Teknik Pengambilan Video dengan Android

Tips dan Trik Teknik Pengambilan Video dengan Android

Belakangan ini sedang jadi trend kamera ponsel yang berkualitas tinggi dan diperuntukkan bagi pecinta fotografi. Kamera yang ditanamkan dalam ponsel pintar tersebut bukan hanya bisa digunakan untuk selfie dan mengambil foto seadanya, akan tetapi juga bisa diandalkan untuk mengambil foto atau video dengan tingkat kesulitan yang lumayan. Berbekal fitur yang canggih dan juga spesifikasi kameranya yang luar biasa, akhirnya ponsel juga bisa dijadikan alat untuk menyalurkan hobi fotografi secara sederhana dan hemat, tetapi dengan hasil yang maksimal.

Trik Mengambil Video Pakai Android

 Jangan Menghalangi Mikrofon

Yang satu ini banyak yang tak menyadari, padahal hasilnya sangat fatal karena saat kita merekam video dan tak sengaja malah menutup mikrofon, maka yang ada adalah suara dalam video yang jadi kurang maksimal, bahkan banyak juga yang hanya menimbulkan suara berisik saja. Hal ini biasa terjadi karena saat kita mengambil video, salah meletakkan tangan yang akibatnya menutupi mikrofon. Solusinya adalah perhatikan dimana mikrofon ponsel kita dan pilih cara untuk memegangnya tanpa menganggu mikrofon. Atau boleh juga dengan menggunakan mikrofon eksternal.

Secara Horizontal

Salah satu cara mengambil video yang benar adalah dengan menggunakan pengambilan secara horizontal (menyamping). Mengambil video secara vertikal akan memotong sekitar objek yang sedang diambil videonya, selain itu mengambil video dengan horizontal jauh lebih mudah, apalagi jika dilihat dari segi keindahan,jika kita mengambil video secara horizontal dapat menambah nilai keindahannya, lebih luas dan lebih seimbang ukurannya.

Hindarilah Lokasi dengan Kontras Cahaya yang Ekstrim

Patut berhati-hati apabila kita akan mengambil gambar di area dengan kontras cahaya yang ekstrim atau yang signifikan. Misalnya adalah sebagian cahaya terang, sebagian lagi gelap. Keduanya memiliki kontras cahaya yang ekstrim dan tinggi, sehingga nantinya akan mempersulit ponsel melakukan adaptasi. Posisikanlah diri kita dalam lokasi yang kontras cahayanya tidak terlalu jauh berbeda supaya hasil video tetap stabil dan memuaskan.

Jangan Lupakan Charge Baterai

Yang satu ini adalah hal yang paling simpel dan paling sering dianggap sepele karena malas. Tetapi dengan pilihan membuat video dengan fitur 4K, maka hal ini akan mengonsumsi banyak daya baterai, sudah bisa dipastikan bahwa baterai yang biasanya tahan selama seharian penuh, sata digunakan merekam video hanya tahan beberapa belas menit saja. Maka pastikan kita untuk selalu charging ponsel sampai penuh, atau setidaknya siapkan baterai cadangan.

Cek dan Bersihkan Memori Ponsel

Jangan suka menimbun file tak penting di dalam ponsel, apalagi file yang sudah lewat terlalu lama dan bahkan sudah kita lupakan. Membersihkan memori ponsel berguna untuk menyediakan banyak ruang untuk file baru, juga bisa mempengaruhi kinerja ponsel saat mengambil video. Apalagi bagi yang mengambil video ponsel dengan fitur 4 K video, lebih banyak lagi memori yang harus disiapkan.

Lalu bagaimana triknya supaya ponsel selalu siap untuk menampung video apapun, salah satunya adalah dengan selalu ready kartu memori atau external memory. Ambil video dan simpanlah di memori eksternal. Kemudian yang kedua adalah dengan membuang berbagai file yang tak berguna dalam memori internal, supaya tidak membebani RAM dan membuat perekaman video jadi tersendat.

