Kamera DSLR Murah

Ini Dia Daftar Kamera DSLR Murah Yang Siap Hasilkan Foto Berkualitas

Kamera DSLR menjadi kamera yang wajib dimiliki oleh insan fotografi. Sayang harga kamera jenis ini tidak sederhana alias menguras kocek. Kemampuan canggih yang dimiliki kamera DSLR seperti mampu membidik obyek jauh, autofokus, menangkap obyek yang bergerak cepat termasuk tidak mudah serta memerlukan teknologi tinggi.

Bagi pemula membutuhkan harga kamera yang terjangkau harganya karena untuk berlatih. Meskipun demikian tidak sedikit penggiat seni fotografi yang sudah profesional pun mencari kamera DSLR murah untuk menunjang aktivitasnya.  Berikut sederet tipe kamera jenis DSLR yang masih dapat dijangkau oleh kantong baik pemula maupun profesional yang sedang mengetatkan ikat pinggang.

Kamera Canon

Kamera merek canon sudah terbukti keunggulannya di dalam seni fotografi. Para pecinta merek ini pun sudah tersebar di seluruh dunia. Kemampuan tangkap obyek dan kualitas hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Meski dikenal memiliki harga yang relatif tinggi, namun tidak sedikit seri kamera DSLR Canon yang mempunyai harga terjangkau bahkan di bawah 1 juta rupiah.

1. Canon EOS 1300 D

Kamera ini merupakan seri baru dan luncur di tahun 2018 tepatnya pada bulan Agustus. Kamera yang cukup mungil ukurannyavdan ringan ini ternyata sudah mampu menyedot perhatian para penggemar olah fotografi. Para fotografer terutama wanita berlomba untuk dapat memiliki kamera jenis ini. Meskipun mungil dan harganya terjangkau, hanya sekitar 5 jutaan namun kamera memiliki banyak keunggulan. Kamera mempunyai auto fokus dengan 920.000 titik yang tersebar. Selain itu, sistem transfer gambar mudah dilakukan karena kamera dilengkapi dengan wireless connection dan NFC.

Kamera tipe ini sangat mudah digunakan karena cukup simpel sistem operasionalnya dengan tombol-tombol besar yang mudah ditemukan.

2. Canon 700 D

Canon tipe ini juga cukup digemari. Harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Canon 1300 D.  Kamera ini merupakan kamera DSLR murah yang sudah cukup stabil. Kamera yang sudah menggunakan image processor digic 5 ini memiliki kualitas hasil bidikan yang sangat bagus dan natural dengan komposisi warna dan pencahayaan alami. Resolusi gambar 18 megapiksel dengan full HD 1080p menghasilkan kehalusan gambar yang sangat prima.

Untuk merekam video kamera canon tipe 700 D mampu menyimpan gambar dalam format stereo dengan filter yang akurat menghasilkan video bersuara jernih dengan mengurangi kekeruhan bunyi. Format codex pada kamera ini menggunakan sistem standar H264 motion JPEG yang menciptakan file ukuran optimal tanpa mengungangi kualitas gambar.

3. Canon EOS 70D

Kamera canon EOS 70D merupakan tipe pendahulu yang masih terus diburu para fotografer hingga saat ini. Harganya memang sedikit agak mahal, namun tetap di bawah harga Rp.  15.000.000. Di tahun 2018 ini kamera 70 D dibanderol dengan Kisaran harga 12-12,5 juta rupiah. Dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi, harga tersebut tergolong murah di kelasnya.

Kamera tipe ini dilengkapi dengan dual pixel AF yang membantu memudahkan ketika akan membuat rekaman live view. Sistem ISO kamera canon 70 D ini cukup tinggi dan dapat dinaikan hingga mencapai 6400. Kamera ini sudah menggunakan teknologi layar sentuh atau touchscreen yang dilengkapi dengan pelindung layar sehingga tidak menghasilkan bekas tangan pada layar.  Salah satu keunggulan lain dari kamera tipe ini adalah fasilitas senyap suara yang mampu mematikan suara “cekrek” dan cocok bagi fotografer yang tidak menyukai suara bising pada saat pengambilan gambar.

Kamera Nikon

Nikon juga, merupakan merek kamera yang cukup dikenal selain Canon. Nikon dikenal memiliki ukuran yang relatif mungil dan nyaman untuk digenggam, selain itu kamera nikon mempunyai lensa-lensa berkualitas tinggi. Lalu bagaimana dengan harganya, mahal? Berikut daftar kamera DSLR murah merek Nikon.

1. Nikon D3400

Kamera dengan harga kurang dari 6 juta ini mempunyai keunggulan yang cukup banyak. Untuk memindahkan data ke perangkat mobile tidak perlu menggunakan PC.  Selain itu dilengkapi dengan CMOS 24.2 MP tanpa adanya low pass filter sehingga dihasilkan gambar yang mempunyai kualitas ketajaman serta tidak moire.

Kamera bedesain sederhana dan mungil ini sudah mampu merekam video dengan kualitas HD dan menggunakan processor EXPEED 4 yang dapat merekam obyek tanpa putus hingga kapasitas 5 fps.  Keunggulan lain nikon D3400 adalah adanya aplikasi software guide mode yang mampu menghasilkan gambar yang kompleks serta profesional tanpa menyulitkan sistem pengoperasian bagi para pemula.

