Editing Video Untuk Vlogger

Tips Editing Video Untuk Vlogger Menggunakan Adobe Premiere

Popularitas youtube makin meningkat dari tahun ke tahun. Tidak hanya sekedar berbagi video, para vlogger ini juga mendapatkan pundi – pundi rupiah yang tidak sedikit. Salah satu cara para vlogger mendulang rupiah melalui youtube yakni dengan memasang iklan pada video mereka. Untuk dapat memasang iklan inilah para vlogger harus mempunyai subcriber yang banyak.

Tentunya subcriber hanya akan mengikuti dan menonton tayangan video yang menarik bukan? beragam cara seperti konten kreatif dan editing video umumnya menjadi persiapan pamungkas bagi para vlogger. Editing video yang paling banyak digunakan oleh para vlogger yakni aplikasi Adobe Premire. Berikut tips dan trik edit video yang bisa lakukan dengan menggunakan Adobe Premire.

  1. Anda bisa memotong bagian tertentu dalam video anda menggunakan Adobe Premire.
  2. Supaya video terkesan lebih hidup, gunakan slowmotion atau tomelapse.
  3. Coba teknik grading supaya warna tampilan video anda terkesan lebih dramatis.
  4. Tambahkan teks pada video anda supaya pesan yang ingin anda sampaikan lebih jelas.
  5. Tambahkan narasi supaya suara anda lebih nyaring dan jelas.
  6. Tambahkan backsong supaya video lebih hidup.

Cara Mudah Menstabilkan Gerakan Kamera dengan Adobe Premire

Gerakan kamera yang tidak stabil akan membuat video anda terdapat guncangan –guncangan. Pengambilan video dengan banyak guncangan biasanya terjadi karena teknis shooting menggunakan handheld (tanpa bantalan) atau dipegang langsung menggunakan tangan saja. Beberapa orang tetap menggunakan teknis handheld ini karena kemudahan gerakan dalam mengganti arah kamera.

Namun jika tidak benar – benar stabil, yang ada kualitas gambar menjadi buruk karena banyaknya guncangan. Untuk memperhalus guncangan tersebut bisa anda akali menggunakan Adobe Premire supaya gerakan kamera terkesan lebih halus. Berikut cara menstabilkan gerakan kamera menggunakan Adobe Premire.

  1. Pilih file video yang akan anda edit, lalu drag video tersebut ke timeline Adobe Premire.
  2. Anda bisa menyesuaikan resolusi video dengan screen dengan cara klik kanan pada video lalu pilih Scale to Frame Size.
  3. Klik Effects lalu pilih Distort dan pilih Warp Stabilize, drag pada video anda. cara pintas lainnya yakni dengan memilih Effects lalu ketik Warp Stabilizer, drag pada video timeline.
  4. Tips terakhir jika ada peringatan Warp Stabilizer Requires Clip Dimensions to Match Sequence maka tinggal klik kanan video tersebut dan pilih Nest.

Tips Mengatasi Frame Video Terpotong Ketika Proses Editing

Ketika anda berhasil mengatasi efek guncangan menggunakan Adobe Premire, anda akan menemui masalah baru yakni terpotongnya frame video. Cara kerja Adobe Premire membuat video terlihat lebih stabil yakni dengan memotong frame nya. Berikut tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi frame video yang terpotong.

1. Mainkan Motion pada Adobe Premire

Video yang terpotong akan membuat resolusinya menjadi lebih kecil sehingga tidak tampil secara full sreen. Meskipun tampilan video menjadi lebih stabil dan halus, dengan ukuran video yang terpotong tentunya tetap akan membuat video anda terlihat sangat tidak profesional. Anda bisa menggunakan Motion lalu mengatur kembali Scale dan Position video anda di Effect Control.

2. Buat Gambar Terambil Secara Zoom Out

Cara lain yang bisa anda coba untuk mengantisipasi resolusi gambar terpotong lebih kecil ketika dalam proses editing yakni dengan mengambil gambar secara zoom out. Pengambilan gambar yang dilakukan secara zoom out atau melebar ini akan membuat frame yang terpotong lebih bisa ditolerir tampilannya.

