Tips Beli Kamera DSLR

Tips-Tips Beli Kamera DSLR Baru Atau Bekas

Keberadaan media sosial di era digital saat ini telah dianggap sebagai kebutuhan primer selain sandang, pangan dan papan. Hampir setiap orang memiliki akun media sosial, bahkan lebih dari satu akun di berbagai platform dan aplikasi. Beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari para penggunanya.

Seiring dengan pesatnya perkembangan media sosial ini, semakin meningkat pula kebutuhan masyarakat akan kelengkapan atau peralatan pengambil gambar khususnya kamera. Alat ini memiliki fungsi utama untuk mengambil gambar atau foto suatu objek atau model yang kemudian akan diunggah oleh fotografer di media sosial.Semakin banyak orang yang tertarik dengan dunia fotografi agar bisa mengunggah foto sebaik dan sesempurna mungkin di berbagai platform media sosial.

Oleh karena itu, banyak orang ingin membeli kamera, khususnya kamera DSLR yang dinilai cukup mumpuni untuk mengambil foto dengan baik. Pada artikel ini akan dibahas tentang tips-tips beli kamera DSLR baru ataupun bekas pakai.

Lakukan Survei Dan Perbandingan Sebelum Membeli

Kamera DSLR bisa dikatakan sebagai barang dengan harga cukup mahal, satu kamera DSLR standar dengan merek ternama dibanderol paling murah sekitar 4 juta rupiah. Oleh karena itu, agar tak kecewa saat membeli kamera, ada baiknya jika melakukan survei sebelum membeli suatu merek kamera. Sebaiknya lakukan berbagai perbandingan dari beberapa merek terkait dengan harga beli dan jual kembali, fitur yang dimiliki, modus-modus pengaturan, kualitas lensa, bentuk serta keawetan kamera.

Survei ini dilakukan baik pada saat akan membeli kamera baru maupun kamera bekas. Khusus untuk kamera bekas pakai, lakukan survei untuk merek-merek kamera yang terkenal akan keawetan dan ketahanannya, karena bisa jadi kamera bekas pakai tersebut umur pakainya tidak lama lagi atau cepat mengalami kerusakan dan gangguan.

Pelajari Kelebihan Dan Kekurangan Berbagai Merek Kamera DSLR

Tips beli kamera DSLR selanjutnya adalah mempelajari kelebihan dan kekurangan berbagai merek kamera yang beredar di pasaran. Kamera-kamera dengan merek terkenal seperti Canon, Olympus, Sony atau Fuji, mempunyai kualitas yang tidak diragukan lagi. Meski semua kamera rata-rata memiliki fitur-fitur canggih yang hampir serupa satu sama lain, masing-masing juga memiliki kelebihan dan kelemahan. Sebelum membeli kamera DSLR, sebaiknya pelajari dulu kelebihan dan kelemahan masing-masing kamera. Anda bisa berfokus pada kelebihan kamera dan sesuaikan dengan kebutuhan dalam dunia fotografi yang ingin diselami di masa yang akan datang.

Jika sebuah kamera mempunyai kelemahan, bandingkan dengan kelebihannya, apakah kelemahan tersebut bisa diatasi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh kamera tersebut. Anda tidak perlu terburu-buru membeli berbagai aksesoris tambahan untuk melengkapi kelemahan kamera sepanjang kelemahan tersebut bisa ditutup dengan fitur-fitur canggih lainnya.

Cek Kondisi Barang Sebelum Membeli Kamera Bekas Pakai

Kamera DSLR bekas pakai yang berkualitas baik dapat dijual kembali dengan harga yang lebih rendah dari harga kamera baru. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi para fotografer pemula yang belum mempunyai cukup dana untuk membeli kamera baru. Selain itu, kamera bekas pakai yang berharga lebih murah bisa menjadi ajang proses belajar para fotografer pemula tanpa takut kameranya rusak dan merugi dengan harga kamera yang terlalu mahal.

Saat membeli kamera bekas pakai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan khususnya mengenai keutuhan dan fungsi kamera. Sebelum bertransaksi pembelian kamera, cek dahulu keutuhan body kamera, pastikan tidak ada bagian yang pecah atau retak. Kadangkala terdapat sedikit goresan pada body kamera, jika hal tersebut tidak mengganggu fungsi kamera, maka tidak menjadi masalah.

