Kamera DSLR Yang Cocok Untuk Travelling

Kamera DSLR Yang Cocok Untuk Travelling

Bepergian atau travelling saat ini telah menjadi bagian gaya hidup khususnya para kaum muda atau kaum millennial. Hal ini memang tidak lepas dari semakin berkembangnya berbagai potensi wisata dan modernisasi objek-objek wisata di Indonesia yang pada akhirnya menarik para kaum muda untuk berwisata ke berbagai tempat wisata Indonesia. Saat travelling atau mengunjungi berbagai tempat wisata, biasanya para wisatawan membawa kamera untuk mengabadikan momen indah atau tempat-tempat yang luar biasa indah. Tak jarang mereka lebih memilih membawa kamera DSLR ketimbang hanya kamera dari telepon pintar. Meski kamera DSLR  dikenal akan bentuknya yang kurang praktis, ada beberapa kamera DSLR yang cocok untuk travelling dan dapat dibawa bepergian tanpa repot.

Kamera Nikon D5500

Kamera jenis DSLR pertama yang cocok untuk dibawa bepergian adalah kamera keluaran NIKON seri D5500. Kamera ini dinilai cukup ringan dengan berat kurang lebih 420 gram dan mudah dibawa bepergian serta dapat menghasilkan kualitas gambar yang mumpuni, sama seperti kamera DSLR lainnya. Kamera Nikon D5500 memiliki kontrol layar sentuh yang dapat diputar dan memiliki resolusi hingga 24 megapixel.

Salah satu kelebihan dari kamera ini adalah dapat mengambil foto dalam kondisi cahaya minim tanpa menimbulkan banyak noise pada hasil gambarnya, sehingga kamera ini sangat cocok dibawa saat travelling pada malam hari. Kamera ini juga cukup nyaman digenggam dan cukup stabil meski dipasang dengan berbagai macam lensa, jadi sangat cocok bagi fotografer traveler yang ingin bereksperimen dengan beragam lensa untuk bermacam-macam kondisi serta lokasi pengambilan gambar.

Kamera Canon EOS 1200D

Kamera DSLR yang cocok untuk travelling berikutnya adalah keluaran dari produsen kamera terkenal Canon. Kamera merek ini menjadi salah satu primadona bagi para fotografer karena kualitasnya yang baik serta beragamnya pilihan kamera yang tersedia. Salah satu pilihan kamera yang ditawarkan adalah seri EOS 1200D yang mempunyai banyak kelebihan. Canon EOS 1200D memiliki sensor APS-C dengan resolusi mencapai 18 megapixel dan rentang kecepatan ISO hingga 12.800.

Kelebihan lainnya yaitu kamera ini mempunyai fitur speed capture photo (kecepatan menangkap foto) yang lebih cepat, sehingga fotografer tidak akan melewatkan satu momen sekalipun khususnya pada objek-objek yang bergerak dinamis. Selain itu kamera ini mempunyai bentuk yang cukup praktis, simple dengan berat yang cukup ringan untuk kamera sekelas DSLR. Oleh karena itu, kamera seri ini sangat cocok bagi para traveler yang ingin mengabadikan momen-momen indah sepanjang perjalanan.

Kamera Sony Alpha a58

Produsen kamera Canon dan Nikon memang dikenal sebagai produsen kamera DSLR jempolan, namun masih ada produsen kamera DSLR lain yang tak kalah kualitasnya, salah satunya Sony. Produsen ini mengeluarkan kamera seri Alpha a58 yang disebut sebagai kamera semi-DSLR, disebut semi karena kamera ini memiliki mirrorbox seperti pada DSLR, namun tidak memiliki jendela bidik optik (optical viewfinder), sehingga objek dan cahaya yang tertangkap lensa akan diteruskan ke jendela bidik elektronik (electronic viewfinder) seperti pada kamera mirrorless. Kemampuan dan kualitas pengambilan gambar kamera ini tidak kalah dari kamera DSLR lain karena menggunakan sensor APS-C seperti pada kamera DSLR dan memiliki resolusi mencapai 20 megapixel. Kamera ini menjadi salah satu pilihan bagi para fotografer traveler karena bentuknya yang simple dan cukup ringan serta pas dalam genggaman.

