Kamera Underwater

Mau Rekam Video Underwater Keren? Pastikan Memiliki Salah Satu Kamera Underwater Ini!

Jika kita pergi liburan, mengambil foto-foto saat liburan dan bahkan video dokumentasi memang sudah menjadi hal yang wajib bagi semua masyarakat, terutama jika kita pergi berlibur ke tempast yang alamnya indah sekali dan Instagrammable banget. Rata-rata alam elok yang dijadikan lokasi wisata andalan di Indonesia adalah daerah pantai, lengkap dengan pantai pasir putihnya, pemandangan dalam airnya, terumbu karangnya dan lain sebagainya.

Memang negara kita yang merupakan negara maritim ini memiliki begitu banyak pemandangan bawah laut yang luar biasa indahnya. Tak heran jika wisatawan yang datang akan sangat antusias untuk ikut mengabadikan kenangan mereka di dalam keindahan alam bawah laut Indonesia. Tetapi sayangnya sedikit sekalil masyarakat awam yang memahami berbagai trik untuk mengambil foto di bawah air, apalagi merekam video.

Pelajari Teknik Demi Hasil yang Maksimal

Mengambil foto di bawah air masih bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel yang diamankan dengan menggunakan case yang tahan air, akan tetapi bagaimana dengan merekam video? Sudah tentu memerlukan kamera khusus yang didesain khusus untuk merekam keindahan alam bawah air. Sebelum membahas kamera bawah air apa saja yang direkomendasikan, sebaiknya ketahui dulu beberapa persiapan penting sebelum mengambil video underwater :

Pelajari Teknik Diving dengan Baik

Karena kita akan mengambil gambar dan video di tempat yang bukan habitat asli manusia, maka secara otomatis kita harus mempelajari bagaimana caranya untuk bisa stabil bergerak dalam air dan mengambil gambar dengan bagus. Hal yang harus dipelajari adalah teknik menyelam serta bagaimana caranya mempertahankan keseimbangan pada saat menyelam (diving).

Terebih jika sasaran video yang akan kita ambil nanti adalah objek yang bergerak, sudah tentu kita harus benar-benar mahir diving, stabil menjaga keseimbangan dalam laut dan memastikan kita sudah mengambil gambar dengan angle yang tepat. Selain mempercepat pengambilan video, seimbang saat memegang kamera dalam air juga akan membuat hasil gambar fokus alias tak blur.

Pilihlah Kamera yang Sesuai Kebutuhan

Di pasaran banyak sekali kamera yang tersedia, dari action cam, mirrorless, DSLR dan aneka jenis lainnya. Actioncam atau banyak juga yang menyebutnya sebagai kamera amfibi sedang populer dan bisa memaksimalkan keseruan liburan kita. Sebab action cam memang sengaja diciptakan untuk para petualang di darat dan laut.

Nah, action cam ini juga merupakan salah satu kamera yang tahan air (waterproof) dan bisa digunakan untuk mengambil gambar di bawah air. Pastikan kita mengenali spesifikasi dan kemampuan kamera yang kita miliki supaya bisa memaksimalkan penggunaannya saat merekam di bawah laut.

Pakailah Case Waterproof atau Housing

Setelah kita memiliki kamera yang pas dengan kebutuhan, maka jangan sepelekan case waterproofnya. Karena sekalipun kamera tersebut disinyalir sebagai kamera tahan air, namun kita tetap harus waspada dan menyiapkan case waterproof. Kita tak tahu seberapa lama kamera kita tahan akan air, dengan memiliki case anti air maka kita bisa sedikit lebih lama berada di bawah air untuk mengambil lebih banyak video yang bagus.

Fast Response Tanpa Lag

Jangan salah, ngelag alias lemot bisa merusak semua moment indah saat berada di bawah air. Bayangkan kita butuh kamera yang bisa cepat tanggap responnya dengan semua perintah yang kita berikan, mengingat kita tak tahu seberapa lama moment menarik itu akan berlangsung. Terlebih objek yang bergerak, refleks kita juga harus bagus. Itulah kenapa saat latihan diving kita juga harus mampu bergerak cepat dengan refleks yang spontan.

