susah-susah mencetaknya dulu untuk melihat hasilnya. Dengan adanya kamera HP, membuat semakin banyak orang yang suka memotret. Sekalipun tak semuanya memotret dengan menggunakan teknik memotret yang benar, yang penting adalah sudah menggunakan kamera untuk tujuan yang sebenarnya, yaitu mengabadikan momen.

Khusus bagi yang suka memotret, jangan ragu menggunakan kamera ponsel untuk mengabadikan berbagai kesempatan. Apalagi sekarang sudah banyak kamera ponsel yang dibekali kemampuan tak jauh berbeda dari kamera digital. Ditambah dengan kemampuan menggunakan teknik fotografi yang tepat dan memanfaatkan fitur bawaan kamera ponsel dengan maksimal, maka kita bisa menciptakan foto dengan kualitas layaknya kamera digital. Untuk membuat foto terlihat lebih profesional, maka sebaiknya ikuti tips-tips berikut ini:

1. Cari Cahaya dan Objek yang Bagus

Banyak yang mengatakan jika fotografi adalah melukis dengan menggunakan cahaya. Maka karena itu, untuk memotret di dalam maupun diluar ruangan, kita memiliki cahaya yang cukup. Apalagi memotret dengan menggunakan HP yang sensor kameranya lebih kecil daripada DSLR, walaupun itu APSC apalagi full frame. Ukurannya yang kecil membuat kemampuan menangkap cahayanya juga sedikit sekali, maka kita harus mengakalinya dengan mencari lokasi pemotretan yang cahayanya bagus.

Selain itu, pastikan juga kita memiliki objek foto yang menarik. Sebab, tanpa objek foto yang menarik maka foto yang akan kita hasilkan ya begitu-begitu saja walau kita menguasai banyak teknik fotografi yang sulit. Triknya, boleh belajar dari hasil karya fotografer lain. Perhatikan apa yang membuat foto mereka terlihat lebih menarik, dan kita bisa mempraktekkannya dengan gaya kita sendiri.

2. Objeknya Diam dan Tangan Stabil

Yang menjadi kelebihan kamera DSLR atau juga kamera mirrorless adalah memiliki kemampuan memotret objek dengan kecepatan tinggi, sehingga objek yang tak diam pun bisa diantisipasi. Beda halnya dengan kamera ponsel yang kurang bagus untuk memotret benda yang bergerak, maka demi dapat foto dengan hasil yang ciamik sebaiknya menggunakan objek yang diam. Kemudian usahakan tangan tidak gemetar saat memegang kamera ponsel, apalagi kalau sudah menemukan angle yang tepat. Tidak akan ada yang suka foto blur.

3. Jangan Terlalu Jauh dari Objek

Banyak yang mengatakan jika gambar kita kurang bagus, berarti kita kurang dekat dengan objek yang kita ambil. Nah, salah satu kelebihan memotret dengan jarak dekat adalah kita dapatkan efek bokeh yang keren untuk backgroundnya, karena salah satu faktor keren tidaknya bokeh adalah disebabkan oleh jarak antara kamera dan objeknya. Selain itu jangan pakai zoom kamera HP yang malah akan memperburuk hasil foto, lebih baik dekati objeknya.

4. Pakai Aplikasi Bawaan HP

Berbagai aplikasi edit foto akan membuat selfie terlihat lebih sempurna, tapi jika ingin kualitas foto terbaik sebaiknya memotretlah dengan pakai aplikasi bawaan dari kamera itu saja. Setelah mengambil foto, maka kita bisa mengeditnya dengan aplikasi foto apapun yang ada sesuai dengan kebutuhan. Tapi beda jika menggunakan aplikasi khusus untuk fotografi misalnya Camera FV-5. Aplikasi ini justru disarankan karena bisa mengoptimalkan kamera smartphone (pastikan smartphone kita merupakan seri fotografi supaya kameranya juga memuaskan).

