Kekurangan dan Kelebihan Software Editing Video

Kekurangan dan Kelebihan Software Editing Video agar Tidak Menyesal

Jika kamu seorang vlog dan youtuber, pasti tahu software edit video. Dari sekian banyak software edit video pasti memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Barangkali kamu belum tahu kelemahan dan kelebihan software yang paling sering digunakan dalam editing video. Pada ulasan kali ini akan membahas kelebihan dan kelemahan beberapa software pengolahan video, yang akan dirangkum sebagai berikut.

Ulead Video Studio

Kamu pasti tahu software ulead video studio. Software ini masih berplatform Microsoft loh. Jika kamu masih merasa asing dengan software ini, tidak ada salahnya mengetahui lebih jauh kelemahan dan kelebihan software. Berikut ulasannya.

Kelebihan

  • Mudah Digunakan

Jika kamu seorang editor video pemula, kamu bisa menggunakan software ulead video studio. Karena memang memiliki tampilan user yang lebih untuitif dan fiturnya lengkap. Bahkan, jika kamu merasa kesulitan, tidak perlu khawatir, karena software banyak sekali tutorial penggunaan yang membahasnya.

  • Lengkap

Banyak fitur yang disediakan oleh ulead video studio membuat Anda lebih mudah melakukan proses editing. Fitur aplikasi yang ada diantarannya sudah ada import video, color correction, merge/join, video stabilizer dan rotate dan split. Dan, sebenarnya masih banyak fitur lainnya. Bahka, di software ini juga ada versi ultimate dari video studio yang fiturnya terkenal lebih lengkap. Termasuk disediakan tamplate untuk melakukan editing video dan suara.

  • Stabil

Di dalamnya terdapat stabilizer, fungsinya untuk mengatur agar video tidak pecah atau goyang-goyang.

  • Live Chart Support Corel

Fitur live chart ke customer support corel langsung terintegrasi ke software. Sehingga memberikan pertanyaan dan juga melaporkan error ketika terjadi permasalahan editing. Jadi, ketika terjadi permasalahan, kamu bisa terhubung dan meminta bagian user memberikan masukan atas masalah yang tengah dihadapi.

  • Harga Bersaing

Di lihat dari harga, ulead video studio masih terjangkau. Harga software versi ultimate sekitar $130. Sedangkan software versi pro hanya $90. Dibandingkan software yang lain, harga ini lebih murah, karena softaware yang lain jauh lebih mahal.

  • Tersedia Sublitle Editor

Keuntungan menggunakan software ini adalah, sudah ada fitur subtitle editor. Jadi, jika kamu ingin menambahkan subtitle di video secara otomatis lebih mudah.

Kelemahan

  • Tidak Memiliki Watermark

Kekurangan dari software ini adalah tidak memiliki fitur watermark video. sedangkan software lainnya, umumnya menyediakan watermark.

  • Track Video Monoton dan Sering Bermasalah

Video track ini terkesan monoton dan kaku. Sedangkan software lain seperti adobe track video lebih fleksibel dan apik. Bahkan, sering juga mengalami permasalahan. Masalah yang sering dikeluhkan umumnya adalah, area yang ditandai sering hilang dan ketika dipasang path seringkali juga tidak tepat.

Adobe Priemere

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah adobe priemere. Adobe priemere termasuk bagian dari perusahaan besar, adobe yang sudah tidak diragukan lagi memiliki aplikasi desain grafis yang tidak di ragukan. Selain desain grafis, juga tersedia edit video, aplikasi edit majalah dan masih banyak lagi.

