Edit Foto Jadi Jadul

Tips Cara Edit Foto Jadi Jadul untuk Pemula

Membuat foto terkini menjadi seperti foto dengan kamera lama sudah sering dibuat. Foto-foto dengan tema lama atau vintage selalu menjadi seni yang memiliki keindahan tersendiri. Oleh karena hasil foto menggunakan kamera lama tidak memiliki banyak warna sehingga menimbulkan kesan yang dramatis.

Dibandingkan menggunakan filter untuk menciptakan foto seperti itu lebih baik menggunakan pengeditan manual menggunakan berbagai software. Meski jadinya lebih rumit atau memakan waktu tapi akan lebih memberikan kepuasan kepada orang yang melakukannya dan pastinya hasilnya lebih bagus juga detail.

Pada artikel ini akan dibahas cara mengedit foto sehingga menjadi foto vintage menggunakan dua software. Satu foto menggunakan Old Film Cutting – Scratches & Dust Texture Vol.2 dan Photoshop. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Edit Foto “Lama” dengan Old Film Cuttings – Scratches & Dust Textures Vol.2

Mungkin Anda belum pernah mendengar software dengan nama ini. Padahal untuk membuat foto baru menjadi seperti foto lama cara menggunakannya terbilang mudah dan bisa menghasilkan gambar yang bagus.

Dengan menggunakan software ini akan memberikan efek yang lebih baik kepada foto yang diedit sehingga akan benar-benar terlihat seperti foto tua yang diambil pada tahun 1970-an ke bawah. Bagaimana caranya. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini?

Sebelumnya siapkan dulu foto yang akan diedit. Lebih baik pilih foto bangunan ikonik yang sudah dibangun sejak lama sehingga memberikan kesan yang lebih old school. Contohnya adalah Jembatan Brooklyn yang ada di New York. Kemudian jika belum punya softwarenya, cari di https://graphicriver.net. Sesudah itu, berikut ini langkah-langkah selanjutnya.

  • Buka foto di Photoshop kemudian crop fotonya jika ada hal-hal lain yang mengganggu dan supaya yang terlihat hanya jembatan Brooklyn saja. Contoh hal yang mengganggu adalah kendaraan. Oleh karena diedit supaya terlihat diambil sudah lama maka kendaraan modernnya harus dihilangkannya. Gunakan Crop Tool dan sisakan bagian jembatannya saja.
  • Sesudah itu unzip file software ini yang telah Anda download tadi kemudian buka file bernama Pack_2_Film_07.jpg dan Pack_2_Film_10.jpg di Photoshop.
  • Langkah selanjutnya adalah salin dulu file Pack_2_Film_07.jpg dengan memilih menu Select lalu pilih All, selanjutnya pilih Edit lalu Copy. Kemudian buka file foto jembatannya lalu klik menu Edit dan pilih Paste. Hasilnya, filter ini akan menempel pada foto jembatan di layer baru yang letaknya di atas foto.
  • Lanjutkan dengan mengubah Blending Mode dari opsi Multiply menjadi Free Transform. Caranya klik menu Edit lalu pilih Free Transform. Sesudah itu klik Enter. Tujuannya supaya teksturnya akan berkurang sehingga cocok dengan fotonya.
  • Selanjutnya pilih file Pack_2_Film_10.jpg dan lakukan cara yang sama seperti untuk file sebelumnya sehingga muncul layer kedua. Anda bisa mengurangi Opacity jika efeknya terlalu kuat.
  • Lalu jika layer kedua teksturnya terlalu mengganggu di tengah gambar maka lakukan pengeditan dengan menambahkan layer mask. Caranya adalah klik menu Layer lalu pilih Layer Mask, kemudian pilih Reveal All. Setelah itu gunakan Brush Tool dengan jenis yang soft round brush atau brushnya tidak terlalu tebal. Aplikasikan pada bagian warna hitam pada bagian mask supaya bagian yang mengganggu itu disembunyikan.
  • Selanjutnya foto aslinya akan berubah efeknya tapi pasti terlalu tajam sehingga kurang bagus. Maka dari itu sekarang edit kembali. Caranya adalah kembali ke layer foto yang menjadi background atau gambar aslinya. Kemudian pilih menu Layer lalu pilih Smart Objects. Selanjutnya pilih Convert to Smart Object. Lalu pilih menu Filter lalu pilih Blur > Gaussian Blur. Edit nilai Radius menjadi 2.0 pixel.
  • Lalu buat outline berbentuk persegi panjang untuk foto background dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool. Selanjutnya pilih Add Layer Mask dengan cara klik bagian dasar panel Layers.
  • Jika sudah sekarang gunakan lagu Brush Tool dengan pilihan brush yang lembut atau tidak terlalu besar untuk membuat bagian ujung mask lebih lembut. Caranya dengan aplikasikan pada beberapa area di bagian langit.
  • Selesai.

