Kamera Untuk Pemula

Seperti Apa Saja Aneka Kamera Untuk Pemula?

Fotografi adalah sebuah hal yang selalu menarik untuk dikupas. Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang fotografer ma dia pasti harus melalui fase pemula. Seorang pemula harus terus berlatih mengambil gambar supaya dapat menjadi piawai. Berikut akan kita bahas tentang kamera.

Kenali Kamera Awal Yang Akan Dipakai Seorang Amatir

Pemula dalam seni fotografi harus rajin dan tekun untuk berlatih. Untuk itu, dibutuhkan kamera yang ramah dan cocok untuk pemula. Supaya memudahkan penggunaannya maka pemula perlu menggunakan kamera yang mudah dioperasikan. Mudah di sini mengandung makna simpel dan praktis digunakan. Sebagai contoh adalah kamera dengan tombol-tombol yang gampang ditemukan oleh jari, dengan dibantu adanya petunjuk praktis pemakaian. Kemudian sering muncul pertanyaan, apakah kamera untuk pemula sebaiknya yang murah atau mahal?

Sebenarnya kualitas sebuah kamera tidak terletak pada harganya. Tidak sedikit kamera yang Bagus mempunyai harga yang sangat terjangkau. Yang paling utama pada seni fotografi adalah melatih mata untuk menggunakan lensa membidik objek. Banyak hal yamg harus diketahui oleh fotografer pemula. Berikut adalah sederet pertanyaan bagi pemula. Pertama adalah apakah sebenarnya tujuan berlatih fotografi?

Seorang calon fotografer harus mengerti tujuan diri sebelum terjun ke lapangan. Apakah hanya sekedar mengenal seni fotografi  apakah untuk kebutuhan sekolah dan mencari nilai saja, hanya sekedar tahu atau benar-benar berkeinginan menjadi seorang fotografer andal. Jika tujuan berlatih fotografi hanya untuk keperluan pendidikan, maka sebaiknya membeli kamera kit. Kamera kit adalah kamera di mana body dan lensa kamera dijual di dalam satu paket.  Karena lensa kit psda umumnya tidak menyediakan tele, maka ketika memutuskan membeli kamera kit butuh lagi untuk melengkapi dengan lensa tele. Jika pada kamera kit biasanya dilengkapi lensa 18-55 mm, lensa tele memiliki ukuran 70-300 mm.

Kemudian pertanyaan lain guna menentukan kamera untuk pemula adalah apakah sebaiknya menggunakan kamera point shoot, mirrorless atau DSLR? Sebelumnya kita akan sedikit mengupas sedikit tentang ketiga jenis kamera tersebut. Kamera point and shoot disebut juga dengan kamera kompak.

Kamera saku ini memang dirancang dengan desain yang ringan, mudah dijinjing dan dapat dimasukkan ke dalam saku. Secara harga, cenderung lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Kamera pocket ini dapat digunakan untuk sekedar keperluan dokumentasi dan mengabadikan momen, namun tidak bersifat komersial. Kemampuan menyimpan gambar dengan resolusi yang kurang memadai mengakibatkan hasil gambar kurang tajam.

Selain itu, ukuran file maksimal juga kurang tinggi sehingga terkadang pecah jika di zoom. Kamera pocket juga tidak dilengkapi live view dan view finder. Selain itu, juga belum banyak kamera pocket yang memiliki auto fokus.

DSLR merupakan kamera yang menggunakan pentaprisma di dalam penerusan cahaya. Kamera tipe ini pada umumnya sudah dilengkapi dengan fitus auto fokus, view fender dan dapat melakukan live view. Kemampuan rekam dengan kecepatan tinggi ditambah resolusi yang tinggi menghasilkan gambar berkualitas dan kompleks. Kamera mirrorless mempunyai kualitas yang tidak jauh dengan DSLR. Bedanya hanya pada ada dan tidaknya cermin. Sesuai dengan namanya, kamera mirrorless tidak menggunakan cermin atau pentaprisma.

Jika sesuai peruntukannya kamera untuk pemula yang tepat adala DSLR. Belajar sebaiknya adalah yang terbaik. Meskipun mirrorless juga mempunyai kualitas sana dengan DSLR, namun untuk penggunaan kamera mirrorles masih belum sesimpel DSLR masa kini yang terus berkembang. Kamera DSLR memiliki kelebihan adanysa sensor uang bagus. Saat ini sudah banyak DSLR dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan akhir-akhir ini mulai banyak bermunculan kamera DSLR berharga kurang dr 6 juta. Selain itu, DSLR yang dulu dikenal memiliki ukuran besar dan sangat berat, kini berevolusi menjadi kamera yang ringan dan ukurannya mungil.

