Tips Memilih Tas Kamera

Tips Memilih Tas Kamera, Wajib Buat Kamu Para Pemilik Kamera

Kamu pasti memerlukan tas untuk membawa dan melindungi kamera saat berpergian. Ada banyak pilihan jenis, merek, dan juga model tas yang beradar di pasaran saat ini dengan range harga bermacam-macam. Pilihlah tas dengan ketebalan padding (bantalan) yang cukup baik, dan lembaran-lembaran isiannya bisa dilepas-pasang sesuai dengan keperluan. Sesuaikan ukuran dan jenisnya dengan jumlah peralatan fotogradi yang akan sering kamu bawa, dan pertimbangkan juga kenyamanan saat membawanya.

Jangan sesekali menganggap remeh pada tas kamera, demikian juga jika kamu melihat fotografer yang menggunakan tas kamera digital yang besar dan baru. Di luar sana ada banyak pemilik kamera namun tidak memiliki tas untuk kameranya. Percayalah, meski terlihat sepele, tas kamera memiliki banyak manfaat. Sisihkan dana agar kamu mampu membeli tas untuk kamera digitalmu.

Jika kamu tidak memiliki tas kamera digital, maka berbagai risiko cedera pada kameramu bisa saja terjadi. Misalnya ketika tanpa kamu sadari, kameramu telah bergesekan dengan benda lain ketika kamu memasukkan kamera di dalam tas ransel. Sedangkan bila kamu memutuskan untuk menggantung tali di kamera di leher sepanjang waktu, yang ada lehermu bakalan kena jamur, kamera pun terkena radiasi sehingga mudah rusak, lembab, dan berdebu. Sangat disayangkan bila benda mahal tersebut rusak hanya disebabkan tidak adanya tas khusus kamera digitalmu, kan?

Jika kamu memiliki kamera yang ringan dan tidak besar, pilihan dengan mengaitkan tali pada leher tidak jadi masalah, asal tidak dengan waktu yang lama. Demikian halnya bila aktivas memotretmu cukup padat dan sangat dibutuhkan gerakan yang luas agar bisa memotret cepat. Pada kondisi itu, tas kamera belum dibutuhkan. Tetapi jika ada waktu istirahat panjang, maka kamera tidak bisa lagi tergantung di leher seterusnya. Bisa-bisa lehermu malah jadi encok. Jadi, saat seperti itu merupakan salah satu saat yang tepat untuk kamera digitalmu disimpan di dalam tas khusus kamera digital. Bukan tas ransel atau tas sandang yang biasa kamu gunakan, ya.

Fotografer professional sudah pasti tahu betapa penting dan bermanfaatnya penggunaan tas kamera digital. Tak heran mereka mau saja mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan tas kamera digitak yang bagus dan bermerak. Dengan adanya tas kamera digital, kamera pun aman dan terlindungi.

Mengapa Tas Kamera Sangat Dibutuhkan?

Dengan adanya tas kamera, aktivitas hunting ataupun ketika kamu melakukan perjalanan menjadi tidak repot dan tidak lelah sebab kamera tidak menggantung pada leher dengan waktu lama. Tas kamera digital juga membuat posisi kamera aman, mudah mengambilnya di dalam tas, sehingga kapanpun dibutuhkan, kamu tinggal mengambilnya dalam hitungan detik, lalu kamera siap digunakan. Tas kamera digital juga menjadi pelindung terbaik untuk kamera dan video sebab dalam perjalanan, pengguna atau pemilik kamera bisa bergerak dengan bebas tanpa takut kamera bermasalah.

Misal terkena benturan yang mengakibatkan kamera tergores ataupun pecah. Tas kamera digital juga membuat pengguna bisa melihat langsung bagian-bagian pada aksesoris kamera, misalnya baterai, lensa, flash, dan sebagainya dengean aman, kemudian disimpan kembali dalam tas tanpa takut aksesoris tersebut berceceran.

