Macam-macam Aplikasi Editing Video

Macam-macam Aplikasi Editing Video yang Kompatible untuk Smartphone

Kita sangat menyukai kegiatan edit mengedit tak terkecuali editing video. Nah, rasanya kurang lengkap bila kita tidak memiliki aplikasi editing video di dalam smartphone kita. Kebayang kan bila kita punyai aplikasi editing di handphone kesayangan kita.

Hobi edit video pun bisa dilakukan dimana saja tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Kita jadi bisa menyelesaikan tugas-tugas kita yang tertunda melalui smartphone kita saat memiliki waktu luang. Kamu pasti mulai bertanya-tanyakan, apa iya sih ada aplikasi video editing yang kompatible untuk smartphone. Ulasan dibawah ini akan menjawab rasa penasaranmu. Yuk, segera disimak.

1. Adobe Premiere Clip

Aplikasi editi video ini hadir dari vendor Adobe. Tampaknya Adobe sudah mulai melihat peluang di android sehingga hadrilah aplikasi editing ini di handphone. Hobi mengedit video kita pun bisa tetap berjalan dengan hadirnya berbagai aplikasi editing khususnya Adobe Premiere Clip ini. Penggunaan Adobe premiere clip juga cukup mudah kita hanya perlu mendownload aplikasinya di Playstore kemudian membuat akun dan tinggal memanfaatkan bebagai fitur editing yang disediakan di dalamnya.

Hadirnya Adobe Premiere di smartphone kita membuat kita semakin mudah mengubah foto-foto penuh kenangan kita menjadi sebuah video minimalis dan penuh makna. Rangkaian video tersebut bisa kita percantik dengan musik, audio, dan juga effect yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Tidak terbayang bukan, betapa memorablenya video tersebut. Selain itu kita bisa langsung menshare hasil editing video kita ke berbagai sosial media yang kita miliki. Bila kita tidak ingin membiarkan publik menikmati hasil editing video kita, kita bisa menyimpannya secara personal di galeri pada handphone kita.

2. Movie Maker Fimmaker

Aplikasi editing video ini juga patut kamu pertimbangkan untuk kamu instal di smartphonemu. Kamu bisa dengan mudah memotong, menggabung, dan membuat video sederhana dengan aplikasi ini.

3. Vivavideo

Aplikasi vivavideo ini bsa menyediakan lebih dari 200 filter yang bisa kamu gunakan untuk editing video melalui handphonemu. Kelebihan Vivavideo sendiri berupa penggunaan userinterface yang berbasis storyboard dan menyediakan berjuta efek yang sangat berguna untuk editing video. Selain itu, VivaVideo juga memungkinkan penggunaan slow atau fast moving video.

4. PowerDirector

Aplikasi ini didesain untuk menghasilkan video edting sekelas profesional. Meskipun demikian penggunaannya juga tidak menyulitkan para pemula. Fitur editing yang disediakan oleh aplikasi ini menggunakan konsep timeline dan cukup banyak fitur-fitur yang bisa kamu gunakan untuk editing video. Beberapa efek yang bisa kamu temukan dalam editing video diantaranya menyisipkan video, stiker, audio, gambar. Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan kamu memasukan dua audio sekaligus dalam satu editing video.

5. Vquick

Aplikasi ini sangat sesuai untuk kamu yang suka ngevlog. Selain itu, Vquick juga bisa kamu gunakan untuk liputan, dan lain sebagainya. Hal yang menarik dari Vquick ini kamu bisa melihat video editan orang lain. Wah, udah kayak medsos banget ya, kita bisa melihat hasil editing orang lain. Kerennya lagi Vquick juga dilengkapi dengan fitur self destruct yang memungkinkan kamu menghapus video yang telah dilihat oleh orang lain.

6. FilmoraGo

Aplikasi editing video pada android ini juga layak kamu pertimbangkan untuk kamu instal di handphone kesayangan mu. Kenapa?. Selain menawarkan berbagai ragam fitur editing, aplikasi buatan Wondershare ini bisa digunakan untuk membuat video sesuai rasio standart Instagram dan Youtube. Kamu bisa memilih ukuran rasio 1 : 1 bila ingin hasil editanmu langsung kamu share ke Instagram. Sementara untuk Youtube kamu bisa menggunakan ukuran rasio 16:9.

