Tips Mengambil Foto dengan iPhone

Tips Mengambil Foto dengan iPhone dan Cara Memaksimalkannya

Jika ditanya merek ponsel apa yang paling populer dan paling bergengsi? Semua orang pasti dengan segera menyebutkan iPhone. Populeritas iPhone memang tak bisa dielakkan ya? Terlebih saat melihat fakta di lapangan bahwa iPhone memiliki ketahanan yang luar biasa, body yang solid dan kokoh, sistem operasi anti lelet dan juga tentu saja kameranya yang luar biasa, bahkan dari seri paling lawas sekalipun. Apple yang sudah merilis brand khusus untuk kameranya yaitu iSight ini kemudian meningkatkan kualitas kameranya pada iPhone 5s. Saat itu, pihak Apple meningkatkan kualitas sensor dan membuat pixel yang dihasilkan menjadi lebih besar.

Secara tak langsung, kamera pun akan memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kamera seri pendahulunya. Unit pemrosesan gambar pun diperbaharui, sehingga pengguna iPhone bisa mengambil gambar dengan menggunakan burst mode yang lebih cepat, slow motion yang oke punya sampai dengan time lapse yang keren buat seru-seruan. iPhone 6s saja sudah ada peningkatan pada Focus Pixel atay kecepatan fokus, sementara di iPhone 6s sendiri ada peningkatan yang memuaskan dalam resolusi, live image dan juga tone color.

Pecinta fotografi ponsel pasti puas sekali menggunakan iPhone, pemrosesan gambarnya juga memang terkenal kecepatannya, dalam mode HDR saja tak perlu sampai menunggu sedetik untuk memproses gambar HDR tersebut. Masih penasaran kenapa kamera iPhone masih sangat terkenal?Salah satunya adalah karena penggunaan sistem operasinya yang luar biasa keren, developer besar membuat iPhone mampu merilis begitu banyak aplikasi dan juga tools yang bagus-bagus.

Masih ingat berapa lama Instagram bisa digunakan oleh Android setelah pertama kali muncul sebagai aplikasi khusus iPhone? 2 tahun! Karena iOs terkenal dengan konsistensinya akan sebuah ekosistem dan itu yang membuat developer suka. Beda hal dengan android yang terpecah menjadi beberapa ekosistem, satu aplikasi belum tentu cocok untuk ponsel android lainnya. Beda dengan iOs, developer hanya akan memikirkan iOS untuk iPhone saja dan iOS untuk iPad.

Bermunculannya fotografer iPhone membuat komunitas fotografer iPhone makin menjamur, baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata, komunitas ini saling berbagai berbagai tips dan trik untuk menggunakan kamera iPhone semaksimal mungkin. Hashtag yang digunakan juga khusus seperti #iPhoneonly atau #iPhoneography, isinya sudah tentu merupakan aneka jepretan indah dengan unsur seni tinggi yang diabadikan menggunakan lensa ponsel iPhone. Ditambah lagi banyaknya perlombaan fotografi iPhone dengan hadiah yang wah membuat semakin banyak orang yang ingin menggunakan iPhone dan membuktikan keunggulah kameranya sendiri.

Sejak seri paling jadul, kamera iPhone memang menghasilkan foto yang berkualitas terbaik, bahkan jika dibandingkan dengan kamera android dengan resolusi tinggi, ternyata yang lebih menarik tetap saja kamera iPhone, bahkan bisa dikatakan setingkat dengan kamera DSLR. Tetapi untuk mendapatkan foto-foto kece dengan menggunakan kamera iPhone, butuh beberapa trik khusus yang perlu dipelajari terlebih dahulu. Seperti apa trik khususnya?

1. Supaya Komposisi Objek Lebih Pas Gunakan Fitur Grid

Seperti apa fitur grid? Fitur yang akan membuat kita membidik objek dengan komposisi yang lebih pas. Fitur ini bisa diaktifkan dalam pengaturan kamera dan jika diaktifkan maka akan muncul sembilan buah kotak di layar yang gunanya untuk memposisikan objek yang akan kita foto dengan background serta properti foto yang lainnya. Dengan komposisi yang pas, maka kita bisa dapatkan foto yang kualitasnya setara dengan DSLR. Caranya, Settings lalu pilih Photo and Camera, lalu pilih Grid.

