Kamera Mirrorless Termurah

Berburu Kamera Mirrorless Termurah

Kamera mirrorless merupakan kamera yang tidak dilengkapi dengan cermin atau pentaprisma. Secara umum kamera ini tidak berbeda dengan kamera DSLR. Kamera mirrorless mempunyai nama lain seperti Mirrorless interchangeable Lens Camera (MILC), Digital Single Lens Mirrorless (DSLM) dan Mirrorless System Camera (MSC). Meskipun tanpa cermin, namun kualitas snsor gambar yang dimiliki kamera jenis ini setara dengan kamera DSLR biasa. Kelebihan kamera mirrorless adalah dapat ganti lensa.

Ide awal penggunaan kamera mirrorless adalah untuk dapat mengganti dan mengecilkan ukuran lensa sesuai dengan kebutuhan. Ukuran kamera mirrorless relatif lebih kecil dengan bobot yang cukuyp ringan. Kamera jenis ini disuka oleh para pemula karena selain bentuknya yang simple dan praktis, harganya pun tidak terlalu melambung. Berikut adalah daftar beberapa kamera mirrorless termurah.

Kamera Mirrorless Nikon Murah

Nikon dikenal merupakan kamera andal dari segala jenis. Nikon sudah sangat populer melahirkan aneka bentuk kamera sejak belum muncul kamera digital.

1. Nikon V2

Nikon V2 mempunyai badan yang dibuat dari magnesium alloy. Handgrip memiliki ukuran yang cukup besar menyerupai kamera DSLR. Akan tetapi tetap tidak sebesar kamera DSLR pada umumnya. Nikon V2 dilengkapi dengan flash built ibn yang dapat membantu memudahkan fotografer ketika mengambil gambar di lingkungan yang minim pencahayaan. Kamera jenis ini dilengkapi denngan stereo mic yang dapat merekam video dengan kalitas suara stereo.

Sensor yang dipunyai adalah jenis CMOS menggunakan resolusi 14,2 megapiksel. Sistem fokusnya adalah hibrid auto fokus yang mampu mengambil gambar dengan kecepata tinggi yaitu mencapai 15 kali per detik. Bahkan kamera ini dikenal dapat membidik obyek dengan kecepatan 60 fps. Di pasarran, kamera mirrorless termurah ini dibanderol dengan harga Rp. 4.200.000 untuk Nikon V2 + 10-30 mm VR dan Rp.6.000.000 untuk kamera Nikon V2 _ 10-3- mmVR= 30-11- mm VR.

2. Nikon J5

Kamera Nikon J5 mempunyai ukuran yang mungil, hanya 98,3 x 59,7 x 31,5 mm, namun kamera ini dinyatakan mempunyai kemampuan yang sebdanding dengan kamera DSLR profesional. Kamera dilengkapi dengan processor Expeed 5A. Kamera ini mempunyai sensor dengan kekuatan resolusi 20,8 megapiksel sehingga menghasilkan gambar yang halus namun tajam dan seindah aslinya. Kamera mampu menciptakan gambar dengan kecepatan mencapai 60 fps.

Harga Nikon J5 di pasaran adalah sekitar Rp 5.300.000

3. Nikon Coolpix L340

Kamera tipe ini sangat spektakuler, dengan harga yang tidak lebih dari 3 juta rupiah, kamera Nikon Coolpix L340 mempunyai kualifikasi yang sangat luar biasa. Kamera mempunyai tipe cmpact dengan ukuran kecil namun desainnya hampir seperti kamera DSLR. Layarnya standar 3 inci. Baterai yang disertakan sangat tahan lama sehingga nyaman bagi fotografer yang banyak membidik di area yang jauh dari ruangan.

Banyak pengguna yang menyukai kamera tipe ini karea gambar yang dihasilkannya sangat kompleks dan kaya warna. Pengaturn zoom dapat mencapai 28 kali. Desainnya yang klasik elegan justru menimbulkan rasa bangga ketika mempunyai atau menenteng kamera tipe ini.

Kapasitas penyimpanan cukup besar hingga mencapai 43 MB dan dapat dipakai untuk merekam video dengan kapasitas besar pula.

Kamera Mirrorless Canon Murah

Canon dikenal sebagai penyedia kamera jenis DSLR, namun merek ini juga mengeluarkan tipe mirrorless dan banyak diburu oleh para penggiat fotografi. Berikut deretan kamera mirrorless termurah dari Canon.

1. Canon EOS M10+15-45 mm

Kamera jenis ini mempunyai bentuk yang trendi dengan bobot yang cukup ringan. Bentuknya ramping sehingga mudah dan nyaman untuk dijinjing. Teknologinya yang canggih semakin membuat kamera jenis ini menjadi primadona di kelasnya. Canon M10 memiliki resolusi gambar 18 megapiksel dengan rentang ISO yang luas yaitu mulai dari ISO 100 sampai dengan ISO 12.800. Kualitas fotonya yang sangat bagus dengan warna cemerlang dan kaya warna, namun tetap natural memiliki gambar beresolusi tinggi ini mampu membidik obyek di tengah cahaya yang minim. Kamera ini dibanderol dengan harga sekitar 5,5 juta rupiah.