Keuntungan Penggunaan Casing dan Tas Kamera Digital

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa akan ada banyak keuntungan yang didapat jika kamu membeli dan memiliki tas kamera digital, apalagi dengan kualitas tinggi. Bila kamu membelitas kamera dengan kualitas tinggi, bisa dipastikan tingkat keamanan kameramu sangat tinggi sebab dapat terlindungi dari panasnya sinar matahari, angin, serta hujan. Kamu tahu sendiri bahwa tidak semua kamera tahan terhadap air. Oleh sebab itu, dengan kehadiran tas kamera digital, kamu tidak perlu khawatir kameramu basah karena datangnya hujan secara tiba-tiba atau ada air minuman yang kamu buat di dalam ransel bocor padahal di dalam ranselmu juga terdapat tas kamera.

Semakin baik kualitas dan kuantitas tas kamera, maka tingkat kemampuannya dalam melindungi kameramu pun akan sangat baik. Tas kamera yang baik tidak dilihat dari modelnya yang keren ataupun stylish. Pilihlah tas kamera berkualitas tinggi yang benar-benar mampu melindungi kameramu yang sangat berharga.

Tips Memilih Tas Kamera Digital

Berikut tips memilih dan membeli tas kamera digital:

  1. Belilah tas kamera berukuran sedang atau besar, sebab aksesoris fotografi bisa bertambah seiring berjalannya waktu, apalagi bagi kamu yang memutuskan untuk professional pada bidang tersebut. Perjalanan jauh ataupun hunting ke luar kota untuk mendapatkan objek bisa menjadi faktor mengapa kamu butuh tas yang agak besar. Kadang kala sebagian fotografer membutuhkan laptop dalam proses huntingnya. Jadi, bila tas kamera bisa digunakan sekalian untuk laptop, kamu tertolong sekali, kan? Jadi, telitilah dalam membeli tas kamera. Pikirkan secara matang penggunaannya hingga waktu mendatang. Sangat disayangkan kalau kamu membeli tas kamera kekecilan, dan beberapa bulan kemudian baru kamu ganti ke ukuran yang lebih besar. Daripada sayang duit dan tenaga dalam membeli tas kamera, pikirkan matang-matang dari sekarang, ya.
  2. Disarankan untuk memilih tas kamera yang memiliki raincoat bag. Jadi, bila hujan tiba-tiba mengguyur, kita tidak perlu panik ataupun khawatir kamera menjadi basah. Jika tas kamera yang kamu beli tidak memiliki raincoat, kamu bisa juga membelinya secara terpisah.
  3. Yang namanya membeli sesuatu tidak akan terlepas dari budget. Jika budgetmu terbatas, kamu bisa memilih tas kamera handmade atau customade dengan harga yang lebih terjangkau. Kualitasnya juga tidak kalah dengan tas kamera digital buatan toko, lho.
  4. Pilih tas kamera digital yang nyaman kamu bawa dan gunakan.
  5. Pastikan bahan buatan tas kamera digital tersebut mampu menahan kelembaban dan berbagai kondisi cuaca.
  6. Disarankan untuk memilih tas kamera digital yang memiliki saluran lubang untuk lensa dan shutter, jadi walaupun dalam kondisi terbungkus ketika hujan melanda, kamera masih bisa digunakan.
  7. Pastikan tas kamera sesuai dengan kamera yang kamu miliki. Tas kamera yang terlalu besar untuk kamera kita bisa membuat kamera terkena benturan tak terduga di dalamnya.

Daftar Harga Tas Kamera Digital Terbaik 2017

Jenis Tas Kamera Digital Harga
Nikon Tas Kamera Ransel Nikon + Free Rain Cover Rp 180.000
Eos Tas Kamera – Hitam-Merah Rp 115.000
EOS Tas Kamera 2 Lensa – Biru + Gratis Rain Cover Rp 110.000
Eleven Tas Kamera Ransel Hitam Kapasitas 6 Lensa & Laptop 15 inch Rp 180.000
Firefly Denver Dark Brown Camera Bag / Tas Kamera Rp 239.000
National Geographic Tas Kamera Ransel Natgeo Rp 175.000
Universal Tas Kamera Ransel Natgeo Army Rp 187.000
Tas Kamera DSLR / SLR Jumbo belah with list Logo Nikon – Hitam Rp 45.000

Tentunya masih banyak jenis tas kamera digital yang bisa kita temukan dipasaran. Begitu juga dengan harga yang sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Membuat Video Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.