Foto Malam Hari

Tips Mengambil Foto Malam Hari

Bagi fotografer pemula salah satu tantangan yang harus dipecahkan adalah memotret dengan hasil maksimal di tempat yang sedikit cahaya. Tanpa teknik khusus seringkali foto yang dihasilkan menjadi  buram bahkan tidak terlihat sama sekali. Bahkan menggunakan kamera DLSR juga tak bisa asal jepret perlu teknik tersendiri untuk mendapatkan foto dengan hasil maksimal.

Misalnya saja seorang fotografer pemula atau mereka yang baru belajar fotografi ingin mengambil gambar di malam hari. Jika tidak mengambil gambar di ruangan yang sangat minim penerangan dan tidak membawa penerangan tambahan. Ada teknik tersendiri yang harus dipelajari dan kemudian dikuasai oleh fotografer untuk mendapatkan hasil maksimal.

Penggunaan flash pada kamera memang membantu. Bisa dikatakan flash adalah senjata bagi fotografer ketika berada di tempat gelap. Akan tetapi perlu dipahami, bahwa tidak dalam semua kondisi flash dapat mengatasi pengambilan gambar di tempat yang minim cahaya.

Di beberapa momen, penggunaan flash justru menganggu hasil pemotretan. Flash pada kamera digital misalnya, yang hanya membantu pencahayaan di objek bagian depan saja. Akibatnya itu mempengaruhi foto yang dihasilkan.

Demikian pula jika Anda menggunakan kamera DLSR yang memang memiliki kelebihan sensor gambar yang lebih besar. Namun demikian, jika tidak pandai mengatur settingannya maka penggunaan kamera DLSR akan percumadan hasilnya juga tidak maksimal.

Jika menggunakan flash, secara manual Anda bisa melihat letak jatuhnya cahaya yang ada di sekitar objek foto. Dari situ Anda bisa memperhitungkan apakan penggunaan flash diperlukan atau tidak.  Namun demikian Anda juga harus mengetahui tips fotografi lain ketika harus mengambil gambar di tempat gelap atau ketika malam hari. Berikut ini tipsnya yang bisa bisa dipraktikkan untuk Anda fotografer pemula.

1. Mengatur Penggunaan ISO

Penggunaan ISO tinggi memang membuat kualitas hasil foto kurang baik. Akan teetapi penggunaan ISO tinggi ini diperlukan saat memotret di tempat gelap, malam hari, atau dengan sedikit cahaya. Anda bisa mengatur ISO tinggi antara 800-6400. Anda bisa menyesuaikannya dengan tingkat cahaya yang ada. ISO tinggi ini juga bisa digunakan ketika tidak terdapat alat bantu seperti tripod atau flash.

2. Atur Mode Kamera

Jika Anda menggunakan kamera DLSR atau kamera digital pocket pastikah terdapat pengaturan mode. Anda bisa memilih mode A atau Av yang secara otomatis akan menyesuaikan foto di berbagai kondisi, termasuk ketika malam hari atau berada ketika di tempat gelap.

3. Menggunakan Lensa Bukaan Besar

Ini khusus untuk Anda yang menggunakan kamera DLSR. Lensa dengan bukaaan besar akan menguntungkan ketika berada di situasi atau kondisi gelap. Anda juga perlu mengatur ISO ketika menggunakan kamera dengan bukaan besar. Tidak perlu teralu tinggi. Selain itu kamera bukaan besar juga akan memasukkan cahaya yang ada dengan maksimal ke kamera. Selain itu juga kamera ini akan menghasilkan gambar dengan objek yang lebih fokus karena latar belakang akan blur atau tidak terlihat.

4. Menggunakan Flash/Lampu Kilat

Menggunakan flash adalah cara paling jitu untuk mendapatkan gambar maksimal di tempat yang minim cahaya.  Jika Anda menggunakan kamera DLSR maka lampu flash sudah terpasang. Di beberapa kondisi flash memang membantu, namun di kondisi lain flash justru akan merusak foto. Jika Anda memotret di dalam ruangan yang gelap lampu flash bisa Anda arahkan ke atas sehigga cahaya akan memantul ke subjek. Dengan demikian cahaya akan merata, dan objek foto akan terlihat lebih jelas.

