Fungsi Tripod

Berbagai Macam Fungsi Tripod dan Tips Memotret Tanpa Tripod

Tripod atau dalam bahasa Indonesianya adalah Kaki Tiga merupakan salah satu alat atau aksesori tambahan untuk fotografer, yang gunanya adalah untuk menopang kamera supaya tetap diam tanpa perlu kita pegangi. Di pasaran ada banyak sekali jenis tripod yang bisa kita gunakan, semua berdasarkan jenis kamera yang akan ditopag, serta harganya. Beda harga beda kualitas tentunya. Tripod itu sendiri bukan hanya berguna sebagai penopang kamera saja, namun juga ada beberapa macam fungsi lainnya yang kadang tak begitu diketahui oleh pemilik kamera itu sendiri.

Beberapa fungsi tripod adalah sebagai berikut ini:

Untuk Mengurangi Beban Kamera yang Dipegang

Pemilik kamera DSLR pastilah tahu betapa berat beban yang akan dirasakan saat menenteng kamera itu kemana-mana, apalagi jika sudah melewati rute jauh untuk sampai ke lokasi pemotretan. Apalagi jika seri DSLR yang kita miliki adalah seri yang cukup mahal. Sebab semakin mahal sebuah kamera DSLR, maka semakin besar pula berat serta bobotnya.

Berat kameranya saja sudah lumayan, belum lagi jika ditambah dengan peragkat lensanya juga, terlebih jika sudah melakukan banyak updgrade lensa dengan lensa yang beraneka ukuran. Lensa yang di atas 105mm saja sudah lebih besar dan lebih berat daripada lensa kit. Nah, dengan adanya tripod, maka saat memotret kita tak perlu terlalu pegal menenteng kamera lagi.

Untuk Pemotretan Long Exposure atau Shutter Speed yang Rendah

Cobalah sesekali mengatur kecepatan rana (shutter speed) menjadi rendah, misalnya 1/10 detik atau 3 detik atau bisa juga bahkan 25 detik. Nah, kemudian setelah itu ambillah sebuah ptret dan lihat hasilnya. Maka gambar pasti akan terlihat kabur dan tidak fokus, juga sangat tidak memuaskan. Jangan salah, tak ada yang salah dengan kamera, namun itu karena tangan kita yang tak sanggup menopang kamera dengan kecepatan rana yang sangat rendah. Seandainya menggunakan tripod, maka kita bisa menciptakan banyak foto dramatis dengan kecepatan rana yang rendah, contohnya landscape air terjun yang mewah dan juga seperti efek bulb pada malam hari.

Membantu Mengatasi Angle Sulit Saat Memotret Landscape

Bagi yang hobi fotografi landscape, jelas sekali si kaki tiga ini adalah akesoris kamera yang paling penting. Sebab kaki tiga sangat diperlukan saat melakukan kompoisisi sudut pengambilan foto maupun aturan rule of third. Tripod juga akan membantu menahan getaran dan membantu fotografer untuk mengambil gambar dalam sudut atau tempat yang tak memungkinkan untuk dicapai oleh si fotografer tersebut.

Sangat Membantu Untuk Foto HDR

Yang disebut dengan Fotografi HDR (High Dynamic Range) merupakan teknik fotografi yang cukup merepotkan saat menciptakannya. Jadi selain memotret, kita juga harus mengolah lagi gambarnya dengan menggunakan software editing. Setidaknya harus memotret sebanyak 3 kali, tetapi dengan komposisi exposure yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang paling bagus dalam satu angle yang sama. Bisakah tanpa tripod? Sudah tentu mustahil. Kita tak bisa melakukan dua kali take dalam posisi yang sama tanpa menggunakan tripod.

Fotografi Makro

Untuk dapatkan foto makro yang memuaskan, bukan hanya butuh lensa makro melainkan juga tripod sebab memotret benda kecil sangat rawan dengan goncangan. Kebanyakan DSLR memang sudah dilengkapi dengan fitur stabilizer baik jenis VR maupun IS, akan tetapi tetap saja tidak akan terlalu banyak membantu. Maka dengan menggunakan tripod semua hal itu bisa diatasi. Belum lagi jika menggunakan timer, tak mungkin kita memegangi kamera lama-lama, bukan?

