Kamera Yang Bagus Untuk Vlog

6 Kamera Yang Bagus Untuk Vlog. Mau Pilih Yang Mana?

Pada sekitar tahun 2000-an ketika internet mulai diperkenalkan di Indonesia, kita mengenal istilah blogging yang berarti membuat sebuah blog atau situs pribadi yang banyak berisi catatan pribadi dari penulisnya. Tema atau konsep dari blog pun bermacam-macam dari mulai catatan harian (diary) hingga tema-tema yang lebih serius seperti opini politik. Hingga saat ini, konsep blogging ini masih banyak digunakan oleh warganet untuk mengekspresikan diri, namun seiring dengan perkembangan dunia digital, warganet mulai beralih dari blogging konvensional menjadi vlogging atau video blogging.

Konsep vlogging ini sebenarnya sama dengan blogging, hanya saja media yang digunakan bukan tulisan, namun video yang lebih interaktif. Para penggiat vlogging membuat video yang berisikan hal-hal tertentu untuk dibagikan ke warganet lain. Kegiatan vlogging membutuhkan peralatan utama berupa kamera yang praktis dan bisa dibawa dalam perjalanan karena seringkali lokasi vlogging berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Pada artikel ini akan dibahas tentang kamera yang bagus untuk vlog. Apa saja ya?

Kamera GoPro Hero 5 Black

GoPro merupakan salah satu produsen kamera dengan spesialisasi action camera atau kamera yang banyak digunakan untuk pengambilan gambar dinamis. Kamera ini memiliki berbagai kelebihan sehingga banyak disukai oleh para vlogger khususnya yang senang membuat vlog di luar ruangan. Kelebihan dari kamera GoPro adalah dapat menghasilkan video berkualitas 4K, mampu menangkap suara dengan baik, touch display serta tahan air (waterproof).

Selain itu, kamera ini dapat mengambil gambar dengan sangat stabil meski dipakai saat berlari. Kamera GoPro Hero 5 Black juga mempunyai fasilitas QuickStories yang berfungsi untuk langsung mengirim hasil foto atau video ke telepon pintar milik penggunanya. Kamera ini memang cocok sekali digunakan untuk mendokumentasikan aksi-aksi olahraga ekstrem seperti saat bunge jumping atau flying fox, serta membuat video di tempat-tempat wisata yang menarik untuk dieksplorasi.

Kamera Fuji Film X-A3

Kamera yang bagus untuk vlog berikutnya adalah kamera keluaran Fuji Film dengan seri X-A3. Kamera jenis mirrorless ini memiliki fitur layar sentuh yang dapat dilipat sehingga kamera ini dapat mengambil gambar swafoto dengan mudah. Meski terlihat mungil dan praktis, kamera ini memiliki lensa yang sangat mumpuni yaitu lensa FUJINON XC 16-50 f/3,5 – 5,6 OIS II, yang mampu mengambil gambar dengan jarak kurang dari 7 meter hingga menghasilkan gambar makro dengan baik. Sensor yang dimiliki kamera mencapai 24 megapixel dan dapat mengambil foto dengan sangat tajam. Para vlogger dapat memanfaatkan kamera ini untuk membuat vlog sehari-hari, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kamera Nikon D300

Kamera vlog yang bisa dijadikan alternatif pada vlogger selanjutnya adalah keluaran produsen kamera terkenal yaitu Nikon seri D300. Tidak sama seperti kamera Fuji Film X-A3, Nikon D300 merupakan jenis kamera DSLR dengan bentuk yang lebih gemuk dari kamera mirrorless. Sebagian besar orang berpersepsi bahwa kamera DSLR kurang baik jika digunakan untuk mengambil video, namun kamera Nikon D300 mematahkan persepsi tersebut karena kamera ini dapat mengambil gambar video dengan sangat tajam dan baik.

