Spesifikasi Panasonic Lumix GH5

Spesifikasi Panasonic Lumix GH5 dan Fitur-Fitur yang Tak Diragukan

Kamera Panasonic Lumix DC-GH5 merupakan kamera kelima dari Panasonic yang mulai terjun dalam industri kamera video. Kamera ini memiliki sensor 20MP Four Thirds dan fitur video sentris. Sebelumnya GH4 merupakan kamera favorit dari filmmakers dan fotografer indie yang senang menantang diri dalam membuat video.

Fitur Kunci Panasonic Lumix GH5

Fitur GH5 sendiri sejauh ini sesuai dengan kamera sebelumnya. Panasonic sendiri mengungkapkan bahwa GH4 akan tetap ditujukan untuk pilihan harga yang lebih murah. Jadi bagi pengguna yang ingin harga murah dan kemampuan lebih rendah dari GH5 maka GH4 bisa jadi pilihan. Bagi banyak pengguna tambahan stabilisasi dan video 4K tanpa cropping sudah cukup untuk peningkatan kamera, tapi Panasonic telah memperbaiki dan meningkatkan semua aspek dari performa kamera.

Beberapa fitur kunci dari kamera Panasonic Lumix GH5, antara lain:

  • Sensor 20MP Four Thirds (no OLPF).
  • Sistem stabilisasi gambar 5-axis in-body dengan dukungan ‘Dual IS 2’.
  • Video 4K yang diambil dengan sensor kelebaran penuh.
  • Video internal 4K/30p 10-bit 4:2:2.
  • 4K/59.92p dan 50p dengan 10-bit 4:2:2 output atau 8-bit 4:2:0 perekaman internal.
  • 1080 video sampai 180p, memungkinkan 7.5x slow-motion.
  • 9fps perekaman dengan autofocus berkelanjutan.
  • Advanced DFD autofocus.
  • Dual UHS II card slots.
  • Autofocus point joystick.
  • 802.11ac Wi-Fi, NFC, dan Bluetooth.
  • Pre-configurabel rack focus mode.
  • Monitor waveform dan vectorscope.

Tak hanya peningkatan pada fisik kamera, Panasonic juga mengumumkan adanya update dua firmware. Firmware tersebut akan berguna dalam peningkatan kinerja kamera.

Panasonic Lumix GH5 memiliki sensor kamera 20.3 MP yang dapat menangkap gambar dengan detail. Resolusi tersebut serupa dengan yang dimiliki oleh Lumix GX8. Panasonic mengatakan bahwa ini merupakan sensor yang berbeda dan mengklaim bahwa ini akan memberikan kualitas gambar terbaik dari kamera Lumix.

Ada juga Venus Engine baru dengan tenaga proses yang lebih cepat 1.66c untuk tambahan proses inti kamera. Panasonic menjanjikan gambar yang lebih alami dengan  kontrol noise yang lebih baik. Ini memungkinkan GH5 secara efektif menangkap gambar artefak yang rumit secara lebih detail.

Rentang sensitivitas GH5 meningkat dari GH4 yaitu bekerja pada ISO100-25,600 dibandingkan 200-25,600. Meningkatnya sensitivitas ini mendapat sambutan baik terutama jika kita ingin mengambil manfaat dari lensa Micro Four Thirds pada kondisi terang.

Viewfinder yang dimiliki oleh Lumix GH5 memiliki kualitas yang jauh lebih besar dari GH4 dengan resolusi 3,680,000-dot dan pembesaran 0.76x. Tampilan tersebut juga memiliki teknologi Panasonic WhiteMagic yang dapat meningkatkan kecerahan. Tersedia pula Axis Dual IS II dengan sistem anti-shake. Sistem stabilisasi yang terdapat pada body kamera membuat kamera ini bekerja dengan lensa optik dengan rentang lebar untuk memberikan video yang lebih mulus. Ini sangat baik jika kita ingin memiliki kamera yang dapat merekam video dengan stabil.

Video pada Panasonic Lumix GH5

Kamera sebelumnya memiliki kemampuan mengekstrak 8MP dari video 4K, namun GH5 ternyata memiliki fitur yang oleh Panasonic disebut sebagai ‘6K Photo’. Ini berarti kita bisa mengekstrak gambar 18MP baik itu dalam rasio 4:3 ataupun 3:2 dari video ultra-high-quality video pada 30fps. Fitur ini cukup impresif dan sangat berguna karena bisa mendapatkan foto berkualitas tinggi dari rekaman saja.

