Kamera Underwater

Serba-serbi Kamera Underwater yang harus Diketahui agar Tidak Salah Pilih

Keindahan alam di bawah laut sangat memanjakan pAndangan mata kita. Ada kalanya kita sebagai penyelam ingin sekali mengabadikan keindahan tersebut untuk disimpan sebagai kenangan atau diperlihatkan kepada orang lain. Apabila dulu penyelam masih kesulitan mengambil foto di dalam air, sekarang tidak lagi karena adanya kamera underwater.

Kamera underwater atau waterproof ini memiliki kemampuan untuk dibawa menyelam sampai beberapa meter di bawah permukaan laut. Jadi tidak akan rusak dan tidak butuh menggunakan case tambahan.

Bagi Anda yang suka menyelam dan snorkling harus mengetahui beberapa jenis kamera terbaik yang bisa dibawa untuk menyelam. Artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Kamera Terbaik yang Bisa Dibawa Menyelam

Banyak sekali merk kamera yang punya kamera khusus untuk mengambil foto di dalam air. Oleh karena begitu banyaknya terkadang membuat calon pembeli bingung mana yang harus dipilih. Jika Anda mengalaminya kesulitan menentukan kamera bawah air yang paling bagus bisa melihat rekomendasinya.

Berikut ini beberapa kamera terbaik untuk dibawa menyelam.

Berbicara mengenai camera action yang bisa dibawa untuk mengambil foto di alam, GoPro selalu ada dalam daftar. Vendor kamera ini memang sengaja menciptakan kamera khusus yang bisa dibawa menyelam di kedalaman tertentu.

GoPro Hero 4 ini bisa dibawa untuk mengambil gambar maupun merekam video di kedalaman air sampai dengan 40 meter. Jadi Anda bisa mendokumentasikan apa saja dengan mudah.

Teknologi dan fitur canggih di dalam kamera ini tidak perlu diragukan lagi. Contoh fitur-fitur yang dimilikinya adalah memiliki kemampuan anti beku, dan anti debu. Kamera ini punya lensa 12 MP yang dapat digunakan untuk merekam video 4K. Harga untuk mendapatkan kamera ini adalah sekitar 6,5 juta rupiah.

Kamera ini bukan hanya bisa dibawa untuk mengambil foto di dalam air tapi juga memiliki ketahanan banting yang luar biasa. Daya tahan banting paling maksimalnya adalah dari ketinggian 2,1 meter.

Kamera ini pun bisa digunakan dengan baik sampai dengan suhu -10 derajat celcius, dan bisa tahan tekanan sampai dengan 100 kg. Jika di bawah ke dalam air kamera ini bisa digunakan sampai dengan 15 meter di bawah laut. Harga untuk kamera ini adalah sekitar 4,7 juta rupiah.

Kamera underwater berikutnya datang dari Fujifilm. Dibandingkan dengan kamera lain yang telah disebutkan di atas, fitur mereka tidak kalah canggih.

Hasil jepretan dari kamera ini akan sangat bagus karena adanya sensor CMOS sebesar 16 MP. Kamera ini bisa dibawa sampai dengan kedalaman 15 meter. Selain itu memiliki kemampuan tahan banting dari ketinggian 1,8 meter. Juga memiliki kemampuan tahun beku dan debu. Fitur tambahan lain yang akan memanjakan penggunanya adalah Wifi.

Tidak semua kamera di bawah air memiliki fitur ini. Dengan adanya Wifi Anda bisa langsung terhubung ke sosial media dan mengupload hasil foto yang telah Anda dapatkan. Kamera ini bisa dipilih jika memiliki budget yang tidak terlalu banyak. Harganya adalah sekitar 3 juta rupiah saja.

Selain yang sudah disebutkan ini masih ada kamera lain yang tidak kalah kemampuannya dalam mengambil gambar di bawah air. Berikut ini beberapa daftar kamera yang bisa dibawa menyelam lainnya yang tidak kalah hebat.

  • Olympus Stylus TG-4 Tough. Harganya sekitar 5,7 juta rupiah.
  • Nikon Coolpix AW130. Harganya sekitar 6,6 juta rupiah.
  • Ricoh WG-50. Harganya sekitar 7,2 juta rupiah.
  • Canon Powershot D30. Harganya sekitar 3,5 juta rupiah.
  • Nikon 1 AW1. Harganya sekitar 9,9 juta rupiah.