Jangan Over Excited dan Terlalu Jauh Menyelam

Seperti halnya mengambil foto, pencahayaan menjadi faktor yang paling penting untuk dapatkan hasil yang keren. Begitu pula dengan video, apalagi di dalam air. Semakin dekat dengan permukaan maka pencahayaannya sangat bagus, semakin dalam maka semakin gelap kondisinya. Karena itu, semakin dalam kita menyelam, semakin sedikit cahaya yang bisa kita dapatkan. Untuk kondisi tertentu kita bisa gunakan alat bantu khusus untuk menerangi daerah sekitar pengambilan video, tetapi tentu saja tenaga penerangan tersebut terbatas daya baterainya, karena itu gunakanlah sesuai dengan kapasitasnya.

Daftar Kamera yang Cocok Untuk Underwater

Itulah beberapa persiapan yang wajib kita lakukan supaya bisa mendapatkan video bawah air yang keren. Setelah mengetahui dasar-dasar persiapannya, maka sudah tiba saatnya kita memilih kamera mana yang cocok untuk mengabadikan keindahan alam Indonesia yang menurut situs Indonesia All Travel Guide ini merupakan destinasi diving terbaik di dunia, karena begitu banyaknya titik diving yang dapat kita kunjungi berulang-ulang. Lalu, kamera apa saja yang paling aman untuk diajak ‘nyemplung’ ke dalam air untuk bersama mengeksplore keindahannya?

  • Canon 5D Mark II

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia videografi pasti tak asing lagi dengan kamera DSLR full frame yang satu ini. Memang 5D Mark II ini mempunyai ukuran sensor yang cukup besar, yakni 36 x 24 mm. Nah, semakin besar sensornya maka semakin banyak pula cahaya yang akan ditangkap dan hasilnya gambar serta videonya lebih bersih, serta noisenya sangat rendah.

Kerennya kamera ini sudah mendukung resolusi 1080p,dan dengan kecepatan 30 fps serta bit rate maksimal 42 mbps. FYI, angka ini sedikit lebih dibandingkan dari video Blu-Ray yang ada di 40 mbps. Kemudian alasan yang lain kenapa kamera yang satu ini cocok untuk merekam di bawah laut adalah karena banyak aksesori housing yang bisa dipilih, dari mulai ikelite sampai aqualite.

  • Blackmagic 4K

Sebagai sebuah kamera 4K profesional, kita bisa membanggakan ukuran Blackmagic Production Camera 4K ini yang mungil dan sangat tangguh, juga memiliki macam-macam housing underwater yang lengkap untuk digunakan sebagai properti merekam video di bawah air yang sempurna. Ada tiga model kamera berdasarkan mount lensa yang ditawarkan, antara lain adalah EF (Canon) serta PL (kamera sinema digital Arri & Red).

  • Red Epic Mysterium-X

Layaknya seri kamera sinema digital profesional keluaran Red yang lain, Epic Mysterium-X juga memiliki mount lensa yang dapat diganti oleh kita, kemudahan ini membuatnya jadi dapat disesuaikan dengan ragam kebutuhan kita. Bahkan aneka pilihan mount yang tersedia juga sangat lengkap, dimulai dari mount untuk lensa Nikon, Canon, Leica,hingga PL juga lho.

Jadi, selain mendukung format 4K ini juga mampu merekam format 5K dengan memiliki kecepatan sampai dengan 120 fps, tak heran jika kamera ini mampu menghasilkan adegan gerak lambat yang sangat tajam nan detail. Nah, berhubung dimensinya kecil, jadi kamera ini juga didukung dengan aneka macam houding underwater yang kemudian membuatnya menjadi salah satu tipe kamera yang recommended untuk merekam di bawah air dengan praktis.

  • Poseidon Se7en Rebreather

Dengan menggunakan alat rebreather ini maka kita bisa jauh lebih dekat dengan aneka biota bawah laut karena alat ini tak akan mengeluarkan gelembung udara seperti kebanyakan kamera. Itu artinya kita tak akan mengagetkan hewan laut dengan gelembung yang seringkali keluar dari dalam kamera dan mengagetkan objek yang sedang kita dekati.

Itulah teknik mengambil video bawah air dan kamera yang direkomendasikan. Siap merekam underwater?

Baca artikel yang lain mengenai Tips Memotret di Bawah Terik Matahari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.