5. Pilih Angle yang Tepat

Jangan sepelekan sudut pengambilan foto, sebab pemotretan akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi hasil fotonya nanti. Salah satunya adalah teknik force perspective yang akan menjadikan foto terlihat lebih unik. Tapi untuk sempurna melakukannya harus dibarengi latihan yang terus menerus, ya!

Kemudian pelajari juga komposisi foto yang akan kita ambil, dari mulai kecocokan objek dengan backgroundnya, warna dan bentuk, bahkan garis yang ada pun harus diperhatikan, lho! Hal itu akan menentukan apakah foto kita memiliki arti atau hanya iseng jepretan saja. Dalam sepintas pun kita bisa melihat mana foto yang serius pengambilannya dan mana foto yang iseng saja.

6. Bersihkan Lensa Kamera HP

Jangan salah, lensa kamera bisa saja terkena minyak dari tangan saat sedang kita gunakan, belum lagi berbagai kotoran dan debu bisa menempel disana dan membuat hasil foto jadi kurang cantik. Beda dengan kamera digital yang memiliki penutup lensa yang akan melindungi lensa dari kotoran dan goresan, lensa kamera HP biasanya dibiarkan begitu saja. Maka karena itu, kita harus sering-sering membersihkannya supaya tetap maksimal kinerjanya.

7. Gunakan Tripod dan Atur Mode HDR

Menggunakan tripod memang tak wajib, tetapi keberadaannya akan membuat hasil foto slow speed light trail menggunakan kamera HP akan jadi lebih memuaskan. Walaupun hanya beberapa jenis HP khusus yang mendukung teknik foto ini, kita tetap bisa melakukannya dengan HP biasa dengan menggunakan aplikasi khusus.

Kemudian, untuk yang akan memotret di situasi dengan kontras cahaya, maka kita wajib mengatur mode HDR. Kapan menggunakannya? Misal saat kita memotret di siang hari, tapi objek yang akan kita foto terhalangi bayangan sehingga gelap. Nah, keberadaan mode HDR akan membuat objek terlihat lebih terang.

8. Foto yang Memiliki Cerita

Jangan asal jepret, itu maknanya. Buatlah foto yang kita ambil terlihat bercerita, jadi setiap orang yang melihatnya akan langsung mengerti makna di balik pengambilan foto. Misalnya dengan membuat dua buah foto (atau lebih) yang terkait satu sama lain, jadi saat seseorang melihat salah satu foto, mereka akan penasaran untuk melihat foto yang lainnya. Teknik ini cocok untuk dokumentasi perjalanan atau traveling.

9. Tangkap Momen yang Tepat

Yang satu ini berhubungan dengan poin sebelumnya, jadi supaya foto yang kita ambil lebih bercerita, maka kita harus mengambil foto di momen yang paling tepat. Supaya orang akan langsung mendapatkan feels dari foto tersebut. Nah, agar kita bisa spontan menangkap momen yang ada, maka biasakan untuk lebih peka melihat ke sekeliling, jangan hanya terlalu asyik melihat Hpnya saja, ya!

10. Flash

Biasanya lampu kilat atau lampu flash di ponsel hanya digunakan sebagai trik untuk membuat foto jadi lebih terang dan hasil yang didapatkan pun jauh dari kata memuaskan. Itu karena kita tak bisa menggunakannya dengan benar. Maka karena itu, kuasai cara kerja lampu flash dalam ponsel kita, sehingga bisa menggunakannya dengan maksimal saat memotret di tempat dengan pencahayaan yang buruk.

11. Editing

Kemudian proses editing juga diperlukan untuk membuat hasil foto terlihat lebih bagus. Misalnya mengedit foto supaya lebih terang, atau menghilangkan beberapa bagian foto yang kurang bagus. Tetapi pastikan foto yang kita edit tetap terlihat natural dan tidak berlebihan. Rata-rata fotografer juga hanya menggunakan editing cropping atau memangkas foto, dan mengatur efek warna foto saja.

Baca artikel yang lain mengenai Lensa Zoom vs Lensa Fix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.