Kegunaan Tripod

Pengertian dan Kegunaan Tripod untuk Fotografi

Sebenarnya kamera digital, lensa, dan berbagai filternya sudah cukup untuk memotret, namun cepat atau lambat kamu pasti membutuhkan peralatan tambahan untuk memaksimalkan aktivitas memotretmu. Apalagi bagi seorang fotografer professional. Salah satunya tripod.

Apa Sih Tripod Itu?

Tripod adalah alat yang digunakan untuk menyangga kamera. Dengan adanya tripod, kamera tidak akan bergerak ketika proses memotret (dalam waktu membuat foto) dengan exposure lambat. Saat ini sudah banyak jenis tripod yang ada dipasaran. Apalagi semakin meningkatnya permintaan konsumen. Berbagai jenis tripod pun diluncurkan.  Sesuai dengan fungsinya, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih tripod.

1. Kekuataan yang Cukup

Tripod yang baik adalah ia yang mampu menopang kamera (termasuk flash dan lensa). Untuk SLR entry level lensa kit, sangat dibutuhkan tripod yang mampu menahan sekitar 1,5 s/d 2 kg. Pastinya kita tidak ingin perangkat fotografi terjatuh disebabkan tripod yang tidak mampu menyangga dengan baik, kan?

2. Stabilitasnya Memadai

Ketika memilih tripod, rentangkan semua kaki dan kolom tripod pada posisi tertinggi, lalu goyang-goyangkan. Kalau kaki tripod terlalu ringkih, meliuk, atau oblak, berarti kamu harus mengganti dengan tripod yang stabilitasnya lebih stabil.

3. Berat dan Ukuran Simpan

Keamanan dan mobilitas sangat perlu dipertimbangkan, terutama jika kamu sering membawa tripod untuk bepergian (traveling). Kamera dan lensa sudah cukup berat, jangan kamu tambah lagi dengan ukuran dan berat tripod yang luar biasa. Bisa-bisa kamu malah kewalahan dan tidak merasa nyaman. Jadi, jangan pernah lupa untuk mempertimbangkan berat dan ukuran tripod, ya.

4. Fitur yang Diperlukan

Apakah pada tripod yang ingin kamu beli sudah terdapat ball head, water level, tas, dan sebagainya? Sangat disarankan agar kamu memilih tripod yang fiturnya sesuai dengan kebutuhanmu agar pengoperasiannya lebih fleksibel. Sebaiknya pula kamu memilih tripod dengan fitur ballhead. Adapun fitur tripod yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Tinggi maksimal dan minimum tripod, sekaligus berat dan kapasitas tripod.
  • Kepala tripod yang merupakan alat dudukan kamera. Kepala tripod bervariasi. Saat memilih kepala tripod seharusnya dicocokkan dengan jenis fotografinya.

5. Kapasitas

Biasanya produsen cenderung optimis ketika menuliskan kapasitas maksimum tripod. Amannya, bagi dua kapasitasnya dan sesuaikan dengan berat lensa dan kamera. Contoh, jika kamera dan lensa memiliki berat 3 kg, maka carilah ballhead yang setidaknya mampu menahan berat 6 kg. Kita juga harus memahami betapa pentingnya untuk memilih kepala tripod yang memiliki Quick release plate, agar kita bisa dengan mudah dan cepat ketika melepaskan kemara dengan tripod.

6. Budget

Secara umum, tripod yang cukup stabil berada pada kisaran harga wajar, meski bobotnya lumayan berat. Jika kamu menginginkan tripod bagus dan ringan, maka pilihlah tripod yang berbahan teknologi tinggi carbon alloy, namun tripod yang satu ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Oleh sebab itu, selalu perhatikan budget sebelum memutuskan untuk membeli tripod, ya.

Tripod sendiri terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian kaki dan kepala tripod. Tripod sendiri terbuat dari aluminium, besi, kayu, carbon fiber, dan magnesium.

Beberapa jenis kepala tripod, antara lain:

1. Bullhead

Bullhead baik untuk sebagian besar jenis fotografi dan merupakan kepala tripod yang sangat fleksibel. Cocok digunakan untuk bermacam-macam jenis fotogradi yang membutuhkan keluwesan dalam komposisi. Ballhead biasanya berbentuk sederhana dan tidak terlalu besar sehingga mudah dikemas. Sangat disarankan bagi pengguna pemula tripod untuk memiliki kepala tripod berjenis Bullhead ini.

