Prinsip Dasar Editing Video

6 Prinsip Dasar Editing Video

Mengedit video bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, penuh tantangan sekaligus menguji kesabaran. Kenapa mengedit video bisa menguras kesabaran kita? Yups, tidak lain dan tidak bukan karena edit video tergolong susah-susah gampang, menguras emosi, dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar menghasilkan konten video yang menarik. Editing video bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari yang profesional maupun yang awam dan otodidak.

Banyak sekali tutorial yang disediakan di Internet untuk menunjang skill kita dalam editing video. Ketersedian tutorial ini juga memudahkan orang awam untuk membuat video minimalis untuk kepentingan pribadi mereka. Nah, bila kamu juga ingin belajar mengedit video sebelumnya kamu perlu mengetahui prinsip-prinsip apa saja yang penting dalam mengedit video. Berikut ini ada 6 prinsip editing video yang wajib kamu tahu.

Motivasi

Motivasi sangat diperlukan sekali dalam proses edit video, yang mana edit video memerlukan waktu yang tidak sebentar dan diperlukan trik-trik khusus juga agar video bisa memiliki hasil yang maksimal. Tak jarang selama proses editing ini banyak sekali yang menyerah dan tidak telaten. Oleh karena menjaga motivasi sangatlah penting dalam proses editing video. Kita harus terus bersemangat agar konten video bagus dan menarik perhatian.

Kita harus menanamkan pemikiran sejak awal pada diri kita bahwa mengedit video bukan hal yang mudah dan terlebih untuk pembelajar otodidak yang memang bukan ahli dibidang editing video. Tentu akan lebih banyak kesulitasn yang akan kita temui saat proses editing berlangsung. Oleh karenanya kita harus komitmen dan memotivasi diri kita sendiri agar tidak menyerah. Kita bisa menggunakan orang yang kita sayangi sebagai motivasi. Kita bisa membayangkan raut wajahnya yang ceria saat menerima editan video dari kita. Membayangkan betapa bahagianya saat melihat isi video yang kita buat. Tentunya hal itu bisa menjadi obat saat kita memulai merasakan kritis motivasi saat mengedit video.

Informasi

Kita juga wajib mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar hasil editan video kita memuat konten-konten yang kreatif dan bisa menggerakan hati orang lain untuk melakukan apa yang kita sajikan dalam video kita. Pengumpulan informasi sangatlah penting agar isi video kita tepat sasaran dan bisa membuat orang lain tergugah. Selain mempertimbangkan segi isi yang tepat sasaran bagi para profesional, pengumpulan informasi juga menjadi hal yang sangat penting bagi pembelajar otodidak.

Memiliki kemampuan edit video secara otodidak juga tetap belajar mengedit video. Anda dapat belajar dan praktek menggunakan panduan di Internet. Oleh karenanya, internet menjadi wadah yang sangat potensial untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai editing video tersebut. Kita bisa mengetahui aplikasi atau alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk proses editing, dasar-dasar apa saja yang perlu diketahui untuk mengedit sebuah video dan lain sebagainya.

Komposisi

Hal penting yang wajib diketahui oleh editor video adalah komposisi. Komposisi merupakan perpaduan dari isi video sehingga menghasilkan hasil yang menarik. Video haruslah mempunyai komposisi yang seimbang dan tepat. Sebuah video akan menarik bila dilengkapi dengan text dan bukan hanya menyajikan suara dan gambar saja. Bila isi video tersebut menggunakan bahasa pengantar bahasa asing seperti Bahasa Inggris maka akan lebih bagus bila terdapat subtitle dalam Bahasa Indonesia, begitupun sebaliknya.

Tujuan pemberian subtitle ini agar memudahkan penutur lain memahami isi video kita. Sementara pemberian text pada video untuk memperjelas apa yang disajikan dalam video. Komposisi yang bagus haruslah sesuai antara text dan juga suara pada video. Selain itu juga tidak berlebihan baik untuk penyajian text maupun gambarnya dalam sebuah video.

Sound

Sound merupakan hal yang paling vital dalam sebuah video yang mana suara harus terdengar jelas oleh pendengar. Oleh karena itu, kualitas suara akan mempengaruhi hasil dari editan video kita. Selama pembuatan video kita harus memastikan bahwa perekaman suara terdengar dengan jelas. Selain itu kita harus bisa menghadirkan efek suara yang sesuai dengan alur cerita dalam video. Oleh karenanya, proses editing sangat diperlukan untuk suara yang kurang jelas sehingga bisa menghadirkan efek suara yang sesuai dengan alur cerita.

Seorang editor video harus peka terhadap berbagai macam jenis suara sehingga bisa membeda-bedakan darimana datangnya suara tersebut. Kepekaan suara ini akan sangat berkontribusi sekali bagi efek suara dalam sebuah video. Video dengan suara yang pas tentu akan membuat penikmat video tersebut puas dengan konten yang ditayangkan dalam video.

Camera angle

Angle dari kamera juga sangat penting dalam proses editing video. Penemuan angle yang tepat saat mengambil gambar dari sebuah video akan sangat mempengaruhi hasil video. Angle yang bagus akan memberikan efek tersendiri bagi gambar yang diambil. Oleh karenanya sebelum membuat video khususnya mengedit sebuah video, kita perlu hunting tempat yang mempunyai camera angle yang bagus. Tempatnya tidak perlu mahal hanya perlu sebuah tempat yang mampu menerima cahaya dengan jelas dan menggambarkan kondisi sekitar dengan sangat jelas.

Kemampuan mengenali camera angle mudah kita dapatkan bila kita terbiasa memotret. Hobi tersebut ternyata akan bermanfaat untuk proses editing video kita. Buat kamu yang ingin menekuni atau mencoba berkreasi dengan editing video, memperbanyak jam terbang memotret patut dicoba agar kamu semakin mudah menemukan camera angle.

Kesinambungan

Kesinambungan menjadi bagian yang penting dalam mengedit video. Kesinambungan menunjukan pesan dari awal hingga akhir video. Oleh karenanya, suatu video harus mempunyai keterkaitan yang baik antara isi, pergerakan, komposisi, garis imajiner, dan suara. Adanya kesinambungan yang baik dalam konten video akan memudahkan penyampain pesan kepada penikmat video tersebut.

Mengedit video memang merupakan kegiatan yang penuh tantangan dan membutuhkan kesabaran. Berawal dari video jugalah berbagai pesan dapat disampaikan kepada orang lain. Pengemasan video yang menarik akan membuat orang lain tertarik untuk menonton video yang kita buat. Imbasnya penyampaian pesan menjadi lebih tepat sasaran.

Berawal dari keisengan mempelajari editing video kita juga bisa mengeksplore hobi kita yang lainnya seperti fotografer, dan traveling. Memotret suatu obyek akan membuat kita mampu menemukan angle-angle yang bagus saat mengambil gambar untuk keperluan edit video. Sementara traveling akan membuat kita mengetahui lokasi-lokasi mana saja yang bagus digunakan untuk tempat pengambilan video.

Video bisa menjadi sarana untuk memberi nasehat ataupun menyampaikan pesan kepada khalayak umum seperti pesan untuk generasi muda agar menghindari narkoba, bahaya merokok, bahaya alkohol, dan pesan-pesan penting lainnya. Berbagai pesan yang memanfaatkan video sebagai wahana penyampaiannya akan diperhatikan bila memuat konten yang kreatif dan menarik hati setiap orang yang melihatnya. Dimana untuk menghasilkan konten video yang menarik harus memperhatikan enam prinsip dasar di atas.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Menggunakan Gopro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.