Kamera DSLR Terbaik

Panduan untuk Mengenal Kamera DSLR Terbaik Lengkap dengan Rekomendasinya

Selama ini banyak sekali orang yang mencari informasi mengenai kamera DSLR terbaik. Sebenarnya apa yang membuat sebuah kamera DSLR dikatakan terbaik? Apakah dari fitur, harga, merek, atau lainnya?

Bagi orang awam dan pemula mungkin akan kesulitan ketika mencari kamera yang bagus. Makanya butuh banyak mencari informasi. Nah, Anda juga bisa mendapatkan informasi tersebut pada artikel ini.

Ciri Kamera DSLR yang Baik

Jika ada yang bertanya mengenai bagaimana ciri kamera DSLR terbaik maka sebenarnya jawabannya ada banyak dan tergantung dengan kebutuhan penggunanya.

Namun secara umum kamera DSLR yang baik harus mempunyai empat kriteria utama. Berikut ini kriteria-kriterianya.

  • Performance

Pertimbangan pertama yang paling penting sebelum mengatakan kamera DSLR itu baik adalah mempunyai kinerja yang baik pula. Contoh kinerja kamera yang baik adalah mampu memproses instruksi dari fotografer dengan cepat.

Untuk mengetahui tingkat kecepatannya bisa Anda perhatikan ketika mengambil foto secara berturut-turut, menghitung waktu sejak kamera dihidupkan sampai memotret, kecepatan sistem autofokus, dan lain sebagainya.

Jika sebuah kamera memiliki prosesor yang bagus maka kinerjanya bisa terbantu. Biasanya kecepatan kinerja kamera model baru akan lebih baik karena prosesor yang digunakannya paling baru dan canggih.

Selain itu, faktor kapasitas baterainya juga bisa menjadi penentu. Jika kapasitas baterai kamera semakin tinggi maka bisa lebih menghemat waktu untuk memotret.

  • Image Quality

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas gambar dari sebuah kamera. Namun yang paling utama adalah prosesor dan ukuran dari sensor gambar.

Ukuran dari sensor gambar yang dimaksud bukannya ukuran dalam megapixel tapi ukuran fisik dari sebuah sensor gambar tersebut. Banyak orang yang salah mengartikan bahwa kamera dengan sensor yang megapixelnya besar adalah pilihan terbaik padahal sebenarnya hal itu tidak selalu berpengaruh.

Contoh jenis sensor dengan ukuran yang cukup adalah APS-C, yaitu 2,3 x 1,5 cm. Kemudian untuk prosesor, kecepatan dan kualitasnya sangat penting untuk membuat kamera DSLR jadi yang terbaik. Oleh karena bisa menghasilkan gambar yang mulus dan tajam tanpa noise ketika memakai shutter speed  yang lambat atau ISO tinggi.

Kamera dengan image quality yang bagus biasanya kamera keluaran terbaru.

  • Ekosistem

Maksud ekosistem di sini adalah kelengkapan fitur dan segala macam hal yang berhubungan dengan kamera yang dibeli. Seperti kelengkapan aksesoris, lensa, dan pelayanan.

Apabila pencarian lensa untuk sebuah kamera DSLR tertentu mudah maka artinya kamera tersebut bagus dan layak dipilih. Oleh karena Anda tidak akan kesulitan ketika memerlukan kamera itu untuk kebutuhan tertentu. Sehingga Anda tidak perlu membeli kamera yang baru.

Kemudian dengan banyaknya layanan maka Anda juga tidak akan kesulitan jika harus memperbaiki kamera yang sedang rusak.

Biasanya kamera seperti ini banyak yang punya jadi Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan pengetahuan tentang segala hal mengenai kamera ini. Oleh karena pasti banyak orang yang membahasnya.

  • Ergonomis

Ciri kamera DSLR terbaik lainnya adalah ergonomis. Contohnya ukurannya pas tidak terlalu besar atau kecil, tidak terlalu berat dan terlalu ringan, posisi tombolnya mudah dijangkau, menunya mudah diakses, bisa disetting dengan cepat dan mudah, susunan menunya baik, dan sebagainya.

Itulah dia beberapa ciri atau syarat sebuah kamera DSLR dikatakan terbaik.

Memilih Kamera DSLR yang Tepat

Meski jenis kamera ada sangat banyak tapi Anda bisa mendapatkan kamera DSLR paling tepat apabila mengetahui caranya. Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa Anda lakukan dalam memilih kamera DSLR yang tepat.

  • Merek Kamera Bukan Pertimbangan Utama

Merek kamera yang terkenal memang biasanya memiliki reputasi yang baik tapi bukan berarti menjadi pertimbangan utama dalam memilih jenis kamera. Terutama jika Anda masih ada dalam level pemula. Oleh karena sebenarnya dari segi kualitas dan fitur, semua kamera DSLR untuk pemula sama saja meski beda merek.