GH5 juga mengizinkan kita mengekstrak ‘4K Photo’ tapi ini akan mungkin terjadi dari video pada 60fps. Bagi yang ingin memotret secara tradisional maka kita bisa mendapatkan keuntungan dari apa yang ditawarkan kamera ini yaitu sampai 12fps dengan fokus terkunci pada setiap shot pertama atau 9fps dengan AF berkelanjutan.

Selanjutnya kita akan berbicara masalah video yang dihasilkan oleh kamera Lumix GH5. Panasonic dari awal memasarkan kamera ini untuk pro-videographer dan fotografer biasa. Maka kualitas yang ditawarkan juga pastinya tidak mengecewakan. GH5 mendukung tampilan film yang cukup impresif. Jika GH4 menggunakan area yang terpotong saat merekam video 4K maka GH5 akan menampilkan video secara keseluruhan dengan baik. Lumix GH5 mengizinkan kita untuk merekam Cinema 4K (4096 x 2160) pada 60p dengan bit rate 150Mbps, sementara itu Full HD video juga mungkin sampai 180p.

GH5 menawarkan warna subsampling pada 4:2:2 dan kedalaman warna 10 bit. Ini memberikan informasi warna yang lelbih baik dan lebih kaya. Kamera ini menawarkan live output pada rekorder eksternal seperti Apple ProRes via HDMI begitu juga rekaman internal. Terdapat sebuah XLR Microphone adapter untuk menghasilkan video profesional. Dilengkapi dengan hotshoe dan dua colokan XLR dengan tombol fisik.

GH5 nyatanya menawarkan spesifikasi video yang sangat komprehensif serta tambahan update firmware yang semakin meningkatkan performanya. Ini akan termasuk 400Mbps 4:2:2 10 bit All-Intra video dengan 4K 30p/25p/24p, Hybrid Log Gamma pada mode Photo Syle, yang memungkinkan perekaman video 4K HDR, serta USB tethering.

Fisik Panasonic Lumix GH5

Dari segi fisik, kamera mirrorless ini lebih besar 13% dari pendahulunya yaitu GH4. Meskipun demikian ini memberikan pegangan yang cukup bagus dengan chassis magnesium alloy. Tampak lebih besar, kamera ini juga tampil sebagai kamera yang kokoh untuk para profesional.

Pegangannya sangat enak untuk proses perekaman atau pemotretan. GH5 juga dilengkapi dengan pelindung cuaca, pelindung kebekuan sampai -10 derajat Celcius ataupun pada udara panas. Melalui penampilan fisik yang kokoh kita bisa menggunakannya di berbagai tempat dan kesempatan. Kita mungkin hanya sedikit terbatasi masalah kapasitas media penyimpanan. GH5 dilengkapi dengan dual SD card slot dengan dukungan UHS II, sementara itu kamera ini juga memiliki HDMI Type A terminal.

Adanya sebuah touchscreen tidak membuat kamera ini kekurangan tombol. Kamera Lumix GH5 memiliki tombol dan kontrol yang cukup kaya dan fungsional.

Performa dan Konektivitas Panasonic Lumix GH5

Performa serta kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera ini juga tak perlu diragukan. Ada berbagai fitur yang dibenamkan untuk menjadikan proses pemotretan menjadi lebih mudah dengan hasil gambar yang berkualitas. Rentang dinamisnya sangat bagus dan ini memungkikan untuk mengembalikan banyak detail bahkan pada file bertipe  JPEG. Untuk hasil terbaik, raw file memberikan latitude terlebas, memungkinkan kita untuk menggunakan banyak detail pada bayangan dan cahaya.

Kamera ini dilengkapi dengan built-in Wi-Fi dan NFC serta koneksi low-energy Bluetooh. Fitur tersebut akan memudahkan kita dalam menghubungkan kamera dengan perangkat pintar lainnya seperti ponsel pintar. Transfer foto ataupun video akan jauh lebih mudah dan cepat dengan adanya fitur tersebut.

Kesimpulan

Jika kita membandingkan kamera ini dengan kamera lain maka kompetitornya adalah Olympus OM-D E-M1 II. Kamera ini memiliki kualitas foto yang sangat mirip dengan GH5 namun terdapat sedikit perbedaan pada fitur video.

Secara keseluruhan kamera Panasonic Lumix GH5 merupakan salah satu kamera terbaik yang bisa dipilih oleh para profesional baik itu untuk videografer ataupun fotografer. Harga kamera ini di Indonesia sekitar 26-27 juta rupiah. Harganya memang cukup mahal namun sebanding dengan kualitasnya apalagi karena ini diperuntukkan bagi profesional bukan pemula.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Mengambil Foto Dengan iPhone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.