Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Inilah Perbedaan Kamera SLR dan DSLR yang Wajib Diketahui Para Fotografer

Selama ini banyak orang yang sering sulit membedakan antara kamera SLR dan DSLR. Adakalanya pada beberapa kesempatan, para penikmat fotografi juga salah menyebut kedua jenis kamera tersebut. Sebelum memahami tentang perbedaan kamera SLR dan DSLR, maka definisi masing-masing produk elektronik tersebut harus diketahui terlebih dahulu.

Definisi Kamera SLR dan DSLR

SLR adalah kepanjangan dari Single Lens Reflects yang artinya lensa jalur tunggal. Jadi, kamera SLR mempunyai proses kerja yang memungkinkan berkas cahaya bisa datang ke Focal Plane dan Viewfinder. Kedua tempat ini merupakan bagian penting dari kamera karena objek akan bisa dilihat sama persis seperti hasil foto yang diambil.

Kamera SLR menggunakan sistem refleksi dari lensa, sehingga tidak memakai pantulan dari kaca yang menggunakan sistem pra-pandang. Beberapa kamera yang diluncurkan oleh para produsen elektronik tidak memakai teknologi prisma maupun kaca pantul sehingga bisa dikategorikan sebagai jenis SLR.

Sementara itu, DSLR adalah kepanjangan dari Digital Single Lens Reflex. Sesuai dengan namanya, kamera DSLR menggunakan sistem digital yang lebih canggih jika dilihat dari segi teknologi. Untuk bisa sampai ke viewfinder atau lubang kecil pada bagian belakang kamera untuk mengintip objek pemotretan, cahaya akan diarahkan dari cermin menuju lensa.

Istilah tunggal atau single sendiri disematkan sebagai penanda jumlah lensa yang digunakan oleh kamera DSLR. Karena ada juga kamera yang menggunakan dua lensa, dan diistilahkan dengan TLR atau Twin Lens Reflex. Dengan demikian, ada sedikit kesamaan dari kamera SLR dan DSLR yaitu dari jumlah lensanya.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR Secara Fisik

Secara fisik, kamera SLR dan DSLR mempunyai beberapa perbedaan. Perbedaan kamera SLR dan DSLR secara fisik misalnya saja dari bagian-bagian serta fungsi. Ada beberapa komposisi mesin atau bagian yang sama, tetapi ada juga yang berbeda baik dari nama maupun fungsinya. Berikut ini adalah beberapa bagian dari kamera yang sebagian ada di SLR tetapi semuanya ada di DSLR.

  • Built in Flashlight: untuk bagian ini, tidak hanya kamera DSLR saja yang memilikinya tetapi juga kamera SLR atau keluaran teknologi sebelumnya. Fungsi dari lampu flash adalah untuk penerangan primer, terutama apabila kondisi objek foto berada di latar belakang yang gelap. Pada kamera DSLR, ada pengaturan khusus terkait built in flashlight, yaitu untuk menggunakan secara manual atau otomatis, kamera SLR pun bisa diatur demikian.
  • Red-eye Reduction: bagian ini dimiliki oleh kamera DSLR. Seperti namanya, red-eye reduction mempunyai fungsi untuk menghilangkan titik merah pada bagian mata. Warna merah pada bagian kornea sendiri disebabkan oleh cahaya flash yang memantulkan pembuluh darah.
  • Thumb Wheel: ada beberapa modus pada pemotretan yang berbeda pada setiap tipenya. Thumb wheel mempunyai fungsi untuk memaksimalkan tampilan gambar. Kamera DSLR memiliki bagian ini, sehingga ketika ingin membuat tampilan objek lebih menarik maka fitur modus bisa dipilih.
  • Display: panel display adalah bagian kamera DSLR yang mempunyai fungsi utama untuk menampilkan pengaturan sehingga bisa diubah sesuai kebutuhan fotografer pada saat pengambilan gambar.
  • Main Dial: seperti namanya, panel ini adalah yang utama dan berfungsi untuk memperlihatkan pengaturan aperture, kecepatan shutter, dan AF point.
  • Shutter: bagian ini dimiliki oleh kamera SLR dan DSLR. Fungsinya adalah untuk mengambil objek foto. Karena kamera mempunyai kegunaan utama untuk mengambil gambar, maka kualitas shutter sangat mempengaruhi hasil jepretan foto.
  • Grip: untuk memudahkan fotografer dalam memegang kamera, maka grip dibuat sebagai bagian yang menonjol di sisi sebelah kanan. Baik kamera SLR maupun DSLR ada yang memiliki grip ini, terutama untuk produk berkualitas atau harga tinggi berspesifikasi atas.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR Dari Sisi Proses Pengambilan Gambar

