Microphone untuk Vlogger

Tips Cerdas Memilih Microphone untuk Vlogger Profesional

Dewasa ini, menjadi seorang vlogger merupakan impian banyak orang. Hanya saja tidak semua orang bisa menjadi vlogger. Dibutuhkan minat, bakat, kreasi, dan inovasi. Apalagi bila kamu ingin fokus dibidang ini. Vlogger profesional membutuhkan peralatan yang wajib dimiliki. Tentu saja selain dimiliki juga harus bisa mengoperasikannya dengan baik.

Salah satu peralatan paling dibutuhkan untuk menjadi vlogger profesional adalah microphone. Terdengar sepele, namun alat ini memiliki fungsi besar. Microphone yang baik mampu menjadikan suara video lebih jernih. Artinya, kualitas terbaik bisa didapatkan. Microphone bisa didapatkan mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan. Tergantung budget yang dimiliki. Berikut beberapa microphone yang bisa dijadikan pilihan untuk menjadi vlogger profesional.

1. Takstar SGC – 598

Microphone ini merupakan jenis microphone eksternal dengan tipe shotgun. Takstar SGC – 598 baik digunakan untuk kamera DSLR atau pun mirroless. Sudah dilengkapi dengan shockproof yang mampu menghalau kemunculan getaran untuk suara yang dihasilkan. Biasanya getaran ketika melakukan perekaman bisa saja terjadi. Apalagi bila perekaman dilakukan seara hadheld. Baterai di dalamnya memiliki tenaga 1.5 V AA. Tak heran mic ini mampu merekam hingga 100 jam. Belum lagi fitur yang berfungsi untuk meningkatkan sensivitas sampai +10dB. Otomatis suara yang dihasilkan jauh lebih jelas.

2. Technica ATR – 3350

Mic ini memiliki clip on yang berfungsi untuk mempermudah objek berbicara secara bebas walaupun tanpa menghadap pada kamera. Memiliki baterai dengan kapasitas LR44. Kelebihan lainnya adalah fitur windscreen. Technica ATR dapat digunakan pada kamera DSLR atau pun mirrorless. Kabar baiknya, mic ini juga cocok untuk smarthonoe cukup dengan tambahan adapter khusus. Dengan harga di bawah satu jutaan, kamu sudah bisa mendapakan mic rophone jenis ini.

3. Rode VideoMic Micro

Traveling sudah tidak lagi menjadi rahasia umum. Semakin banyak pecinta traveling, maka microphone untuk vlogging juga akan semakin dibutuhkan. Rode VideoMic Micro merupakan jenis microphone terbaik yang cocok dibawa ketika ingin membuat vlog traveling. Kualitasnya sudah tidak perlu diragukan. Bahkan mic jenis ini sudah jauh lebih baik dibanding mic bermaterial plastic. Compact adalah desain yang digunakan pada Rode VideoMic Micro. Desain ini juga menjadikan penggunaannya tidak perlu bantuan baterai tambahan. Rode VideoMicro bisa juga difungsikan sebagai windscreen sebab deadcat telah tersedia di dalamnya. Harga dibandrol lebih mahal dibanding dua jenis microphone di atas, namun tetap di bawah satu jutaan. Jadi, bagi yang ingin menjadi seorang vlogger profesional, microphone idaman ini sudah sangat terjangkau.

4. Sony ICD-PX470

Microphone jenis ini sudah dilengkapi stereo dengan kualitas terbaik. Mampu merekam suara sebagai sound recorder, juga dilengkapi dengan dua buah baterai yang bisa bertahan sampai 55 jam pemakaian. Sungguh fantastis. Menurut beberapa pengguna microphone Sony ICD-PX470, mic ini memiiki kualitas terbaik dengan hasil yang tidak akan mengecawakan. Tak heran banyak vlogger yang memilih Sony ICD-PX450 sebagai teman terbaik untuk merekam video. Microphone ini berukuran 3,83 x 11,41 x 1,93 cm sehingga nyaman untuk digenggam. Compact adalah jenis desainnya. Kelebihan lain adalah memori internal 4GB dan dapat ditambah sampai 32GB sebagai memori eksternal.

