Kamera Leica Q

Kamera Leica Q (Typ 116) dengan Reputasi yang Tinggi

Leica dikenal dengan reputasinya dalam membuat kamera berkualitas tinggi. Bekerja sama dengan Panasonic berarti beberapa kamera compact Leica dibuat oleh pabrik Panasonic menggunakan komponen yang sama dengan kamera Panasonic. Namun Leica Q (Typ 116) dibuat oleh pabrik Leica di Jerman. Kamera ini memiliki fitur modern seperti kontrol layar sentuh, autofokus, dan sebuah elektronik viewfinder(EVF).

Spesifikasi Umum Kamera

Kamera ini memiliki full-frame CMOS sensor dengan 24.2 juta piksel efektif dan tanpa optikal low pass filter. Terdapat pengaturan pembesaran digital yang bisa mengubah ukuran gambar dari ke 15.4 dan 7.5MP. Sensitivitas diatur dari ISO 100 ke 50.000 dengan pengaturan otomatis membuat kamera ini akan menangkap gambar sampai 10fps pada resolusi penuh.

Kamera Leica M hanya manual fokus, tapi Leica mengklaim bahwa kamera Q ini memiliki sistem autofokus paling cepat dikelasnya. Jadi bisa lebih cepat dari Sony RX1 yang mengklaim memiliki waktu 0.15 detik. Terdapat juga pengaturan untuk mengurangi jarak fokus minimum dari 30 cm ke 17 cm. Fokus secara manual juga bisa dilakukan dengan menggunakan lensa ring.

Gambar yang tertangkap bisa direview baik melalui layar sentuh 3 inch atau melalui elektronik viewfinder. Ini memiliki elektronik viewfinder dengan resolusi tertinggi. Saat pembesaran digital dipakai maka frame yang lebih kecil akan tampak pada viewfinder. Namun display akan tetap ditampilkan di area sekeliling dan raw file mengandung informasi untuk keseluruhan area 28mm.

Fitur modern lainnya pada Q termasuk kemampuan untuk merekam MP4 Full HD video pada 30 atau 60fps dengan suara stereo via built-in mic, stabilisasi gambar dan video serta adanya koneksi Wi-Fi dan NFC. Ini memudahkan pengguna untuk memindah file serta menjadikan smartphone atau tablet menjadi remote control menggunkan aplikasi gratis miliki Leica Q. Tambahannya shutter mekanik yang memiliki kecepatan sampai 1/2000detik namun shutter elektronik memiliki rentang 1/16000 detik.

Fisik Kamera

Dari segi tampilan kamera Leica Q ini tampak sesuai dengan lensa Leica yang dapat ditukar. Ini tampak flat di depan dan di belakang. Bodynya tampak sangat serupa dengan kamera M-series.  Kamera baru ini menggunakan bahan magnesium alloy yang juga banyak digunakan pada kamera canggih lainnya.

Ukurannya 130 x 80 x 93mm tidaklah besar, meskipun lebih ramping daripada Leica M-P Typ 240 namun kamera ini ternyata lebih tinggi. Dengan baterai yang terpasang kamera ini lebih berat 150gram dari Sony RX1, tapi RX1 tidak memiliki viewfinder yang terpasang.

Seperti tipe kamera Leica lainnya, bagian depan kamera ini tampak flat atau datar tanpa kontur untuk menciptakan grip. Kamera ini memang tidak untuk dibawa tanpa adanya strap. Leica sendiri menawarkan grip pilihan dengan tambahan biaya.

Eksposure dapat diatur dengan menggunakan kontrol tradisional, tapi terdapat juga opsi full otomatis dan 11 mode scene otomatis. Mode pilihan tersebut antara lain Sport, Portrait, Landscape, Digiscoping, Miniature Effect dan Panorama. Time Lapse tersedia via Scene Mode pada halaman ke-dua menu. Dengan pengecualian dari mode Time Lapse, pilihan setting dapat dilakukan dengan kontrol tradisional.

Terdapat tiga ring pada lensa kamera ini. Ring dapat diputar denga halus, tapi butuh ruang yang lebar untuk membuatnya lebih mudah digenggam. Ring ada di depan, di dekat body, dan di antara keduanya. Terdapat tiga fokus manual yang juga bisa dipilih.