Lebih baik niatkan memilih kamera berdasarkan dengan kebutuhan Anda, jangan hanya untuk memamerkan merek kameranya.

  • Dapatkan Informasi Yang Tepat

Sebelum membeli kamera tertentu akan lebih baik Anda cari lebih banyak informasi tentang kamera tersebut. Coba cari informasi apakah kamera yang akan Anda beli mudah di gonta-ganti lensanya, autofokusnya cepat, resolusinya baik, cepat dalam mengambil gambar, dan lain sebagainya.

Jika semua kemampuan tersebut dimiliki maka artinya kamera tersebut memang bagus dan pantas untuk Anda miliki.

  • Perhatikan Service Center

Jangan hanya beli kamera yang fitur dan kemampuan untuk mengambil gambarnya bagus. Namun pertimbangkan pula apakah merek kamera tersebut memiliki service center yang mudah dijangkau. Jadi ketika suatu saat pada kerusakan bisa diperbaiki dengan mudah.

  • Sesuaikan Dengan Budget

Pastikan bahwa kamera yang dipilih sesuai dengan budget Anda, jangan memaksakan diri membeli kamera yang mahal jika tidak sesuai. Oleh karena mahal tidaknya harga sebuah kamera tidak menjamin kualitas dari kamera tersebut.

Hal yang paling penting dalam mengambil gambar bukan hanya fitur dari kamera tapi kemampuan fotografer dalam memotret sebuah objek.

Daftar Kamera DSLR Terbaik Berbagai Merek

Setelah mengetahui informasi tentang kamera DSLR yang bagus sekarang Anda bisa melihat beberapa daftar kamera DSLR paling baik dari beberapa merek kamera yang ada. Berikut ini daftarnya.

Harga dari kamera DSLR terbaik ini memang mahal, yaitu sekitar 39 juta rupiah. Hal ini karena mempunyai fitur yang sangat bagus. Pertama, memiliki sensor sebesar 51 MP dengan jenis CMOS Full Frame. Kemudian memiliki layar LCD sebesar 3,2 inci yang akan memudahkan fotografer untuk memilih menu.

Kemudian punya fitur yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan detail dan ketajaman gambar bernama fitur fine detail picture style.

Kamera ini termasuk yang favorit dari para fotografer karena kemampuan yang sangat baik. Kamera ini mempunyai sensor sebesar 24,2 MP berjenis CMOS. Lalu memiliki rentang ISO sampai dengan 25600. Tidak lupa memiliki prosesor yang kecepatannya tinggi.

Harga untuk mendapatkan kamera ini adalah sekitar 28,5 juta rupiah jika Anda membeli dengan lensanya sekaligus.

Harga kamera DSLR ini lebih terjangkau dibandingkan dengan dua kamera lain yang telah dibahas di atas. Harganya adalah sekitar 9,5 juta rupiah. Anda bisa memilih kamera ini apabila suka dengan yang berbodi ramping dan tidak berat. Memiliki sensor sebesar 24 MP dengan jenis CMOS Image Prosesor XPEED4.

Mempunyai ISO dari 100 sampai 25600. Salah satu keunggulan lain dari kamera ini adalah punya kemampuan menangkap gambar sampai dengan 5 fps secara continuous atau berkelanjutan. Lalu punya fitur bernama bluetooth low energy yang bisa membuat kamera dapat terhubung langsung ke smartphone.

Kamera ini punya bodi yang tangguh lalu memiliki kustomisasi control yang baik. Memiliki sensor full frame beresolusi 24 MP. Kamera ini punya banyak fitur paling baru dan menggabungkan model NEX dan SLT. Beberapa fitur dan teknologi terbarunya antara lain focus peaking di dalam mode live view, sistem AF dual chip, built in GPS, LCD pada layar belakang yang bisa diputar, dan lain sebagainya. Kualitas gambar dari kamera ini sangat bagus dalam kondisi pengambilan yang bagaimana pun juga.

Harganya adalah sekitar 29 juta rupiah.

Kamera ini ada pada kelas entry level yang punya kemampuan baik juga. Kamera DSLR ini punya resolusi 16 MP yang kemampuannya dalam mengambil gambar lumayan bagus. Mempunyai fitur bernama shake reduction sehingga bisa membantu pemula yang belum biasa dalam memegang kamera.

Mempunyai shutter speed sampai 1/6000 per detik. Lalu punya teknologi tahan debu, tahan cuaca, dan tahan dingin. Untuk mendapatkan kamera ini Anda bisa mengeluarkan uang sekitar 10 juta rupiah.

Demikianlah informasi tentang kamera DSLR terbaik yang bisa disampaikan kepada Anda. Semoga informasinya bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Macam-Macam Editing Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.