Dari proses pengambilan gambar sampai penyimpanan, ada perbedaan kamera SLR dan DSLR. Ketika mengambil foto, maka kamera SLR akan meneruskan cahaya secara langsung tanpa sistem prisma maupun cermin. Di sisi lain, kamera DSLR justru memaksimalkan cermin untuk meningkatkan kualitas gambar. Tidak hanya itu, karena bersifat digital maka ada mode yang bisa diatur sehingga hasil jepretan pun semakin bagus.

Setelah mengambil gambar, proses yang selanjutnya adalah menyimpan foto. Pada kamera SLR, maka foto yang dijepret kemudian disimpan di media analog 35 mm. Berbeda dengan kamera SLR, pada DSLR penyimpanannya sudah bersifat digital yaitu menggunakan memory card.

Karena menggunakan memory card, maka ada slot khusus pada kamera DSLR untuk menyimpan kartu mini tersebut. Tidak hanya itu, ada juga kabel data untuk memindahkan gambar dari galeri memory card menuju ke hardisk komputer. Jika tidak menggunakan kabel data, maka transfer gambar dapat dilakukan dengan mengambil memory card dan menghubungkannya langsung ke laptop atau PC.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR Berdasarkan Proses Pencetakan Gambar

Perbedaan kamera SLR dan DSLR berdasarkan proses pencetakan gambar bisa dikatakan cukup signifikan. Pasalnya, ketika menggunakan kamera SLR maka dibutuhkan tempat cuci cetak konvensional. Meskipun masih banyak tempat cuci cetak film di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan lokasi tersebut bisa beralih fungsi karena semakin banyaknya penggunaan kamera digital.

Berbeda dengan kamera SLR, kamera DSLR justru lebih mudah dalam proses pencetakan gambarnya. Karena bisa ditransfer ke laptop atau PC, maka hasil jepretan bisa diunggah langsung ke media sosial atau diprint menggunakan home printer maupun media lain. Jika ingin mencetak banner atau mengeditnya pun proses bisa dilakukan secara cepat dan lebih mudah.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR Terhadap Fitur, Tombol, dan Harga

Karena lebih baru dari segi teknologi serta prosesnya sudah modern, maka kamera DSLR mempunyai fitur yang kompleks. Misalnya filter serta mode yang bisa memaksimalkan hasil jepretan. Berbeda halnya dengan kamera SLR yang akan memfoto langsung sesuai hasil tangkapan lensa. Meskipun ada bantuan dari flash light, tetapi hasil foto hanya bisa sangat optimal apabila latar belakang, pencahayaan dan objeknya dimaksimalkan.

Perbedaan kamera SLR dan DSLR dari segi fitur tersebut mempengaruhi tombol dan panel menu yang ada di dalamnya pula. Karena mengandung fitur yang kompleks maka tombol dari kamera DSLR juga lebih banyak dibandingkan dengan SLR. Tidak hanya itu, tingkat kerumitan dari mode serta pengaturannya pun harus dipelajari lebih lanjut oleh pengguna kamera DSLR melalui buku panduan maupun tutorial.

Berdasarkan fitur, bagian komponen, proses dan segala teknologi yang dibawanya, tidak heran jika kamera DSLR mempunyai harga yang cukup mahal dibandingkan dengan kamera SLR. Namun, ada juga beberapa produsen yang membuat produk kamera DSLR dengan harga lebih terjangkau meskipun teknologinya sudah maju.

Itulah berbagai perbedaan kamera SLR dan DSLR yang perlu diketahui. Jadi, ketika membeli salah satu atau kedua jenis kamera tersebut pengguna akan bisa memahami fungsinya sesuai kebutuhan masing-masing personal.

Baca artikel yang lain mengenai Perlengkapan Fotografer Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.