Transisi Pada Editing Video

4 Jenis Transisi Pada Editing Video

Kamu sedang tertarik dengan dunia editing khususnya edit video. Pastinya kamu ingin tahu banyak tentang editing video. Berbagai carapun kamu tempuh demi terkumpulnya informasi tentang editing video. Kamu mulai mencari-cari semua materi-materi editing Internet, mengikuti kursus atau bahkan mulai cari-cari kenalan yang juga mempunyai kegemaran yang sama dibidang editing video. Kemudian berbagai informasi tentang editingpun menjadi penting bagimu, tidak terkecuali materi tentang transisi di bawah ini.

Terdapat empat jenis transisi dalam editing video. Penasaran apa saja kan, yuk segera simak ulasan di bawah ini.

Cut

Transisi jenis ini merupakan transisi secara tajam antara satu gambar ke gambar lainnya. Transisi dengan cut ini terjadi secara langsung antar obyek. Sementara itu cut merupakan transisi yang paling sering digunakan dalam proses editing. Adapun fungsi dan juga kegunaan dari cut sendiri adalah untuk menggambarkan detail dari suatu obyek, meningkatkan atau menurunkan irama kejadian, transisi yang berhubungan dengan perubahan tempat dan waktu serta transisi yang melibatkan aksi yang berkesinambungan.  Selain itu cut ini juga sesuai untuk video yang bertemakan perjuangan, semangat yang sedang bergairah.

Cara melakukan transisi dengan cut ini juga cukup mudah yaitu tinggal memilih gambar yang ingin dipindah lalu di cut dan ditempatkan pada durasi yang diinginkan. Saat melakukan cut kita harus memperhatikan letak pemotongan agar tidak merusak kualitas video. Jenis cut sendiri terbagi sebagai berikut.

  • Straight Cut

Straight Cut merupakan jenis transisi cut yang mana shot A digantikan dengan shot B tanpa ada interupsi sebelumnya seperti pergantian suasana dari siang ke petang, dan lain sebagainya.

  • Match Cut

Match cut merupakan jenis penggabungan dua shot dengan ketentuan obyek memiliki ukuran dan besar yang sama.

  • Jump Cut

Jump cut yaitu pergantingan shot yang tidak berkesinambungan yang diakibatkan karena perbedaan antara shot pertama dengan shot kedua. Misalnya lompatan shot dari adegan dirumah yang kemudian menampilkan adengan suasana di pantai, pegunungan atau yang lainnya. Penggunaan cut ini sangat sesuai untuk video yang bertemakan keceriaan, kesenangan, antusiasme, dan semangat juang yang tinggi.

Dissolve

Perpindahan dengan dissolve terjadi secara berangsur-angsur dengan cara bagian akhir dari gambar pertama perlahan-lahan tercampur dengan gambar berikutnya. Setelah itu gambar kedua terlihat semakin jelas. Perpindahan jenis dissolve in biasa digunakan untuk menjembatani shot action, saat pergantian tempat dan waktu, dan penunjuk hubungan antara dua shot.

Selain itu dissolve juga digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang romantis, sedih, mengalir, halus, lamunan masa depan dan kejadian masa lampau. Kamu bisa menggunakan efek ini untuk video yang berisi tentang kenangan seseorang, mengulas riwayat hidup seorang tokoh, dan mengenang kejadian-kejadian di masa lalu. Penggunaan dissolve untuk mengulas kenangan dimasa lalu akan membuat kita seakan-akan benar-benar berada pada zaman dan masa di video sehingga kita bisa lebih mendalami cerita dalam video yang disajikan. Dissolve ini juga bisa digunakan untuk bagian video yang mempunyai adegan sang aktor sedang membayangkan suatu hal atau kejadian.

Fade

Fade merupakan jenis transisi yang dilakukan pada awal atau akhir sebuah adegan melalui sebuah blank. Fade sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu fade in dan fade out.

  • Fade In

Fade in adalah perubahan dari gelap ke terang yanga mana diawali dengan sebuah kedaan gelap kemudian muncul gambar dalam keadaan normal kemudian berangsur-angsur berada pada kondisi normal.