Bagi kamu yang suka bikin video blog di Youtube kamu bisa langsung menggunakan aplikasi ini. Kamu juga tidak perlu pusing-pusing mikirin ukuran videomu bila ingin upload ke Instagram karena otomastis aplikasi ini akan menyediakan ukurannya.

Selain beberapa aplikasi editing video yang sudah bisa diakses melalui smartphone tersebut, kamu juga wajib mengetahui aplikasi apa saja yang juga perlu kamu instal di desktop Personal Computermu. Jadi kamu bisa kolaborasi antara hasil editing pada software dengan aplikasi. Ini juga bermanfaat saat kamu jenuh menggunakan software editing yang kamu instal di laptopmu, kamu bisa sejenak melirik aplikasi editing video ini. Penasaran kan apa saja aplikasi video yang perlu kamu ketahui. Simak ulasan berikut ya.

1. Sony VegasPro

Aplikasi ini bisa kamu pasang di desktopmu untuk pelengkap perangkat editing videomu. Aplikasi buatan Pabrik Sony ini didesain khusus untuk menghasilkan hasil editing sekelas profesional. Jadi jangan heran misal kamu baru coba-coba menggunakan aplikasi buatan salah vendor yan berasal dari negeri sakura ini dan ternyata hasil editingnya menakjubkan sekali. Rasanya kegiatan editingmu tentunya menjadi sangat menyenangkan bukan dengan hadirnya aplikasi ini.

2. Corel Video Studio

Aplikasi edit video buatan corel ini memang telah lama terkenal sebagai aplikasi editing video yang mumpuni. Corel telah sukses dengan berbagai hasil keluarannya dalam dunia grafis sebelumnya. Tampilan user face corel video ini juga cukup simple dan mudah sehingga pemula sekalipun tidak akan kesuliatan dalam menggunakan aplikasi ini sebagai alat editing video. Kamu bisa terus mengasah kemampuan editingmu menggunakan aplikasimu, kesulitanpun bukan hambatan lagi dalam meningkatkan skill editingmu.

3. Avidemux

Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mengasah kemampuan editingmu juga lho. Selain bisa dapatkan secara gratis, aplikasi ini juga bisa digunakan pada komputer dengan berbagai sistem operasi seperti Linux, BSD, Mac OS X dan Windows. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini juga cukup lengkap diantaranya untuk editing dan memotong video, menyimpan dalam bentuk audio saja, menyimbapn dalam bentuk video tanpa suara, bisa dikonversi ke DVD, terdapat deinterlacing video, dan bisa digunakan dengan bahasa pemograman EMCAScript.

Keunggulan lainnya Avidemux juga bisa digunakan oleh pemula, jadi bukan hanya para profesional saja yang bisa menggunakan aplikasi ini. Tentunya tampilan dan fitur-fiturnya dibuat sesimple mungkin karena sasaran penggunaannya bukan hanya para profesional. Ini memungkinkan Avidemux digunakan sebagai media pembelajaran bagi para pemula untuk memperbanyak jam terbang latihan mereka.

Gimana? Semakin bertambah bukan pengetahuanmu tentang dunia editing. Tentunya kamu harus terus memperbarui informasimu mengenai editing agar kamu tidak ketinggalan update terbaru dari dunia editing khususnya info-info seputar perlombaan ataupun kompetisi edit video. Kamu sangat dianjurkan untuk mengikuti kompetisi-kompetisi tersebut, yang mana kompetisi bisa menjadi wadahmu dalam mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam bidang editing.

Selain itu, pemahaman tentang perangkat lunak juga sangat diperlukan, agar kita tidak merasa asing dengan tampilan-tampilan suguhan yang berbeda dari setiap aplikasi. Ini bisa berpengaruh juga terhadap cara kita memandang suatu aplikasi tersebut. Misalnya, kita terbiasa menggunakan aplikasi C untuk editing video, tetapi kemudian kita diharuskan menggunakan aplikasi A. Maka cari tahulah sebanyak mungkin informasi tentang aplikasi A agar kita tidak merasa bahwa aplikasi A lebih sulit penggunaannya daripada aplikasi C sehingga timbul keengganan dalam diri kita untuk mencoba aplikasi A tersebut.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Underwater 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.