Merekam Video Pemandangan Alam

Tips Merekam Video Pemandangan Alam

Pemandangan menjadi obyek yang paling indah untuk dibuat menjadi sebuah video. Apalagi saat melakukan perjalanan atau berwisata, pemandangan akan menjadi obyek utama yang dibidik. Video pemandangan dapat diunggah ke media sosial pribadi seperti Facebook, Youtube atau Periscope untuk kenang-kenangan. Ada juga yang mengunggahnya ke blog pribadi dengan bumbu artikel dan foto penunjang lainnya. Jika dilakukan secara berkala dan rutin maka dapat disebut sebagai travel blogger.

RE07Sept_079.jpg

Untuk membuat video pemandangan yang baik dibutuhkan tips dan trik agar video pemandangan menjadi hidup. Video pemandangan yang baik seharusnya dapat memberi kenyamanan pada penontonnya. Penonton seakan ikut tenggelam di dalam alur cerita yang terangkai di dalam sebuah video.

Persiapan Yang Diperlukan

Persiapan yang baik akan menghasilkan hasil video pemandangan terbaik. Konsep dan tema yang akan diusung termasuk dalam persiapan sebelum membuat video pemandangan. Dengan konsep dan tema tertentu maka video pemandangan yang diambil nantinya akan lebih fokus.

Persiapan berikutnya adalah pada alatnya yaitu kamera. Tentukan peralatan yang akan dibawa untuk mengambil gambar. Apakah akan menggunakan kamera DSLR, kamera handphone atau kamera pocket. Perhatikan cara penggunaan dan pengambilan gambar yang baik dari masing-masing kamera tersebut. Cara penggunaan kamera DSLR tentu saja akan berbeda dengan kamera handphone. Hal ini sangat berkaitan dengan hasil yang akan diperoleh nantinya.

Persiapkan peralatan penunjang yang harus dibawa untuk memperoleh gambar video terbaik. Peralatan penunjang ini seperti tripod yang akan membuat video tidak goyang. Atau jika terlalu besar dapat membawa gorillapod yang lebih kecil dan ringan. Tetapi gorillapod harus memakai tatakan untuk menahan goyangan.

Cadangan memori mungkin dibutuhkan untuk mengantisipasi jika video yang diambil banyak. Tidak enak rasanya jika masih banyak gambar menarik yang ingin direkam tetapi ternyata memori sudah penuh. Perkirakan berapa banyak dan berapa durasi video yang akan direkam.

Dan yang tidak boleh ketinggalan juga yaitu mempersiapkan baterai cadangan. Agar lebih aman sebaiknya mempersiapkan paling tidak 2 baterai cadangan. Untuk proses pembuatan video pasti akan membutuhkan konsumsi energi baterai yang lebih banyak daripada proses pengambilan foto.

Menentukan Obyek yang Tepat

Membuat video pemandangan yang bagus tentu saja harus menentukan obyek dengan tepat. Pilih obyek-obyek pemandangan yang menarik. Usahakan pergerakan pada saat pengambilan obyek dilakukan secara pelahan dan rapi. Dengan melakukan banyak latihan pasti akan menjadi lebih mudah untuk membuat pergerakan secara halus dan rapi.

Pemandangan akan terlihat bagus pada saat posisi matahari sedang miring yaitu pada saat matahari terbit atau saat matahari terbenam. Bayangan dan siluet yang dihasilkan akan memberi keindahan dan keunikan pada hasil video nantinya.

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk memperoleh hasil terbaik. Pemadangan yang akan diambil akan terlihat terang dan jelas jika pencahayaan bagus. Jika mengambil gambar video pada malam hari dapat menggunakan cahaya lampu atau memperoleh pencahayaan dari flash pada kamera.

Belajar menetukan obyek yang tepat dapat juga diperoleh dari menonton video pemandangan lain sebagai referensi. Tonton sebanyak-banyaknya video sehingga dapat memperoleh ide dalam pengambilan angle.

Penentuan Angle

Angle yang tepat dapat mempengaruhi hasil video pemandangan nantinya. Dengan membuat angle yang menarik maka akan menciptakan sudut pandang pemandangan berbeda dan unik. Tidak perlu malu untuk memanjat, jongkok, berlutut atau bahkan tiduran telentang untuk memperoleh angle terbaik.

