Mic Clip On Wireless Terbaik

Macam-macam Mic Clip On Wireless Terbaik. Pasti Suka!

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, microphone juga semakin beraneka ragam. Saat ini microphone tidak harus memakai kabel yang panjang dan harus diulur-ulur seperti microphone jaman dahulu. Teknologi yang berkembang memberikan kemudahan dengan adanya mic clip on wireless terbaik yang lebih mudah dan nyaman dipakai. Bahkan microphone ini dapat dibawa kemana-mana tanpa mengganggu aktifitas dan sangat praktis.

Mic clip on berukuran kecil yang termasuk tipe mic condensor dan biasanya dijepitkan pada kancing baju di bagian atas kerah baju. Bisa juga dijepitkan pada telinga dengan penambahan mic yang mengarah ke mulut. Penggunaan mic clip on wireless sangat praktis dan lebih nyaman karena tidak perlu memakai kabel yang panjang. Selain itu harganya juga cukup terjangkau. Umumnya mic clip on ini dipakai oleh orang dengan mobilisasi tinggi.

Macam-macam Mic Clip On Wireless

Mic clip on wireless tidak menggunakan kabel yang panjang dan dihubungkan ke listrik. Untuk memberi daya pada mic clip on wireless ini menggunakan baterai. Mic clip jenis ini cocok untuk penyiar televisi, imam di masjid, pelatih aerobic, presentasi di kantoran atau yang membutuhkan pengeras suara. Mic clip on wireless juga dapat dipakai untuk konser musik atau dijepitkan pada alat musik seperti gitar dan biola.

Jenis mic clip on wireless bermacam-macam dengan berbagai keunggulannya. Untuk memilih mic clip on wireless sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Berikut ini beberapa jenis mic clip on wireless terbaik yang dapat membantu sebagai pengeras suara.

1. Lavaliere

Lavaliere sering dipakai oleh pembawa acara di televisi. Mic clip on ini dapat juga berfungsi untuk merekam suara yang menghasilkan suara jernih dan bersih. Lavaliere sangat bagus dipakai di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Bahkan jenis mic clip on ini sangat bersahabat untuk aktifitas vlogging. Ukurannya kecil sehingga tidak terlalu mencolok dan praktis. Suara rekaman yang dihasilkan cukup bagus karena dapat meredam suara berisik disekitarnya.

2. Samson AirLine Micro Camera Wireless System

Produk ini merupakan kombinasi antara komponen RF dan teknologi baterai ion lithium. Pada produk mic clip ini juga dilengkapi dengan penerima AR2, pemancar AL2 dan microphone lavalier. Baterai ion lithium memungkinkan mic clip on ini dapat bertahan hingga 6 jam.

3. Mic Clip On Wireless Sennheiser SKM 7000

Produk ini menghasilkan suara yang bersih, empuk dan jernih. Mic clip on wireless terbaik ini dilengkapi dengan receiver LED, mic handle receiver, transmitter LED, mic clip on atau penjepit, mic headsetfreq UHF dan baterai AA.

4. Mic Clip On Wireless Aiwa NA-801 VHF

Mic clip on wireless dengan kualitas terbaik dan harganya sangat terjangkau. Keunggulan dari mic clip on wireless Aiwa yaitu menghasilkan suara jernih, minim suara berisik, baterai lebih awet dan dapat dipakai 2 set unit bersamaan. Produk ini dapat juga dipakai untuk kamera DSLR jika telah ditambahkan jek kontra 3,5 mm.

5. Mic Clip On Wireless Fujikaya FK 3399

Produk ini dapat menjangkau hingga jarak 40 meter. Suara yang dihasilkan bagus, bersih, jernih dan empuk seperti artis profesional. Harganya cukup terjangkau tetapi suara yang dihasilkan sangat istimewa.

