Efek Sinar Matahari dengan Photoshop

Memberi Efek Sinar Matahari dengan Photoshop dan Cara Menangkapnya Secara Alami

Sinar matahari adalah salah satu objek yang sulit diambil oleh kamera. Oleh karena itu banyak fotografer yang mengedit sinar matahari dengan Photoshop. Efek sinar matahari yang muncul di dalam foto dinamakan RoL atau Ray of Light.

Cara untuk membuat efek ini menggunakan Photoshop lumayan panjang jadi mungkin akan sedikit membingungkan bagi para pemula. Namun jika ingin belajar tentu saja tidak masalah untuk mengikutinya. Di bawah ini akan ada pembahasan mengenai membuat efek sinar matahari dengan Photoshop dan informasi bagaimana caranya menangkap sinar matahari dengan cara yang manual.

Langkah Membuat Efek Sinar Matahari Menggunakan Photoshop

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa cara mengedit RoL menggunakan Photoshop langkah-langkahnya lumayan panjang. Maka dari itu Anda harus membaca tutorial di bawah ini dengan sangat saksama supaya efek yang dihasilkan akan bagus dan berhasil. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama masukkan dulu foto ke jendela kerja Photoshop dengan cara pilih menu File kemudian Open dan pilih mana fotonya akan diedit kemudian klik Open. Jika belum punya hasil karya sendiri Anda bisa mencari foto yang sekiranya bisa cocok ditambahkan dengan sinar matahari misalnya hutan dengan banyaknya pepohonan atau pemandangan alam lain.
  • Sesudah itu buat layer baru dengan cara klik menu Layer kemudian pilih Menu dan pilih Layer. Atau supaya lebih mudah langsung saja klik ikon bertuliskan Create a New Layer.
  • Lalu berikan warna pada layer 1 menggunakan warna hitam dengan cara memilih menu Edit lalu pilih Fill kemudian pilih Black dan klik Use. Terakhir OK. Dengan memilih warna ini maka layer akan tertutupi oleh warna hitam.
  • Selanjutnya tambahkan efek noise dengan cara klik Filter kemudian pilih Noise dan pilih Add Noise. Kemudian¬† pada bagian Amounth isi dengan 23%, dan pilih opsi Gaussian. Kemudian beri tanda centang pada bagian Monochromatic. Lalu OK.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan efek blur dengan cara klik menu Filter lalu pilih Blur dan pilih Gaussian Blur. Isi nilai pada kotak Radius dengan 2.5 pixels. Klik OK lagi.

Sampai dengan langkah ini Anda sudah paham? Sampai dengan langkah ini layer akan tertutupi oleh warna hitam dengan bintik-bintik berwarna putih yang sangat banyak dan sedikit blur karena sudah dilakukan pengeditan blur tadi. Sesudah itu Anda harus mempertebal efek bintiknya. Langkah selanjutnya sebagai berikut.

Untuk memberi bintik supaya lebih tebal adalah dengan klik menu Image lalu pilih Adjustment lalu pilih Curves. Lalu Anda harus memberi nilai juga pada kotak dialog yang muncul. Caranya adalah dengan tarik ikon berwarna hitam dan putih untuk mengubah garis output dan input sampai tercipta Output sebesar 255 dan Input 35. Lalu beri tanda pada pilihan Light lalu pada opsi Show klik semua pilihan termasuk preview. Kemudian OK.

Sampai dengan cara tersebut Anda akan menemukan layer hitam dengan bintik yang tidak terlalu banyak tadi menjadi penuh dengan bintik putih mirip dengan televisi jaman dulu ketika sedang tidak ada siaran atau buram.

Sekarang lanjutkan kembali dengan memberikan efek Radial. Caranya sebagai berikut.

  • Klik menu Filter kemudian pilih Blur, dan pilih Radial Blur.

Lalu pada kotak Amount beri nilai 100, pilih Zoom pada pilihan Blur Method, lalu pilih Best pada opsi Quality. Pada pilihan Blur Center tarik garisnya sampai titiknya ada di kanan agak atas. Klik OK dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Sekarang hilangkan warna hitamnya dengan cara ubah blending mode yang ada pada layer 1 jadi soft light. Sesudah itu pada gambar yang sudah dipersiapkan tadi akan ada tambahan cahaya tapi langkahnya belum selesai. Anda harus menambahkan sinar matahari lagi, memperjelas warna dari cahayanya, dan pengeditan akhir.