Apalagi sekarang ini teknologi dari kamera video beserta asesorisnya semakin canggih. Kecangihan ini akan mempermudah dalam pengambilan gambar dan memperoleh angle terbaik. Jika dibutuhkan dapat memakai drone untuk mendapatkan pemandangan dari atas. Pemandangan akan terlihat dari angle berbeda, unik dan tidak terbatas. Tentu akan terlihat sangat bagus saat melihat pemandangan aerial videografi. Adanya kecanggihan teknologi ini harus dimanfaat sebaik-baiknya dalam videografi.

Intinya, untuk memperoleh angle yang terbaik harus memakai feel atau rasa. Videografer yang memiliki feel baik pasti dapat memperoleh hasil angle terbaik dan pengambilan gambar. Tetapi feel ini bisa dilatih dan diasah. Semakin banyak berlatih maka akan dapat memperoleh feel dengan baik. Lama kelamaan akan terlatih dalam pemilihan angle yang bagus untuk memperoleh hasil video terbaik.

Tips dan Trik Saat Pengambilan Gambar Video

Untuk memperoleh gambar video yang bagus dan unik maka video harus berkualitas. Ada tips dan trik agar video yang dihasilkan menjadi berkualitas. Pertama, usahakan pada saat mengambil video tangan tidak goyang. Gambar yang bergoyang tentu saja dapat mempengaruhi kualitas. Memang untuk menjaga agar kamera tidak goyang dapat dibantu dengan tripod. Tetapi kadang tidak memungkinkan untuk membawa tripod kemana-mana dan harus mengandalkan tangan.

Fokus obyek yang akan dibidik sangat penting. Jika ingin merekam pemandangan dengan jarak yang terlalu jauh dapat menggunakan zoom. Tetapi sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan zoom agar kualitas gambar terjaga. Pada saat zooming usahakan secara pelahan, halus dan rapi.

Komposisi antara obyek yang satu dengan obyek lainnya harus diatur sedemikian rupa agar menjadi satu frame. Gunakan teknik dasar komposisi yaitu dengan membayangkan pertemuan antara garis vertikal dan garis horisontal. Pertemuan kedua garis tersebut sangat tepat untuk dibidik dan memperoleh kualitas video terbaik.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar memperoleh banyak video pada saat editing nanti sebaiknya mengambil gambar berulang kali. Nantinya pada saat editing akan mempunyai beberapa pilihan dan dipilih yang terbaik. Rekam pemandangan dari beberapa angle yang berbeda agar dapat diperoleh alur atau cerita dari video pemandangan tersebut. Tetap perhatikan pada pencahayaannya agar hasilnya maksimal. Saat menggabungkan frame pencahayaan juga harus diatur sedemikian rupa dengan baik.

Proses Editing

Setelah mengumpulkan beberapa video pemandangan maka agar menjadi suatu alur harus melalui proses editing. Proses editing ini mencakup pemilihan gambar video, pemotongan dan penggabungan menjadi suatu kesatuan. Pastikan antar frame video saling berkaitan. Penggabungan antar frame harus terlihat halus dan rapi. Pakai software yang yang cocok dan bagus untuk membantu proses pengeditan.

Agar video yang dihasilkan semakin menarik dan bagus dapat ditambahkan lagu sebagai latar belakang. Perhatikan kualitas suara yang jernih agar tidak mengganggu kualitas video. Perpaduan antara video dan suara harus seimbang. Lagu atau audio pada latar belakang video ini juga dapat berfungsi untuk menghilangkan suara bising yang terjadi pada saat perekaman video. Audio lagu sebagai latar belakang video dapat diperoleh dari media gratis seperti Youtube, bensound.com, FreeMusicArchieve.org, JoshWoodward.com, FreeSoundTrackMusic.com dan Incompetech.com.

Merekam sebuah video pemandangan akan memberikan kenangan yang indah tentang ciptaan Tuhan. Video pemandangan yang baik akan membawa turut serta penonton ikut larut menghayati keindahan pesona alam. Dan setelah video pemandangan jadi dengan alur cerita tertentu dapat diunggah ke media sosial, blog, Youtube atau media lain.

Baca artikel yang lain mengenai Macam-Macam Lensa Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.