Kamera DSLR Canon untuk Pemula

Cara Cari Kamera DSLR Canon untuk Pemula yang Paling Cocok

Kamera DSLR banyak sekali tingkatannya, dari tingkatan pemula sampai profesional. Kamera DSLR tingkat pemula memiliki spesifikasi standar karena diperuntukkan bagi mereka yang baru ingin mengenal fotografi.

Salah satu merek DSLR yang paling banyak dicari oleh pemula adalah kamera Canon. Banyak sekali tipe kamera DSLR Canon untuk pemula. Apabila kurang informasi atau referensi Anda akan kesulitan dalam mencari kamera DSLR yang tepat.

Maka dari itu, perbanyak membaca artikel mengenai cara memilih kamera DSLR Canon yang tepat untuk pemula. Salah satunya di artikel ini.

DSLR Canon yang Cocok untuk Pemula

Daftar kamera DSLR Canon untuk pemula ada banyak sekali. Dari harga yang murah sampai mahal tersedia. Namun jika membicarakan kamera yang cocok, setiap individu tingkat kecocokannya bisa berbeda-beda.

Salah satu cara untuk mengetahui cocok tidaknya sebuah kamera DSLR adalah dengan mengetahui kebutuhan dasarnya. Misalnya orang yang membeli kamera untuk memfoto pemandangan dan membeli kamera untuk studio foto memiliki spesifikasi kamera yang berbeda.

Kamera DSLR untuk membuat vlog dan video tutorial di Youtube juga beda. Jika mencari kamera DSLR yang bisa digunakan untuk membuat video tutorial di Youtube atau membuat vlog Anda bisa cari informasi kamera yang dipakai pada video yang Anda tonton.

Biasanya vlogger dan pembuat konten akan menuliskan kamera apa yang digunakan pada deskripsi video tersebut. Jika sudah tahu selanjutnya coba lihat review mengenai kamera tersebut. Dari situ Anda bisa mengetahui apakah kamera tersebut cocok untuk pemula atau tidak.

Jika fiturnya standar atau tidak terlalu banyak menu biasanya kamera itulah yang cocok digunakan oleh pemula. Jika menunya terlalu banyak Anda akan pusing sendiri untuk mengoperasikannya. Lebih baik belajar sedikit-sedikit dulu baru setelah agak mahir bisa membeli kamera lain di kelas yang lebih tinggi.

Ciri-ciri kamera DSLR Canon untuk pemula yang paling mudah adalah harganya yang terbilang murah. Biasanya dari 5 – 6 juta rupiah. Murahnya harga DSLR untuk pemula ini karena keterbatasan menu dan fitur yang ada tadi. Kemudian tombolnya lebih sedikit dan bentuk kameranya tidak terlalu besar.

Kamera pada kategori entry level ini kebanyakan memiliki fungsi utama yang sama. Hanya beda ukuran lensa dan teknologinya. Oleh karena ada merek kamera yang menggunakan teknologi tinggi ada juga yang standar.

Jika ingin memiliki kamera yang bisa digunakan lama Anda bisa memilih kamera DSLR yang bisa digonti-ganti lensanya. Beda lagi jika membutuhkan kamera untuk melakukan pemotretan di studio foto maka pilih kamera yang dapat digunakan sebagai flash commander.

Daftar DSLR Canon untuk Pemula

Setelah mengetahui dasar-dasar penentuan kamera DSLR apa yang cocok untuk pemula sekarang kami akan memberikan daftar beberapa kamera DSLR Canon untuk pemula yang spesifikasinya bagus.

Langsung saja berikut ini daftarnya.

  • Canon EOS Rebel T6 atau 1300D

Jika Anda masih pemula tapi sangat ingin mendalami fotografi bisa belajar memotret menggunakan kamera ini. Resolusi lensa yang digunakannya adalah 18 MP. Lensa ini mampu menghasilkan foto yang bagus dan jernih.

Selain itu memiliki sensor ISO yang sangat baik, digunakan untuk memfoto objek di dalam ruangan yang kurang cahaya pun lumayan bagus.

Selain itu memiliki layar LCD berukuran 3 inci yang dapat membantu Anda dalam mengetahui hasil foto yang baru saja diambil. Kelebihan lainnya adalah punya fitur optik viewfinder yang memiliki tingkat fokus akurat dan kecepatan yang baik.

Harga untuk kamera ini adalah sekitar 5,2 juta rupiah.

