Macam-macam Teknik Fotografi

Macam-macam Teknik Fotografi Dasar yang Harus Dikuasai Pemula

Fotografi bukan hanya sekadar mengambil gambar yang bagus tapi perlu mengetahui berbagai tekniknya. Jenis teknik fotografi ada banyak sekali, mulai dari teknik untuk pemula sampai profesional. Jika Anda ingin menjadi fotografer yang hebat maka sebelumnya harus mengetahui macam-macam teknik fotografi dasar.

Artikel ini akan membahas berbagai macam teknik khusus untuk orang yang baru ingin mengenal dunia fotografi.

Manfaat Penting Belajar Fotografi

Sebelum membahas macam-macam teknik fotografi dasar untuk pemula, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa saja manfaat dari belajar ilmu ini. Oleh karena sebelum mendalami sesuatu, Anda harus tahu tujuan awal untuk mempelajarinya.

Mungkin banyak orang yang belum terlalu tahu apa sebenarnya yang bisa didapatkan dari belajar fotografi. Terkadang ada orang yang ingin memiliki kamera tanpa tujuan yang jelas, misalnya hanya ingin terlihat keren. Berikut ini beberapa hal yang akan didapatkan jika Anda belajar fotografi.

  • Membuka Mata Dan Pikirans

Seorang fotografer harus memiliki sudut pandang yang berbeda ketika mengambil objek foto. Hal ini harus dipelajari sejak awal memulai fotografi. Semakin Anda terbiasa maka akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menjadi Lebih Bahagia

Anda harus tahu bahwa kegiatan fotografi ternyata bisa meningkatkan semangat dibandingkan dengan kegiatan lainnya. Stres akan hilang dan perasaan akan menjadi lebih baik jika Anda memiliki hobi ini.

  • Membuat Memori Kenangan Spesial Selalu Ada

Foto adalah cara kita menyimpan momen spesial sehingga bisa selalu dilihat dan diingat. Dengan foto, Anda juga bisa berbagi momen-momen berharga yang telah terlewatkan kepada orang yang Anda cintai. Misalnya menceritakan kisah foto pernikahan dengan suami/istri kepada anak, menceritakan masa muda kepada cucu, dan lain sebagainya.

  • Menghasilkan Uang

Menjadi fotografer yang profesional bisa menjadi pekerjaan menggiurkan jika digeluti dengan serius. Apabila telah mengetahui macam-macam teknik fotografi maka tawaran pekerjaan bisa semakin banyak. Oleh karena foto yang dihasilkan bisa terlihat lebih bagus. Semakin profesional seorang fotografer maka semakin mahal karyanya dihargai.

Itulah beberapa manfaat penting apabila Anda belajar fotografi. Dengan mengetahui manfaatnya Anda jadi bisa lebih mengetahui apa tujuan sebenarnya dari hobi fotografi Anda.

Teknik Fotografi Dasar untuk Para Pemula

Teknik fotografi itu jumlahnya banyak sekali jadi untuk mempelajari semuanya butuh waktu yang lama. Jika baru mengenal dan ingin belajar maka ketahui dulu macam-macam teknik fotografi dasarnya. Berikut ini beberapa teknik dasar tersebut.

  • Black And White Photography

Menguasai teknik ini terlihat mudah tapi sebenarnya tidak. Teknik ini dilakukan dengan cara mengubah pengaturan kamera jadi satu warna atau monokrom. Komposisi foto dan pencahayaan adalah unsur yang paling penting untuk diperhatikan.

  • Tilt Shift

Untuk melakukan teknik ini diperlukan penggunaan kamera sedang, gerakan khusus, dan lensa khusus. Cara melakukan teknik ini adalah dengan merotasi lensa kamera ketika akan mengambil gambar.

  • High Speed

Pengambilan foto dengan teknik ini harus dalam waktu yang singkat sekali. Contoh foto menggunakan teknik ini adalah ketika kaca pecah, ada benda yang jatuh di permukaan air, dan sebagainya.

  • Motion Blur

Untuk melakukan teknik ini diperlukan pengaturan kamera dalam kecepatan shutter speed yang lambat.

  • Macro Photography

Merupakan teknik pengambilan gambar pada benda yang kecil dalam jarak yang sangat dekat. Untuk melakukannya perlu kamera yang mendukung pengambilan foto makro dan lensa makro.

  • Smoke Art

Teknik yang dilakukan untuk mengambil foto asap. Oleh karena asap memiliki bentuk yang berbeda-beda sehingga akan menghasilkan gambar yang unik dan tidak pernah sama.

  • Night Photography

Teknik untuk mengambil foto di malam hari yang membutuhkan waktu dan pencahayaan yang tepat. Hasil dari foto dengan teknik ini ditentukan dengan besaran aperture.

