Kamera Mirrorless untuk Pemula

Panduan Memilih Kamera Mirrorless untuk Pemula yang Paling Cocok

Enam tahun yang lalu dalam dunia fotografi muncul sebuah kamera jenis baru yang menyita banyak perhatian fotografer. Kamera tersebut disebut dengan mirrorless. Sejak saat itu kamera ini mulai dilirik oleh banyak orang terutama untuk pemula karena harganya yang lumayan bersahabat dan penggunaannya yang lebih mudah dibandingkan dengan DSLR.

Sekarang kamera mirrorless semakin tren di kalangan fotografer dan traveler. Bagi Anda yang belum mengerti tentang dunia fotografi dan ingin membeli kamera mirrorless bisa lihat artikel ini yang akan membahas kamera mirrorless untuk pemula.

Kamera Mirrorless Seperti Apa yang Cocok untuk Pemula?

Kamera mirrorless artinya adalah kamera yang tidak memiliki cermin untuk memantulkan objek menuju view finder di bodinya. Cermin tersebut biasanya memang tidak terlihat dari luar karena berada di dalam bodinya.

Meskipun memiliki kegunaan yang baik tapi kamera dengan cermin seperti DSLR jadi memiliki bobot yang berat. Nah, pada kamera mirrorless bodinya menjadi lebih ramping sehingga mirip seperti kamera saku. Meski demikian, kualitasnya sama dengan DSLR dan tergantung dengan level yang dimilikinya.

Berbicara mengenai kamera mirrorless untuk pemula, banyak yang mencari tahu tentang hal ini. Dikarenakan para pemula masih belum terlalu mengenal fitur-fitur yang terdapat di dalamnya sehingga bingung harus memilih yang mana.

Jika Anda datang ke toko kamera pasti akan mendapatkan banyak sekali jenis kamera mirrorless yang dijual. Tidak jarang ada kamera dengan merek yang berbeda tapi fungsi dan kelebihannya sama. Bagi para fotografer profesional memilih kamera mirrorless atau jenis kamera apa saja juga butuh pertimbangan yang matang apalagi untuk pemula yang baru ingin belajar mengenai dunia fotografi.

Jika Anda bertanya kamera mirrorless seperti apa yang cocok untuk pemula maka jawabannya tergantung. Tergantung dengan keperluan dan budget yang dimiliki. Namun tentunya lebih baik jika memilih kamera yang fiturnya tidak terlalu banyak.

Kebanyakan pemula lebih membutuhkan kamera yang bisa membuatnya mengenal lebih jauh mengenai dunia fotografi. Akan lebih baik jika membeli kamera mirrorless yang fiturnya masih standar. Seperti menu live viewnya, penggaturan ISO, aperture, shutter speed, dan lain sebagainya.

Kemudian untuk lensanya hanya perlu menggunakan yang sudah tertanam dalam kamera tersebut. Jika sudah mahir dan mengerti akan lensa seperti apa yang cocok, baru bisa menggantinya dengan lensa lain.

Untuk mendapatkan kamera mirrorless yang fiturnya masih standar ini maka pilih kamera mirrorless yang ada dalam kelas entry level. Mengenai jenis atau serinya bisa lihat pada informasi daftarnya di pembahasan selanjutnya.

Daftar Kamera Mirrorless untuk Pemula

Ingin tahu lebih banyak mengenai daftar kamera mirrorless yang ada pada kelas entry level? Berikut ini beberapa daftar kamera mirrorless yang mungkin bisa Anda pilih.

  • Fujifilm X-A3

Meski ada pada level pemula tapi kamera Fujifilm ini punya sensor yang resolusinya besar. Jenis sensor tersebut adalah konvensional dan mempunyai filter array. Filter array memang biasa ada pada kamera untuk pemula.

Selain itu kamera ini memiliki kontrol dial yang nyaman digunakan oleh para pemula. Selain bisa memfoto objek lain, kamera ini pun bisa digunakan untuk selfie. Caranya adalah dengan melipat LCD layar sentuhnya ke atas.

Harga kamera ini cukup mahal yaitu sekitar 9 juta rupiah. Namun sudah dilengkapi dengan lensa kit sebesar 16 – 50 mm.

  • Canon EOS M10

Harga kamera ini lebih murah dibandingkan dengan yang di atas yaitu sekitar 5,3 juta rupiah. Sudah satu paket dengan lensa 15 – 45 mm.