Layar bagian belakang memberikan tampilan yang bagus sedangkan elektronik viewfinder(EVF) merupakan pilihan yang lebih baik pada kondisi yang lebih cerah dan ini terlihat pilihan yang lebih natural. Ini merupakan bagian yang memiliki kualitas tinggi dan terdapat banyak detail yang terlihat. Namun ini tergolong lebih kecil daripada EVF pada sebagian kamera compat dan kita perlu menempatkan mata lebih hati-hati untuk memperoleh view penuh.

Performa Kamera

Sensor yang dimiliki Leica Q dipastikan memiliki performa tinggi. Kita bisa mendapatkan gambar dengan sangat detail serta noise yang minimum. Beberapa orang akan dapat menemukan gambar dari ISO3,200 dan 6,400. Terdapat banyak detail dengan sedikit noise terlihat bahkan pada area yang gelap. Peningkatan noise terlihat pada ISO25,000 dan 50,000.

Pada cahaya natural, kamera ini memiliki sistem white balance yang bekerja dengan baik dan merupakan pilihan bagus begitu juga setting Daylight. Sementara itu mode Tracking AF melakukan kinerja yang bagus dengan mengikuti subyek bergerak dan menambahkan fokus. Kecepatan yang dimiliki kamera ini berguna untuk street photography.

Leica memiliki reputasi yang fantastis untuk kualitas lensa dan Summilux lensa pada kamera ini membuktikannya. Jika terdapat distorsi, kita tak bisa bisa melihatnya, seperti garis lurus yang terlihat lurus. Cahaya dapat terkontrol dengan baik dan bahan jepretan dengan cahaya rendah masih bisa menghasilkan gambar yang baik.

Leica memang tidak membuat kamera yang murah jadi tak heran jika kamera ini cukup mahal. Harganya sebenarnya tidak terlalu buruk jika dibandingkan dengan Sony RX1 dan RX1R terutama jika kita mengerti perbedaannya. Sebagai sebuah kamera compact dengan sensor 24MP, Leica Q sendiri berada di posisi yang sangat terbatas. Pesaingnya seperti Sony RX1 dan RX1R memiliki jumlah piksel yang sama, tapi lensanya tidak sebesar dan seterang milik Q. Tidak seperti Q, kedua kamera tersebut juga tidak memiliki viewfinder yang terpasang.

Kekurangan dan Kelebihan Kamera

Leica Q terlihat dibuat dengan serius dan memiliki kesan solid. Ini memang bukan kamera paling nyaman untuk dipegang ataupun digunakan, tapi bukan juga yang terburuk. Meskipun memiliki sedikit kekurangan tapi masih bisa ditolerir. Kontrol tradisional yang dimiliki bekerja cukup cepat dan mudah. Sistem autfokus milik kamera ini sangat akurat dan cepa sehingga dapat membuat jarak fokus hanya 17cm. Yang terpenting yaitu Leica Q mampu menghasilkan gambar sangat berkualitas dengan level ketajaman detail serta warna yang bagus.

Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kamera ini meskipun secara keseluruhan tergolong sangat baik apalagi dengan harga yang cukup tinggi. Salah satu yang kurang nyaman adalah masalah macro focus ring dan tombol manual focus pada lensa. Akan lebih baik jika dapat menggunakan kemampuan layar sentuh juga sehingga ada alternatif lainnya.

Leica Q sendiri bisa dikatakan sebuah kamera serius dengan harga yang juga serius. Ini mungkin memiliki beberapa kekurangan fitur modern untuk kamera filter misalnya efek filter dan optimasi dynamic range. Tapi kamera ini juga tidak terlalu buruk dalam hal fitur meskipun menu yang diberikan cukup singkat. Kita bisa lebih fokus pada aspek yang lebih penting dalam fotografi pada kamera ini dengan menu yang tersedia.

Leica juga mengkombinasikan style tradisional dan fitur modern seperti adanya elektronik viewfinder dan live view yang tersedia layar sentuh kamera ini yang mampu meproduksi gambar dengan kualitas super. Kamera ini merupakan sebuah kamera cantik yang berharga bagi masa depan Leica. Bagi pecinta fotografi yang menyukai barang mewah atau tak peduli dengan harga yang tinggi maka Leica Q bisa dijadikan pilihan.

Baca artikel yang lain mengenai Teknik Fotografi Makro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.