2. Three Way Head

Theree Way Head baik digunakan bagi fotografer yang membutuhkan presisi tinggi. misalnya fotografi still life, arsitektur, dan sebagainya. Three Way Head sering juga disebut sebagai pan-tilt head, yang memungkinkan kita untuk mengubah salah satu axis saja, yakni horizontal dan vertikal. Kelemahan tripod kepala jenis ini terletak pada ukurannya yang lumayan besar sehingga repot untuk dikemas.

3. Fluid Head

Fluid Head cocok untuk merekam video sebab tripod ini memungkinkan pergerakan kamera yang mulus. Tripod kepala jenis ini juga sering digunakan untuk memotret burung.

4. Gimbal Head

Gimbal Head sangat cocok memakai lensa besar dan berat, misal pada lensa telefoto untuk foto marga satwa, hewan liar, olahraga, dan sebagainya. Dengan kepala tripod Gimbal Head, kita akan merasa lebih mudah dan ringat saat mengarahkan lensa telefoto.

Dengan adanya tripod, aktivitas memotret pun akan terasa aman dan nyaman. Beruntunglah kita sebab cara penggunaanya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Banyak orang yang beranggapan sepele pada tripod. Padahal tripod memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Adapun manfaat penggunaan tripod, antara lain:

  1. Tripod mampu meningkatkan ketajaman pada hasil potret, sebab dengan adanya tripod, kita bisa mengatur setting ISO menjadi rendah.
  2. Tripod mampu menghasilkan light painting atau yang biasa disebut sebagai lukisan cahaya. Tanpa adanya tripod, hal ini akan sulit didapatkan. Mengapa demikian? Sebab dengan menggunakan tripod, speed rendah, bahkan terjadinya guncangan jua tetap bisa tertangkap kamera.
  3. Tripod sangat baik bagi fotografer yang ingin memotret landscape. Dengan adanya tripod, aturan rule of third, komposisi angle, terjadinya guncangan, atau tempat yang tidak terjangkau oleh fotografer dapat diatasi dengan baik.
  4. Tripod membuat beban menjadi lebih ringan. Bisa dibayangkan jika kita memotret tanpa tripod. Mana kamera dan lensa sudah berat. Yang ada hasil foto tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Jadi, tripod benar-benar bisa menghemat tenaga.
  5. Tripod membuat hasil foto HDR dan panorama menjadi sangat luar biasa.
  6. Tripod memberi kemudahan kala membuat foto bersama (grup) dengan mengatur timer pada kamera. Tentu seorang fotografer sesekali ingin turut berfoto bersama dengan objeknya, kan? Hal ini juga bisa dilakukan kala ingin berfoto sendiri namun tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk mengambil foto kita.
  7. Dengan adanya tripod, foto bintang, bulan, dan berbagai hal lainnya bisa didapatkan dan hasilnya dijamin luar biasa.
  8. Tripod mampu meminimalisir terjadinya guncangan tak terduga.
  9. Tripod bisa dijadikan stand untuk frame sekaligus dudukan reflector dan juga flash.
  10. Tripod mampu mengatur komposisi supaya hasil potret lebih maksimal.

Berikut beberapa jenis tripod beserta harga:

Jenis Tripod Harga
Velbon E Macro Rp 229.000
Takara ECO 193A Rp 137.000
Gopro Suction Cup Rp 510.000
Somita ST-650 Rp 1.010.000
Weifeng WT-3550 Rp 249.400
Takara ECO 173A Rp 102.600
Beike QZSD-999s Rp 635.000
Excell Vipod 300 Rp 365.000

Jenis tripod dan harga di atas hanya sebagian dari banyaknya jenis dan merek tripod yang kini bisa didapatkan di pasar. Tripod bisa didapatkan dari harga ratusan ribu hingga jutaan. Harga juga bisa berubah sesuai kondisi dan wilayah tempat tinggal. Jadi, sudah tahu tripod terbaik untuk kameramu?

Baca artikel yang lain mengenai Tips Membuat Video Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.