Jangan Lakukan Gerakan dari Gelap ke Terang Secara Mendadak

Usahakan untuk menghindari hal yang satu ini, ya! Jangan sampai kita melakukan pergerakan dari kondisi cahaya yang minim sampai gelap, ke kondisi cahaya yang terang benderang langsung begitu saja tanpa ada peralihan yang perlahan. Hal ini fatal untuk kontras balance pada video, hasilnya adalah adanya bayangan warna putih yang mengganggu pada video yang kita ambil. Karena itu usahakan untuk melakukan peralihan perlahan (misalnya bergerak perlahan) supaya kamera melakukan adaptasi dengan perubahan cahayanya.

Perhatikan Teknis Pengambilan Video

Jangan Menzoom Video

Kita semua tahu jika menggunakan zoom dalam kamera ponsel, maka hasilnya adalah objek yang jadi pecah-pecah dan kualitasnya menurun. Demikian pula dengan perekaman video, apabila kita melakukan zooming maka hasilnya adalah video yang jadi pecah, hasilnya jadi tidak maksimal dan percuma karena objek jadi tidak jelas.

Gunakanlah Mode HDR

Apabila smartphone yang kita miliki telah dilengkapi dengan mode HDR, maka jangan ragu untuk menggunakannya. HDR atau High Dynamic Range ini akan membuat kita bisa mengambil video dengna kontras yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mode standar, apalagi jika kita akan mengambil video diluar ruangan, maka jika kita menggunakan mode ini kita bisa mendapatkan video yang benar-benar terlihat seperti nyata. Tapi konsekuensinya adalah membutuhkan memori penyimpanan yang lebih besar.

Perhatikanlah Pergerakan Kita

Saat merekam video, maka usahakan untuk berhati-hati saat melakukan pergerakan. Hal ini sangat penting adanya karena saat kita merekam video, harus benar-benar dalam kondisi yang stabil dan tidak ada goyangan apapun supaya hasilnya video pun menjadi stabil dan tidak bergerak-gerak. Kalaupun harus bergerak, lakukan secara halus dan juga dengan hati-hati, usahakan ritme pergerakan kita juga sama, jangan menggerakkan ponsel naik dan turun, badan pun harus tetap diam tenang, kalau tidak hasil video akan terlihat meloncat dan bikin pusing.

Pakai Kedua Tangan

Salah satu hal yang enteng, tetapi memberikan dampak luar biasa pada hasil video yang kita ambil. Rata-rata hanya menggunakan satu tangan saja saat merekam menggunakan ponsel, padahal jika kita menggunakan satu tangan saja untuk merekam dan tangan lain digunakan untuk melakukan aktivitas lain, maka hasil videonya nanti akan goyang.

Ponsel akan ikut bergerak seperti gerakan kita masing-masing dan akhirnya video yang diambil hasilnya tidak memuaskan, belum lagi jika fokus kamera juga ikut berubah yang mengakibatkan video jadi ngeblur sepanjang durasi. Dengan menggunakan kedua tangan, maka gerakan kita akan lebih stabil saat mengambil video.

Bersihkan Lensa Secara Berkala

Banyak orang yang menganggap sepele hal yang satu ini. Orang-orang bahkan tak begitu peduli dengan konsisi lensa pada ponsel masing-masing. Bukannya apa-apa, lensa kamera yang kotor akan mempengaruhi hasil video yang kita ambil. Tanpa kita sadari, bagian lensa kamera bisa saja dipenuhi dengan debu-debu, lemak tangan dan bahkan keringat dan membuat hasil pengambilan video berbayang, buram dan bahkan terlihat kabur.

Gunakanlah kain yang lembut untuk membersihkan lensa kamera, misalnya kain khusus untuk kacamata, atau juga menggunakan tisu bayi. Boleh juga dengan menggunakan bahan kaos yang halus supaya permukaan lensa tidak lecet dan bergaris.

Demikian adalah beberapa cara untuk mengambil video dengan bagus menggunakan kamera ponsel, tidak sulit dan semakin sering melakukan latihan maka hasil video yang kita buat tak mustahil akan terlihat profesional layaknya hasil tangkapan kamera DSLR profesional.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Memotret Air Terjun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.