Tips Mengedit Video

5 Tips Mengedit Video Mentah Menjadi Video Keren

Kamu ingin memberikan kenang-kenangan yang tidak terlupakan untuk orang yang kamu sayangi? Selain memberikan barang atau benda yang bisa dipakai, kamu juga bisa menjadikan video sebagai pilihan lho. Ya, rekaman video menjadi salah satu souvenir yang tidak akan pernah lekang oleh waktu dan pastinya tetap memberikan nilai berkesan kepada orang yang kita beri. Rekaman video bisa diputar di mana saja dan kapan saja tak terbatas ruang dan waktu. Bila video berisi tentang kebersamaan dengan orang-orang, kebersamakan akan memudahkan kita mengenali wajah dan juga namanya.

Nah, bila kamu ingin menjadikan video menjadi salah satu hadiah untuk orang-orang yang kamu sayangi. Kamu wajib mempersiapkan video tersebut sebaik mungkin agar hasilnya bisa maksimal dan berkesan di hati orang yang kamu sayang. Kamu bisa mulai mengumpulkan berbagai informasi tentang pembuatan video, cara mengedit yang baik dan lain sebagainya. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan melalui searching di Internet ataupun bertanya kepada orang yang mahir dalam editing video. Setelah semua informasi tersebut terkumpul, kamu bisa mulai mengeksekusi pembuatan videomu. Supaya hasilnya lebih maksimal dalam pembuatan videomu, kamu juga bisa menggunakan beberapa tips dalam pembuatan video keren di bawah ini. Yuk simak ulasan berikut.

Buang yang Tidak Perlu

Supaya hasil videomu lebih keren, kamu perlu memilah-milah konten mana saja yang akan kamu tampilkan dalam video yang kamu buat. Bila video tersebut merupakan video kompilasi dari berbagai momen yang pernah kamu lalui ataupun telah dilalui orang yang kamu sayang. Kamu perlu memilah mana saja moment penting dan gambar mana saja yang akan kamu tampilkan dalam video tersebut. Begitu juga sebaliknya, bila videomu adalah video live action, kamu perlu mensortir adegan mana yang akan kamu tampilkan dalam video tersebut.

Intinya adalah pilah gambar ataupun adegan yang penting saja dan buang bagian yang tidak perlu. Mengingat video bila disajikan dengan durasi yang terlalu lama  akan membuat bosan orang yang menontonnya. Oleh karena itu, kita harus memilih gambar yang jelas dan memiliki makna paling berkesan.

Gunakan Effect Seperlunya

Kamu bisa memaksimalkan hasil rekaman videomu dengan memberikan beberapa effect pada video yang kamu buat. Pemberian effect ini akan membuat videomu terlihat hidup dan semakin menarik untuk ditonton. Pastinya orang yang kamu sayangi akan mengagumi hasil karyamu tersebut dan tidak akan pernah lupa dengan kenang-kenangan yang telah kamu berikan.

Kamu bisa mencoba-coba effect yang mana saja yang paling sesuai untuk video yang kamu buat. Akan tetapi perlu diingat juga, jangan terlalu banyak memberikan effect pada video yang kamu buat karena bila menghilangkan kesan dan pesan yang ingin kamu sampaikan dalam video tersebut. Gunakan effect seperlunya saja agar videomu menjadi semakin menarik tanpa menghilangkan dan mengesampingkan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada orang yang kamu berikan video tersebut.

Musik Latar Sebagai Pemanis

Kamu bisa membuat videomu menjadi lebih hidup dengan menghadirkan backsong atau musik latar yang indah. Nah, ini saatnya kamu menunjukan kepedulianmu kepada orang yang kamu sayang dan ingin kamu berikan video tersebut. Pada bagian musik latar belakang ini bisa kamu isi dengan lagu-lagu kesukannya yang sesuai dengan tema video yang kamu usung. Jauh-jauh hari sebelumnya kamu bisa mengobservasi lagu-lagu favoritnya, kamu bisa mengecek hp ataupun bertanya langsung kepadanya apa musik favoritnya. Kemudian tinggal kamu masukan saja dalam video yang kamu buat.