5. Rode VideoMic Pro

Microphone eksternal yang satu ini sudah tidak asing lagi dikalangan vlogger profesional. Oleh karena itu, kualitas mic ini sudah terjamin alias tidak diragunakan lagi. Memiliki 2 High Pass Filter (flat, 80Hz), 3 peraturan level (-10dB, 0, +220dB), dan Rycote Lyre Shock Mounting yang mampu meminimalisir gangguan ketika melakukan perekaman suara. Sudah banyak vlogger terkenal yang menggunakan dan merekomendasikan mic ini. Sebut saja Agung Hapsah, Bayu Skak, dan masih banyak lainnya. Memang, harga yang dibandrol terbilang mahal. Namun, hasilnya tidak akan mengecewakan.

6. Condenser Microphone

Untuk kamu yang suka buat vlogging bertema game, microphone yang satu ini sangat direkomendasikan. Ia mampu mengubah suara akustik menjadi elektromagnetik atau sinyal digital dengan media diafragma sebanyak dua buah plat besi yang berfungsi sebagai pemerima getaran yang didapat dari suara masukan (input).

7. Lavalier Microphone

Microphone yang satu ini menggunakan Ribbon diaphragm atau Electret sebagai media masukan sinyal yang berasal dari luar. Lavalier Microphone disebut juga Clip on Mic. Biasanya mic ini juga digunakan oleh pembawa acara di televisi. Untuk seorang vlogger, Lavalier Microphone cocok digunakan di luar ruangan. Misal, travel vlog, moto vlog, dan sebagainya. Ukurannya cukup kecil sehingga nyaman untuk digunakan.

8. Shotgun Microphone

Microphone ini hanya bisa digunakan sebagai penerima sinyal satu arah. Dengan bentuk silinder, hasil suara yang didapatkan hanya berasal dari sumber yang telah diarahkan, sesuai dengan nama microphone ini. Jenis yang satu ini biasa digunakan saat shooting. Kamera DSLR adalah pasangan terbaik untuk makera DSLR.

Menjadi Vlogger Profesional

Menjadi seorang vlogger merupakan trend zaman now. Bahkan tidak sedikit yang sudah mendapatkan pemasukan yang lumayan fantastis dari ‘hoby menghasilkan’ yang satu ini. Apalagi bagi anak muda yang gemar aktif bersosial media. Selain menunjukkan eksistensi diri, vlog juga mampu membuat seseorang terkenal bila videonya banyak ditonton oleh viewers sekaligus mendapat subscribers.

Untuk menjadi seorang vlogger profesional, dibutuhkan niat, usaha, dan kerja keras maksimal. Bila belum mampu membuat vlog seorang diri, kamu bisa mencari rekan sehati yang memiliki minat dan tema yang sama dalam membuat video di YouTube. Sebelum memutuskan action, pastikan kamu telah memahami langkah-langkah terbaik dalam membuat video. Video yang tidak asal video. Siapkan peralatan terbaikmu. Pastikan pula kamu telah mahir menggunakannya. Sisipkan dengan kreasi menarik videomu disukai viewers.

Menjadi vlogger profesional, bisa membuatmu mendapat penghasilan. Hanya saja hal ini tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan. Namun semua vlogger memiliki kesempatan yang sama. Maka, lakukanlah yang terbaik.

Berikut beberapa tahapan menjadi seorang vlogger profesional.

  1. Membuat rencana.
  2. Temukan alasanmu dalam membuat vlog.
  3. Fokus akan jati dirimu.
  4. Jangan lupa riset audience.
  5. Yang ingin dicapai dalam kurun waktu dua bulan, tiga bulan, enam bulan, dan selanjutnya.
  6. Tetapkan tujuan jangka panjang.
  7. Pilih nama channel yang cocok denganmu.
  8. Harus memiliki kemampuan mengambil gambar.
  9. Memiliki kemampuan videografi.
  10. Pastikan memiliki kamera dengan kualitas terbaik.
  11. Mampu mengatur audio dan pencahayaan.
  12. Mampu melakukan editing video.
  13. Jangan lupa branding!
  14. Aktif di berbagai media sosial. Sebut saja facebook, twiiter, instagram, fanspage, dan sebagainya.
  15. Buat logo Channel YouTube semenarik dan seunik mungkin.
  16. Mulailah membangun komunitas.
  17. Mulailah action.

Hasil tidak pernah mengkhianati proses. Lakukan yang terbaik. Jadilah yang terbaik. Semoga kamu bermasil menjadi seorang vlogger professional.

Baca artikel yang lain mengenai Sony Cyber-shot WX220

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.