Mic Untuk Vlog di HP

Mau Tahu 10 Mic Untuk Vlog di HP yang Terbaik?

Saat ini perkembangan teknologi Hp semakin pesat dengan berbagai fitur yang bertambah canggih. Begitu pula dengan perkembangan media sosial yang mengharuskan untuk selalu update. Salah satu yang ramai sekarang ini adalah vlog melalui Hp karena lebih praktis dan mudah dibawa kemana saja. Tetapi untuk memperoleh hasil suara yang jernih membutuhkan mic untuk vlog di Hp.

Dengan adanya bantuan mic yang khusus dirancang untuk Hp tersebut akan sangat membantu membuat suara menjadi lebih jernih dan terdengar jelas. Mic eksternal mungkin dibutuhkan karena biasanya kualitas audio dari beberapa smartphone kurang memuaskan. Sehingga dengan penambahan mic eksternal dapat menghasilkan rekaman suara yang baik daripada audio bawaan Hp.

Mic Untuk Vlog di Hp Terbaik

Agar hasil vlog memuaskan maka harus melakukan pemilihan mic eksternal yang tepat dan terbaik. Pilih mic eksternal sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Sat ini telah tersedia berbaai model yang praktis dibawa kemana-mana. Berikut ini beberapa jenis mic untuk vlog di Hp yang termasuk dalam golongan terbaik.

1. Lapel Mic

Lapel Mic atau Purple Panda Lavalier merupakan salah satu mic eksternal yang dapat dipasangkan di smartphone iPhone dan android. Tidak hanya itu saja, mic eksternal ini juga dapat dipasangkan di perangkat video lain bahkan di DSLR dan Go Pro. Suara yang dihasilkannya sangat jernih dan menjadi rekomendasi karena mudah dibawa kemana saja. Lapel Mic dapat menjadi pilihan bagi yang suka vlogging dan motovlogging. Harganya cukup terjangkau.

2. Olympus ME-51S

Olympus ME-51S dapat dipakai untuk Hp iPhoen dan android. Keunggulan dari produk ini yaitu dapat mempunyai klip yang dapat dipasang pada krah baju dan kabel ekstensi. Sehingga dapat berfungsi sebagai mic lavalier sekaligus mic condenser. Keunggulan lainnya dari mic untuk vlog di Hp ini selain harganya yang terjangkau adalah suara keras dan respon frekuensi dapat ditangani dengan baik.

3. Saramnonic SmartMixer

Mic eksternal ini mempunyai bentuk yang sangat menunjang untuk aktifitas vlogging dan dapat dipakai untuk Hp android maupun iPhone. Terdapat tempat penjepit Hp dan tongkat untuk pegangan tangan. Saramnonic SmarMixer memberikan audio interface yang ringan dan compact memakai daya phantom amplifier.

Perangkat audionya cukup lengkap yaitu jack headphone pemantau, 2 input stereo 3,5 mm dan 1 input XLR mini. Dengan perangkat audio yang lengkap memungkinkan mic eksternal ini dapat merekam audio di dalam ruangan maupun di luar ruangan dengan kualitas tinggi.

4. Rode IXY Condenser

Rode IXY Condenser diciptakan khusus untuk Hp iPad dan iPhone. Hasil rekaman suaranya sangat akurat dan halus dengan perangkat yang memberikan konversi A/D high-fidelity dan konversi mencapai 24 bit/96 K. Pada bagian utama dari mic eksternal ini dipasang kapsul kardioid 0,5 inci yang cocok dengan kombinasi filter tinggi agar menghasilkan hasil suara jernih dan detail.

5. Rode SmartLav + Lavalier

Jika ingin suara yang jernih setara dengan audio di industri film maka Rode SmartLav dapat menjadi pilihan tepat. Perangkat ini diproduksi oleh Rode yang telah piawai dalam pembuatan mikrofon untuk industri film. Produk ini memang sangat istimewa. Tidak hanya suaranya yang sangat jernih tetapi peralatan pendukungnya juga dibuat secara istimewa.

