Keunggulan Kamera DSLR

Ada Berbagai Keunggulan Kamera DSLR. Apa Saja?

Dunia fotografi saat ini sudah tidak lagi menjadi milik para fotografer semata, namun telah dimiliki oleh semua orang karena kehadiran berbagai media sosial yang memungkinkan semua orang bisa mengunggah foto-foto miliknya. Hampir semua orang tidak ingin terlihat jelek di media sosial, meski kadang banyak yang berpose jelek, tapi sebenarnya mereka ingin terlihat lebih menarik. Keberadaan kamera pada akhirnya menjadi salah satu esensi penting dalam dunia digital dan media sosial. Pada akhirnya banyak orang yang ingin mempelajari dunia fotografi lebih mendalam, termasuk juga mempelajari cara dan mekanisme kerja kamera.

Salah satu jenis kamera yang umum beredar di pasaran saat ini adalah kamera Digital Single-Lens Reflector (DSLR) dan kamera jenis mirorrless (tanpa cermin). Di antara keduanya, kamera DSLR dianggap memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan kamera mirrorless dan dapat menghasilkan foto yang luar biasa indah. Bagi anda, para penghobi fotografi atau fotografer pemula, yang ingin lebih menekuni dunia ini, ada baiknya mengenal berbagai keunggulan kamera DSLR agar tidak ragu lagi saat memilih kamera ini sebagai rekan dalam menjelajahi dunia fotografi.

Keunggulan 1: Mempunyai Perangkat Cermin Pentaprisma Atau Mirrorbox

Kamera DSLR merupakan jenis kamera yang telah mengadopsi cara kerja digital secara keseluruhan mulai dari pengaturan berbagai modus hingga sistem penyimpanan gambar. Salah satu keunggulan utama dari kamera DSLR adalah adanya cermin pentaprisma yang memiliki fungsi utama memantulkan cahaya atau objek menuju sensor dan jendela bidik optik atau optical view finder (OVF).

Keberadaan cermin ini memungkinkan fotografer melihat objek bidik yang ditangkap lensa melalui OVF tersebut. Hal ini menjadi satu keunggulan karena fotografer dapat melihat serta merasakan aura dari objek yang sedang dibidiknya langsung dari lensa kamera, tidak hanya melalui layar LCD seperti pada kamera jenis mirrorless. Para fotografer pemula bisa memanfaatkan keunggulan ini untuk mempertajam naluri pengambilan gambar yang apik baik dari sisi sudut, pencahayaan dan fokus.

Keunggulan 2: Memiliki Beragam Pilihan Lensa

Keunggulan kamera DSLR berikutnya adalah fleksibilitas lensa kamera DSLR yang bisa diganti sesuai dengan kebutuhan. Sebaga contoh jika fotografer ingin mengambil gambar dengan bidang yang luas seperti foto landscape, maka lensa bisa diganti menggunakan lensa wide-angle atau lensa sudut luas agar seluruh pemandangan indah dari landscape bisa tertangkap dengan baik. Ada berbagai pilihan jenis lensa dengan berbagai merek seperti wide-angle lens, lensa telephoto untuk foto jarak jauh seperti yang digunakan para paparazzi atau para fotografer alam liar, macro lens untuk pengambilan gambar jarak dekat (close up) pada objek-objek yang kecil dan detail, fish-eye lens jika ingin menghasilkan foto dengan proporsi cembung dengan bidang foto yang luas pula.

Fotografer bisa memilih berbagai macam lensa tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pengambilan gambar. Fotografer juga dapat memilih berbagai macam jenis lensa sesuai dengan dana yang dimiliki. Selain itu, fotografer dapat belajar dan bereksperimen dengan penggunaan berbagai macam lensa, sehingga akan semakin mahir dalam menghasilkan gambar yang apik.

Keunggulan 3: Tidak Boros Daya Baterai

Keunggulan lain dari kamera DSLR adalah meski bentuknya cenderung besar dan “gemuk”, kamera ini tidak boros daya baterai jika dibandingkan kamera jenis mirrorless. Hal ini dapat terjadi karena fotografer dapat melihat objek bidikan saat kamera dalam kondisi mati melalui jendela bidik optik. Mekanisme ini sangat menguntungkan khususnya bagi para fotografer pemula yang kadangkala masih ragu untuk mengambil gambar sebab fotografer dapat melakukan viewing atau melihat-lihat objek tanpa menghabiskan daya baterai kamera.