  • Fade Out

Sementara itu, fade out adalah kebalikan dari kondisi fade In, yang mana gambar bertransisi dari kondisi terang ke keadaan gelap hingga gambar tersebut berubah dalam kondisi normal.

Biasanya fade in dan fade out selalu digunakan secara bersama-sama yang bertujuan untuk memisahkan satu alur cerita dengan alur cerita lainnya, seperti pergantian waktu, pergantian tempat, dan pergantian jalan cerita. Meskipun demikian penggunaan Fade in tidak boleh terlalu berlebihan karena akan membuat jalan cerita menjadi rancu dan terpotong-potong sehingga jalan cerita sulit dipahami oleh penonton.

Wipe

Transisi dengan wipe merupakan transisi dimana satu gambar tergantikan oleh gambar lain seolah-olah gambar yang pertama terdorong keluar oleh gambar kedua hingga sepenuhnya gambar kedualah yang muncul di layar.  Wipe sendiri menggunakan efek sapuan yang tajam sehingga shot selanjutnya bisa menggantikan shot yang pertama. Pergantian dengan wape ini biasanya digunakan untuk mengawali sebuah adegan dalam cerita, mengisyarat perbedaan waktu, dan perubahan tempat. Program-program acara yang sangat menguntungkan bila menggunakan pergantian gambar secara wipe diantaranya adalah program musik, dan cerita musikal.

Wipe sendiri dilakukan dengan beberapa bentuk yang terdiri dari wipe kanan ke kiri, wipe kiri ke kanan, wipe atas ke bawah, wipe bawah ke atas, dan wipe bentuk yang makin mengecil. Sementara jenis wipe yang masih sering digunakan adalah Invisible wipe yang biasa digunakan ketika terjadi perpindahan lokasi atau adegan.

Editing video merupakan kegiatan yang sangat sulit untuk orang yang awam khususnya bagi para pemula. Akan tetapi setelah kita mahir dalam proses editing kita akan merasakan senangnya telah berkecimpung didunia editing. Kita bisa membuat sebuah karya yang penuh dengan nilai artistik dan kreativitas. Membuat film yang mengisahkan kisah-kisah perjuangan pada zaman dahulu sehingga kita bisa ikut merasakan dan seolah-olah berada pada situasi tersebut. Imbasnya kita bisa menjadi bangsa yang tetap mengenang jasa-jasa para pahlawan dan termotivasi untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi melalui profesi masing-masing.

Itulah keempat jenis transisi dalam editing video. Terdapat poin penting, keuntungan belajar editing lainya yaitu kita bisa membuat sebuah video yang penuh dengan nilai-nilai moral yang baik, memiliki konten yang bersifat ajakan kebaikan sehingga makin banyak bangsa yang sadar akan keberadaannya dan tidak menyia-nyiakan waktu yang dimiliki untuk kesenangan semata. Khususnya bisa mengajak generasi muda untuk menjauhi narkoba.

Belajar editing memang tidak jarang mampu menghadirkan keputusasaan tapi dengan ketangguhan belajar editing akan menjadi lebih mudah. Banyak mengumpulkan informasi tentang cara-cara dan semua materi yang berkaitan dengan mengedit video akan membuat pemahaman kita semakin bertambah. Sebelumnya kita perlu mengenali diri kita sendiri lebih cepat menyerap informasi melalui cara apa saja. Bila kita cukup mudah memahami suatu informasi melalui bacaan saja, maka kita perlu memperbanyak literatur dan buku-buku tentang editing.

Akan tetapi, bila termasuk orang yang membutuhkan contoh detail untuk setiap materi maka kita bisa mencari materi belajar editing video di Youtube. Video yang disediakan Youtube akan memandu kita step by step tentang proses editing sehingga kita tidak akan bingung lagi. Setelah itu, memperbanyak praktek mengedit video langsug juga akan memperbagus ketrampilan kita dan tentunya bisa langsung dicoba keempat jenis transisi yang telah disampaikan.

Baca artikel yang lain mengenai Teknik Pengambilan Video Dengan Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.