Perbedaan Kamera Canon dan Nikon

Perbedaan Kamera Canon dan Nikon dari Segi Fitur, Harga, dan Kelebihan Masing-masing

Dalam segmen kamera, baik kamera pocket, DSLR, digital, dan kamera lain, merek Canon dan Nikon selalu saling bersaing. Makanya banyak orang yang mencari tahu perbedaan kamera Canon dan Nikon. Oleh karena masih banyak yang bingung apa yang membedakan keduanya. Manakah kamera yang paling bagus?

Ketahui perbedaan kamera Canon dan Nikon pada pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Nikon

Sebelum mengetahui perbedaan antara dua merek kamera populer ini, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masingnya. Baru nanti akan dibahas mengenai perbandingan aspek lainnya seperti lensa, fitur, harga, service center, dan lain sebagainya.

Sekarang mari ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari kamera Nikon.

Pertama akan dibahas dulu mengenai kelebihannya. Ada 4 buah kelebihan paling utama, antara lain:

  • Bodi Kamera Nikon Solid

Oleh karena material untuk bodinya solid maka kamera Nikon lebih tahan banting. Dibandingkan dengan merek kamera lain bodinya akan sangat tahan terhadap segala jenis benturan.

  • Kualitas Gambarnya Tajam

Dibandingkan dengan para kompetitornya, kamera Nikon selalu menghasilkan gambar yang sangat tajam dan kaya warna. Jika dibandingkan dengan kamera Canon yang hasil warnanya terlihat lebih halus maka kualitas kamera Nikon adalah terbaik.

  • Pengaturan Menunya Kompleks

Sebenarnya hal ini bisa menjadi sebuah kekurangan maupun kelebihan tergantung dengan penggunanya. Bagi fotografer profesional tentu saja menjadi sebuah kelebihan tapi bagi fotografer pemula kamera Nikon kurang cocok untuk dimiliki.

  • Teknologi Kameranya Everlasting

Lensa dari kamera Nikon punya teknologi kamera yang sangat everlasting. Maksudnya adalah bisa digunakan sepanjang jaman. Lensa tua dari Nikon masih bisa digunakan pada kamera terbaru atau yang modern.

Sedangkan untuk kekurangannya antara lain:

  • Punya bobot yang berat.
  • Harga lensa tambahannya sangat mahal.
  • Ring lensa yang dimilikinya harus diputar ke arah berbeda dibandingkan dengan lensa pada umumnya. Jadi pengguna baru akan merasa aneh.
  • Kurang cocok digunakan oleh pemula.
  • Ketika ada dalam mode live view, aperturenya tidak bisa diubah.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Canon

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan dari kamera Nikon sebagai kompetitor kamera Canon, sekarang saatnya untuk melihat kelebihan dan kekurangan kamera satu ini.

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kamera Canon akan dibahas secara lebih singkat saja. Oleh karena kebanyakan berupa kebalikan dari kamera Nikon.

Langsung saja lihat daftar kelebihan kamera Canon di bawah ini.

  • Lebih cocok digunakan oleh fotografer pemula karena menunya yang tidak terlalu rumit.
  • Harga kamera Canon lebih murah dibandingkan dengan Nikon.
  • Processing frame rate dari kamera Canon sangat cepat.

Sementara itu, untuk kekurangannya antara lain:

  • Kualitas lensanya lebih rendah dibandingkan dengan kamera Nikon, begitu juga fitur premiumnya.
  • Kurang cocok digunakan oleh fotografer profesional.
  • Ketahanan fisiknya berada di bawah kamera Nikon.

Perbandingan Kamera Nikon dan Canon

Di atas sudah dibahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kamera. Namun mungkin masih kurang jelas bagi Anda yang ingin tahu perbedaan kamera Canon dan Nikon yang lebih lengkap.

Maka dari itu, kami membuat informasi tambahan mengenai perbedaan kamera Canon dan Nikon. Mari langsung ke pembahasan utama untuk membandingkan kedua kamera ini dari segi lensa, fitur, harga, dan servis centernya.

  • Fitur

Perbedaan kamera Canon dan Nikon pertama yang akan dibahas adalah masalah fiturnya. Sebenarnya dua kamera ini memiliki fitur yang hampir sama. Akan tetapi beda segmen penggunanya. Oleh karena fitur Canon lebih sederhana maka lebih cocok digunakan oleh fotografer pemula.