2. Jangan Malas Atur Fitur Focus dan Brightness Supaya Foto Sejernih DSLR

Menggunakan fitur ini bisa membuat hasil bidikan kamera iPhone kita makin fokus dan juga jernih, mengatur-atur fitur Focus dan Brightness nantinya akan membuat bidikan per bidikan kamera Iphone terasa bagaikan hasil dari kamera DSLR milik para profesional. Bagaimana cara mengakses fitur yang satu ini? Caranya sangat mudah, yaitu cukup menekan layar supaya fokus dan kemudian geserkanlan jari ke atas dan ke bawah pada bagian slider untuk mengatur kecerahan gambar yang sedang kita ambil tersebut.

3. Pakai Lock Exposure Supaya Minim Noise

Dengan menekan layar cukup lama, bukan cuma bisa kita gunakan untuk pengaturan Focus dan Brightness, tetapi juga akan memunculkan fitur Lock Exposure. Fitur yang satu ini akan membantu kita untuk membuat bidikan objek yang lebih lebih jernih. Saat mengunakan fitur Lock Exposure, maka kita bisa mengunci beberapa bagian khusus pada gambar yang akan diambil, hasilnya adalah foto akan terlihat lebih jelas.

4. Pakai Burst Mode Untuk Mengambil Banyak Gambar Ala DSLR

Kita semua tahu jika kamera DSLR memiliki banyak sekali fitur pendukung yang luar biasa canggih, salah satunya biasa kita sebut dengan nama Burst Mode atau Continous Shooting Mode. Nah, dengan menggunakan Burst mode maka kita bisa mengcapture lebih banyak foto dalam satu kali jepretan, sehingga tak ada momen yang terlewat sata kita mengambil fotonya. Fitur yang sudah lama hadir dalam kamera iPhone ini tak sulit untuk digunakan, cukup dengan menahan tombol shutter dalam waktu yang lumayan lama, nanti kamera akan menangkap kurang lebih 10 foto sekaligus per detiknya.

5. Manfaatkan Auto HDR Supaya Foto Jernih

Dalam kamera DSLR kita sudah bisa menemukan fitur Auto HDR sejak dulu, dan adanya fitur ini menjadi kelebihan bagi kamera DSLR, akan tetapi fitur ini juga bisa digunakan dalam iPhone juga, sehingga kita bisa mengambil foto dengan kejernihan yang lebih baik lagi. Bahkan pengambilan gambar dengan mode Auto DSLR itu bisa mengambil sebanyak tiga foto pada eksposur berbeda dan juga bisa mengaburkan aspek terbaik dari masing-masing gambar tersebut. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini pada iPhone masing-masing? Caranya adalah cukup dengan menekan fitur HDR yang letaknya ada di deretan paling atas pada bagian menu fotografi pada kamera iPhone kita.

6. Membuat Efek Flare Layaknya Kamera DSLR Pada Kamera iPhone

Ternyata dengan berbekal kamera iPhone saja, kita juga bisa membuat efek lens flare ala kamera DSLR. Sebab, kamera iPhone dengan lensa yang ukurannya kecil memang jauh lebih peka terhadap efek fotografi yang satu ini. Cara untuk memunculkan efek flare pada kamera iPhone juga cukup mudah, sebab kita cukup mengatur komposisi ataupun tata letak sumber cahaya terang yang bisa menyebabkan flare tersebut di dalam frame foto. Cukup gunakan tangan saja untuk mengontrol efek kemunculan serta tata letak dari efek flare. Praktis!

Itulah beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan dalam kamera iPhone dan juga beberapa tips keren untuk bisa memaksimalkan penggunakan kamera iPhone kita. Silahkan dipraktekkan dan jangan lupa share hasil foto dengan hastagnya ya!

Baca artikel yang lain mengenai Lensa Kamera DSLR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.