6. Mic Clip On Wireless Shure PGX 14/93

Jika menginginkan mic clip on wireless dengan jangkauan yang panjang maka produk ini dapat menjadi pilihan karena dapat menjangkau hingga 35 meter. Suara yang dihasilkan sangat jernih, empuk dan bersih. Tangkapan micnya sangat sensitif.

7. Mic Clip On Wireless SONY SN 570

Mic clip on wireless terbaik ini mempunyai banyak keunggulan. Keunggulannya antara lain harganya murah, mempunyai jangkauan yang jauh, menghasilkan suara jernih, minim terhadap gangguan kebisingan dan baterainya sangat awet. Keunggulan lainnya adalah dapat dipakai untuk kamera dan aplikasi shooting.

8. Krezt Wireless Microphone Clip On K-2380

Model receivernya relatif kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Microphone ini bisa dipakai untuk imam di masjid, pengajar dan siapa saja yang aktif. Hasil tangkapan suaranya sangat jernih dengan mic yang sensitif.

Cara Setting Mic Clip On Wireless

Meskipun mempunyai mic clip on wireless terbaik, tetapi pada proses setting kurang pas maka sudah pasti akan mempengaruhi kualitas hasilnya nanti. Mic clip on wireless menggunakan transmisi penghantar getaran suara melalui media perantara udara. Mic clip on ini selain dipasangkan di kerah baju juga dapat dipasang di telinga yang tangkainya diarahkan ke mulut. Biasanya mic clip on yang dipasang di telinga lebih mudah disetting daripada mic clip on yang dikaitkan pada kerah baju.

Cara setting mic clip on yang dijepitkan pada kerah baju cukup susah karena berhubungan dengan kepekaan suara dan kekuatan suara. Umumnya mic clip on memiliki kepekaan suara yang tinggi apalagi jenis mic clip on tertentu. Clip on wireless beresiko terjadi feed back akibat jarak speaker dan mikrofon yang sangat dekat. Tetapi segala kesulitan tersebut dapat ditangani jika disetting dengan baik.

Berikut ini cara setting mic clip on wireless terbaik agar menghasilkan suara yang bagus.

  1. Setting bagian mic dan receiver. Pilih channel yang sesuai.
  2. Jangan naikkan volume dulu.
  3. Coba cek dengan berbicara di depan mic sambil melakukan pengaturan gain sensitive pada mixer. Tekan tombol switch PFL di saluran yang dipakai untuk posisi microphone ini. Lihat berapa desibel kekuatan input yang dipakai untuk microphone pada indicator LED display pada Mixer. Agar lebih mudah dapat melakukan diposisi gain sampai memperoleh batas maksimal 3 dB.
  4. Setelah sinyal telah dapat masuk di saluran penginputan dan sudah diperoleh kunci tingkat kekuatannya yaitu antara 0 dB sampai 3 dB kemudian volume channel pada saluran mic kerah dinaikkan. Lepaskan PFL.
  5. Suara dapat dicek dengan mendengarkan pada loudspeaker dan cek kekuatan suaranya saat kondisi mixing. Perhatikan indikator lampu sinyal.
  6. Jika dibutuhkan dapat mengubah setelan nada. Atau dapat juga di buat flat lebih dahulu sebelum mengubah frekuensi suara. Coba terus setelannya hingga menemukan suara yang pas.
  7. Cek apakah ada feedback jika berbicara di area yang dekat dengan speaker monitor. Apabila terjadi feedback maka level mixer di saluran mic yang telah terpasang harus diturunkan. Dapat juga melakukan pengurangan sinyal yang terarah ke speaker monitor untuk menghilangkan feedback.

Mic clip on dapat membantu aktifitas bagi yang aktif dan harus bekerja di luar ruangan. Apalagi dengan adanya mic clip on wireless yang tidak perlu memakai kabel panjang. Penggunaannya yang mudah dan praktis menjadi pilihan agar pekerjaan berjalan dengan lancar. Pilih jenis mic clip on wireless terbaik sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Baca artikel yang lain mengenai Filter Kamera Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.