Kamera DSLR untuk Pemula

Beberapa Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula

Meski saat ini kamera mirrloress tengah menjadi tren, namun kamera DSLR masih tetap menjadi idaman, terutama bagi para fotografer profesional. Hal ini dikarenakan foto yang dihasilkan kamera ini terbilang bagus, dan juga mampu menawarkan sejumlah teknik memotret yang cukup banyak. Tak hanya itu, kamera ini pun juga punya banyak pilihan lenas yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang masih pemula, tak ada salahnya untuk belajar fotografi lewat jenis kamera ini. Di artikel kali ini, akan kami tampilkan sejumlah rekomendasi kamera DSLR untuk pemula yang bisa dipilih. Adapun beberapa rekomendasi tersebut adalah sebagai berikut ini!

Canon EOS 1300D

Rekomendasi kamera DSLR untuk pemula yang pertama adalah Canon EOS 1300D. Kamera DSLR ini mempunyai kelebihan utama berupa fitur Wifi yang membuatnya lebih unggul dibanding Canon versi sebelumnya. Dengan adanya fitur Wifi, Anda pun bisa memindahkan hasil foto Anda tanpa menggunakan bael USB.

Selain itu, kamera DSLR ini juga mempunyai sensor berukuran APS-C 18 MP dan prosesor bergambar DIGIC 4+. Kamera ini dilengkapi pula dengan fitur pemotretan otomatis dengan 70 lensa EF/EF-S,yang memudahkan ANda mengambil foto laiknya seorang fotgrafer profesional. Kamera DSLR ini sendiri dijual dengan kisaran harga Rp. 5,3 juta.

Nikon D5200

Rekomendasi kamera DSLR untuk pemula selanjutnya adalah Nikon D5200. Kamera DSLR ini sendiri merupakan pengembangan dari seri sebelumnya, Nikon D5100. Keunggulan utama kamera DSLR ini adalah ukuran layarnya yang membentang sebanjang 3 inci yang bisa diputar ke pelbagai arah. Layar tersebut sangat memudahkan Anda untuk berswafoto atau saat mengambil gambar dengan sudut yang cukup sulit.

Kamera DSLR keluaran Nikon ini juga mempunyai sesnos CMOS SX-Fprmat dengan resolusi mencapai 24 Mp yang memudahkan Anda untuk merekam video dengan ful HD 1080 p. Untuk membeli kamera ini, Anda harus mengeluarkan kocek kurang lebih sebesar Rp. 6,4 juta.

Nikon D3400

Kamera DSLR ini dikeluarkan Nikon secara khusus untuk para pemula. Maka dari itulah, mengapa kamera ini termasuk ke dalam salah satu rekomendasi kamera DSLR untuk pemula. Kamera ini sendiri mempunyai lensa CMOS dengan resolusi mencapai 24 Mp. Kamera ini juga mempunyai prosesor gambar Sxpeed 4 yang memudahkan Anda untuk menangkap objek dengan cepat. Kamera DSLR keluaran Nikon inii juga bisa dipakai untuk merekam video, khususnya video slow motion dan time lapse. Harga kamera DSLR ini sendiri kurang lebih berkisar di harga Rp. 6,8 juta.

Olympus PEN E-PL8

Kamera DSLR keluaran Olympus ini dilengkapi dengan 4/3 Sensor Live MOS dengan resulsi mencapai 16, 1 Mp. Sensor tersebut dikombinasikan dengan prosesor gambar TruePic VII. Kombinasi dua fitur tersebut akan membantu Anda menghasilkan gambar dengan warna yang jernis dan juga tajam. Tak sampai di situ saja, kamera DSLR ini juga mempunyai layar LCD yang memiliki fitur layar sentuh dan dapat diputar ke atas dan ke bawah.

Keistimewaan lainnya yang dimiliki kamera ini adalah adanya sistem Super Sonic Wave Filter. Sistem tersebut dapat membantu mengurangi masuknya debu ke dalam sensor saat hendak mengganti lensa. Kamera ini dilengkapi dengan paket batera lithium-ion milik BLS 50 yang mampu bertahan hingga 350 gambar diam atau rekaman video berdurasi 90 menit per-charge-nya. Kamera ini sangat cocok untuk mengambil gambarjarak jauh karena kualitas zumm-nya yang sangat baik. Kamera DSLR keluaran Olympus ini dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp. 7,2 juta.