Kamera Pentax K-5 II

Kamera DSLR berikutnya yang bisa menjadi alternatif pilihan para fotografer traveler adalah Pentax K-5 II. Mereka kamera Pentax memang tidak sepopuler Canon atau Nikon, namun bukan berarti kamera ini tidak memiliki kualitas yang baik. Seri K-5 dikenal sebagai kamera yang sangat mumpuni dalam menghasilkan foto-foto yang indah yang didukung dengan desain body waterproof atau tahan air sehingga dapat digunakan meski cuaca hujan.

Kelebihan lain dari kamera berharga sekitar 9 jutaan ini adalah jendela bidik optik dengan 100% field of view yang artinya fotografer dapat melihat seluruh lapang pandang dari objek dan latar belakang yang menjadi bidikan. Pentax K-5 II mengusung resolusi sebesar 16,3 megapixel dan kemampuan merekam video hingga 1080p. Para fotografer traveler yang juga memiliki hobi membuat video blog atau vlog juga dapat memanfaatkan kamera ini bahkan di segala cuaca.

Kamera Canon 600D

Selanjutnya kembali ke kamera Canon dengan seri 600D yang juga merupakan kamera DSLR yang cocok untuk travelling untuk para fotografer dan para traveler. Sama seperti kamera DSLR besutan Canon lainnya, seri ini juga memiliki banyak kelebihan dan kualitas yang bagus pula. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki kamera ini diantaranya menu antarmuka yang mudah dan sederhana sehingga cocok untuk fotografer pemula, resolusi layar yang tinggi serta layarnya yang bisa dibolak balik (flip out system) untuk memudahkan fotografer saat pengambilan foto. Canon 600D mengusung sensor APS-C CMOS dengan resolusi mencapai 18 megapixel sehingga dapat menghasilkan foto kualitas maksimum.

Berbagai spesifikasi kamera Canon 600D yang telah djjelaskan tersebut menjadikan kamera ini sangat cocok untuk travelling khususnya untuk pengambilan gambar dengan sudut yang sulit karena fotografer dapat dengan mudah melihat hasil gambar nantinya pada layar.

Kamera Nikon D3300

Pilihan kamera DSLR yang cocok untuk travelling selanjutnya masih produksi dari Nikon yaitu seri D3300. Kamera DSLR yang satu ini hanya memiliki berat sekitar setengah kilogram, sehingga relatif ringan saat dibawa travelling ke berbagai tempat. Meski ringan, fitur-fitur yang ada di dalamnya sangat lengkap tapi cukup mudah dipahami bahkan oleh seorang fotografer pemula.

Lensa bawaan dari Nikon D3300 adalah lensa sudut lebar atau wide-angle yang sangat cocok untuk pengambilan gambar landscape dan pemandangan alam luas. Kamera ini juga mampu mengambil video dengan kecepatan 30 frame per-second (fps) dan kualitas gambar 1080 pixel. Bagi fotografer pemula yang sering kesulitan mengambil gambar dalam kondisi cahaya minim, kamera ini sangat cocok digunakan karena dapat mengurangi noise atau gangguan pada foto cahaya minim.

Berbagai pilihan kamera DSLR yang cocok untuk travelling tersebut dapat menjadi referensi bagi para fotografer atau traveler yang ingin membeli kamera untuk mengabadikan momen serta berbagai keindahan objek wisata yang sedang dikunjungi. Perlu diingat bahwa selain kamera yang bagus, suatu gambar atau foto yang indah juga dihasilkan dari teknik pemotretan yang tepat.

Oleh karenanya modal seorang fotografer tidak hanya kamera, namun juga keterampilan dalam pengambilan gambar dan insting dalam menentukan titik fokus suatu objek yang menarik. Tidak lupa juga fotografer juga harus mempertimbangkan ketersediaan dana untuk pembelian kamera, tidak perlu membeli kamera mahal jika belum mampu, kamera bekas pakai pun dapat menjadi alternative untuk memulai karier sebagai fotografer.

Baca artikel yang lain mengenai Perlengkapan Fotografer Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.