  • HDR

Merupakan singkatan dari High Dynamic Range. Tujuan penggunaan teknik ini adalah supaya hasil gambar lebih hidup dengan memanfaatkan pencahayaan yang baik. Untuk melakukan teknik ini diperlukan bantuan dari software untuk mengatur hasil fotonya.

  • Panoramic

Disebut juga dengan teknik fotografi panorama. Digunakan untuk mengambil foto pemandangan secara lebih luas atau menggabungkan beberapa foto menjadi satu dengan bentuk horizontal yang lebih panjang dibandingkan foto umumnya. Jadi gambar pemandangan yang diambil akan terlihat utuh.

  • RAW Processing

Foto RAW adalah hasil gambar yang asli atau tidak dikompres sehingga kualitasnya benar-benar seperti awal diambil. Yaitu tidak mengalami perubahan.

  • Architecture Photography

Teknik untuk mengambil foto arsitektur supaya bisa menampilkan keindahan dan sisi artistik yang lebih dari sebuah bangunan. Supaya hasilnya bagus perlu ada pengaruh yang besar dari tekstur pattern dan warna yang dihasilkan.

  • Low Light Photography

Merupakan teknik mengambil gambar dengan menggunakan cahaya yang intensitasnya kurang. Mirip dengan night photography tapi tidak perlu dilakukan pada malam hari.

  • High Key

Biasanya teknik fotografi ini dipakai untuk mengambil foto anak-anak dan wanita supaya kecantikan kulit mereka bisa terlihat. Intensitas cahaya harus bagus dan kuat supaya hasil fotonya maksimal.

  • Long Exposure

Biasanya digunakan untuk mengambil foto objek yang berada di alam misalnya ombak air terjun dan pohon.

  • Candelight Photography

Teknik fotografi untuk mengambil gambar sebuah lilin supaya bisa menangkap gerakan api diperlukan aperture  besar dan ISO di atas 1600. Teknik ini harus dilakukan dengan benar supaya bayangan yang diambil terlihat lebih halus dan artistik.

  • Minimalist Photography

Teknik ini dilakukan dengan mengambil foto yang memiliki objek sedikit. Meski demikian harus bisa memberikan makna dan cerita dari satu objek yang difoto tersebut.

Itulah dia macam-macam teknik fotografi dasar bagi pemula yang harus dikuasai dan dipahami dengan benar. Sebelum nanti menguasai fotografi yang lebih profesional lagi.

Tips Mengambil Foto Bagi Pemula

Bagi Anda yang baru belajar fotografi, selain mempelajari teknik dasar harus tahu apa saja hal yang dilakukan untuk mengambil foto. Ada beberapa hal yang tidak boleh terlalu sering dilakukan. Berikut ini beberapa tips yang bisa disampaikan kepada Anda untuk mengambil foto bagi pemula.

  • Jangan Gunakan Lampu Flash Terlalu Sering

Lampu flash ada di dalam kamera bukan untuk digunakan setiap saat. Justru sebisa mungkin mengambil foto tidak perlu menggunakan fitur ini. Cahaya alami akan lebih bagus.

Jika mengambil foto pada malam hari atau keadaan gelap maka lebih baik untuk mengatur ISO, shutter, dan aperture saja.

  • Foto Dengan Format RAW

Ketika menjadi fotografer pemula awalnya Anda harus belajar menggunakan format RAW dulu. Memang dengan mengambil gambar pada format jpg lebih mudah apalagi jika akan diunggah ke internet atau dibagikan ke perangkat lain.

Akan tetapi dengan mengambil foto RAW, Anda bisa belajar lebih banyak dan lebih cepat mahir dalam melakukan pengeditan atau pengaturan. Oleh karena sebelum mengambil foto Anda harus tahu pengaturan seperti apa yang pas.

  • Gonta-Ganti Lensa

Banyak kamera yang lensa bawaannya sudah berkualitas bagus tapi jika Anda ingin memiliki kemampuan fotografi yang lebih baik harus mencoba berbagai jenis lensa. Jadi nanti Anda bisa lebih memahami pengaturan seperti apa yang cocok digunakan untuk objek yang diambil. Oleh karena setiap lensa punya kegunaan khusus untuk menangkap objek yang berbeda.

  • Bersihkan Lensa Dan Sensor Kamera

Oleh karena kedua bagian ini adalah yang paling sensitif apalagi terhadap debu maka Anda harus rajin membersihkannya. Apabila debu sering masuk ke kamera maka cepat merusak kamera bahkan membuat hasil jepretan kurang bagus.

  • Belajar Post Processing

Post processing adalah pengeditan atau pengolahan foto sehingga memiliki hasil yang lebih baik atau tidak sama dengan aslinya. Untuk bisa mahir Anda harus belajar menggunakan berbagai software editing seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam teknik fotografi yang harus dikuasai oleh pemula supaya bisa ke level berikutnya.

Baca artikel yang lain mengenai Belajar Adobe Premiere

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.