Retouch Foto

Mudahnya Retouch Foto dengan Cara Ini!

Retouch atau memperbaiki foto biasa dilakukan oleh para fotografer atau orang awam yang ingin membuat hasil foto lebih baik. Hal ini wajar dilakukan supaya membuat foto terlihat lebih menarik bahkan hidup. Ada banyak cara yang dilakukan untuk melakukan retouch sebuah foto dan banyak pula alasan kenapa foto harus diperbaiki.

Retouch foto tidak bergantung kepada satu teknik tapi ada banyak sekali. Anda bisa memperbaiki foto yang terlalu gelap, terlalu terang, kurang halus, kurang tajam, dan lain sebagainya. Namun umumnya foto yang di-retouch adalah foto wajah atau orang. Biasanya bagian yang diperbaiki adalah kulit yang terlalu halus.

Di dalam Photoshop ada banyak tool yang bisa digunakan untuk retouch foto. Antara lain patch tool, spot healing brush, clone stamp tool, red eye tool, patern stamp tool, blur tool, eraser tool, sharpen tool, burn tool, dodge tool, dan sponge tool. Di sini tidak akan dibahas pengertian dari berbagai tool tersebut, hanya sebagai pengetahuan saja bagi Anda yang mungkin belum tahu apa saja tool yang perlu untuk digunakan di Photoshop.

Di dalam pembahasan ini akan ada tutorial retouch foto menggunakan software bernama Luminar dan Magic Retouch Pro yang dapat digunakan di Photoshop. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Retouch Foto Menggunakan Software Luminar

Software Luminar bisa digunakan untuk melakukan post processing pada semua jenis foto. Pada tutorial kali ini akan digunakan untuk melakukan edit foto portrait atau orang. Sebelum mengikuti langkah-langkahnya maka download dulu software Luminar, cari saja linknya di Google pasti menemukannya. Langsung saja sekarang ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Sebelumnya buka dulu foto di dalam Luminar kemudian matikan atau sembunyikan preset panelnya karena di tutorial ini akan lebih banyak menggunakan layer. Dengan begini juga akan didapatkan lebih banyak ruang sehingga gambarnya bisa terlihat lebih besar dan gampang untuk diedit. Cara menyembunyikannya adalah klik ikon kedua yang ada di bagian atas paling kanan dari layar. Kemudian selanjutnya sebagai berikut.

1. Seimbangkan Tone Gambar

Untuk layer yang pertama Anda pilih dulu filter dengan cara klik tombol Add Filter untuk menambahkan kontrol. Jika mau Anda bisa menggunakan lebih dari satu filter dalam sebuah layer.

Selanjutnya perbaiki tonal balance dari foto yang terlalu gelap. Jika terlalu gelap maka Anda bisa melihat pada bagian histogram mengenai perbedaan antara bagian paling kanan dan kiri. Untuk bagian kanan digunakan untuk mempertimbangkan objek yang harusnya dibuat lebih putih sedangkan bagian kiri untuk area yang seharusnya lebih gelap misalnya pupil mata.

Pilih filter yang menurut Anda terbaik untuk memperbaiki tone foto. Jadi bisa coba satu per satu dulu baru tentukan mana yang pas. Namun Anda sudah tahu harus menggunakan filter mana maka langsung cari nama filternya.

Apabila ada bagian yang gelap maka geser slider warna hitam ke arah kiri untuk mengurangi kegelapannya. Dengan melakukan hal ini akan lebih baik dibandingkan mengedit Exposure. Atur terus slidernya sampai menurut Anda sudah pas. Setelah melakukannya Anda akan melihat ada sedikit perubahan pada bagian Shadows dan Highlight-nya.

Untuk melihat perubahan dari gambar sebelumnya sampai di retouch tersebut caranya adalah klik ikon mata, atau bisa juga dengan before/after untuk lihat preview sebelum dan sesudahnya.

2. Hilangkan Noda pada Wajah

Langkah pertama yang dilakukan adalah temukan Clone Tool yang letaknya ada di sebelah kanan. Sesudah itu nanti software ini akan melakukan render dengan menciptakan layer baru untuk pengeditan selanjutnya. Dalam pengeditan ini Anda akan melanjutkan foto yang sebelumya sudah diedit. Sesudah render selesai maka akan muncul tampilan cloning.

