Edit Foto Pemandangan

Tips Melakukan Edit Foto Pemandangan Supaya Terlihat Lebih Hidup

Untuk mengambil foto landscape ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena cara mengambilnya yang berbeda dengan mengambil foto jenis lain. Objek yang diambil dengan cara landscape kebanyakan  berbagai objek yang ada di luar ruangan seperti pemandangan atau bangunan. Namun bukan berarti tidak bisa untuk mengambil gambar benda.

Pengambilan objek secara landscape akan menghasilkan foto yang lebih luas dan terlihat lebih bagus atau detail.

Gambar Landscape yang Baik

Gambar landscape yang baik bukan hanya dilihat dari segi objeknya yang diambil atau hasil gambarnya. Namun ada faktor yang lainnya. Landscape juga bukan hanya mengambil pemandangan yang indah tapi membuat orang yang melihatnya seakan berada di lokasi dalam gambar.

Maka dari itu, Anda harus mengambil beberapa momen terbaik untuk membuatnya terlihat lebih hidup. Misalnya mengambil objek ketika angin muncul, seperti mengambil foto pohon yang tertiup angin atau mengambil foto ombak ketika sedang tinggi. Untuk mengambil gambar yang bergerak tersebut Anda bisa gunakan shutter speed yang lambat agar tertangkap sempurna.

Lalu gambar landscape juga harus mampu bercerita. Salah satunya dengan cara mengambil objek bukan hanya yang mati tapi juga bergerak. Misalnya mengambil foto pantai dengan banyak turis yang sedang melakukan berbagai kegiatan. Namun untuk mendapatkan foto seperti ini Anda harus sabar karena perlu momen yang pas supaya terlihat lebih indah.

Akan tetapi jika Anda tidak mau meluangkan waktu yang banyak demi mendapatkan sebuah foto terbaik maka Anda bisa lakukan pengeditan saja.

Macam-macam Teknik Editing Foto Landscape

Untuk menghasilkan foto landscape yang bagus dan lebih sempurna maka perlu untuk diedit. Kegiatan melakukan editing pada hasil foto disebut sebagai post processing. Sebenarnya pengeditan gambar ini tidak harus selalu dilakukan karena sebelum mengambil gambar para fotografer telah melakukan pengaturan kamera jadi hasilnya pasti sudah bagus. Namun jika ingin mengedit juga tidak mengapa.

Gambar landscape yang perlu diedit biasanya pemandangan alam. Oleh karena bisa saja ketika mengambil objek seperti gunung atau pantai, gambar langit terlalu terang atau gelap. Bisa juga karena cuaca yang terlalu terang membuat gambarnya justru terlihat gelap. Jika Anda mengalami beberapa kekurangan dalam hasil foto bisa maka bias melakukan beberapa teknik editing untuk foto landscape yang akan dibahas di bawah ini.

Berikut ini berbagai macam teknik editing untuk foto landscape yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki hasil fotonya.

  • Perbaiki Area Langit

Ini adalah teknik paling dasar untuk menghasilkan foto landscape yang lebih bagus. Pengeditan area langit bisa dilakukan jika kondisi sedang mendung, jadi Anda tidak perlu ambil momen dengan menunggu langit menjadi cerah. Siasati saja dengan mengedit langit sehingga lebih berwarna kebiruan dengan menggunakan teknik masking.

  • Teknik Masking

Di atas sudah disebutkan mengenai teknik masking tapi belum dibahas maksudnya. Jadi masking digunakan untuk memunculkan sebuah area tertentu sehingga biasanya dibutuhkan gambar lebih dari satu buah. Untuk menggunakan teknik ini Anda bisa menyeleksi sebuah area tertentu kemudian diedit dan ditambahkan dalam foto objek yang lainnya.

  • Clone Stamp

Dalam artian sederhananya ini adalah stampel pengkloning yang fungsinya untuk melakukan copy dalam area tertentu. Caranya menekan tombol Alt + Click pada area yang akan dicopy lalu di-paste dengan mengusapnya. Teknik ini juga berguna untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan, misalnya Anda mengambil foto jalanan lalu ada sampah yang berserakan. Nah, Anda bisa menghilangkannya dengan cara ini.

