Tips Memotret di Pantai

Tips Memotret di Pantai Untuk Hasil Yang Keren

Libur telah tiba, sudah saatnya kamu merencanakan destinasi tempat liburan yang akan  kamu kunjungi. Ada banyak tempat yang dapat kamu kunjungi selama musim lburan ini seperti pulang ke kampung halaman, mendaki gudung, jalan-jalan disepanjang jalan kota dan menjelajahi pantai. Agar liburan kali ini semakin seru, ada baiknya kamu mulai persiapan dengan melengkapi asesoris fotografi yang kamu punya sehingga nantinya ketika liburan, kamu tidak hanya bisa menikmati alam sekitar tetapi juga mampu menghasilkan foto memorable dengan kualitas yang bagus. Jangan sampai nantinya kamu menyesal karena kamera yang kamu miliki tidak mampu merekam momen tersebut secara maksimal, karena kamu tidak memiliki persiapan yang matang dalam pelengkapi fotogravi devices yang kamu punya.

Salah satu tantangan yang paling sering dihadapi ketika liburan adalah ketika kamu harus mengambil foto di tepi pantai. Terkadang foto yang kita ambil di tepi pantai tampak gelap dan tidak jernih, hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, bisa saja karena pencahayaan yang terlau terang akibat terik matahari, atau ketika kamu mengambil foto dengan latar yang membelakangi matahari, dan aspek-aspek lain yang diakibatkan oleh lingkungan sekitar kamu. Hal ini tidak hanya terjadi pada kamera handphone, tetapi juga pada kamera profesional, sehingga bisa dibilang bahwa hasil foto yang jelek bukan disebabkan oleh kamera yang kamu miliki melainkan dari cara kamu mengambl foto tersebut. Oleh karena itu, hal ini dapat diminimalisir sedemikian rupa sehingga  kamu bisa mengambil foto yang bagus tanpa harus mengganti kamera yang kamu miliki. Selagi kamu mengetahui trik dan tips dalam mengambil foto yang bagus maka kamu dapat menghasilkan foto yang maksimal seperti layaknya seorang fotografer profesional.

Tips Mengambil Foto Di Pantai Dengan Menggunakan Kamera Handphone

Handphone merupakan alat fotografi yang paling utama yang dimiliki oleh hampir setiap orang, handphone tidak hanya memiliki kualitas yang bagus dalam mengambil foto tetapi juga dapat dibawa kemana saja, dengan koneksi internet kamu dapat mengupdate foto yang kamu ambil di social media yang kamu miliki.  Karena handphone sangat praktris, banyak orang yang lebih memilih untuk menangkap momen moment penting dalam hidup mereka dengan menggunakan  handphone ketimbang harus menggunakan kamera fotografi. Ketika akan mengambil foto dengan menggunakan kamera handphone,  beberapa hal berikut harus benar-benar kamu perhatikan.

  1. Perhatikan waktu saat kamu mengambil foto di tepi pantai. Jam terbaik dalam mengambil foto yang bagus adalah sebelum jam 9 pagi dan setelah jam 4 sore. Alasannya, pada jam 10 pagi sampai jam 3 sore cahaya matahari sangat terik pada daerah pinggiran pantai, sehingga foto yang kamu hasilkan akan tampak pucat akibat cahaya yang berlebih.
  2. Sebelum mengambil foto dengan handphone mu,  bukalah menu shutter speed yang ada kemudian pilih low speed. Metode ini akan sangat berguna jika kamu ingin menghasilkan foto laut yang seorlah-olah seperti embun. Hasil foto dengan menggunakan teknik ini akan maksimal ketika kamu mengambil foto tersebut pada sore hari dengan latar belakang laut yang orange kemerah-merahan.
  3. Berikutnya yang tidak kalah penting adalah kamu harus menyiapkan tripd ketika akan mengambil foto laut, seringkalai kita mengambil foto dengan mengandalkan tangan kita sendiri namun hal tersebut akan membuat hasil foto pantai yang ada tampak tidak maksimal.  dengan angin pantai yang kencang dan objek foto yang selalu bergerak, mengambil foto dengan tripod akan membuat foto lebih stabil dan bebas dari goncangan.
  4. Pilihlan objek foto yang tepat, akan lebih baik apabila kamu dapat menemukan spot dimana kamu dapat mengambil pemandangan laut yang luas. Tentu saja ini menjadi salah satu tantangan yang sulit ketika waktu liburan, mungkin akan ada baiknya kamu mulai mengeksplorasi tempat-tempat yang sepi turis sehingga foto yang kamu hasilkan akan tampak dramatis dengan menonjolkan keindahan alam sekitarnya.

