Mirrorless Terbaik

Rekomendasi Mirrorless Terbaik dengan Fitur Tercanggih, Lengkap dengan Harga

Kamera mirrorless sejak diluncurkan telah menyita banyak perhatian para fotografer. Dalam waktu yang singkat kamera ini berhasil masuk menjadi salah satu jenis kamera paling favorit. Bahkan bisa dibilang mengalahkan ketenaran kamera DSLR.

Kamera mirrorless memiliki bodi yang ramping tapi kemampuannya setara dengan kamera DSLR. Semua vendor kamera sekarang memproduksi kamera mirrorless terbaik masing-masing.

Jika Anda sedang mencari informasi tentang kamera mirrorless terbaik maka bisa membaca artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Sebelum ke pembahasan tentang kamera mirrorless yang bagus, ada baiknya Anda kenal dulu dengan jenis kamera ini. Mungkin diantara Anda masih ada yang bingung sebenarnya letak perbedaan keduanya di mana.

Kamera mirrorless jika diartikan memang kamera tanpa cermin. Cermin dalam kamera umumnya ada pada DSLR yang mempunyai fungsi untuk memantulkan cahaya. Nah, karena mirrorless tidak punya cermin maka ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan DSLR meski fiturnya sama, dan lensanya pun bisa diganti.

Itu baru perbedaan inti, sedangkan perbedaan lainnya masih ada banyak, seperti berikut.

  • Tidak punya jendela bidik optic seperti optical viewfinder dan OVF. Sebagai gantinya menggunakan electronic viewfinder atau EVS.
  • Daya kamera mirrorless cepat habis karena setiap kali mengambil gambar, layar akan bekerja terus.
  • Sensor gambarnya digunakan untuk penguncian focus dan mengukur cahaya. Sementara DSLR memiliki sensor khusus yang terpisah dengan sensor utama.
  • Sering mempunyai tingkat autofocus yang lebih akurat.

Sudah jelas apa beda dua jenis kamera ini? Sekarang lanjut ke pembahasan lainnya.

Daftar Kamera Mirrorless Berbagai Merek yang Terbaik

Kamera mirrorless ada banyak sekali pilihannya, dari yang harganya murah sampai mahal. Perbedaan harga tersebut terjadi karena kamera mirrorless terbagi menjadi beberapa kelas.

Apabila Anda belum pernah membeli kamera jenis ini mungkin akan bingung menentukan merek apa yang paling bagus. Namun sekarang tenang saja karena Anda bisa mengetahui daftar kamera mirrorless terbaik dengan melihat daftarnya di bawah ini.

Kamera mirrorless terbaik yang pertama disebutkan ini memiliki banyak fitur. Jika diberikan gambaran secara singkat kamera ini bisa menghasilkan kualitas gambar yang sangat bagus, lalu bisa memotret secara cepat, dan responsif. Hal ini karena Sony Alpha A6300 mempunyai autofocus 0,05 detik yang menjadikannya autofocus paling cepat di dunia.

Kamera ini bisa mengambil gambar dan video beresolusi 4K. Cocok digunakan untuk merekam balapan dan apa saja yang memiliki kecepatan tinggi. Oleh karena mempunyai fitur bernama Advaned 4D Focus. Kinerja terbaiknya adalah bisa melacak objek yang cepat secara fokus dan tepat.

Ditambah lagi dengan fitur BIONZ X untuk membuat hasil gambar jernih dan bagus. Harga yang ditawarkan untuk kamera mirrorless ini adalah sekitar 14,5 juta rupiah.

Kamera ini punya sensor sebesar 24,2 MP dengan jenis CMOS (APS-C). Dengan sensor tersebut hasil gambar yang ditangkap akan tajam dan punya resolusi tinggi. Bahkan apabila diambil dari tempat yang cahayanya rendah.

Hasil foto akan semakin baik karena fitur Dual Pixel CMOS AF. Fitur ini akan membuat autofocus bisa bekerja dengan akurat dan cepat. Belum lagi ada image prosesor DIGIC 7 yang bisa menghasilkan sensitivitas lebar dari ISO 100 – 25600. Kemudian ada Digital IS 5 Axis untuk membuat pengambilan video punya stabilitas yang baik.

Terakhir bisa langsung dipasangkan ke smartphone karena memiliki wifi. Ketika dipasangkan, smartphone bisa mengendalikan kamera dari jarak jauh. Harga yang ditawarkan untuk memiliki kamera ini adalah sekitar 14,2 juta rupiah.

