Memutihkan Wajah dengan Photoshop

Cara Mudah Memutihkan Wajah dengan Photoshop

Wajah putih belum tentu menjadi impian semua orang. Akan tetapi khusus soal hasil foto, rasanya nyaris semua orang terutama kaum hawa tidak ingin wajahnya terlihat gelap apalagi kusam.

Ada banyak penyebab mengapa wajah di dalam foto bisa tampak tidak cerah. Misalnya sebab pencahayaan yang kurang ketika wajah tertangkap kamera. Pun bayangan yang menutupi, atau kesalahan teknis lainnya yang disebabkan oleh kamera dan ketidaktelitian fotografer. Alhasil, untuk memperbaiki jalur edit pun ditempuh.

Bagi seorang editor foto pun demikian. Menjadi hal wajib bagi mereka untuk selalu mengedit kecerahan warna pada wajah, yang akhirnya juga menyoal memutihkan wajah. Tentunya dengan batas wajar, sebagaimana permintaan klien agar hasil fotonya tampak memikat dan sedap dipandang.

Anda yang pemula juga bisa mencoba langsung. Salah satunya menggunakan aplikasi foto editor yang mudah digunakan seperti Adobe Photoshop. Dalam Adobe, Anda bisa mencoba beberapa cara. Penasaran bagaimana tutorialnya? Berikut beberapa teknik beserta langkah langkah paling mudah yang dapat Anda ikuti untuk memutihkan atau mencerahkan wajah dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop:

Menghaluskan Kulit dengan Menggunakan Teknik Masking

Terlebih dahulu Anda perlu menghaluskan kulit sebelum memutihkan wajah agar hasil editan lebih seimbang dan terlihat lebih indah. Teknik ini diperlukan supaya tidak terjadi berat sebelah. Selain wajah yang putih, kulit wajah pun perlu diimbangi dengan terlihat halus.

  • Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu, lalu buka foto yang akan diedit. Setelah itu, duplikatkan layer dengan menekan tombol Ctrl + J pada keyboard.
  • Klik menu Filter > Blur > Geussian Blur lalu kita atur parameternya, sesuaikan dengan kondisi foto Anda. Jika sudah selesai kemudian klik OK.
  • Gunakan teknik masking. Teknik ini berguna untuk menghapus bagian blur yang terdapat pada bagian mata, bibir, dan rambut agar kelembutannya terlihat lebih alami. Anda juga dapat menggunakan Eraser Tool untuk menghapus bagian yang blur di tubuh. Namun, biasanya hasilnya kurang memuaskan.
  • Untuk itu gunakan alternatif lain, caranya yaitu dengan mengklik ikon Add Layer Mask lalu akan muncul kotak berwarna putih pada layer. Pastikan foreground atau latar depan berwarna hitam karena masking memiliki dua unsur yaitu hitam dan putih. Hitam berfungsi untuk menghapus, sedangkan warna putih untuk mengembalikan penghapusan. Lalu klik Brush Tool.
  • Usapkan pada bagian objek yang akan kita hilangkan blurnya. Jika kita terlalu kebablasan menghapus blur, dapat kita kembalikan dengan mengganti warna Foreground menjadi warna putih.

Menghaluskan Kulit dengan Menggunakan Erase Tool

Jika Anda ingin menggunakan erase tool, ada baiknya sejak awal. Meski cara ini kurang efektif karena Anda perlu sedikit bersusah payah, hasilnya bisa sama baik dengan cara sebelumnya. Dengan syarat Anda mau bersabar dan cukup jeli mengecek perbandingan dan perubahan tingkat kehalusan lewat layer sebelumnya. Simak langkah-langkah yang dapat Anda ikuti di bawah ini:

  • Buka foto yang akan Anda haluskan wajahnya dengan cara klik file > open atau dengan menggunakan keyboard caranya klik Ctrl + O. Anda tinggal mencari foto yang wajahnya ingin dihaluskan, jika sudah ada klik Open.
  • Duplikatkan foto dengan mengklik Ctrl + J pada keyboard.
  • Kemudian klik Edit in Quick Mask Mode pada toolbox lalu pilih Erase Tool, pastikan juga Foreground Colornya berwarna putih.
  • Seleksi wajah yang ingin Anda haluskan dengan menggunakan Erase Tool.
  • Berikutnya, setelah seleksi berhasil dibuat, klik kembali Edit in Standar Mode. Setelah itu tekan Ctrl + Shift + I untuk menyeleksi.
  • Selanjutnya pada menu bar klik Filter > Blur > Gaussian Blur
  • Beri angka radius = 3,8, atau dapat anda sesuaikan sendiri nilai radiusnya sesuai dengan kebutuhan tingkat kehalusan foto yang anda inginkan.
  • Jika sudah, kemudian tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi pada gambar

Nah, sekarang proses penghalusan sudah selesai. Wajah di dalam foto yang Anda edit sudah lebih halus. Selanjutnya Anda tinggal memutihkan wajah dengan langkah berikutnya. Berikut sejumlah teknik yang bisa Anda coba dan terapkan langsung.

