Teknik Cropping Photoshop

Teknik Cropping di Photoshop yang Mudah

Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk memotong foto atau gambar menggunakan teknik editing yang disebut crop. Dari seluruhnya, bisa dibilang Adobe Photoshop merupakan salah satu yang terlengkap. Pun tergolong mudah bagi editor foto Andal alias profesional, meski penyajiannya sendiri boleh jadi terbilang rumit bagi pemula.

Teknik pemotongan di Photoshop tak semudah kelihatannya. Untuk dapat mempergunakan fitur, Anda perlu rajin berlatih agar terbiasa. Coba bayangkan, jika fitur crop pada aplikasi lain cuma menggunakan satu bentuk kotak alias memotong sisinya saja, Photoshop membuat Anda lebih leluasa bergerak menciptakan hasil potongan sesuai keinginan dengan pilihan tolls yang beragam.

Meski bukan tergolong mudah, ini bisa dipelajari. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut panduannya.

Cara Crop Kotak, Elips, atau Lingkaran Menggunakan Aplikasi Photoshop

Untuk menggunakan tools crop jenis ini harus disesuaikan dengan tools yang dibutuhkan. MIsalnya, untuk kotak bisa menggunakan ‘Rectangular Marquee’’, dan untuk oval bisa menggunakan ‘Eliptical Marquee’. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencoba teknik crop lingkaran.

  1. Buka file foto atau gambar yang ingin Anda crop.
  2. Pilih salah satu tools yang akan digunakan.
  3. Arahkan tools pada bagian yang akan dipotong.
  4. Klik kanan pada foto atau gambar yang akan di seleksi, kemudian pilih pada tools “layer via cut”. Cara ini berlaku juga untuk menggunakan crop elips atau oval dan kotak. Sementara untuk menggunakan crop elips atau oval maka kita harus menyesuaikan dulu (transform selection). Caranya yaitu dengan klik kanan pada seleksi melingkar, lalu pilih pada “Transform Selection”.
  5. Tarik garis kotak yang muncul pada program Adobe Photoshop Anda, lalu sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Maka seleksi tools akan berbentuk elips atau oval.
  6. Untuk crop dengan bentuk kotak, kita bisa memilih fitur yang pertama di atas atau pun menggunakan fitur tools crop. Perbedaan dari tools crop dan tools seleksi yaitu pada hasil akhirnya, di mana tools crop tidak menyisakan sisi-sisi yang tidak terseleksi dan sisi yang  tidak di seleksi akan dibuang.

Cara Crop Segitiga dan Crop Bebas Menggunakan Photoshop

Jika Anda menginginkan crop dengan gaya bebas, maka Anda bisa menggunakan tools seleksi yang bervariasi. Anda bisa memanfaatkan tools Lasso atau memakai magic tools. Lalu tinggal sesuaikan dengan yang Anda inginkan. Seperti panduan sebelumnya, tetap gunakan “layer via cut” untuk langkah paling akhir. Berikut ini catatan untuk menggunakan crop bebas:

  1. Gunakan polygonal lasso tools. Buat pola segitiga yang ingin di crop.
  2. Klik kanan,  lalu tekan mode ‘visible’ terlebih dahulu pada layer di bawah “layer via cut”, dan klik “layer via cut”.

Cara Crop Font di dalam Photoshop

Pemotongan font atau tulisan ini biasa digunakan para desainer grafis. Misalnya untuk mengedit logo, layout foto lengkap dengan tulisan, poster, dan sebagainya. Meski begitu, tak tertutup kemungkinan juga Anda yang menggunakan banyak sekali variasi font ingin mencoba sendiri melakukan teknik cropping untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Untuk pemotongan, fitur yang bisa dipakai dalam Photoshop disebut crop font. Meski namanya tampak mengkhususkan diri pada crop, nyatanya Anda bisa juga membuat variasi jenis font. Misal, jika font dalam gambar sangat banyak, atau font pada logo yang akan Anda variasikan menggunakan embel-embel lain yang super padat, alias dibuat artistik menutupi font Anda, maka metode berikut bisa dicoba.