5. Pegang Shutter

Dalam kondisi gelap biasanya shutter speed akan bergerak lambat. Diperlukan ketelatenan dan kesabaran di sini. Anda harus memegang erat kamera, jangan sampai bergerak. Jika bergerak maka gambar yang dihasilkan akan menjadi kabur atau tidak fokus. Anda juga harus melatih pernapasan dengan baik. Dan menyentuh tombol shutter dengan perlahan. Usahakan badan jangan sampai bergerak ketika menekan tombol shutter karena bisa berpengaruh pada foto yang dihasilkan.

6. Menggunakan Tripod

Menggunakan tripod dalam pengambilan gambar memang merepotkan. Pertama karena tripod cukup berat dan perlu waktu untuk menyetelnya. Akan tetapi keberadaan tripod cukup membantu terutama jika objek foto Anda adalah benda diam atau tidak bergerak. Jika menggunakan tripod, tidak perlu khawatir shutter speed akan bergerak lambat sebab akan membidik di waktu yang tepat. Akan tetapi perlu diperhatikan tripod tidak bisa digunakan untuk mengambil objek foto yang bergerak.

7. Gunakan Fitur Image Stabilizer

Anda juga bisa menggunakan fitur image stabilizer yang ada pada kamera ketika mengambil gambar di tempat gelap. Anda bisa mengaturnya pada settingan kamera atau pada lensa kamera.

8. Sabar Menunggu Momen Yang Tepat

Memotret objek dalam kondisi gelap diperlukan kesabaran terutama menunggu momen yang tepat. Apalagi dengan cahaya yang minim, harus menunggu saat yang tepat kapan cahaya mengenai sekitar objek. Misal ketika memotret fashion show,pastilah ada momen ketika model berhenti sejenak dan ada cahaya. Itulah saat yang tepat untuk memotret dan menghasilkan gambar yang bagus.

9. Mengambil Gambar Beruntun

Salah satu teknik untuk mendapatkan gambar memuaskan di tempat gelap adalah mengambil banyak gambar sekali waktu. Anda bisa mengaktifkan fitur tersebut di menu mode. Jika Anda mengambil gambar sekali waktu dan mendapatkan banyak gambar, maka Anda akan bisa mendapatkan dan tentu saja memilih gambar terbaik.

10. Menggunakan Monopod Atau Benda Di Sekitar Kita

Memotret dalam kondisi gelap diperlukan posisi yang tenang, jika tidak seringkali gambar yang dihasilkan kabur atau blur. Jika Anda repot jika menggunakan tripod, Anda bisa menggunakan monopod untuk menggantikan fungsi tripod. Fungsi tripod dan monopod sama. Namun monopod lebih ringkas karena hanya satu kaki dan tentu saja lebih ringan dan ringkas digunakan. Jika tidak ada tripod atau minipod Anda bisa menggunakan benda lain seperti meja, kursi, atau benda lainnya yang bisa menopang kamera.

Jika Anda fotografer pemula salah satu uji coba yang harus Anda lalui adalah mengambil gambar di tempat gelap. Memang bukan perkara mudah, karena sering kali gagal dalam mengambil gambar. Anda bisa jadi tidak bisa sekali jadi ketika mengambil gambar, butuh beberapa kali latihan.

Namun demikian percayalah Anda bisa mengambil gambar dan mendapatkan hasil yang maksimal kendati di tempat yang minim cahaya.  Anda hanya perlu rutin berlatih . Misal mengambil stock foto di  malam hari atau di tempat yang minim cahaya, misal memotret model dengan lampu yang remang-remang.

Tips tersebut juga bisa Anda praktikkan dan Anda padukan dengan ilmu fotografi yang Anda. Jika menggunakan kamera DLSR Anda juga bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada agar bisa mengambil gambar di tempat yang minim cahaya.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Canon EOS M6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.