Desain kamera mirrorless ini sangat minimalis tapi fitur yang dimilikinya sangat banyak. Kamera ini mempunyai lensa kit 16-50mm yang dikombinasikan dengan sensor sebesar 24,3 MP berjenis APS-C X Trans CMOS III.

Foto yang dihasilkan dari kamera ini akan memiliki resolusi tinggi dan tajam. Terutama jika menggunakan filter low pass optiknya.

Kinerja autofocus kamera ini sangat optimal sehingga dapat melacak subjek dengan akurasi yang sangat baik. Mengambil gambar yang punya kecepatan tinggi jadi mudah. Selain itu juga memiliki electric shutter yang bisa membuat adanya pengambilan gambar sampai dengan 14 fps secara continuous.

Kamera ini cukup populer bagi para fotografer profesional. Harganya tidak jauh beda dengan dua kamera yang sudah disebutkan di atas, yaitu sekitar 14,4 juta rupiah.

Memiliki sensor sebesar 16 MP dengan jenis MOS. Kamera ini memiliki ISO 200 – 25600. Salah satu kelebihan dari kamera ini adalah bisa mengambil gambar dengan sangat baik di tempat yang cahayanya sedikit. Oleh karena mempunyai sensor penstabil gambar bernama 5 Axis.

Selain itu punya kemampuan tahan kelembaban debu, dan cuaca. Jadi bisa Anda bawa bepergian atau traveling ke mana saja. Untuk kemampuan pengambilan gambarnya sangat menakjubkan. Misalnya jika menggunakan single shot autofocus bisa mengambil gambar dengan kecepatan shot 10 FPS ke atas.

Jika Anda ingin membeli kamera ini maka harga yang ditawarkan adalah sekitar 14 juta rupiah.

Ciri Kamera Mirrorless yang Baik

Spesifikasi kamera mirrorless terbaik tidak selalu cocok dengan kebutuhan Anda. Maka dari itu untuk mengetahui ciri kamera mirrorless yang baik, harus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara untuk mengetahui kamera yang baik adalah memperhatikan beberapa hal-hal sebelum membelinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah kamera mirrorless itu baik atau tidak untuk dimiliki.

  • Sensor Kamera

Ukuran sensor dalam sebuah kamera mempunyai kelas minimal dan maksimal. Untuk kamera mirrorless yang baik minimal harus mempunyai sensor APS-C. Sensor ini dan sensor CMOS memang paling banyak digunakan pada kamera mirrorless. Makanya menjadi standar kamera mirrorless yang bagus.

Kamera yang memiliki sensor APS-C dan CMOS bisa dibilang yang terbaik apabila Anda membutuhkan kamera hanya untuk mengambil video atau gambar dokumentasi. Sedangkan apabila Anda memerlukan kamera untuk pekerjaan sebagai fotografer profesional, perlu memilih kamera yang sensornya besar, misalnya fullframe dan medium format.

  • Harganya Sesuai

Ciri lain dari kamera mirrorless paling baik adalah harganya sesuai dengan budget yang dimiliki. Kamera dengan fitur yang banyak akan semakin mahal. Namun bukan berarti fitur yang banyak itu membuat kamera mirrorless tepat untuk dipilih. Jika tidak sesuai kebutuhan maka jangan dipilih karena penggunaannya nanti kurang maksimal.

Contohnya, fitur high definition tidak diperlukan oleh Anda yang mencari kamera untuk membuat vlog atau mengambil gambar di jalanan.

  • Ketersediaan Lensa

Ciri lainnya dari sebuah kamera mirrorless yang bagus adalah punya banyak ketersediaan lensa yang bisa dibeli secara terpisah. Semakin banyak pilihan lensa dari kamera maka akan semakin mudah Anda memilih dan menggunakan kameranya. Hal ini harus diperhatikan karena ada beberapa kamera dengan sensor tertentu yang tidak punya banyak pilihan lensa.

  • After Sales

After sales atau layanan purna jual harus Anda perhatikan dengan baik. Jika kamera tersebut punya spesifikasi dan reputasi yang bagus maka harga jual kembalinya masih tinggi. Untuk mengetahui hal ini Anda bisa melakukan pencarian di internet mengenai harga kamera mirrorless bekas. Kamera yang harga jual kembalinya masih tinggi maka dapat dikatakan kamera tersebut memang bagus.

Demikianlah pembahasan mengenai kamera mirrorless terbaik. Semoga infonya bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Belajar Adobe Premiere

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.