Menjadi Vlogger Terkenal

Ingin Menjadi Vlogger Terkenal? Lakukan Tips Merekam Video Berikut Ini!

Ingin menjadi seorang vlogger? Cukup maksimalkan penggunaan HP atau smartphonemu. Ikuti langkah demi langkah pembuatannya. Zaman sekarang ini tidak sulit untuk menjadi seorang vlogger, asal memiliki niat dan keinginan besar. Kamu bisa mencari tahu segala sesuatu yang berhubungan dengan vlogger atau YouTuber dari google atau pun buku. Bisa juga dengan belajar secara langsung pada ahlinya. Jangan pernah meremehkan seorang vlogger. Tahukah kamu bahwa vlogger terkenal bisa menghasilkan puluhan juta sebulannya? Ya! Ini fakta bukan mitos. Bahkan tidak sedikit vlogger sukses hanya dengan bermodalkan smartphone seadanya. Jadi, semua tergantung kamu. Bagaimana kamu membuat video keren yang bisa menarik viewers.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang vlogger sukses. Tips ini juga telah dijalankan oleh vlogger terkenal. Jadi, tips ini merupakan rekomendasi mereka untuk vlogger pemula. Apa saja tips merekam video untuk membuat vlog?

1. Gunakan Stabilizer

Stabilizer atau yang disebut dengan gimbal untuk membuat video menggunakan hp sudah bisa didapatkan di pasaran. Alat ini terbilang mahal, namun terbukti memberikan hasil profesional. Terkadang kita takjub melihat banyaknya video keren di YouTube. Langsung terbersit di pikiran bagaimana cara mereka menghasilkan video keren tersebut. Stabilizer merupakan salah satu peralatan yang mereka gunakan. Memang untuk merekam video keren, dibutuhkan modal untuk membeli peralatannya.

Merekam video dengan stabilizer menjadikan video yang kamu hasilkan terlihat tenang sebab alat ini mampu meredam getaran. Hasilnya bahkan terlihat seperti film di bioskop. Tenang dan menarik. Dji Osmo Mobile merupakan salah satu stabilizer yang sangat direkomendasikan untuk kamu. Stabilizer ini tergolong murah alias terjangkau semua kalangan, namun mampu memberikan hasil bagus. Intinya semakin bagus kualitas video pada smartphone, hasil rekaman video ditambah stabilizer juga semakin berkelas.

2. Merekam Sedikit Demi Sedikit

Merekam video untuk YouTube, hasil dilakukan dengan perhitungan khusus. Salah satu caranya dengan merekam sedikit demi sedikit. Jika terlalu fokus harus menyelesaikan satu hari itu juga, dikhawatirkan hasil video tidak maksimal. Dengan merekam sedikit demi sedikit, menjadikan hasil video lebih berwarna. Selain itu, scene yang dikhasilkan lebih fokus sehingga tidak menghabiskan banyak memori. Jadi, sebelum melakukan perekaman, pastikan kamu merekam yang paling penting dan perlu. Jangan menyebar ke luar dari tema.

3. Diamlah Saat Melakukan Perekaman Video

Merekam dengan posisi diam mampu menghasilkan video yang jauh lebih baik dibanding melakukan perekaman video dengan mengikuti objek. Lain halnya bila kamu sudah memiliki stabilizer, maka kamu bisa melakukan perekaman dengan mengikuti objek. Misal, jika kamu ingin merekam adegan action. Namun lain hal bila kamu ingin mendapatkan kamera dengan hasil tenang, maka diamlah. Arahkan kamera pada objek dengan tenang. Bahkan meskipun objek bergerak, tetaplah diam.

Fokus kamera pada objek. Tetapi kamu tetap bisa menggerakkan kamera ke kiri dan ke kanan. Posisinya melingkar. Kamu sebagai sumbu sedang kamera diarahkan ke kiri dan kekanan. Yang harus kamu ingat, jangan lakukan pergerakan kamera dengan cepat. Lakukan secara perlahan.

4. Posisi Objek Lebih Tinggi Dibanding Kamera

Ketika merekam video, posisi objek harus lebih tinggi dibanding kamera. Meski demikian, harus dipastikan objek terlihat dengan baik. Namun, tips ini tidak berlaku jika ingin melakukan perekaman dengan objek lebih luas. Sebut saja pantai, pegunungan, dan pemandangan.

