Kamera Canon untuk Pemula

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kamera Canon untuk Pemula

 

Canon menjadi salah satu merek kamera yang paling banyak penggunanya. Produknya di Indonesia pun ada banyak sekali dari yang paling murah sampai mahal, dan untuk pemula maupun profesional. Jika para profesional sudah tahu kamera apa yang cocok dipilih oleh mereka, beda dengan pemula. Maka dari itu di sini akan dibahas kamera Canon untuk pemula agar mereka bisa terbantu dalam menentukan kamera Canon mana yang paling cocok untuk digunakan.

Ada juga sedang mencari informasi ini? Kalau begitu langsung lihat pembahasannya di berikut ini.

Level Kamera Canon untuk yang Baru Belajar Fotografi

Level kamera Canon ada pada produk kamera DSLR mereka. Dengan adanya pembagian level ini akan membuat orang-orang lebih mudah memilih kameranya apalagi pemula. Namun karena kamera DSLR punya fungsi yang cukup banyak dan bagi yang belum terbiasa memegang kamera akan tetap bingung maka pemula lebih baik belajar dulu menggunakan kamera pocket.

Maka jika mengurutkan kamera Canon untuk pemula yang paling mudah, kamera pocket adalah jawabannya. Fitur-fitur untuk mengambil gambar menggunakan kamera ini ada sedikit jadi mudah dipelajari. Beberapa kelebihan kamera pocket untuk pemula antara lain:

  • Ukuran kameranya kecil jadi bisa dibawa kemana saja. Jika tidak pernah membawa kamera, langsung menggunakan DSLR bisa membuat Anda pegal.
  • Oleh karena bentuknya kecil maka beratnya ringan jadi bisa dimasukkan kemana saja.
  • Lensa kamera pocket tidak perlu diubah karena memang sudah fixed. Bagi pemula, mencari lensa yang tepat untuk kamera adalah hal yang sulit sekali.
  • Harganya murah jadi cocok untuk yang baru belajar menggunakan kamera. Jika langsung memberi DSLR yang mahal bisa-bisa kameranya tidak terpakai karena tidak bisa mengoperasikannya.

Nah, setelah bisa menggunakan kamera pocket baru boleh lanjut menggunakan kamera Canon jenis DSLR untuk pemula. Berikut ini level dan jenis kamera DSLR Canon seperti apa yang khusus dibuat untuk pemula.

Level atau kelas kamera untuk pemula Canon adalah kelas entry level dan mid range. Mari bahas kedua kelas kamera Canon di ini.

Entry Level

Entry level adalah kelas kamera Canon untuk pemula, bisa disebut juga kelas low end. Kamera pada kelas ini mempunyai desain yang kecil dan menu-menunya mudah sekali untuk dioperasikan. Kemudian bodinya lebih ringan dan kadang licin.

Salah satu cara mengetahui kamera entry level ini dengan mudah adalah punya 3 sampai 4 angka digit di setiap serinya. Contoh kamera Canon kelas bawah ini adalah Canon EOS 1100D, 1200D, 700D, 750D, 600D, dan lain sebagainya. Sayangnya, kebanyakan kamera di seri ini sudah lama sekali.

Tadinya kamera Canon 1100D bernama Canon 1000D yang ada pada tahun 2008. Canon 1100D menggantikan kamera tersebut pada tahun 2011.

Mid Range

Ini adalah level terakhir untuk kelas pemula, bisa disebut juga Middle Pro. Meski sama-sama untuk pemula, tapi menu dan spesifikasi kamera Canon ini lebih hebat. Menunya lebih banyak dan teknologinya lebih unggul.

Jika Anda sudah fasih menggunakan yang entry level lalu ingin mengembangkan kemampuan fotografi lagi, bisa membeli kamera Canon ini. Seri ini memiliki kode nomor berjumlah 3 digit.

Kamera Canon untuk pemula kelas ini paling banyak jenisnya dan selalu diupgrade. Seri pertamanya ada pada tahun 2003 kemudian diupgrade sampai tahun 2014. Contoh seri kamera versi upgrade dari kamera sebelumnya antara lain:

  • Canon 350D dari 300D.
  • Canon 450D dari 400D.
  • Canon 550D dari 500D.
  • Canon 650D dari 600D.