Pemberian musik latar belakang sesuai lagu kesukaan orang yang ingin kamu beri video tersebut, selain mempercantik video juga akan memberikan kesan perhatian kepada orang yang kamu sayang. Nah, semakin berkesan bukan video hadiahmu.

Normalisasikan Audio

Langkah selanjutnya kamu hanya tinggal menormalisasikan audio dari video buatanmu. Masih ingat bukan diawal tadi kamu memasukan musik sebagai latar belakang videomu. Supaya musik tersebut tidak terlalu mencolok dan sesuai dengan video yang kamu buat, kamu perlu menormalkan suaranya agar tidak menjadi dominan dalam sebuah video. Buat lagu latar belakang tadi tidak terlalu keras tetapi juga tidak terlalu pelan agar bisa terdengar tetapi juga tidak mengganggu isi dari video yang disajikan.

Kombinasikan musik yang sesuai dan normalkan audio dalam rekaman yang kamu buat. Sementara itu bila videomu berisi rekaman adegan bukan kompilasi dari beberapa foto yang divideokan, kamu perlu memastikan agar percakapan dapat terdengar dengan jelas. Buatlah rekaman suara yang jelas dengan menormalisasikan audionya.

Sabar dan Jangan Gampang Menyerah

Ini adalah tips yang paling penting dalam pembuatan ataupun pengeditan sebuah video. Kesabaran sangat diperlukan sekali dalam editing dan pembuatan video karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama dan susah-susah gampang. Kamu perlu menyesuaikan isi video dengan musik latar belakangnya, juga membuat setiap detail dari video tersebut terlihat dan terdengar dengan jelas.

Kamu perlu mengobservasi lebih lajut tentang kesukaan orang yang kamu sayang dan juga tempat-tempat yang bagus untuk mengambil sebuah video bila itu adalah live action. Tidak terbayangkan bukan betapa ribet dan susahnya proses pembuatan dan editing sebuah video. Tentunya dalam proses-proses ini kamu perlu mempunyai kesabaran yang besar dan juga sikap pantang menyerah agar video yang kamu buat mempunyai hasil yang maksimal. Hasil video yang keren tentu akan berimbas pada kepuasan orang yang menonton video yang kamu buat dan juga akan semakin meninggalkan kesan yang mendalam bagi orang yang kamu sayang.

Gimana masih tertarikkan menjadikan video sebagai salah satu kenang-kenangan termanismu untuk orang yang kamu sayang. Tentunya kamu harus mempersiapkan hadiah terindah itu jauh-jauh hari sebelumnya agar rekaman videomu memberikan hasil yang maksimal. Kamu bisa membuat beberapa video kompilasi sederhana untuk orang yang kamu sayang dari koleksi yang kalian punya.

Pastikan memilih foto yang jernih, jelas, dan mempunyai angle yang bagus. Taruhlah beberapa text dalam video sebagai pesan ataupun pengingat dimana moment tersebut terjadi. Bingkai videomu dengan lagu kesukaan kalian berdua ataupun lagu kesukaan orang yang kamu sayang. Perhatikan durasi dari videomu juga agar tidak terlalu lama dan membuat bosan orang yang menonton. Selain itu kamu bisa menerapkan tips-tips diatas saat kamu sudah mulai proses pembuatan video tersebut.

Tips yang paling penting adalah kesabaran karena tanpa kesabaran kamu tidak akan menyelesaikan proses pembuatan videomu. Selain itu berbagai kesulitan yang datang saat membuat dan mengedit video akan menguji mentalmu. Oleh karenanya jangan mudah menyerah dan ingatlah kebahagiaan orang yang kamu sayang saat menerima hadiahmu sehingga kamu bisa menuntaskan pembuatan videomu. Selamat mencoba dan jangan lupa mempraktikan tips di atas ya.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Membuat Video Stop Motion 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.