2. Nikon D5300

Masih dari generasi nikon,  kamera DSLR murah tipe D5300 juga mempunyai harga sekitar 6 jutaan. Namun dengan harga tersebut kamera yang memiliki resolusi  24,5 megapiksel ini mampu menciptakan gambar berkualitas tinggi, halus dan sangat natural. Desain yang mungil dan ringan dijinjing dengan bobot 480 gram ini membuat para fotografer pemula mudah untul menjinjing.

Dengan sistem processor EXPEED 4 menghasilkan kualitas gambar yang prima dan kemampuan rekam hingga 60 fps.  Layarnya lebih lebar,  yaitu 3,2 inci memudahkan pengguna menetapkan obyek.

Kamera Olympus

Kamera merek olympus merupakan kamera produksi negeri Sakura yang juga cukup populer di seluruh negara termasuk Indonesia. Kamera merek ini memiliki tingkat kecepatan dan ketepatan di dalam membidik obyek. Kamera  Olympus juga memiliki kekuatan menstabilkan gambar atau obyer tanpa harus menggunakan bantuan tripod. Kamera ini dilengkapi dengan sensor cahaya yang cukup peka sehingga mampu membidik obyek dengan kualitas jelas meskipun dalam kondisi minus cahaya.

Berikut beberapa tipe kamera DSLR murah merek olympus buat para fotografer.

1. Olympus E500 kit

Kamera mirrorless tipe E500 kit mempunya kestabilan bidikan yang dapat dipertanggung jawabkan. Kamera ini cukup ringan dijinjing. Harganya juga sangan murah tidak mencapai 4 juta rupiah. Banyak toko yang membanderol kamera tipe ini di harga 3,8 juta rupiah.  Bagi pemula tentu saja merupakan harga yang sangat menggiurkan. Namun dengan harga yang sangat terjangkau, kualitas gambar yang didapat tidak perlu diragukan lagi. Kelebihan utama kamera DSLR murah tipe ini adalah sistem pengoperasian yang sangat mudah sehingga bisa dipakai oleh yang sangat pemula sekalipun.

2. Olympus PEN EP-3 kit

Kamera dengan harga kurang dari 6 juta rupiah ini dikenal mempunyai banyak fitur.  Salah satunya adalah fitur Eye-fi yang memudahkan pengguna mengambil gambar video dengan hasil yang memuaskan. Kualitasnya tajam, namun halus diperkaya dengan sensor cahaya yang memungkinkan pengambilan gambar di tempat gelap namun tetap mampu menangkap obyek dwngan bail dan menghasilkan gambaran natural.

Kamera EP-3 ini memiliki kemampuan mentransfer gambar ke dalam mikro SD card dengan mudah. Sebagaimana kamera olympus lain,  kamera ini mempunyai kestabilan yang bagus ketika mengambil obyek tanpa harus menggunakan bantuan alat penopang atau tripod.  Khusus merek ini dapat membidik obyek dengan aneka kecepatan sehingga menghasilkan gambar yang hidup dan dinamis.

Kamera Sony

Sony sangat populer sebagai penyedia layanan barang elektronik berkualitas. Meskipun saham Sony sudah tidak ditanam di Indonesia, namun konsumen produk Sony tetap Setia menggunakan merek ini. Salah satu produk handal yang dimiliki Sony adalah kamera DSLR.  Berikut beberapa kamera DSLR murah merek Sony.

1. Sony A3500s

Sony seri Alpha merupakan tipe DSLR, memiliki kemampuan mencetak gambar dengan resolusi 20 megapiksel. Sensor EXMOR APS dan prosesor bionz menghasilkan bidikan yang tajam dengan komposisi yang tepat dan dinamis. Memiliki ISO 1600 dan dilengkapi dengan pengatur white balance sehingga hasil jepretan memiliki warna alami yang halus. Kamera ini dijual dengan harga sekitar 4,4 juta rupiah. Sangat murah untuk kamera dengan merek sama.

2. Sony A65V

Merek ini masih dalam seri DSLR,  dengan harga 8 juta rupiah, sudah bisa memiliki kamera dengan kualitas prima. Sensor Exmor APS HD CMOS yang dilengkapi warna utama RGB dan resolusi 24,3 megapixel ini menghasilkan gambar yang halus namun tajam. Data disimpan di dalam media data lengkap yaitu Memory Stick PRO-HG Duo, Memory Stick Pro Duo, memory card: SD, SDHC dan SDXC. Adanya sensor CMOS memungkinkan kamera mampu mengambil gambar berkecepatan tinggi dengan hasil tegas dan jelas. SonyA65 V dilengkapi dengan Translucent Mirror Technology, yang membuat kamera mampu merekam gambar secara terus menerus tanpa putus pada resolusi penuh. Demikian juga pada saat merekam video, dapat mengambil rekaman full HD tanpa putus.

Demikian deretan kamera DSLR murah berkualitas yang dapat digunakan baik oleh pemula maupun para profesional fotografer.

Adapun pedoman yang harus diperhatikan untuk membeli kamera DSLR adalah sebagai berikut.

  • Harga: Harga yang murah namun berkualitas adalah yang utama.
  • Resolusi: Semakin tinggi resolusi hasil semakin bagus.
  • ISO: Dibutuhkan untuk mengambil gambar berkecepatan tinggi.
  • Shutter speed: Dibutuhkan untuk mengatur kecepatan bidik.
  • Sensor: Mempengaruhi kualitas gambar.
  • Bentuk: Semakin nyaman digenggam akan memudahkan pemakaian.

Demikian seluk beluk kamera DSLR murah. Semoga bermanfaat bagi para penggila seni fotografi.

Baca artikel yang lain mengenai Teknik Dasar Editing Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.