5. Melakukan Editing Sebaik Mungkin

Setelah melakukan perekaman video, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan editing. Pastikan kamu memiliki software editing video. Saat ini sudah banyak software editing yang bisa kamu beli secara online atau pun ofline. Sebut saja Cut Pro, Premiere Pro, dan masih banyak lainnya. Jika modal masih minim, kamu bisa download aplikasi editing video secara gratis di PlayStore atau AppStrore. Edit video secara bertahap. Scene by scene sebaik mungkin. Semakin sering kamu mengedit video, semakin bagus hasil editanmu. Selain itu, cermati video-video keren di YouTube agar kamu bisa menemukan referensi terbaik untuk video yang hendak kamu edit.

Mengapa Harus Membuat Vlog?

Sebelum membuat vlog, tanyakan pada dirimu. Apa sebenarnya tujuanmu membuat vlog? Mengapa harus demikian? Sebab jawaban ini penting sekali untuk perkembangan vlogging yang kamu buat ke depannya. Sebutkan tujuanmu ngevlog. Misal, untuk bersenang-senang, mencari penghasilkan, memperoleh ketenaran, dan sebagainya. Untuk menjadi seorang vlogger profesional, tujuan ngevlog ini penting sekali. Apalagi untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan waktu jangka panjang. Jadi, kamu harus disiplin dalam membuat vlog, fokus pada tema sesuai tujuan. Lain hal bila kamu hanya ingin bersenang-senang. Kamu bebas membuat vlog kapan pun kamu mau tanpa harus mengatur jadwal.

Tentukan Topik Vlogging

Vlogger profesional pasti sudah tahu bahasan apa yang hendak dia buat hingga ke depannya. Topik sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, sangatlah baik bila kamu memilih topik yang memang kamu mengerti dan pahami. Sebab melakukan vlog tanpa kamu mengerti, cepat atau lambat kamu akan merasa bosan dan menghadapi banyak kesulitan. Apalagi bila harus membuat vlog secara rutin. Lain hal bila topik vlogging merupakan sesuatu yang kamu sukai. Pilih topik yang kamu suka. Masukkan kreasi dan inovasi di dalamnya. Dengan demikian, kamu bisa fokus membuat vlog hingga ke depannya.

Tujuan Jangkan Panjang dan Jangka Pendek

Kamu harus memikirkan rencana ngevlog. Biasanya vlogger profesional telah berpikir jauh ke depan. Membuat vlog dengan topik khusus dengan tujuan jangka panjang. Sebenarnya hal ini bisa terjawab sesuai dengan tujuan awal kamu ngevlog. Motivasi dirimu untuk mencapai tujuanmu sebagai seorang vlogger.

Mulailah Berlatih Vlogging

Menjadi seorang vlogger, berarti harus mampu berbicara di depan kamera dengan luwes. Sampaikanlah dengan bahasa jelas, enak didengar. Bukan bahasa berat dan berbelit-belit. Apalagi bagi kamu yang fokus pada vlog bertema kegiatan sehari-hari. Berarti harus banyak berbicara. Gaya berbicara dan intonasi perlu diperhatikan. Kamu bisa pempelajari hal ini dari video-video keren di YouTube. Dengan gaya bahasa dan intonasi menarik, penonton tidak akan merasa bosan. Siapa pun orangnya, pasti bisa mempelajari hal ini.

Tips lainnya adalah jangan terburu-buru mengupload video pada YouTube. Pastikan semua telah siap. Teknik vlogging telah dikuasai, kualitas video baik, isi dan penutup menarik hati. Yang pasti, buatlah video sebaik mungkin dan bisa disukai oleh penonton. Lebih baik lagi bila video yang dihasilkan bisa memberi manfaat bagi penonton. Semakin sering kamu membuat video, semakin baik video yang kamu hasilkan. Intinya, jangan lelah belajar hingga kamu menguasai hal ini.

Sudah banyak vlogger sukses di Indonesia. Kamu bisa belajar langsung dari mereka. Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu.

Baca artikel yang lain mengenai Sony Cyber-shot WX220

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.