  1. Pilih layer yang ada pada font jika Anda ingin mengcrop sebagian font tersebut, lalu klik pada layer.
  2. Buat layer menggunakan klik kanan lalu pilih rasterize type. Rasterize type merupakan fitur yang dapat mengkonvert font menjadi bentuk gambar, agar lebih mudah diedit.

Mengubah Ukuran Hasil Cropping

Memperbesar atau memperkecil ukuran hasil foto yang sudah dicropping juga bisa dilakukan dengan mudah. Caranya sebagai berikut:

  1. Klik shortcut Ctrl + T.
  2. Lalu tarik ukuran foto atau gambar sesuai dengan yang diinginkan, baik itu memperkecil ukuran foto atau gambar ataupun memperbesarnya.

Cara Crop Bagian Tubuh Tertentu

Memotong bagian tubuh tertentu seperti rambut ataupun wajah, bisa Anda lakukan menggunakan metode yang serupa dengan cara crop bebas. Tools yang biasa digunakan adalah magic wand tools (W) atau lasso tools.

Magic wand tools akan sangat baik jika diterapkan pada gambar dengan resolusi tinggi. Sebab jika ukurannya kecil, hasilnya jadi kurang maksimal. Foto dengan resolusi kecil lebih cocok diedit menggunakan lasso tool, polygonal tools, juga magnetic. Di bawah ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan teknik crop bagian tubuh:

  1. Seleksi bagian tubuh (rambut) yang ingin di crop dengan menggunakan tools pada crop bebas.
  2. Lalu cut layer yang terseleksi, klik kanan lalu pilih “layer via cut”.

Langkah meng-crop bagian wajah juga sama dengan memotong bagian tubuh. Hanya saja, Anda harus menyeleksi dengan rapi sehingga begitu dicrop hasilnya tidak berantakan. Berikut langkah-langkah dalam mengcrop bagian tubuh.

  1. Seleksi bagian tubuh (wajah) yang ingin di crop.
  2. Gunakan tools seleksi yang dirasa cukup mudah dan cocok.
  3. Klik kanan dan pilih “layer via cut”.

Setting Hasil Crop Supaya Lebih Rapi pada Photoshop

Tak jarang foto-foto atau gambar berkualitas rendah akan menghasilkan editan dengan sisi yang tidak rata, sehingga tampak kurang sedap dipandang mata. Bila terjadi, Anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian agar hasil crop foto editan bisa terlihat lebih rapi. Cara yaitu dengan memanfaatkan tools seleksi.

Penyesuaian ini dapat diatur pada menu Refine Edge. Refine Edge akan memudahkan Anda untuk menentukan seberapa rapi sisi crop. Misalnya, apakah Anda menginginkan kualitas sharp, smooth, ataupun feather. Nantinya ini dibutuhkan untuk seleksi tools.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda hanya perlu mengatur beberapa setting di bagian smooth dan contrast. Biasanya hasil perubahan pada tingkat ketajaman foto bisa langsung dilihat di preview pada bagian panel. Selesai melakukan pengaturan, Anda bisa melanjutkan seleksi gambar untuk percobaan. Refine edge juga dapat digunakan untuk mengambil pola gambar beresolusi kecil yang memiliki kualitas rendah sebagai bahan untuk memodifikasi gambar.

Cara Crop Foto atau Gambar Lain di Dalam Satu Layer

Untuk melakukan crop foto yang sifatnya sederhana, Anda bisa langsung menggunakan shortcut C guna mengaktifkan tools crop. Crop ini mirip-mirip fitur crop pada Microsoft office picture manager. Secara otomatis, bagian yang tidak terseleksi di gambar akan dihapus atau dibuang langsung sehingga tidak ada sisi layer kosong, seperti pada beberapa contoh crop yang menggunakan tools seleksi. Tools crop praktis ini dapat dilihat pada sisi kiri aplikasi Adobe Photoshop Anda.

Baca artikel yang lain mengenai DSLR untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.