2. Canon M3

Canon mirrorless M3 adalah generasi ke 3 dari kamera jenis ini. Memang harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan tipe M10, yaitu mencapai 8 juta rupiah, namun masih berada dalam kisaran di bawah 10 juta rupiah yang tentu saja sangat disukai para penggemar fotografi berkantong sedang. Canon tipe ini memiliki kemampuan membaca gambar hingga 24 megapiksel dengan kerapatan tinggi menghasilkan bentuk obnyek yang menyerupai asli dan kaya warna. Sistem autofokus hibrid CMOS III dengan 49 area dinyatakan sangat cepat di dalam membidik sasaran. Bentuknya sangat nyaman digenggam karena mempunyai lekukan yang disesuaikan dengan lekuk tangan.

Kamera Mirrorless Olympus Murah

Kamera merek Olympus merupakan kamera yang sangat dikenal jenis mirrorlessnya, merupakan hasil produksi negeri Sakura yang juga cukup populer di seluruh negara termasuk Indonesia. Kamera merek ini memiliki tingkat kecepatan dan ketepatan di dalam membidik obyek. Kamera Olympus juga memiliki kekuatan menstabilkan gambar atau obyek tanpa harus menggunakan bantuan tripod. Kamera ini dilengkapi dengan sensor cahaya yang cukup peka sehingga mampu membidik obyek dengan kualitas jelas meskipun dalam kondisi minus cahaya.

Berikut beberapa tipe kamera mirrorles termurah merek Olympus buat para fotografer.

1. Olympus E500 Kit

Kamera mirrorless tipe E500 kit mempunya kestabilan bidikan yang dapat dipertanggung jawabkan. Kamera ini cukup ringan dijinjing. Harganya juga sangan murah tidak mencapai 4 juta rupiah. Banyak toko yang membanderol kamera tipe ini di harga 3,8 juta rupiah. Bagi pemula tentu saja merupakan harga yang sangat menggiurkan. Namun dengan harga yang sangat terjangkau, kualitas gambar yang didapat tidak perlu diragukan lagi. Kelebihan utama kamera mirrorless termurah tipe ini adalah sistem pengoperasian yang sangat mudah sehingga bisa dipakai oleh yang sangat pemula sekalipun.

Canon M3 mempunyai layar sentuh fleksiblel yang dapat dilipat ke atas maupun ke bawah memudah pengguna untuk mengecek hasil bidikannya ataupun mengontrol posisi obyek. Respon layar sentuh sangat sensitif namun tidak mudah untuk meleset. Tombol yang diletakkan di samping layar jiga mempermudah pengguna untuk mengakses.

2. Olympus PEN EP-3 Kit

Kamera mirrorless dengan harga kurang dari 6 juta rupiah ini dikenal mempunyai banyak fitur. Salah satunya adalah fitur Eye-fi yang memudahkan pengguna mengambil gambar video dengan hasil yang memuaskan. Kualitasnya tajam namun halus diperkaya dengan sensor cahaya yang memungkinkan pengambilan gambar di tempat gelap namun tetap mampu menangkap obyek dengan baik dan menghasilkan gambaran natural.

Kamera EP-3 ini memiliki kemampuan mentransfer gambar ke dalam mikro SD card dengan mudah. Sebagaimana kamera Olympus lain,  kamera ini mempunyai kestabilan yang bagus ketika mengambil obyek tanpa harus menggunakan bantuan alat penopang atau tripod.  Khusus merek ini dapat membidik obyek dengan aneka kecepatan sehingga menghasilkan gambar yang hidup dan dinamis.

Tips Membeli Kamera Mirrorless

Agar tidak tertipu dan akhirnya kecewa, pahami panduan dalam membeli kamera dengan lenda mirrorless di sini:

  • Membeli lensa yang murah.
  • Membeli kamera yang memiliki lensa banyak.
  • Membeli kamera dengan lensa berkualitas.
  • Memiliki sensor kamera paling sedikit 4/3.
  • Shutter speed minimal 30 detik. Semakin tinggi kecepatan merekam gambar akan semakin bagus.
  • ISO tinggi.
  • Memiliki layar dengan teknologi touchscreen untuk mempermudah sistem operasi.
  • Mempunyai sensor full frame dan APS-C.

Demikian deretan kamera mirrorles murah yang dapat digunakan baik untuk pemula maupun fotografer profesional. Selamat berburu.

Baca artikel yang lain mengenai Tips Mengedit Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.