Efek Kamera Canon yang Bagus

Cara Membuat Efek Kamera Canon yang Bagus

Camera Canon merupakan salah satu perangkat yang menjadi pilihan bagi pecinta fotografi. Kamera Canon terutama Canon EOS telah umum dipakai tidak hanya oleh fotografer profesional saja tetapi juga fotografer pemula. Spesifikasinya lebih dari kamera digital biasa sehingga memberi hasil efek kamera Canon yang bagus.

Pengenalan Kamera Canon

Agar pemakaian kamera Canon menghasilkan jepretan yang bagus maka seorang fotografer harus memahami kameranya secara detail. Ada beberapa tombol yang harus dipahami seperti tombol auto focus, tombol white balance dan tombol ISO. Pengguna pada kamera digital sudah sangat dipermudah dengan fiturnya. Untuk fotografer pemula disarankan tidak banyak menggunakan tombol manual.

Mode sutter dan aperture mempunyai peranan yang sangat penting pada penggunaan kamera digital. Mode tersebut memberi kemudahan pada saat memotret. Dalam dunia fotografi, histogram menjadi komponen yang sangat vital untuk mengetahui hasil jepretan secara lebih mendetail.

Kamera Canon sebagai salah satu perangkat fotografi yang menjadi rekomendasi bagi fotografer pemula hingga profesional mempunyai kelebihan dan kekurangan. Hal ini memang sebaiknya diketahui sebelum memakai kamera Canon untuk memperoleh hasil yang terbaik. Pada kamera Canon mempunyai lensa kit 18-35 mm yang merupakan lensa bawaan. Lensa tersebut akan menghasilkan gambar berkualitas HD yang tajam.

Kelebihan kamera Canon diantaranya adalah sensor yang lebih tinggi, ukuran layarnya lebih besar, dapat merekam video resolusi besar dan dilengkapi aplikasi smartphone. Sedangkan kekurangan kamera Canon diantaranya adalah autifocus lamban, saat mengambil gambar RAW terjadi buffering, auto HDR yang no mode, tidak mempunyai image stabilization dan sedikit titik fokus. Resolusi LCD pada kamera Canon rendah sehingga saat dilakukan zoom mode menghasilkan gambar yang kurang bagus.

Jenis Kamera Canon yang Bagus

Ada bermacam-macam kamera Canon yang dapat menjadi rekomendasi untuk pecinta fotografi. Pemilihan kamera Canon dengan tepat dapat menentukan efek kamera Canon yang bagus. Kamera Canon yang direkomendasikan untuk pecinta fotografer adalah sebagai berikut.

1. Kamera Canon EOS 60D

Keunggulan dari jenis kamera ini adalah memberikan hasil yang bagus untuk pengambilan gambar di luar ruangan. Sangat pas untuk fotografer yang suka dengan kegiatan di luar ruangan seperti traveller.

2. Kamera Canon EOS 70D

Kamera Canon ini mempunyai resolusi 18 mp dan ukuran CMOS sensor 22.3 x 14.9 mm. Kamera Canon EOS 70D juga dapat difungsikan untuk merekam video beresolusi 1920 x 1080.

3. Kamera Canon EOS 700D

Untuk fotografer pemula mungkin kamera Canon ini dapat menjadi pilihan karena cara pengoperasiannya tidak terlalu rumit tetapi menghasilkan jepretan yang bagus. Dengan resolusi 18 Mp, layar LSD sentuh dan full HD 1080 menjadi salah satu pilihan kamera yang bagus.

4. Kamera Canon EOS 1100D

Kamera Canon ini mempunyai sensor 12.2 Mp dan menjadi kamera Canon dengan harga yang paling murah.

5. Kamera Canon EOS 1200D

Untuk pemula yang masih akan memulai fotografi, kamera Canon ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Harganya cukup murah dengan hasil yang bagus.

Efek Kamera Canon

Sebagai seorang fotografer yang ingin memperoleh hasil jepretan bagus akan membutuhkan efek pada kamera. Tujuan efek kamera ini adalah agar obyek yang telah diambil menghasilkan foto lebih sempurna dan lebih indah. Sebenarnya di kamera Canon telah tersedia 3 bagian kosong yang berfungsi menambah picture style. Fiturnya cukup bagus dengan spesifikasi lebih bagus daripada kamera digital biasa.