Beberapa fitur yang dimiliki kamera ini adalah layar sentuh yang dapat dilipat ke atas dan dilipat ke bawah. Mempunyai bodi yang ringan karena berbahan plastik. Meski demikian jika digunakan untuk sehari-hari maupun traveling yang santai masih bisa kokoh.

  • Nikon 1 J5

Body dari salah satu kamera mirrorless untuk pemula ini sangat kecil karena menggunakan sensor sebesar 1 inci. Dengan demikian kamera ini bisa Anda bawa bepergian dengan mudah karena tidak memerlukan banyak ruang penyimpanan.

Sensor yang dimilikinya adalah sebesar 20,8 MP dengan jenis BSI CMOS. Bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080p bahkan 4K UHD. Untuk lensanya sebesar 10 – 30 mm. Harganya adalah sekitar 5,3 juta rupiah.

  • Sony Alpha a6000

Meski untuk kelas pemula tapi kamera mirrorless ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Kamera ini punya sensor sebesar 24,3 MP berjenis APS-C. Bisa digunakan untuk merekam video kualitas full HD sampai dengan 60 fps. Lalu untuk pemotretan continuous sampai dengan 11 fps. Kamera mirrorless dengan lensa kit 16 – 50 mm ini punya harga sekitar 9 juta rupiah.

Tips Membeli Kamera Mirrorless Entry Level

Di atas sudah ada daftar kamera mirrorless entry level beserta harganya. Walaupun sudah dijabarkan sedikit spesifikasinya tapi mungkin Anda masih belum mengerti mana yang paling cocok untuk dibeli.

Oleh karena itu kami akan memberikan informasi lainnya untuk menambah pengetahuan Anda, yaitu cara untuk memilih kamera mirrorless entry level. Berikut ini tips-tipsnya.

  • Pilih yang Murah

Untuk pemula akan lebih baik memilih kamera yang murah. Oleh karena pasti tujuan Anda untuk belajar memotret. Ketika sudah mahir nanti baru bisa membeli kamera mirrorless yang lebih mahal karena biasanya semakin mahal harga kamera maka fitur yang dimilikinya semakin banyak. Kelasnya pun semakin tinggi.

Memilih kamera yang murah juga bisa untuk berjaga-jaga karena siapa tahu saja suatu saat nanti keinginan Anda untuk bisa memotret dengan baik hilang. Jadi tidak akan ada penyesalan karena kamera yang dimiliki tidak mahal.

  • Perhatikan Kebutuhan

Jika ada budgetnya tapi Anda belum yakin akan kebutuhan paling pentingnya maka akan percuma. Setelah mengetahuinya baru Anda bisa menentukan kamera seperti apa yang akan dibeli. Oleh karena setiap kebutuhan perlu kamera yang berbeda.

Jika sekedar belajar, pilih kamera mirrorless yang sudah satu paket dengan lensanya. Jika ingin menggunakannya untuk membuat vlog maka pilih kamera yang kemampuan rekamannya bagus. Contohnya memiliki autofocus yang baik.

  • Perhatikan Sensor

Sensor di dalam kamera mirrorless penting untuk diketahui. Oleh karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Untuk pilihan sensor ada APS-C, full frame, dan four thirds.

  • Ketahui Fitur Wajibnya

Tips lainnya adalah Anda harus tahu apa saja fitur-fitur wajib yang ada pada sebuah kamera mirrorless. Lebih baik pelajari hal ini sebelum membeli kamera yang diinginkan jadi ketika melihat lihat dan menimbangnya di toko Anda tidak akan terlalu pusing karena sudah memiliki sedikit gambaran.

Beberapa fitur yang harus ada di dalam sebuah kamera mirrorless antara lain sensor kamera minimalnya harus 4/3 atau four thirds, bisa untuk merekam video, auto focus cepat, shutter speed memiliki kecepatan 30 detik ke atas atau sepersekian ribu detik ke bawah, ISO besar, dan fitur burst.

Akan semakin baik jika ada fitur tambahan seperti GPS, wifim bluetooth, foto timelapse, panorama layar touch screen, slot microUSB, face detection, dan lain-lain.

  • Pilih yang Punya Viewfinder

Fitur viewfinder ini akan membantu Anda untuk melihat objek secara lebih jelas. Dengan adanya Viewfinder ini anda bisa membidik objek yang akan difoto dengan lebih jelas dan pas.

Demikianlah informasi yang bisa dibahas mengenai kamera mirrorless untuk pemula.

Baca artikel yang lain mengenai Edit Video untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.