Meskipun adobe sudah dikenal dan tidak diragukan lagi fitur dan kepercayannya. Software ini juga tetap memiliki kelemahan dan kelebihan. Bagi kamu yang mengaku suka dunia edit video, tidak ada salahnya untuk mengetahui, berikut keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan

  1. Dapat menscreenshot video dari camcorder, dengan catatan harus terhubung dengan PC atau laptop.
  2. Memiliki 3 title judul, memudahkan kamu memberikan judul.
  3. Memiliki timeline yang bervariasi. Variasi timeline ini tidak hanya dapat digunakan untuk memvideo sebanyak 99 kolom. Audio juga dapat menampung 99 kolom.
  4. Tersedia fitur explorer built-in yang dapat digunakan untuk browsing dan pengelolaan file.
  5. Memiliki priview antarmuka untuk memudahkan proses editing.
  6.    Ketelitian waktu cepat, sekitar 0.01 detik dengan tetap menggunakan kualitas lebih bagus.
  7. Memiliki fitur efek untuk menarik hasil editan.
  8. Tersedia media encorder dan fitur auto save project. Fitur auto save project berfungsi untuk penyimpanan hasil editing ketika terjadi listri mati, maka akan melakukan save.

Kelemahan

  1. Panduan atau tutorial penggunaan adobe premier masih sedikit yang mengulas.
  2. Memakan banyak ruang di harddisk laptop/komputer.
  3. Harga software untuk mahal.
  4. Laptop/komputer yang dapat digunakan jenis tertentu, karena cukup besar.
  5. Tidak memiliki full screen  priview.
  6. Penyimpanan video harus melewati proses rendering.
  7. Membutuhkan aplikasi lain ketika ingin melakukan menjalankannya. Misalnya, masih membutuhkan Adobe After Effects dan masih memerlukan SpeedGrade.

Vegas Pro

Vegas Pro juga cocok digunakan bagi kamu yang masih pemula. Karena proses penyusunan menunya lebih rapi, mudah dan tidak memusingkan. Dibandingkan software yang lain, Vegas Pro cocok bagi kamu yang masih belajar editing video. Nah, berikut beberapa kelemahan dan kelebihan Vegas Pro.

Kelebihan

  1. Tidak memakan tempat dan spek yang besar.
  2. Render template memiliki banyak variasi. Diantarannya ada render template internet 480p dan internet 720p.
  3. Memiliki fitur drag and drop yang berfungsi untuk mempercepat kerja editing video.

Kelemahan

  1. Kelemahan Vegas Pro memiliki tampilan review video kecil, sehingga menyulitkan dalam proses review editing.
  2. Memerlukan aplikasi apple quick time 7 sebagai cara memasukan vide eke format Vegas Pro saat editing.

Windows Movie Maker

Kamu juga sudah sering mendengar Windows Movie Maker (WMM). Wmm termasuk editing video yang sederhana ramah penggunaan. Hasil editing video dapat dijalankan lewat Windows Media Player dan bisa juga diperbanyak menggunakan CD. Bagi kamu yang belum leluasa melakukan editing WMM, berikut kelemahan dan kelebihannya, sebagai bahan pertimbangan kamu memilih software.

Kelebihan

  1. User friendly.
  2. Tampilannya lebih mudah dimengerti.
  3. Memiliki efek fade dan dissolve antar klip.
  4. Tersedia musik latar belakang, narasi suara, judul dan efek suara ke dalam video.
  5. Penyimpanan dapat disimpan langsung ke computer.
  6. Tidak membutuhkan spesifikasi dan harddisk yang besar.

Kelemahan

  1. Sering mengalami masalah seperti not responding saat melakukan save, export dan import.
  2. Di tengah-tengah mengerjakan editing, program sering menutup sendiri.
  3. Fitur effect untuk memperbaiki editing video kurang.
  4. Durasi video yang sudah dipotong terlalu pendek.
  5. Tidak tersedia di Windows 7, sehingga bagi yang tidak menggunakan Windows 7 tidak bisa menggunakan software ini.
  6. Keterbatasan pilihan animasi.

Itulah keempat kelemahan dan kelebihan software pengolahan video. Setelah membaca artikel di atas, kamu tahu kelemahan dan kelebihan. Harapannya, setelah mempelajari ulasan di atas, kamu tahu software mana yang sebaiknya bisa kamu pasang dan support dengan laptop maupun komputer yang kamu mau. Selamat mempraktiknya dan mencoba. Semoga bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Aplikasi Edit Foto Terbaik 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.