  • Tambahkan sinar matahari

Caranya adalah buat lembar kerja yang baru sehingga menjadi layer 2 dengan cara klik ikon Create A New Layer lalu pakai Brush Tool berwarna putih dengan ukuran atau size 125 dan opacity 50%. Kemudian usapkan kursor di bagian tengah dari sinar matahari yang sudah ditambahkan tadi yang akan membuat seolah-olah ada matahari yang sedang menyinari pemandangan.

  • Buat warna cahaya jadi lebih jelas

Langkah ini dilakukan jika ada bagian dari foto yang redup. Untuk melakukannya diperlukan layer yang baru lagi sebagai layer 3 dengan cara klik ikon Create A New Layer. Selanjutnya kembali lagi untuk mengubah Blending Mode dan Overlay menjadi 100%. Lalu gunakan Brush Tool dengan ukuran atau size 250, warna putih, dan Opacity 30%. Usapkan kursor ke bagian yang akan diterangi saja. Edit sesuai keinginan Anda. Namun mungkin untuk pemandangan lain tidak perlu melakukan hal ini, langkah ini cocoknya diberikan pada gambar pohon-pohon yang berada di hutan supaya di setiap sisi celah pohon terlihat seperti ada sinar matahari yang muncul.

Setelah itu ini saatnya akan menuju akhir jadi hanya tinggal menggabungkan gambar dan sedikit langkah akhir. Sebagai berikut.

  • Gabungkan semua layer yang sudah dibuat pada panel layer. Cara mudahnya adalah klik 4 tombol pada keyboard, yaitu Ctrl + Shift + Alt + E. Sesudah itu akan muncul layer 4 yang merupakan hasil gabungan 3 layer baru tadi juga background.
  • Kemudian agar tampilannya terlihat lebih nyata sekarang tambahkan sedikit filter. Caranya adalah klik menu Filter lalu pilih Sharpen dan pilihan Unsharp Mask. Pada dialog yang muncul, di kotak Amount isi dengan nilai 110%, dan radius isi dengan 1,5 pixels lalu klik OK.

Selesai sudah tutorial cara membuat sinar matahari dengan menggunakan Photoshop ini. Meski langkahnya panjang tapi sebenarnya cara ini sangat mudah. Sudah mengerti dan bisa mengikutinya? Sekarang mari lihat pembahasan berikutnya.

Cara Menangkap Sinar Matahari Secara Manual

Meski sulit ditangkap oleh cara manual tapi tentu saja sinar matahari masih bisa tertangkap oleh kamera meski pastinya tidak terlalu bagus. Bagi Anda yang malas mengedit Ray of Light maka tidak ada salahnya untuk ikuti tutorial cara menangkap sinar matahari secara langsung dengan kamera.

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mendapatkannya. Jika Anda masih bingung bisa ikuti pengaturan yang diberikan di bawah ini sebagai perlengkapan untuk menangkap sinar matahari tersebut.

Untuk persiapannya bisa dengan menggunakan lensa dengan standar 18-55 mm namun jika ingin lebih besar juga tidak mengapa misalnya 70-300 mm. Kemudian gunakan flash tambahan jika ada, filter GND 0,6 x, dan tripod. Kemudian gunakan setelan ISO Speed 200-400 tergantung pada ketersediaan cahaya yang akan ditangkap. Gunakan Focal Line 25 sampai 55 MM, Aperture f/2.5 sampai f/5.6, setel Exposure dengan 1/25 sampai dengan f/5.6, gunakan Exposure Compensation dari 0 sampai -2, lalu atur Flash dengan On atau Off terserah Anda.

Meski demikian setelan tersebut tidak mutlak, hanya menjadi acuan untuk penyetelan awal saja. Sesuaikan pengaturannya dengan ketersediaan cahaya matahari, jarak bidik, kelembaban udara atau bisa juga sesuai dengan tebalnya kabut jika mengambil foto pemandangan di hutan atau pegunungan.

Kemudian untuk waktunya lebih baik lakukan pada pagi hari ketika sinar matahari sedang terik biasanya dari pukul 08.30 sampai 09.30 pagi atau sampai matahari sinarnya sudah tidak terlalu terik.

Untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus Anda tidak bisa hanya mengambil satu atau dua buah foto, bahkan harus berpindah-pindah tempat sampai mendapatkan cahaya matahari terbaik. Jika Anda merasa tidak sanggup untuk mengambil sinar matahari secara langsung karena tidak kunjung dapat maka lebih baik gunakan Photoshop saja untuk mengeditnya.

Demikianlah pembahasan cara menangkap sinar matahari menggunakan kamera secara langsung dan cara membuat efek RoL dengan Photoshop. Semoga bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Tutorial GIMP untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.