Memutihkan Kulit dengan Menggunakan Level

Cara satu ini sebetulnya sangat dasar, tapi wajib dikuasai dan cukup ampuh mengubah tingkat kecerahan plus memutihkan wajah dalam foto yang akan Anda edit. Sebagai catatan, pengaturan level sebaiknya dilakukan di bagian paling awal pengeditan. Ini juga berfungsi mengatur tingkat kecerahan yang kurang atau berlebihan, pun tampak tidak imbang pada setiap foto yang akan Anda edit. Berikut langkahnya.

  • Jadikan satu layer terlebih dahulu dengan cara menekan Ctrl pada keyboard, lalu klik semua layer yang ada, selanjutnya klik kanan dan pilih menu Marge Layers.
  • Klik menu Images > Adjustments > Levels, atur parameternya sesuai dengan kondisi foto yang anda pilih atau sesuaikan dengan keinginan anda. Selesai sudah memutihkan wajah dengan menggunakan levels.

Memutihkan Kulit dengan Menggunakan Curves

Langkah mengubah warna kulit dengan Curves ini bisa Anda manfaatkan seandainya menggunakan Level kurang cocok diterapkan pada foto. Selain itu, cara ini memang lebih mudah ketimbang mempergunakan Level. Anda hanya perlu mengklik menu Images, lalu pilih Adjustments, dan menu Curves. Kemudian atur parameternya sesuai dengan kondisi foto atau sesuaikan saja dengan keinginan Anda. Selesai. Cukup sederhana dan tidak repot bukan?

Memutihkan Kulit dengan Menggunakan Color Balance

Teknik color balance memungkinkan Anda mengatur warna langsung dari warna asli pada foto. Cara mempergunakannya pun cukup mudah dan bisa segera Anda coba dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Buka menu Image > Adjustments > Color Balance, lalu atur parameternya sesuai dengan kondisi foto yang anda miliki atau sesuaikan dengan keinginan anda. Setelah itu foto Anda terlihat lebih putih dari sebelumnya.

Mencerahkan Wajah dengan Menggunakan Dodge Tool

Cara yang tak kalah mudah adalah dengan menggunakan Dodge Tool yang terletak pada toolbox. Ikuti langkah berikut.

  • Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu, lalu buka foto yang akan diedit.
  • Aktifkan dodge tool atau dengan mengklik tombol O pada keyboard.
  • Usapkan alat pada bagian wajah yang ingin Anda cerahkan (bisa juga digunakan untuk mencerahkan bagian-bagian lain, seperti tembok, baju putih, dan lain-lain).
  • Atur tingkat kecerahannya, semakin banyak diusapkan, maka hasilnya akan lebih cerah.
  • Setelah itu, tinggal save gambar yang telah Anda edit.

Memutihkan Wajah dengan Menggunakan Lasso Tool

Cara terakhir ini memang tak terlalu mudah, tapi termasuk salah satu teknik memutihkan wajah di Photoshop yang paling akurat. Bahkan Anda bisa memperbaiki setiap bagian di wajah yang tingkat kecerahannya tidak merata dan perlu dibaiki secara detail. Tentu, ini juga berlaku pada objek lainnya dalam foto.

  • Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu, lalu buka foto yang ingin diperbaiki. Caranya dengan klik file > open atau dengan menggunakan keyboard caranya klik Ctrl + O. Anda tinggal mencari foto yang ingin anda putihkan, jika sudah didapat, klik Open.
  • Duplikatkan layer dengan menekan tombol CTRL + J pada keyboard.
  • Gunakan tools seleksi, pilih mana saja yang ingin Anda gunakan, misalnya Polygonal Lasso Tool.
  • Arahkan kursor pada bagian wajah yang ingin Anda putihkan.
  • Kemudian atur tingkat kecerahannya melalui skala kurva dengan membuka menu Image > Adjustments > Curves.

Baca artikel yang lain mengenai DSLR untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.