  • High Dynamic Range

Lebih dikenal dengan HDR. Ini adalah teknik yang digunakan untuk menggabungkan lebih dari satu gambar yang memiliki eksposur berbeda. Akan berguna untuk membuat kualitas pencahayaan gambar menjadi lebih bagus. Cara mengedit dengan teknik HDR adalah menggunakan bracketting untuk menghasilkan sebuah gambar yang ada pada under exposure sedangkan dua lagi ada yang seimbang dan over exposure.

Ketiga jenis foto tersebut disatukan sesuai dengan kebutuhannya. Mengenai lebih lengkapnya tidak akan dibahas di sini. Anda bisa lihat tutorial pengeditan HDR di website lain.

  • Eksposure dan White Balance

Digunakan untuk meningkatkan kecerahan pada gambar. Namun supaya bisa diedit dengan teknik ini, gambar landscape yang diambil harus file RAW atau diambil dengan tidak ada pengaturan dalam kamera. Tujuannya supaya lebih mudah untuk diedit.

Lalu masih banyak teknik lainnya. Pilih teknik yang cocok dengan keadaan foto Anda, jika sudah lumayan bagus lakukan satu atau dua teknik saja untuk membuatnya lebih bagus.

Edit Foto Landscape agar Lebih Hidup

Meski dengan mengambil foto landscape akan lebih banyak objek yang tertangkap tapi belum membuat gambar menjadi menarik. Anda masih bisa melakukan pengeditan supaya lebih menarik atau hidup dengan menambahkan beberapa objek lainnya.

Nah, di bawah ini akan dibahas salah satu cara untuk mengedit foto landscape. Akan dibahas cara mengedit untuk gambar pemandangan yang terlalu gelap sehingga objek yang ditangkap kurang jelas. Untuk mengeditnya diperlukan software Photoshop. Langsung saja lihat langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka Photoshop yang ada fitur Camera RAW-nya lalu buka foto yang akan diedit, tidak perlu secara manual. Langsung saja tekan tombol CTRL + O.
  • Masuk ke menu Camera RAW dengan langsung menekan tombol CTRL + Shift + A. Sesudah masuk dalam menu tersebut gunakan Adjustment lalu edit kecerahan exposure contrast clarity untuk keseluruhan yang ada pada ikon kaca pembesar. Geser-geser sampai Anda anggap pas dengan gambar yang telah diambil.
  • Lalu gunakan ikon kuas atau Adjustment Brush untuk melakukan adjustment pada bagian foto yang Anda kehendaki. Langsung saja klik objeknya lalu atur warna dan kecerahannya. Gosok-gosokkan pada area tersebut sampai rata lalu lakukan pengaturan menggunakan ikon lingkaran kecil di gambar tersebut.
  • Selanjutnya geser pallet bar yang letaknya ada di sebelah kanan. Dengan menggunakannya akan berpengaruh kepada bagian yang telah digosok dengan brush.
  • Kemudian berikan gradasi di foto Anda dengan cara klik ikon papan atau Graduated Filter. Caranya adalah pada pallet sebelah kanan klik New lalu klik kemudian seret di bagian yang Anda ingin edit lalu atur warnanya dengan cara menggeser tint dan temperaturnya. Kemudian atur exposure untuk meningkatkan kecepatan warna.
  • Lalu kembali gunakan ikon kaca pembesar. Selanjutnya pilih ikon pada pallet kanan pilih ikon ketiga dari sebelah kiri. Tekan tombol ALT + geser pada bagian yang akan di-masking supaya warna lebih menyatu.
  • Selanjutnya buka opsi Open Image jika semuanya sudah pas dengan keinginan dan gambarnya sudah selesai.

Selesai sudah tutorial untuk mengedit gambar landscape supaya lebih hidup atau menarik. Ini adalah cara yang mudah karena hanya untuk membuat warna atau objek di dalam foto menjadi lebih jelas. Tutorial ini cocok dijadikan bahan pembelajaran bagi Anda yang masih pemula dalam hal mengedit atau menjadi fotografer. Supaya lebih mudah mengeditnya maka lebih baik pilih gambar yang terbaik seperti minim blur.

Demikianlah pembahasan mengenai teknik untuk editing pada foto landscape. Dengan melakukan editing atau post processing dalam foto landscape memang akan menambah keindahan tapi jangan sampai berlebihan karena justru akan merusak keaslian fotonya. Semoga pembahasan ini bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Tutorial GIMP untuk Pemula

One Reply to “Edit Foto Pemandangan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.