Membuat Efek Bokeh

Cara Membuat Efek Bokeh Menggunakan Photoshop

Di dalam fotografi ada begitu banyak istilah yang merepresentasikan hasil dari sebuah foto. Istilah tersebut bisa untuk menyebut efek, dan lain sebagainya. Salah satu efek yang paling sering digunakan dalam seni fotografi adalah efek bokeh. Dalam artian sederhananya efek ini adalah efek blur. Biasanya para fotografer menggunakan efek ini untuk bagian cahaya yang tertangkap dalam foto, misalnya cahaya lampu kota. Di artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai efek bokeh.

Meski termasuk efek yang paling sering digunakan tapi masih banyak orang yang belum mengerti akan efek ini. Biasanya para fotografer pemula atau orang yang baru belajar fotografi. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk membahas sedikit mengenai efek ini.

Anda mungkin tahu bahwa di dalam sebuah foto kadang ada bagian yang diblur oleh fotografernya. Dalam dunia fotografi, efek blur tersebut bukan untuk menutupi sebuah objek yang tidak boleh dilihat tapi justru untuk mempercantik penampilan foto. Efek blur tersebut disebut dengan efek bokeh.

Efek ini bisa digunakan untuk membuat sebuah objek utama terlihat lebih menonjol. Kemudian bagian background-nya diblur sehingga fokus yang melihat hanya pada objek utama. Misalnya Anda memfoto orang di depan bangunan dengan cahaya yang terang. Nah, supaya fokusnya pada orang tersebut maka bagian bangunannya diblur supaya tidak terlihat. Atau lampunya yang diblur supaya menghasilkan efek dramatis.

Sebenarnya bokeh ini asalnya dari bahasa Jepang, yaitu boke. Artinya adalah blur. Nah, fotografer yang pertama kali mempopulerkan kata bokeh adalah seorang editor dari majalah bernama Photo Techniques. Dia adalah Mike Johnston. Istilah ini pertama digunakan pada tahun 1997. Arti istilah bokeh secara lengkap adalah area yang keluar dari area fokus.

Efek ini banyak digunakan oleh fotografer yang ingin mengambil foto dengan Depth of Field yang sempit. Maka dari itu banyak ruangan atau gambar yang harus dikeluarkan dari fokus.

Biasanya efek bokeh digunakan dalam fotografi untuk model, makro, jurnalistik, seni, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan efek bokeh Anda bisa mengeditnya dengan Photoshop tapi paling banyak digunakan adalah dengan langsung menggunakan lensa kameranya. Bentuk bokeh itu bermacam-macam, tidak hanya bulat. Anda juga bisa membuat efek bokeh yang berbeda, misalnya dengan bentuk hati.

Sekarang Anda sudah mengerti akan efek ini. Selanjutnya baca pembahasan lainnya di bawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Bokeh

Untuk menciptakan efek bokeh, selain diedit menggunakan Photoshop bisa juga menggunakan pengaturan langsung dari kamera. Faktor yang mempengaruhi bokeh atau lebih tepatnya untuk membuat bokeh secara natural lewat kamera adalah sebagai berikut.

1. Karakteristik Spherical Abberation

Ini termasuk salah satu karakteristik dari sebuah lensa kamera. Untuk menghasilkannya tergantung dari kualitas bahan pembuatan lensanya juga bagaimana proses pembuatannya. Maka dari itu kamera memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain.

Dengan karakteristik ini membuat hasil pantulan sinar cahaya dari lensa akan berbeda. Makanya, efek bokeh dalam foto setiap kamera berbeda. Ada yang membuat efek bokeh ini terjadi pada bagian depan area fokus ada juga yang di belakangnya. Jika karakteristiknya seperti ini maka hasil bokeh akan terlihat lebih menyatu dan lembut.

2. Bentuk Blade Aperture dan Jumlahnya

Setiap lensa juga memiliki besar kecil aperture yang berbeda. Termasuk juga blade yang berguna untuk membuka tutup lubang aperture dalam lensa. Efek bokeh berbentuk lingkaran akan terjadi jika jumlah blade dalam lensa cukup banyak. Sedangkan yang lebih sedikit akan membentuk bokeh polygonal. Jika lebih banyak lagi atau banyak sekali maka bentuk bokehnya melengkung.