Itulah beberapa kamera terbaik untuk mengambil foto di bawah air.

Tips Membeli Kamera Underwater

Sangatlah penting mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli sebuah barang. Begitu juga ketika Anda akan membeli kamera yang bisa digunakan untuk mengambil foto di bawah air.

Ada banyak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Berikut ini ada informasi mengenai buying guide kamera terbaik untuk dibawa menyelam.

  • Punya Fitur Anti Debu

Debu yang masuk ke kamera akan menyebabkan kerusakan karena sulit sekali untuk dibersihkan. Apabila Anda akan berpetualang pastinya kamera akan menjadi sering kotor. Dengan fitur anti debu ini Anda jadi tidak perlu khawatir kamera akan mengalami kerusakan.

Kamera yang tahan debu biasanya memiliki tingkat atau grade 6. Semakin besar tingkatnya maka partikel-partikel kecil akan semakin susah untuk masuk ke dalam kamera.

  • Minimal Bisa Dibawa Ke Kedalaman 10 Meter

Tentu saja sesuai dengan namanya, kamera yang akan dibawa menyelam harus bisa bertahan dalam waktu yang lama ketika dibawa ke dalam air. Jika tingkat ketahanan semakin tinggi maka bisa dibawa untuk mengambil foto pada kedalaman yang lebih, minimal sampai 10 meter.

Apabila ingin mencari kamera untuk dibawa menyelam, lebih baik jika bisa dibawa ke kedalaman sampai 30 meter.

  • Ukuran Pixel Harus Tepat

Ukuran pixel yang besar pada sebuah kamera tidak menjamin gambar yang dihasilkan semakin baik. Bisa saja kamera dengan ukuran pixel kecil memiliki hasil yang sama seperti menggunakan pixel besar. Hal yang membedakannya adalah detail foto ketika diperbesar.

Jika foto-foto di dalam air akan Anda publikasikan di website maka kamera dengan ukuran pixel kecil pun sudah tepat. Kecuali jika akan Anda pamerkan di galeri seni dan membutuhkan ukuran foto yang besar maka pixel kamera harus besar juga.

  • Aperturenya Kecil

Semakin dalam air maka intensitas cahaya akan semakin sedikit. Jika tidak memiliki aperture yang baik maka gambar yang diambil tidak akan jelas. Semakin kecil angka aperture atau yang disebut F maka membuat diafragma kamera bisa terbuka semakin lebar. Hasilnya foto yang diambil akan menjadi lebih terang. Aperture paling tepat adalah F/2.8.

  • Mudah Dioperasikan Di Dalam Air

Oleh karena manusia memiliki keterbatasan ketika menyelam ke dalam air maka kamera yang dibawanya harus mudah digunakan agar tidak memerlukan waktu lama untuk berada di kedalaman.

Oleh karena perbedaan lingkungan maka mengoperasikan kamera di dalam air lebih sulit dibandingkan di permukaan. Hal ini karena adanya aliran dan tekanan air. Jika kamera tidak praktis untuk mengambil gambar maka Anda bisa kehilangan momen. Contohnya ketika ikan cantik berada di depan Anda, jika terlalu lama mengatur kamera ikan tersebut sudah berada di kejauhan. Jadi momen yang bagus itu justru terlewatkan. Sayang sekali, bukan?

Cara Membersihkan Kamera Underwater

Jika Anda mempunyai kamera yang sering digunakan untuk mengambil foto di bawah air harus sering membersihkannya. Jika tidak maka akan cepat rusak meski memang diperuntukkan untuk digunakan underwater. Cara membersihkan yang paling tepat adalah sebagai berikut.

  • Setiap kali sudah digunakan, langsung bersihkan kamera. Tujuannya supaya air laut, debu, dan noda lain hilang dari bodinya.
  • Simpan pada wadah khusus supaya aman dari gangguan dan guncangan. Supaya tidak ada jamur masukkan silica gel.
  • Rendam dengan air biasa setelah digunakan untuk mengambil foto dari laut. Selain kameranya, casingnya juga harus dibersihkan. Sesudah itu lap sampai kering.
  • Hindari terkena cahaya matahari yang berlebihan karena panas bisa mempercepat kerusakan komponen di dalam kamera.

Bersihkan kamera Anda secara teratur ya!

Demikianlah informasi mengenai kamera underwater yang bisa disampaikan di sini. Semoga informasinya bermanfaat bagi Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Macam-Macam Editing Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.