Tips dan Trik Edit Video Amatir Terkesan Profesional dengan Adobe Premire

Tips dan trik ini wajib anda baca dan terapan jika anda baru saja terjun ke dunia youtube. Bagi pemula tentunya anda perlu mencari tahu apa saja yang bisa membuat video anda terlihat menarik. Selain bahan atau konten dari sebuah video, cara anda mengambil gambar juga akan menjadi penentu seberapa bagus video anda nantinya. Berikut ini tips dan trik membuat video anda terlihat lebih profesional :

1. Perlambat Video untuk Atasi Guncangan

Akan sangat tidak nyaman apabila anda melihat video yang mempunyai banyak guncangan bukan? Kesan amatir pasti menjadi label video yang mempunyai banyak guncangan. Untuk mengurangi guncangan pada video anda, editlah menggunakan Adobe Premire. Cara paling mudah yakni dengan mengurangi kecepatan video. Anda bisa meminimalisir guncangan dengan memperlambat speed video anda.

2. Cara Mudah Atasi Noise

Noise tidak hanya terjadi ketika anda mengambil video di ruang publik saja, sekalipun anda mengambil video pada ruangan sunyi pun akan tetap ada noise nantinya. Hanya saja noise video yang anda ambil diruang sunyi hanya bisa terdengar ketika volume suaranya dinaikkan. Untuk mengatasi noise ini, anda bisa menggunaka Adobe Premire dengan tool noise filter.

3. Dapatkan Pencahayaan yang Lebih Maksimal

Jenis pencahayaan ini tentunya disesuaikan dengan jenis video yang anda buat nantinya. Jika anda tidak mendapatkan pencahayaan yang sesuai ketika mengambil gambar, anda memaksimalkannya ketika proses editing video. Atur kembali color correction pada software Adobe Premire milik anda. Pilih kembali pencahayaan yang paling anda sukai.

Cara Mudah Atasi Video yang Tidak Bisa di Import ke Adobe Premire

Tahukan anda bahwa aplikasi editing video seperti Adobe Premire tidak bisa digunakan untuk mengedit video dengan format tertentu? Misalkan saja aplikasi Adobe Premire CS3 yang tidak dapat digunakan untuk import video dengan format AVI, MOV, dan WMV. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan yakni dengan mengganti format video tersebut sebelum masuk proses editing menggunakan Adobe Premire. Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk meng-convert format video anda.

Tips Edit Video Tanpa Lemot Menggunakan Adobe Premire

Salah satu kekurangan Adobe Premire yakni rawan lemot jika digunakan pada laptop atau komputer dengan spek rendah. Tentunya sangat menyebalkan jika laptop anda mengami deadlock atau not responding ketika dalam proses editing video.  Lebih menyebalkan lagi apabila project belum anda simpan. Umumnya pengguna akan menutup paksa aplikasi ketika laptop mengalami hang. Jika project belum tersimpan, maka otomatis anda harus memulainya dari awal lagi. Supaya anda tidak perlu mengalami hal tersebut, berikut ini tips mengoptimalkan Adobe Premire agar tidak lemot.

  1. Buka aplikasi Adobe Premire lalu buka project yang sudah ada atau klik new project apabila anda akan mengedit video dari awal.
  2. Fokus ke menu Edit lalu pilih Preference dan klik Memory.
  3. Setelah ada muncul tampilan Preference Setting, klik RAM Reserved for Other Applications.
  4. Atur kebutuhan jumlah RAM yang anda butuhkan pada tampilan preference setting.

Meskipun cara di atas membantu anda terhindar dari laptop lemat atau hang, kemungkinan terjadi deadlock masih tinggi apabila spek laptop anda rendah. Tips lain yang bisa anda coba untuk menghindari hang, yakni tidak membuka banyak aplikasi bersamaan terlebih ketika anda sedang mengedit video menggunakan Adobe Premire.

Baca artikel yang lain mengenai Lensa Sudut Lebar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.