3. Karakteristik Comatic Abberation

Jika efek optik ada di luar fokus maka bagian optikal yang ada dalam lensa tidak bisa merefleksikan cahaya dengan tepat maka dari itu area yang keluar dari titik fokus akan terdistorsi. Jika demikian maka bokehnya akan berbentu swirly atau terdistorsi dengan bentuk melingkar.

4. Elemen Depan Lensa

Untuk mirror lens harus ada elemen mirror yang terdapat pada lensa bagian depan. Sehingga terlihat ada di bagian jalur masuk cahaya yang lewat bukaan aperture. Bentuk bokehnya akan menjadi seperti donat atau melingkar tapi bagian tengahnya bolong.

Cara Membuat Bokeh Palsu dengan Photoshop

Selain bisa dihasilkan langsung dari lensa kamera, bokeh juga bisa dibuat dengan Photoshop. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengeditnya.

Sebelumnya siapkan dua buah gambar, subjek dan gambar background. Supaya lebih mudah gambar background-nya gedung yang mempunyai banyak cahaya lampu berwarna-warni pada malam hari. Sedangkan untuk subjeknya memiliki satu warna agar mudah diseleksi, misalnya foto model di depan screen berwarna putih. Lalu ikuti cara sebagai berikut.

  • Drag kemudian drop bagian background ke subjek tapi buat subjeknya yang ada di bagian teratas agar tertutupi.
  • Lalu pilih Quick Selection Tool untuk seleksi outline dari gambar subjeknya. Pilih New untuk yang baru, + untuk menambah, dan – untuk mengurangi. Pilih saja yang New lalu buat mouse mengarah ke subjek.
  • Selanjutnya klik dan drag agar subjek menjadi terseleksi. Jika sudah selesai langsung klik opsi Select kemudian klik Save Selection.
  • Lalu oleh gambar backgroundnya. Pertama pilih opsi Filter kemudian Blur lalu pilih Field Blur. Tambah angka blur pada panel yang ada di bagian kanan. Ganti angkanya sesuai keinginan, contohnya 100.
  • Kemudian tambahkan angka untuk light bokeh dan geser light ranga untuk membuat bentuk bokeh. Sesuaikan sesuai keinginan. Jika ingin lebih gelap maka geser panel dengan warna hitam ke bagian kanan.
  • Sesudah itu kini saatnya menggabungkan foto yang sudah diedit tersebut. Caranya dengan kembali dulu ke gambar subjek lalu klik Select kemudian Load Selection lalu pilih seleksi yang telah dibuat.
  • Selanjutnya pilih menu Quick Selection Tool dan klik menu Refine Edge. Nanti akan ada panel yang keluar di bagian kotak View pilih opsi On Layers. Selanjutnya tekan tombol ALT + CTRL untuk menampilkan brush. Sapukan brush tersebut dengan rata ke bagian outline subjek. Jika ada bagian yang terpotong akan muncul kembali dengan penampilan yang lebih natural.
  • Kemudian pada bagian panel layer klik opsi Mask Icon. Sesudah itu nanti gambar subjek akan backgroundnya akan terganti.
  • Untuk lebih memperindah efeknya maka sesuaikan temperatur warna untuk kedua fotonya. Caranya dengan klik opsi Layer Subjek kemudian pilih Create New Fill atau Adjustment Layer. Selanjutnya lakukan double klik pada bagian Layer Selective.
  • Nanti akan muncul panel bernama Slinder, pilih Neutral pada bagian Color. Kemudian sesuaikan warna dari foto subjek supaya memiliki temperatur yang sama dengan foto background.

Selesai sudah cara menciptakan efek bokeh palsu dengan Photoshop ini. Cara melakukannya sebenarnya mudah tapi bagi pemula mungkin akan sedikit kesulitan dalam menemukan Tools-nya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menciptakan efek bokeh palsu menggunakan Photoshop dan sedikit pembahasan mengenai pengertian efek bokeh. Semoga dengan pembahasan ini bisa membantu Anda yang baru belajar akan fotografi.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Mengedit Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − sixteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.