Merek Favorit Untuk Mereka Yang Masih Pemula

Kamera untuk pemula harus mampu menunjang kemampuan kelak ketika sudah menjadi fotografer profesional. Pengguna harus mengenal semua fitur yang dimiliki oleh kamera profesional sehingga kelak tidak perlu ganti kamera jika sudah menjadi seorang fotografer andal.

Berikut daftar beberapa merek kamera untuk pemula yang patut diketahui.

1. Kamera Canon

Merek ini memiliki range yang luas mengenai harga. Mulai dari harga di bawah 6 juta hingga di atas 30 juta rupiah. Canon terbaru dengan harga terjangkau namun berkualitas layaknya kamera mahal adalan Canon EOS 1300D. Kamera ini cocok untuk pemula karena ukurannya yang mungil dan bobot ringan. Bobotnya hanya 450 gram sudah termasuk baterai. Kamera sudah dilengkapi layar sentuh berukuran 3 inci, memiliki auto fokus, fasilitas view finder dan auto fokus.

Proses transfer file pun Sudan menggunakan teknologi wireledd sehinga tidak membutuhkan hardware yang menyambungkan kamera ke piranti lain. Canon EOS 1200D, EOS 100D, EOS 650 D, EOS 700, EOS 750 dan EOS 800 D juga sangat cocok digunakan untuk pemula. Fiturnya lengkap, namun memiliki harga terjangkau, yaitu tidak mencapai 10 juta rupiah. Sebagian besar kamera Canon sudah memiliki fitur auto fokus dan live view.

2. Kamera Nikon

Pesaing merek Canon ini juga sangat dikenal di antara para penggiat seni fotografi. Kini Nikon hadir dengan fitur yang lebih lengkap, harga terjangkau dan ukuran yang kecil serta bobot yang ringan. Beberapa merek Nikon yang sangat direkomendasikan untuk pemula adalan Nikon D3300, Nikon D3400 dan Nikon D5500.

Kamera Nikon juga memiliki bentuk bidy dan grip yang nyaman untuk dipegang tangan. Beberapa jenis kamera Nikon diciptakan tahan air, namun khusus jenis ini pengguna masih harus merogoh kocek lebih besar. Kamera Nikon yang disebut rata-rata memiliki harga di bawah 6 juta rupiah, bahkan ada yang berada di Kisaran harga 3 jutaan.

3. Kamera Sony

Sony memiliki beberapa jenis kamera, mulai dari kamera pocket, mirrorless hingga DSLR. Sony dikenal dengan teknologi SLT atau single lense translucent. Teknologi ini memungkinkan kamera diganti-ganti lensanya. Kamera Sony pada umumnya berada pada Kisaran harga tinggi, namun tidak sedikit yang memiliki harga terjangkau. Sony A5000 dan A6000 cocok untuk pemula.

Tips Membeli Kamera Yang Aman Untuk Pemula

Terdapat beberapa tips membeli kamera untuk pemula. Berikut adalah kiat-kiat membeli kamera yang dipergunakan oleh pemula.

1. Mudah Dibawa

Pemula butuh seting bepergian untuk berlatik mengambil objek. Oleh karena itu dibutuhkan kamera yang mudah dijinjing dan mudah disimpan. Ukuran yang mungil dengan bobot ringan. Selain itu bentuk yang mudah digenggam tangan juga sangat diperlukan.

2. Harga Murah

Selama masih belajar, pada umumnya pengguna belum berani berinvestasi tinggi. Oleh karena itu sebaiknya membeli kamera murah tetapi berkualitas. Saat ini sudah sangat banyak pilihan kamera murah berkualitas layaknya kamera mahal.

3. Fitur Lengkap Dan Mudah Digunakan

Pemula akan menjadi fotografer andal pada suatu hari. Berlatih menggunakan kamera dengan fitur yang lengkap itu sangat perlu supaya kelak tidak mengalami gagap teknologi. Kamera dengan fitur lengkap untuk pemula sebaiknya juga mudah dioperasikan. Beberapa kamera sudah diinstal petunjuk pemakaian di dalamnya sehingga mempermudah cara mengoperasikan kamera.

Demikian seluk beluk mengenai kamera untuk pemula yang dapat menjadi bahan pertimbangan ketika memutuskan menggeluti seni fotografi. Semoga bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Teknik Dasar Editing Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.