Canon memang memiliki jumlah megapixel yang paling tinggi tapi untuk kualitas gambar Nikon lebih unggul. Oleh karena itu, kamera Nikon bisa mengurangi tingkat noise yang muncul.

Dengan adanya perbedaan ini Anda bisa menentukan sendiri apakah butuh kamera yang fiturnya standar tapi punya kualitas gambar bagus atau yang punya megapixel tinggi dan banyak fitur.

  • Lensa

Perbedaan kamera Canon dan Nikon dari segi lensa ada lumayan banyak. Hal paling utama adalah dari segi harga, lensa kamera Canon lebih murah dibandingkan dengan kamera Nikon.

Selain itu kamera Canon juga lebih unggul karena lebih kompatible dengan segala jenis lensa EOS. Sementara kamera Nikon tidak selalu bisa kompatible jadi membuat pengguna harus hati-hati dalam memilih lensa yang tepat.

Hal-hal lain yang menjadi perbedaan adalah diameter lensa, teknologi lensa, sistem stabilizer, dan kastanya.

Ukuran diameter lensa kamera Canon menggunakan istilah EF dan EF-S. Sedangkan untuk Nikon hanya memiliki kode DX. Kamera Canon dengan kode EF memiliki diameter yang besar, sementara yang kodenya EFS memiliki image circle yang lebih kecil.

Kemudian, lensa dari kamera Nikon dengan kode DX hanya dapat digunakan pada kamera SLR atau DSLR full frame.

Dari segi teknologi lensanya, tidak semua lensa Canon punya motor focus USM. Motor focus USM atau Ultra Sonic Motor punya fungsi yang sangat baik dalam hal kecepatan, kehalusan, dan akurasi. Sementara semua lensa Nikon AF-S punya motor focus SWM atau Silent Wave Monitor.  Artinya lensa kamera Canon lebih baik karena motor SWM yang ada pada Nikon biasanya ada pada lensa yang murah. Kemudian punya kekurangan seperti tidak halus dan lambat.

Meski banyak perbedaan tapi lensa Nikon maupun Canon memiliki kesamaan juga, yaitu fitur Optical Image Stabilizer tidak disertakan pada semua jenis lensanya.

  • Harga

Meski punya banyak perbedaan tapi masalah harga keduanya tidak jauh beda. Tentunya jika yang dibandingkan berada pada segmen serupa. Setiap kelas kamera punya harganya masing-masing. Namun jika ditanya mana yang lebih mahal maka Nikon jawabannya.

Sementara untuk harga second biasanya kamera Canon lebih mahal. Hal ini dikarenakan bisa dioperasikan dengan mudah sehingga banyak yang mencarinya terutama pemula. Semakin banyak peminat maka harga jual kembali sebuah produk semakin mahal.

  • Ketahanan

Ketahanan kamera Nikon maupun Canon bisa dibilang setara karena masing-masing ada pihak yang “membelanya”. Ada yang menyebutkan Canon lebih unggul karena meski sudah tersiram air panas tetap bisa berfungsi.

  • Service Center

Oleh karena keduanya sangat populer di Indonesia dan produknya juga banyak maka service center resminya mudah ditemukan. Terutama di kota-kota besar. Jakarta adalah kota yang paling banyak memiliki service center resmi kedua merek kamera ini.

Beberapa alamat service center Canon di Jakarta ada di Jl. Darmawangsa Jakarta Selatan, Mangga Dua Raya Jakarta Utara. Kemudian untuk daerah Bekas ada di Ruko Suncity Square. Lalu service center untuk kota lain di Jabodetabek ada di Bandung, Surabaya, Pekanbaru, Palembang, Medan, Makassar, dan Balikpapan.

Service center untuk kamera Nikon juga banyak tapi lebih memusatkan di daerah Jakarta dan Pulau Jawa. Untuk yang ada di Jakarta bisa dicari di Mangga Dua Square, Poins Square, dan Jendral Sudirman Jakarta.

Kota lain yang ada service center resminya adalah Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Jember, Malang, Yogjakarta, dan Purwokerto.

Jadi untuk segi service centernya, baik Nikon maupun Canon imbang. Oleh karena tidak semua kota memilikinya.

Itu dia informasi mengenai perbedaan kamera Canon dan Nikon yang harus Anda ketahui. Meski ada banyak perbedaan tapi keduanya sama-sama bagus. Untuk memutuskan mana yang paling bagus tentunya tergantung dengan selera dan kebutuhan Anda. Oleh karena Nikon maupun Canon punya segmennya masing-masing.

Semoga informasinya bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Transisi Pada Editing Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.