Berbeda dengan kamera mirrorless yang harus dalam keadaan menyala saat fotografer melakukan viewing sehingga lebih banyak menggunakan daya baterai. Penggunaan daya baterai yang lebih hemat juga sangat menguntungkan jika fotografer ingin mengambil foto dalam jumlah banyak.

Keunggulan 4: Mampu Menghasilkan Gambar Yang Indah Dan Jernih

Keunggulan kamera DSLR selanjutnya adalah hasil gambar yang indah dan jernih. Selain memiliki cermin pentaprisma, kamera DSLR juga memiliki dua sensor yang berfungsi untuk mengatur cahaya dan fokus yang tepat. Dua sensor tersebut bekerja secara simultan, tapi dapat dikalibrasi dan diatur secara tersendiri. Sensor yang bekerja secara baik, ditambah dengan pemilihan lensa yang tepat serta modus pengaturan yang sesuai akan dapat menghasilkan gambar yang indah dan jernih.

Kinerja kamera DSLR juga sering dikatakan lebih baik daripada kamera mirrorless yang memang lebih sederhana prinsip kerjanya. Kinerja kamera DSLR yang baik juga ditunjang dari berbagai komponen yang memang dirancang dan dikalibrasi dengan tepat sehingga dapat melakukan proses pengambilan gambar dengan baik.

Keunggulan 5: Mudah Dilakukan Pembaruan (Upgrade)

Kamera DSLR dapat dikatakan sebagai salah satu perangkat canggih yang makin berkembang teknologinya. Oleh karena itu, suatu perangkat kamera DSLR dapat dilakukan pembaruan khususnya dari segi peralatan dan aksesoris pelengkapnya. Keunggulan kamera DSLR yang satu ini sangat menguntungkan bagi fotografer yang belum memiliki cukup dana untuk membeli kamera baru. Fotografer bisa membeli dan melengkapi berbagai aksesoris pada kamera lamanya agar dapat tetap berfungsi dengan baik. Jadi tidak pernah ada kata ketinggalan atau out of date bagi kamera DSLR.

Keunggulan 6: Suku Cadang Mudah Didapatkan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebuah kamera DSLR dapat dilakukan pembaruan baik dari suku cadangnya atau aksesoris pendukungnya. Hal tersebut berarti suku cadang dan aksesoris kamera DSLR cukup mudah untuk didapatkan. Para fotografer tidak perlu khawatir jika kameranya rusak atau suku cadangnya tidak berfungsi, mereka bisa langsung membeli dan mengganti suku cadang kamera lama dengan yang baru.

Keunggulan 7: Bahan Pembuat Kamera Kuat Dan Tahan Banting

Sebagian besar kamera DSLR dibuat dari kerangka luar yang kuat untuk melindungi komponen-komponen yang ada di dalamnya. Selain itu, komponen-komponen yang berada di dalam kamera pun dibuat tahan goncangan dan benturan. Bentuk kamera yang cenderung gemuk memang kadangkala menjadi kendala bagi sebagian orang, namun bentuknya yang gemuk juga membuat fotografer lebih stabil saat memegang kamera, sehingga gambar yang dihasilkan pun menjadi lebih jernih dan tidak buram karena goncangan.

Berbagai keunggulan kamera DSLR tersebut tentunya dapat menjadi bahan pertimbangan para fotografer pemula atau penghobi fotografi untuk menggunakan kamera ini. Memang saat ini kamera DSLR masih dipatok dengan harga yang lumayan tinggi, bahkan untuk kamera DSLR dengan fitur-fitur standar. Namun tidak ada salahnya para fotografer pemula berinvestasi pada kamera ini yang dilengkapi dengan berbagai aksesorisnya karena akan dapat menunjang berbagai kegiatan fotografi dan kemungkinan akan dapat memghasilkan uang kembali jika foto-foto yang dihasilkan ternyata laku dijual di pasaran sebagai karya seni fotografi.

Baca artikel yang lain mengenai Penggunaan Flash Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.