  • Canon EOS Rebel SL1 atau 100D

Masih dalam seri rebel, kamera DSLR Canon untuk pemula ini punya bentuk yang tidak terlalu besar sehingga terasa pas ketika dipegang. Fitur-fitur yang dimilikinya memiliki kualitas yang sangat baik dalam hal mengambil gambar atau foto. Walaupun fiturnya tidak terlalu banyak.

Kamera dengan lensa 18 – 55 mm ini kemampuannya bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan kamera DSLR merek lain dalam kelas yang sama.

Kamera ini punya lensa 18 MP dengan sensor APS-C CMOS. Bisa melakukan pemotretan continuous sampai dengan 4 fps. Memiliki mode scene khusus seperti untuk memotret makanan, anak-anak, mode candlelight, dan filter lainnya.

Harga untuk kamera ini adalah sekitar 7,4 juta rupiah.

  • Canon EOS 70D

Kamera ini memiliki sensor 20,2 mp dengan jenis APS-C CMOS. Ini adalah sensor jenis terbaru yang punya kinerja canggih, dan memiliki autofocus yang sangat baik.

Salah satu kelebihan terbaik dari kamera ini adalah mempunyai fitur untuk fokus pada objek walau

dalam kondisi minim cahaya. Kemampuan pemotretan nya bisa sampai lebih dari 7 fps.

Harga untuk kamera ini adalah  sekitar 16,2 juta rupiah.

Itulah 3 contoh kamera DSLR dari Canon yang bisa coba Anda miliki.

Tips Membeli Kamera DSLR Pemula yang Benar

Agar bisa mendapatkan kamera DSLR yang tepat, Anda harus tahu dulu cara untuk membeli atau memilihnya yang benar. Anda bisa membaca tips-tipsnya berikut ini.

  • Siapkan Budget Dan Ketahui Kebutuhan

Jika hanya mencari kamera DSLR Canon untuk pemula maka budget yang perlu disiapkan tidak terlalu banyak. Seperti yang bisa Anda lihat dari kisaran harga DSLR Canon entry level yang sudah disebutkan di atas.

Sedangkan untuk kebutuhan karena kebanyakan pemula harus terbiasa dulu dalam memegang kamera maka beli kamera Canon entry level yang mana saja. Asal ada di entry level maka cocok saja untuk Anda. Oleh karena harus Anda ketahui bahwa setiap kamera DSLR untuk pemula baik Canon atau merek lain fitur dan spesifikasinya sama-sama standar jadi tidak terlalu sulit untuk menentukan.

  • Resolusi Megapixel

Anda harus tahu berapa megapixel ukuran yang baik untuk dipilih. Biasanya resolusi lensa kamera DSLR ada di angka belasan megapixel karena memang diperuntukkan bagi orang yang ingin mengambil foto dengan hasil bagus.

Untuk permulaan, lensa 14 MP mungkin sudah cukup. Nanti jika sudah terbiasa menggunakan kamera maka Anda bisa lebih mengerti tentang lensa. Lensa tersebut bisa diganti-ganti tanpa perlu membeli kamera baru. Kecuali Anda sudah mahir.

  • Sensor

Ukuran sensor dalam sebuah kamera DSLR juga penting untuk diperhatikan. Umumnya ada tiga jenis sensor, yaitu APS-C, full frame, dan four thirds. Anda harus tahu apa saja perbedaannya tapi kebanyakan kamera DSLR bagi pemula punya jenis sensor full frame.

Dengan penggunaan sensor ini hasil foto yang diambil sama persis dengan yang ditangkap. Tidak akan ada yang dipotong sedikit pun jadi memudahkan Anda melihat foto dengan detail.

  • ISO

Perhatikan bagian ISO, semakin besar ISO yang bisa disetting maka Anda bisa mengambil foto di ruang gelap dengan mudah. Hasil foto akan menjadi lebih terang.

  • Ukuran

Pilih kamera DSLR yang tidak terlalu besar dan berat. Ketika dibawa bepergian akan lebih mudah. Misalnya jika Anda ingin mengembangkan skill fotografi pemandangan dengan naik gunung maka dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan berat ini Anda tidak akan kelelahan.

Jika bobot DSLR masih terlalu berat Anda bisa memilih kamera mirrorless. Memang ukurannya mirip kamera pocket tapi kualitasnya setara DSLR.

Demikianlah informasi mengenai kamera DSLR Canon untuk pemula. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Edit Video untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.