Sampai dengan langkah ini foto sudah terlihat tua. Kemudian simpan hasil fotonya.

Bagaimana dengan hasilnya? Terlihat seperti diambil puluhan tahun yang lalu bukan? Software ini memang digunakan khusus untuk membuat foto menjadi tema seperti ini. Namun untuk mendapatkannya tidak bisa secara gratis tapi membayar seharga 4 dollar. Tapi harga ini murah sekali untuk sebuah software dengan yang bisa membuat hasil memuaskan.

Langkah Mudah Edit Foto Vintage dengan Photoshop

Dibandingkan dengan menggunakan software di atas, mengubah foto menjadi efek vintage lebih mudah dilakukan di Photoshop karena langkah-langkahnya tidak terlalu banyak. Bagi Anda yang masih pemula dan merasa kesulitan mengikuti cara menggunakan software di atas maka ikuti saja tutorial ini. Namun memang hasilnya akan lebih sederhana tapi cukup bagus.

Jangan kaget dengan tutorial ini karena hanya ada 4 langkah yang harus dilakukan. Berikut ini langkah-langkah tersebut.

  • Buka foto yang akan diedit di Photoshop dengan cara membuka Open lalu pilih fotonya.
  • Selanjutnya pilih menu Layer kemudian pilih New Fill Layer. Klik OK jika ada jendela yang muncul lalu pilih warna biru gelap dengan kode #0e3a75 dan klik OK.
  • Kemudian ubah jenis mode layer baru dari Normal jadi Exclusion.
  • Lalu atur Opacy menjadi 40% sampai 80%.
  • Selesai.

Mudah sekali kan? Dengan langkah-langkah ini maka hasil foto akan menjadi berwarna monochrome seperti hasil foto vintage jadul.

Membuat Foto Efek Lomo

Selain dengan cara ini, Anda bisa membuat foto terlihat tua lainnya, yaitu dengan efek lomo. Dengan efek ini akan membuat foto terlihat kusam karena tidak ada warnanya. Cocok untuk dipelajari pemula yang ingin edit foto. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Tekan CTRL + O kemudian buka gambar yang akan diedit. Lalu hilangkan gambar gembok pada layernya. Ubah gambar jadi hitam putih dengan klik menu Image kemudian pilih Adjustment lalu pilih Black and White. Jika warnanya masih kurang menurut Anda maka atur panel-panelnya sampai dikehendaki kemudian klik OK.
  • Kemudian lakukan penyeleksian pada bagian foto yang ada di luar dengan memakai Rectangular Marquee Tool. Pilih pinggir fotonya lalu klik Select lalu Inverce. Buat bagian yang diseleksi menjadi lebih halus dengan pilih Select lalu Modify kemudian pilih Feather. Isi nilainya dengan 15px atau sesuai kebutuhan.
  • Masih pada bagian yang terseleksi, sekarang lanjutkan pengeditan dengan klik menu Select lalu pilih Refine Mask. Isi pengaturan beberapa pilihan yang disediakan. Pada menu Edge Detection isi Radius dengan 0.0 px, pada menu Adjust Edge isi Smooth dengan 78, Feather dengan 37,9 px, Contrast dengan 49%, dan Shift Edge dengan +3%. Lalu pada menu Output isi Amount dengan 85%, centang pilihan Decontaminate Colors, dan pilih Output To ke New Layer with Layer Mask. Kemudian OK.
  • Aktifkan layer utama kemudian lakukan pengeditan di sini. Caranya dengan tekan Image lalu pilih Adjustment lalu Curves. Ubah channel warna di form curves untuk warna green, red, dan blue dengan menggeserkan garisnya sampai berubah jadi warna kuning kehijauan.
  • Selesai.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat foto menjadi tampak tua atau seperti foto lama menggunakan beberapa software. Selain dengan cara tersebut masih ada banyak lagi cara mengubah foto menjadi seperti foto tua. Semoga pembahasan ini bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Lightworks Video Editor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.