Selain menggunakan hanphone, sebagian dari kita lebih memilih untuk  mengambil foto dengan menggunakan kamera profesional. Meskipunharga dari satu kamera profesional itu selangit, namun bukan berarti kamera ini akan selalu menghasilkan foto yang bagus, karna hasil foto yang bagus hanya bisa dihasilkan apabila kamu menguasai teknik  yang tepat.

Teknik Mengambil Foto Di Pandai Dengan Menggunakan Kamera SLR

  1. Sama dengan kamera handphone, waktu terbaik dalam mengambil foto dengan mnggunakan kamera SLR adalah ketika matahari terbit dan ketika matahari mulai terbenam, karena cahaya matarai tidak terlalu terang dan tidak akan menyebabkan foto yang kamu hasilkan tampak pucat.  Meskipun demikian, kamu tetap dapat mengambil foto ketika siang hari dengan mengggunakan kamera SLR karena beberapa kamera memiliki pengaturan yang maksimal sehingga beberapa kecacatan yang mungkin akan dihasilkan oleh cahaya matahari berlebih akan dapat dihindari. Ketika mengambil foto di pantai pada siang hari, kamu harus mengatur seting kamera menjadi manual exposure untuk menghasilkan foto yang maksimal; kemudian lakukan peningkatan shutter dengan menurunkan nilai apature ke nilai yang terkecil.
  2. Kamu juga dapat memanfaatkan pantulan dari air laut untuk menghasilkan foto yang bagus, ini akan tampak maksimal apabila dilakukan pada sore hari ketika kamu mengambil foto bertepatan didepan matahari yang terbenam. Dengan menggunakan teknik ini, kamu dapat melihat refleksi sekitar ari pantulan yang dihasilkan oleh air laut.
  3. Malam hari bisa menjadi salah satu waktu yang paling menarik untuk mengambil foto, dan ini juga akan sangat menantang. Ketika mengambil foto laut pada malam hari, laut tidak lagi menjadi objek utama dalam pemotretan. Dengan cahaya yang semakin sedikit, kamu dapat menjadikan langit sebagai objek foto yang sangat menarik. Kamu depat menghasilkan foto milky way dengan latar belakang tepian pantai dengan susunan karang dan ombak.
  4. Kamu juga perlu untuk menobservasi keadaan disekitar pantai, hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah apa saja yang menjadi point of interest pada pantai tersebut; untuk itu kamu mungkin perlu untuk mengamati objek-objek pantai yang ada sehari sebelumnya.
  5. Gunakan filter bila perlu, fungsi dari filter adalah sebagai alat bantu. Filter yang dapat kamu gunakan dalam mengambil foto di tepi pantai adalah ND filter atau yang dikenal dengan sebutan Neutral Density filter yang berfungsi untuk mengatur banjir cahaya yang diakibatkan oleh matahari, kemudian CPL atau polarizing filter yang akan menyaring cahaya yang terpolarisasi.

Pelajarilah beberapa trik mengabilan gambar sebelum liburan ini dan kamu akan mampu untuk menghasilkan foto yang maksimal dengan kamera yang mau miliki. Cobalah untuk mengambil gambar dengan sudut pengambilan gambar yang jarang digunakan, dari pada mengambil gambar pantai yang lurus ke depan, mungkin dengan mengambil foto menyamping akan memaksimalkan hasil foto yang kamu ambil. Semoga liburan kali ini dapat menyimpan memori dalam bentuk foto yang berkualitas tinggi.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Leica Q

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.