Kelebihan lain dari kamera ini adalah telah ada fitur built in Wi-Fi sehingga pengguna dapat langsung mengunggah atau mengirim video yang telah direkam ke media sosial atau email untuk kemudian melakukan penyuntingan. Kamera ini memang lebih cocok untuk membuat vlog di dalam ruangan, mengingat bentuknya yang agak besar dan agak berat. Namun jika ingin membawa kamera ini untuk membuat vlog di luar ruangan, para vlogger bisa membawa tripod sebagai penyangga kamera saat pengambilan video.

Kamera Canon EOS M10

Selanjutnya kamera yang bagus untuk vlog adalah besutan produsen kamera Canon dengan seri EOS M10. Kamera ini merupakan jenis kamera mirrorless yang cukup populer di kalangan penggemar kamera Canon. Meski bentuknya ramping dan mungil, prosesor yang dibenamkan pada kamera ini cukup handal yaitu tipe Digic 6, yang mampu menghasilkan kualitas gambar super tajam bahkan di tempat dengan cahaya redup.

Pengguna bisa mengatur kecepatan ISO pada kamera ini hingga mencapai maksimal 12.800 yang menunjukkan bahwa kamera ini benar-benar mampu menangkap gambar di tempat dengan cahaya sangat minimum seperti cahaya lilin. Kemampuan untuk menangkap video pun sangat baik, hingga 30 frame per detiknya sehingga dapat digunakan untuk membuat vlog yang istimewa. Kamera ini juga dilengkapi dengan built in Wi-Fi sehingga bisa memindahkan file foto atau video dengan mudah.

Kamera Sony A5100

Kamera berikutnya merupakan kamera produksi Sony dengan seri A5100. Jenis kamera Sony ini disebut-sebut sebagai salah satu kamera yang bagus untuk vlog karena kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi dalam pengambilan foto dan video. Kamera ini tergolong jenis mirrorless dengan layar sentuh ukuran 3 inci yang dapat dilipat hingga 180 derajat, bentuknya pun ramping dan praktis.

Kamera ini mempunyai sensor mumpuni dengan resolusi 24 megapixel, sehingga mampu menangkap gambar dengan ketajaman yang baik. Selain itu, kamera ini mampu mengambil video dengan resolusi high definition (HD) yang sudah pasti baik kualitasnya. Untuk fitur pemindahan file video atau foto, pengguna bisa memanfaatkan micro HDMI, Wi-Fi, atau dengan menghubungkan USB Port yang tersedia.

Kamera Panasonic Lumix DMC GF7

Tak kalah dengan produsen lainnya, Panasonic juga mengeluarkan kamera mirrorless yang dapat digunakan untuk keperluan para vlogger yaitu seri Lumix DMC GF7. Kamera ini mampu mengambil gambar video dengan resolusi high definition (HD) yang apik dan tajam. Disamping itu, prosesor venus engine yang disematkan pada kamera ini juga cukup mumpuni dalam mengolah foto dan video.

Kamera ini juga memiliki layar sentuh yang dapat dilipat sehingga dapat digunakan untuk swafoto dan pengambilan video vlog dengan mudah. Kelebihan lainnya dari kamera ini yaitu sudah dilengkapi fitur beauty shot yang dapat secara otomatis mempercantik foto atau video yang diambil oleh penggunanya.

Berbagai jenis kamera yang bagus untuk vlog yang telah disebutkan di atas merupakan kamera-kamera yang dapat digunakan sebagai referensi atau alternatif bagi para vlogger. Sebenarnya ada banyak kamera dengan berbagai merek dan beragam kualitas yang dapat ditemui di pasaran saat ini. Para vlogger dapat melakukan berbagai survei sebelum memutuskan untuk membeli kamera yang cocok untuk membuat vlog.

Selain itu, para vlogger juga harus mempertimbangkan harga kamera yang sesuai dengan kemampuan atau ketersediaan dana karena jika terlanjur membeli kamera yang mahal namun vlog yang dibuat kurang apik dan tidak ada penontonnya, maka bisa dibilang para vlogger merugi. Di samping kamera yang tepat, untuk menghasilkan vlog yang baik, peralatan penunjang lain seperti tripod dan microphone juga perlu disiapkan oleh para vlogger.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Memilih Tas Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.