Di dalam kamera Canon sendiri telah tersedia 6 picture style untuk suasana berbeda. Picture style merupakan fitur bawaan yang ada di dalam kamera Canon. Picture style tersebut berfungsi untuk pengaturan komposisi warna sesuai kondisi pada saat pemotretan.

Akan tetapi, sebagai fotografer handal yang ingin memperoleh gambar dengan bagus dan indah harus memahami beberapa efek pada kamera Canon. Berikut efek kamera Canon yang bagus.

1. Efek Japanese Style

Untuk memperoleh efek Japanese Style yang keren harus mengimbanginya dengan memperhatikan foto minim noise. Jika menginginkan ada efek bintik-bintik pada foto dapat setting ISO yang tinggi. Sedangkan jika tidak ingin terdapat efek bintik pada foto maka setting ISO diatur lebih rendah seperti ISO 50 atau ISO 100. Akan lebih bagus lagi tidak memakai ISO yang terlalu tinggi karena nanti hasilnya tidak jelas.

2. Efek Akiiro Kouyou

Efek Akiiro Kouyou menjadi efek yang paling keren dalam fotografi memakai kamera Canon. Memang membutuhkan perjuangan dalam memadukan antara sutter speed, aperture dan ISO.

3. Efek Flower

Pengaturan ISO menjadi sangat penting pada efek ini untuk memperoleh gambar yang bagus karena berpengaruh di tingkat sensitifitas. Jika menggunakan ISO yang rendah dengan kondisi lowlight maka akan menghasilkan foto terlalu gelap akibat sensor sangat sensitif.

4. Efek Eyer Beauty Shot

Pada efek Eyer Beauty Shot harus memperhatikan pengaturan cahaya yang masuk. Banyaknya cahaya yang masuk tersebut akan mempengaruhi hasil foto.

5. Efek Landscape

Efek landscape merupakan salah satu efek yang paling keren dari kamera Canon. Untuk memperoleh foto yang bagus pada efek landscape harus memadukan antara ISO, sutter speed dan aperture.

Cara Menggunakan Kamera Canon

Untuk memperoleh hasil foto yang terbaik maka harus mengerti cara menggunakan kamera Canon dengan baik dan tepat. Yang paling penting saat menggunakan kamera Canon adalah melakukan format kartu memori, pemilihan titik auto focus, pengaturan kualitas gambar dan memahami pengaturan fitur.

Sebelum memakai kamera Canon sebaiknya selalu melakukan format pada kartu memori. Format kartu memori ini penting untuk menghindari agar foto di kamera tidak terhapus. Agar lebih aman dapat memilih low level format untuk pengamanan data atau file yang tersembunyi. Penerapan titik auto focus saat memotret obyek menggunakan kamera Canon dapat mengaktifkan semua titik focus sehingga hasilnya akan lebih memuaskan.

Kamera Canon dapat melakukan perekaman gambar melalui 2 format kualitas gambar yaitu format RAW dan format JPEG. Format JPEG mempunyai file yang kecil karena sebelum masuk ke kartu memori telah diolah terlebih dahulu. Sedangkan untuk format RAW mempunyai file yang lebih besar. Foto yang disimpan dalam format RAW membutuhkan penyimpanan yang lebih lama. Hal ini berpengaruh pada kecepatan pengambilan foto.

Yang merupakan hal penting dan tidak boleh dilupakan pada kamera Canon yaitu ketahanan baterai. Sebelum melakukan aksi pemotretan harus mengisi daya terlebih dahulu dan memastikan baterai penuh. Penting juga untuk mengetahui hal-hal yang dapat membuat baterai cepat habis seperti live view, image stabilization dan auto focus.

Efek kamera Canon yang bagus dapat memberikan hasil foto lebih bagus dan menarik. Agar lebih profesional memperoleh hasil yang terbaik harus melakukan latihan terus-menerus. Dan yang terpenting adalah harus memahami fitur-fitur pada kamera Canon.

Baca artikel yang lain mengenai Fotografi Still Life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.