Nikon D90

Sama seperti kamera DSLR keluaran Nikon lainnya, kamera DSLR satu ini juga punya keistimewaannya tersendiri. Pertama, kamera ini mempunyai sensor CMOS DX dengan format resolusi mencapai 12, 3 Mp. Kedua, lensa kamera ini dilengkapi prosesor gambar EXPEED dan 1,5x crop factor. Ketiga, kamera ini mempunyai beberapa fitur pendukung lainnya, seperti HD Recording dan Output Composite Video, dan Bluetooth yang mempermudah ANda dalam mentransfer foto atau video. Untuk mendapatkan kamera ini, Anda harrus merogoh kocek sebesar kurang lebih Rp. 7, 5 juta.

Tips Memilih Kamera DSLR untuk Pemula

Demikianlah beberapa rekomendasi kamera DSLR untuk pemula yang bisa Anda pilih. Selain memberikan beberapa rekomendasi kamera DSLR, di artikel ini kamipun juga akan memberikan sejumlah tips. Tips ini sendiri merupakan beberapa tips yang bisa Anda pakai guna memilih kamera DSLR yang tepat, utamanya bagi Anda yang masih pemula. Adapun beberapa tips tersebut adalah:

  • Mantapkan Tujuan Anda untuk Membeli Kamera DSLR

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah memantapkan tujuan Anda. Jika Anda ingin membeli kamera DSLR untuk belajar fotografi dan kelak ingin menjadi profesional, maka mantapkanlah tujuan tersebut dalam hati Anda. Hal ini dilakukan untuk membantu Anda menemukan kamera yang sesuai dengan tujuan Anda.

  • Menentukan Karakter dan Spesifikasi Kamera Sesuai dengan Tujuan Anda

Setelah memantapkan tujuan, tips selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan karakteristik dan spesifikasi kamera yang dibutuhkan. Sesuaikanlah karakter dan spesifikasi yang Anda tentukan dengan tujuan Anda. Misalnya: bila tujuan Anda adalah ingin belajar fotografi, maka tentukan dan carilah kamera yang karakter dan spesifikasinya sangat menunjang Anda dalam mempelajari fotografi.

  • Sesuaikan dengan Dana yang Dimiliki

Harga menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli kamera DSLR. Untuk soal ini, pastikan bahwa harga kamera DSLR yang hendak Anda beli sesuai atau terjangkau oleh dana yang Anda miliki saat ini. Hal itu dilakukan agar Anda tidak perlu terlalu pusing mencari dana untuk membeli kamera yang dibutuhkan.

  • Mempertimbangkan Merek Kamera DSLR yang Hendak Dipilih

Tips terakhir yang bisa Anda pakai adalah mempertimbangkan merek kamera DSLR terebut. Bisa dibilang kalau tips ini merupakan tips yang cukup subjektif. Pasalnya, setiap merek pasti mempunyai keunggulan tersendiri.

Jika hendak membeli kamera DSLR berdasarkan merek, maka pilihlah kamera DSLR dari merek yang Anda sukai. Bila tidak, pilihlah kamera DSLR yang mereknya mempunyai spesifikasi tertentu yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Misalnya jika Anda ingin belajar fotografi dengan kamera yang mempunyai tampilan, maka Anda bisa memilih kamera DSLR bermerek Canon. Pasalnya, kamera bermerek tersebut memang mempunyai tampilan pengguna yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapa pun, utamanya para pemula.

Contoh lainnya, jika Anda ingin belajar fotografi dengan berbagai macam mode pemotretan, maka Anda bisa memilih kamera bermerek Nikon. Hal tersebut dikarenakan kamera bermerek Nikon mempunyai cukup banyak tombol yang terkesan rumit, namun menawarkan sejumlah mode memotret yang relatif banyak.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pakai dalam memilih kamera DSLR untuk pemula. Dengan menjalankan sejumlah tips di atas, kami harap Anda bisa mendapatkan kamera DSLR yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda pun bisa belajar fotografi dengan baik dan tentu saja maksimal.

Baca artikel yang lain mengenai Fotografi Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.