Sesudah itu di dalam gambar akan ada tulisan “Click to set the source”. Source atau sumber yang dipilih adalah bagian gambar akan Anda kerjakan selanjutnya. Jika ingin menciptakan area lainnya maka gunakan tombol ALT + Option kemudian klik dimana bagian gambar yang ingin Anda jadikan sumber atau kerjakan.

3. Cloning

Selanjutnya perbaiki bagian bawah mata dengan cara berikan source point pada bagian bawah pipi. Gunakan brush yang ukurannya sesuai, cara cepatnya adalah klik tombol [ dan ] yang ada di keyboard. Sedangkan untuk mengganti kelembutan brush maka klik tombol Shift + [ atau ]. Sesudah itu oleskan pada bagian bawah mata lalu atur opacity sampai 100 persen.

Kemudian atur brush size dengan ukuran yang lebih besar dari noda yang akan Anda hilangkan. Pilih area yang cocok dengan tekstur dan kecerahan dari area noda yang menjadi sumber pengeditan. Supaya teksturnya bisa lebih lembut maka ubah low opacity menjadi 20 persen kemudian aplikasikan ke gambar secara perlahan. Jika sudah selesai maka langsung klik Apply.

4. Edit Cahaya Lembut

Selanjutnya buat layer baru kemudian lakukan masking off pada filter yang Anda gunakan. Tujuannya untuk menyembunyikan area yang tidak Anda inginkan terkena layer. Klik saja tombol + pada bagian Layer Panel kemudian pilih opsi Add New Adjustment Layer.

Pilih soft glow di daftar filter untuk layer ini. Ketika Anda menaikan tingkat glow maka brightness juga akan meningkat jadi gunakan brightness slider untuk menguranginya. Tambahkan smoothness jika Anda mau.

5. Masking

Ini langkah selanjutnya. Caranya adalah klik kanan pada bagian layar kemudian pilih menu Mask lalu pilih Invert Mask. Klik Brush tool yang ada pada bagian kanan atas di bawah hand tool. Nyalakan ikon mata pada bagian brush control untuk melihat area yang akan di masking. Lalu sekarang lakukan paint pada bagian skin tapi jangan pada bagian alis, mata, lubang hidung, dan bibir.

Paint menggunakan opacity 100 persen tapi anti Anda bisa mengubahnya lagi jika mau. Sesudah itu lakukan dodge dan burn untuk menggelapkan area yang dipilih dan menerangkan area yang dipilih.

Selesai.

Retouch Foto Menggunakan Magic Retouch Pro

Jika retouch foto menggunakan langkah di atas terlalu rumit maka Anda bisa menggunakan Photoshop untuk yang lebih mudah. Kali ini menggunakan Magic Retouch Pro. Retouch yang dilakukan adalah untuk memperbaiki lipstik dari model. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka Photoshop kemudian klik menu Windows, selanjutnya klik opsi Extensions dan pilih Magic Retouch Pro. Jika belum ada maka download dulu plug in-nya, cari saja di internet.
  • Selanjutnya klik opsi Digital Makeup lalu pilih Lipstick.
  • Kemudian klik Create a Lipstick Layer dan pilih warna merah atau apa saja yang sesuai dengan warna lipstick yang ingin Anda berikan pada model. Gunakan Color Picker.
  • Sesudah itu paint warna tersebut ke bibirnya dan atur nilai dari Lipstick Intensity sesuai keinginan. Jika ingin menambahkan yang lain eksplor panel lainnya.
  • Selesai.

Cara kedua ini lebih mudah bukan? Bagi pemula lebih baik gunakan cara kedua. Dan untuk menggunakan Luminar sebenarnya tidak jauh beda dengan menggunakan Photoshop, tergantung Anda mau menggunakan software yang mana.

Demikianlah pembahasan mengenai cara retouch foto menggunakan dua buah software, Luminar dan Photoshop. Semoga pembahasan ini bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Mempertajam Foto dengan Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.