Kabel kevlar yang berfungsi sebagai faktor mic dibuat sangat kuat dan telah menjalani pengujian renggangan menggunakan benda dengan berat hingga 10 kilogram. Untuk menghubungkan headphone dan smartphone memakai konektor TRRS berwarna abu-abu. Agar suara yang direkam menjadi lebih lembut, pada perangkat ini diberikan perisai busa. Dengan adanya perisai busa tersebut dapat menghalangi suara angin yang mengganggu kualitas suara rekaman pada saat vlogging.

6. Apogee Mic 96K Professional

Mic untuk vlog di Hp satu ini memang dihadirkan agar hasil vlogging menjadi lebih profesional. Memang harganya agak mahal tetapi Apogee Mic 96K memiliki paket yang sangat lengkap. Ada 3 buah produk yang dijadikan dalam satu perangkat dengan kesatuan kompak. Konverter A/D, microphone preamp dan microphone dijadikan satu agar hasilnya lebih optimal.

Microphone eksternal ini dapat dipakai untuk Hp maupun perangkat IOS yang terbaru. Microphone eksternal Apogee dapat merekam audio mulai dari frekuensi 24 bit/96khz sehingga suara yang dihasilkan sangat jernih dan murni.

7. Shure MV88 IOS Digital Stereo Condenser

Microphone eksternal yang satu ini membuat penggunanya terasa nyaman dan memberikan audio dengan kualitas setara profesional. Shure memberikan fitur stereo yang dapat berfungsi sebagai pengontrol dan pengatur suara. Agar penggunaan perangkat microphone eksternal Shure lebih maksimal maka sebaiknya memakai aplikasi yang dapat didownload secara gratis yaitu Shureplus Motiv Mobile Recording.

8. Ampridge Mighty Mic-S

Ampride sangat ringan dan dapat mudah dibawa kemana saja sehingga cocok sebagai perangkat mic untuk vlog di Hp. Microphone eksternal yang ringan di kantong dan dapat dikantongi ini menjadi perangkat siap sedia untuk kondisi mendadak. Desainnya seperti shootgun sehingga dapat lebih fokus pada obyek yang direkam.

Perangkat ini dapat menghasilkan suara yang jernih karena dapat meredam suara dari segala arah. Saat melakukan vlogging terkadang ada suara-suara yang tidak diinginkan. Nah, Ampridge Mighty ini dapat mengabaikan suara-suara yang tidak diingingkan tersebut. Perangkat microphone eksternal ini cocok bagi pemula yang baru mulai belajar ngevlog.

9. Zoom IQ7 Mid Side Stereo

Bentuk perangkat microphone eksternal yang cukup unik. Ada dua buah bulatan yang berfungsi sebagai mic dan dapat diputar-putar sesuai dengan kebutuhan. Terdapat tombol mic yang berfungsi untuk pengaturan tingkat input dengan optimal dan 3 tingkatan segmen LED sehingga suara yang dihasilkan sangat tajam, bersih serta jernih.

Di perangkat ini juga menyediakan headphone jack khusus yang berfungsi sebagai line output. Dengan adanya peralatan tersebut akan memungkinkan audio dapat dipantau selama melakukan vlogging. Untuk memaksimalkan fungsinya, perangkat microphone eksternal ini memiliki aplikasi khusus yang didownload secara gratis dari playstore.

10. Blue Mikey

Jika ingin vlogging dengan suara yang profesional mungkin Blue Mikey dapat menjadi pilihan tepat. Microphone eksternal ini dilengkapi dengan microphone kondensor double dengan gaya custom-turned sehingga suara yang dihasilkan suara profesional. Apalagi dengan adanya penambahan konversi A/D kualitas CD dan amplifikasi akan menambah kejernihan suara yang ditangkap.

Teknologi yang dipakai pada Blue Mikey adalah multi gain system dan auto level sensing sebagai pelindung rekaman dari distorsi. Untuk meredam kebisingan dari suara disekitarnya menggunakan perisai microphone. Sedangkan untuk menyesuaikan sensitivitasnya dilengkapi dengan indikator LED.

Vlogging menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan jika ditunjang dengan perangkat terbaik seperti microphone eksternal. Vlogging sangat bisa menggunakan handphone yang ditunjang mic untuk vlog di Hp agar memperoleh suara lebih jernih, bersih dan detail. Pilih microphone eksternal sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Baca artikel yang lain mengenai Filter Kamera Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.