Selain keutuhan body, periksa juga seluruh fungsi dan pengaturan kamera. Lakukan pengecekan pada fungsil lensa hingga tombol shutter pada kamera, cek juga berbagai modus pengaturan yang ada pada kamera. Jika anda pertama kali melakukan pembelian kamera, lebih baik ajak seseorang yang paham tentang kamera agar anda tidak tertipu. Pembelian kamera bekas pakai memang sebaiknya dilakukan secara langsung, bukan melalui pembelian daring (online) karena akan beresiko saat pengiriman barang dan pembeli tidak bisa mengecek langsung kondisi kamera.

Cek Kelengkapan Kit Kamera Baru Yang Dibeli

Saat pembelian kamera baru, kit yang didapatkan biasanya tidak hanya berupa kamera saja, namun ada berbagai kelengkapan yang menyertainya. Kelengkapan standar yang biasanya didapatkan dalam kit kamera adalah pengisi daya baterai (charger), lensa ukuran standar (lensa kit), bonus aksesoris seperti tali kamera dan kartu garansi.

Saat pembelian kamera, cek kelengkapannya serta periksa kartu garansi. Kadangkala penjual juga mengijinkan pembeli untuk melakukan pengecekan fungsi kamera dan kelengkapannya guna memastikan kamera dalam kondisi baik. Ada baiknya anda juga menanyakan perihal mekanisme garansi kamera jika terdapat kerusakan.

Para produsen kamera DSLR ternama seringkali mengeluarkan seri kamera kit yang memang ditargetkan untuk para fotografer pemula, sebut saja merek Canon yang sudah banyak mengeluarkan berbagai kit kamera bagi fotografer beginner. Hal ini menjadi salah satu alternatif mudah bagi para fotografer pemula yang akan membeli kamera DSLR baru.

Ajak Teman Yang Paham Tentang Kamera

Para fotografer pemula seringkali masih belum berpengalaman dengan berbagai jenis kamera. Berkaitan dengan hal tersebut, tips beli kamera DSLR berikutnya adalah ajak teman atau rekan fotografer yang lebih paham dan berpengalaman dengan kamera. Bila perlu, lakukan diskusi dengan sesama rekan fotografer tentang berbagai jenis kamera agar semakin yakin akan pilihan kamera yang akan dibeli nantinya. Disamping itu, pendapat dari rekan fotografer yang lebih berpengalaman juga menghindari penipuan yang mungkin dilakukan oleh penjual.

Bekali Diri Dengan Pengetahuan Tentang Kamera Dan Kenali Kebutuhan Dunia Fotografi

Satu tips beli kamera DSLR yang tak kalah pentingnya yaitu fotografer harus membekali diri dengan pengetahuan tentang dunia fotografi termasuk tentang seluk beluk kamera. Hal ini sangat penting agar fotografer mengenali apa saja yang dibutuhkan saat terjun ke dunia fotografi, termasuk jenis kamera DSLR dengan fitur seperti apa yang dibutuhkan saat ini.

Pengetahuan ini juga berguna agar fotografer tidak asal membeli kamera atau bahkan tertipu oleh bujuk rayu penjual kamera. Kadangkala euforia untuk terjun ke dunia fotografi pertama kali membuat fotografer pemula melakukan pembelian kamera DSLR yang terlalu mahal namun kurang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini nantinya agak merugikan fotografer itu sendiri dan menghabiskan banyak biaya yang mungkin sia-sia.

Berbagai jenis kamera DSLR yang diproduksi oleh produsen kamera ternama sudah sangat banyak beredar saat ini. Berbagai pilihan harga pun ditawarkan dari mulai jutaan hingga puluhan juta. Kamera DSLR dengan harga mahal memang menjanjikan kualitas yang bagus pula, namun perlu diingat bahwa harga kamera mahal tidak lantas menjadikan hasil foto spektakuler karena foto yang sempurna tidak hanya ditunjang oleh kamera mahal.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Memilih Tas Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.