Sampai sini saja kelas kamera Canon untuk pemula. Sedikit sekali ya? Selanjutnya ada lebih banyak lagi kamera untuk kelas profesional. Jika meneruskan kelas lainnya maka berikut ini urutannya.

  • Kelas semi advance.
  • Kelas advanced.
  • Kelas semiprofesional.
  • Kelas profesional.

Untuk kelas-kelas ini tidak akan dibahas karena artikel ini khusus untuk mengenal kamera Canon untuk kelas pemula.

Buying Guide Kamera Canon Bagi Pemula

Apabila Anda belum pernah membeli kamera sebelumnya dipastikan mengalami kebingungan ketika menentukan. Apalagi setelah melihat banyaknya kamera Canon yang khusus pemula. Setiap kamera punya ukuran lensa, pilihan menu, ukuran bodi, dan semua hal yang berbeda.

Maka dari itu, Anda harus mencari informasi dulu mengenai cara memilih kamera yang paling sesuai. Berikut ini beberapa tips bagi Anda.

Budget

Budget adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika membeli sesuatu. Apalagi jika sesuatu itu bernilai penting dan akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dengan mengetahui budget Anda maka bisa lebih mudah menentukan kamera seperti apa yang bisa dibeli.

Jika uang yang dimiliki terbatas tidak masalah membeli kamera Canon bekas. Oleh karena kualitasnya bagus maka kamera Canon bekas masih layak dimiliki. Namun jika masih pemula sih beli kamera Canon baru tidak terlalu berat karena harganya masih relatif terjangkau.

Tujuan Membeli Kamera

Jika ada budget tapi tidak memiliki tujuan membeli kamera bisa membuat bingung juga. Setiap tujuan punya spesifikasi kamera yang berbeda.

Apabila Anda membeli kamera untuk mengerjakan tugas kuliah, contoh kamera Canon yang bisa dibeli adalah Canon 750D kit. Resolusi yang dimilikinya 24 MP dengan lensa 18-55 mm untuk jenis pemotretan wide dan indoor.

Kamera saku untuk pengambilan gambar baisa seperti dokumentasi kantor atau kegiatan. Sementara jika untuk dibawa traveling pilih kamera jenis mirrorless karena biasanya ringan dan ukurannya kecil. Meski demikian kemampuannya mirip dengan DSLR.

Cari Referensi Kamera yang Banyak Digunakan

Jika bingung memilih Anda bisa mencari referensi dari orang sekitar Anda. Kamera Canon mana yang paling banyak digunakan oleh para pemula yang tujuan membeli kameranya sama dengan Anda. Tanya lebih detail mengenai spesifikasinya, harga, kegunaan, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Kamera Canon Bagi Pemula

Jika buying guide di atas masih membuat Anda belum menentukan kamera Canon mana yang akan dibeli, lihat beberapa rekomendasi kamera Canon berikut ini.

Kamera untuk pemula ini punya monitor LCD vari-angle, pengaturan kameranya mudah digunakan apalagi dengan adanya bantuan gambar contoh dan ilustrasi yang informatif. Harganya sekitar 9,5 juta rupiah.

Kualitas gambar yang diambil kamera ini cukup tinggi karena adanya fitur auto shooting. Ukuran sensor kameranya adalah 18 MP APS-C. Harganya sekitar 5,7 juta rupiah.

EOS 200D ini adalah pembaharuan dari kamera EOS 100D yang muncul pada tahun 2013. Kamera ini berjenis mirrorless jadi cocok sekali digunakan pengguna yang baru mengenal fotografi. Resolusi sensor lensanya adalah 24,2 MP. Harganya sekitar 8,8 juta rupiah.

Bodinya mirip DSLR tapi lebih kecil, pada bagian belakangnya terdapat layar LCD touchscreen. Memiliki sensor 24,2 MP CMOS. Prosesor dan sensor gambarnya memang masih kelas pemula tapi bisa digunakan juga jika Anda serius dalam dunia fotografi. Harganya adalah sekitar 10,3 juta rupiah.

Itulah dia informasi mengenai kamera Canon untuk pemula yang bisa diberikan. Semoga bisa membantu Anda yang masih bingung mencari kamera Canon yang tepat.

Baca artikel yang lain mengenai Edit Video untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.