Mempertajam Foto Saat Focal Length panjang

Kita tahu persis jika untuk menghasilkan foto yang tajam dan fokus itu harus melakukan perbesaran sampai mencapai angka lebih dari 200mm itu sangat sulit. Belum lagi getaran halus dari tangan juga bisa mengganggu kamera dalam mengambil foto yang tajam. Oleh karena itu, penggunaan focal length panjang untuk memotret kegiatan olahraga, satwa liar dan lain sebagainya jauh lebih baik dengan menggunakan tripod saja.

Akan tetapi, yang menjadi masalah adalah kita tidak bisa setiap waktu membawa tripod kemana-mana. Apalagi mengingat tripod untuk fotografer profesional beratnya pun tak bisa dibilang enteng mengingat fungsinya yang sangat berat dan bisa diandalkan. Sudah tentu menenteng tripod kemana-mana akan cukup menguras energi. Belum lagi jika medan yang harus kita lalui untuk sampai ke spot pemotretan bukanlah medan yang biasa dilalui oleh masyarakat, pastilah membawa tripod akan membuat kita kehilangan konsentrasi dan mood.

Maka karena itu, selain menggantungkan hasil akhir foto pada tripod yang bagus, maka kita sebagai fotografer juga harus mampu untuk handheld atau memotret tanpa menggunakan tripod sekalipun ada risiko yang harus kita terima, yaitu blur. Tetapi jangan khawatir, walaupun besar risiko blur, namun kita tetap bisa mengusahakan supaya hasil foto yang kita ambil tanpa tripod tetap tajam, yakni dengan menggunakan beberapa trik di bawah ini:

Peganglah Kamera dengan Erat

Jangan sepelekan posisi tangan saat memegangi kamera, pastikan kita selalu memegangi kamera dengan kuat dan benar. Sebab trik pertama untuk memotret tajam tanpa tripod adalah tangan yang kokoh memegangi kamera dan tak akan goyah selama beberapa detik selama pengambilan gambar.

Caranya adalah dengan menempatkan lengan sejajar dengan dada, supaya getaran yang muncul nanti dapat disalurkan ke tubuh tanpa mengganggu kamera. Lantas posisikan berat dari kamera supaya ditopang oleh tangan kiri, dan yang satu ini sangat berguna jika mengambil foto menggunakan lensa tele. Jangan lupa untuk menekan shutter dengan sangat lembut, dan usahakan supaya tidak bergeser setelah menekan shutter supaya hasil gambar yang didapatkan bagus.

Berlutut

Apabila dengan berdiri dirasa tetap bisa membuat gambar yang diambil tetap ngeblur, maka cobalah dengan berlutut. Dengan menopang berat tubuh pada lutut, maka kita bisa meminimalisir getaran tubuh. Kemudian saat membawa beban kamera plus juga beban lensa yang berat, maka kita bisa membagi beban yang ditanggung tangan kiri pada lutut sehingga tangan pun tidak gemetar saat melakukan pemotretan.

Carilah Tempat untuk Bersandar

Untuk bersandar kita bisa memilih pohon, dinding, meja ataupun benda kokoh lainnya yang akan membantu kita untuk menstabilkan kamera saat memotret. Jadi prinsipnya kita akan meredam getaran dari tangan dengan mengunakan objek atau benda yang digunakan untuk bersandar selama mengambil foto.

Nah, demikian adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memotret dengan tajam dan bagus walaupun tanpa bantuan tripod. Selain semua tips yang telah disebutkan di atas, kita juga harus mencoba untuk menggunakan timer sehingga kamera tak perlu lagi bergetar saat kita mengambil gambar tanpa tripod. Semoga bisa mengaplikasikannya dengan baik ya.

Baca artikel yang lain mengenai Lensa Zoom vs Lensa Fix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.